Sportypal, Teman Berolahraga yang Gratis

Sudah lama gak nulis review jadi pengen ngelanjutin tulisan yang belum sempat dipublish beberapa waktu yang lalu. Taunya pegal juga ya bikin review sampai berlembar-lembar gini, hehehe, sepuluh hari gak kelar-kelar.. ☺

Kali ini aku mau menulis soal software yang setia menemaniku bersepeda ke mana saja. Namanya Sportypal. Software keluaran dari CreationPal ini tersedia untuk beberapa platform, mulai dari Android, Windows Mobile, Java, iPhone sampai Blackberry.

Satu keistimewaan utama software ini adalah GRATIS. Walaupun gratis bukan berarti fitur yang ditawarkan sifatnya recehan namun cukup komplit dan powerful. Tersedia pula portal di internet yang menayangkan data statistik yang kita upload dari handheld, membuat software ini benar-benar cocok dijadikan teman berolahraga dan berkompetisi. Oya, portal itu juga gratis. Cukup bayar sambungan internetnya saja yah.. ☺

LANGKAH PERTAMA

Silahkan signup di http://sportypal.com/. Masukkan email serta data diri di formulir yang disediakan. Pengisian data ini perlu untuk sinkronisasi data latihan kita yang diupload dari handheld. Ketik juga berat badan dan tinggi tubuh anda agar Sportypal dapat mengkalkulasi jumlah kalori yang telah dikeluarkan selama latihan. Oya, pada field ‘Unit System‘ silakan pilih ‘Metric‘ yang umum kita gunakan di Indonesia untuk menampilkan data dalam satuan kilometer daripada dengan mile.

Setelah lengkap, silakan unduh softwarenya sesuai dengan handheld dan operating system milