Mengetik Kode Numerik ALT di Laptop

JAKARTA – Sejak menggunakan laptop/notebook, ada satu kebiasaan yang hilang yaitu tidak adanya papan numerik untuk mengetik simbol-simbol dengan menggunakan kombinasi kode-kode ALT Key. Alt-Key ini bekerja apabila kita memasukkan kombinasi 4 digit angka yang disertai penekanan tombol ALT di keyboard. Banyak karakter atau simbol yang tersembunyi yang hanya akan muncul bila kita menekan kombinasi angkanya sembari menekan tombol ALT, misalnya menampilkan simbol mata uang Yen, Euro atau Poundsterling atau simbol lain seperti derajat (°), copyright ©, registered ® yang tidak ada tombolnya di keyboard kita.

Memang sih, di Windows ada aplikasi/tool Character Map. Anda bisa membukanya lewat Start > All Programs > Accessories > System Tools > Character Map. Di aplikasi ini kita bisa mengcopy dan paste simbol-simbol yang diperlukan. Namun sepertinya aplikasi Character Map terlalu merepotkan bagi kita yang sudah hafal nomor kombinasi kode ALT dan mengetiknya langsung di keyboard. Bila anda menggunakan keyboard 102 keys, tidak menjadi masalah, langsung tekan tombol Alt dan kombinasi angkanya di papan numerik. Misalnya untuk menampilkan kode derajat (°) kita tinggal menekan tombol Alt diikuti tombol 0186 di papan numerik (bukan di keyboard tengah). See? Jauh lebih cepat dibanding copy paste dari Character Map kan?

Permasalahannya, keyboard di notebook tidak memiliki papan numerik. Menggunakan deretan angka di keyboard tengah pun akan sia-sia. Lalu bagimana caranya? Beli USB Numeric Pad terpisah? ‘Duh, mahal..😀

Tombol Fn
Tombol Fn

Seperti kita ketahui, setiap keyboard di notebook memiliki tombol Fn atau Function Key. Biasanya tombol Fn ini terletak di antara tombol Control dan tombol Windows, di sebelah kiri bawah keyboard. Tombol Fn ini berfungsi menambahkan satu karakter ekstra di tombol keyboard yang memiliki fungsi Fn. Tidak semua tombol di keyboard notebook mempunyai fungsi Fn. Biasanya, tombol yang memiliki fungsi Fn akan mempunyai warna atau atribut yang mirip dengan tombol Fn, misalnya diberi warna tertentu atau diberi kotak. Di notebook Compaq yang aku pakai, tombol Fn diberi kotak yang melingkarinya dan setiap tombol keyboard yang memiliki fungsi Fn, karakternya juga diberi kotak serupa sehingga memudahkan kita untuk mencarinya.

Nah, untuk menjalankan kombinasi kode numerik ini, ternyata menggunakan kombinasi tombol Fn dan angka tidak juga berhasil. Beberapa kali kucoba hasilnya pun sama: karakter yang diminta tidak muncul. Notebook bereaksi dengan mengeluarkan bunyi beep yang menunjukkan terjadinya suatu kesalahan. Lalu bagaimana agar bisa menggunakan kode numerik Alt di notebook/laptop?

Tombol NumLock
Tombol NumLock Off
numlkon
Tombol NumLock On

Cari lah tombol Num Lk atau dikenal dengan nama numeric lock. Biasanya letaknya ada di deretan tombol sebelah kanan atas. Bila tombol numeric lock itu berwarna sama dengan tombol Fn, berarti kita harus menekan tombol Fn dan tombol numeric lock berbarengan. Bila berhasil, lampu indikator Num Lk akan menyala, menunjukkan papan numerik di keyboard notebook kita telah berfungsi. Sekarang coba tekan tombol Alt, disertai tombol Fn dan 4 kombinasi angka yang kita sudah ketahui. Jreeng! Muncul deh simbol yang kita harapkan.

Numeric Pad
Numeric Pad

Jadi kesimpulannya, keyboard di notebook pun mempunyai tombol numerik seperti keyboard di PC. Hanya saja karena keterbatasan ‘lahan’ di notebook, papan numerik di’sempilkan’ di dalam keyboard dan harus diaktifkan dengan menekan tombol Num Lk. Untuk memunculkan angkanya, kita juga harus menekan tombol Fn.

Sedikit repot ya? Ya maklum deh, namanya juga menyempil-nyempil. Kan katanya yang nyempil-nyempil itu mengesalkan, hehehe. Namun bila kita sudah terbiasa menggunakannya, insyaAllah kerepotan itu akan tergantikan dengan kecepatan dan kepuasan. Amiiin..😀

Kombinasi tombol Alt yang sering digunakan:

Alt+0178: ² (pangkat dua)

Alt+0186: º (derajat)

Alt+0188: ¼ (seperempat)

Alt+0189: ½ (setengah)

Alt+0169: © (copyright)

Alt+0174: ® (registered)

Alt+0153: ™ (trade mark)

Alt+0128: € (euro)

Alt+0137: ‰ (per mil)

Untuk daftar lengkap kode Alt ini, bisa dilihat di situs ini. Selamat mencoba.

27 pemikiran pada “Mengetik Kode Numerik ALT di Laptop

  1. Haaaah baru tau!! hehehehe..
    thanks a lot mas buat ilmunya ^^

    ya dik.. sama².. sorry baru bales.. masih lemes karena DBD..😀

  2. mas laptopQ sharp mebius muramasa cv50..skr dh q instal xp pro sp2..masalahQ tombol FN hanya berfungsi bwt ngidupin wi-lan aj tp bwt layar swara kagak bs..bisakah diset ulang lagi?..trim atas infony nanti

    aduuh, sudah jawabnya kelamaan dan gak bisa membantu memecahkan permasalahan lagi, maaf banget ya nindy. untuk tombol FN, mungkin perlu dilihat lagi kombinasi tombolnya karena seharusnya tombol FN itu tidak hanya untuk menyalakan Wi-LAN saja.

  3. ga bisa di notebook compaq presario v3000 saya😦

    oya? seharusnya bisa ya, karena perintah ini kan universal, tidak tergantung tipe notebook. selama tombol Fn-nya masih berfungsi, insyaAllah bisa. mungkin mengetik angkanya tidak pada numpad namun angka-angka di deret atas QWERTY?

  4. Alhamdulillah, dengan membaca postingan anda permasalahan saya telah selesai dan beres, terima kasih buat anda sekeluarga… semoga sukses slalu

    sama-sama abu, terima kasih kembali. maaf baru bisa balas ya.

  5. untuk para ahli2 sekalian tolong ajarin dong bagima cara menyembunyikan file d,gambar,,ko aq ngga jadi2 sih,,,atw mungkin ada cara yang lebih baik,,tolong dong….ya…para jago2..!!

    menyembunyikan file dan gambar? cara paling gampang ya tinggal klik kanan properties file atau folder yang mau disembunyikan, lalu centang opsi ‘hidden’. hanya trik ini tidak berjalan bila opsi ‘show hidden files’ diaktifkan.

  6. terima kasih mas,
    sy pake zyrek tdnya bingung,
    tp sy temukan blok ini sy jadi tahu
    dan berhasil….cmwiiiiii:)

    alhamdulillah. sama-sama, semoga bermanfaat ilmu yg didapatkan.

  7. klw pangkat 3 apa mas?

    kalau pangkat tiga bisa pakai ALT+0179. dalam keadaan numlock menyala, tekan tombol ALT [jangan dilepas] lalu tekan tombol 1, 7 dan 9 di numpad [bukan di deretan angka di atas keyboard]. sehingga akan muncul pangkat tiga (³) seperti yang diinginkan.

  8. jaman dulu saat saya masih kecil, saya pernah melihat symbol seperti (maaf) ‘fuck’. Apa itu benar-benar ada ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s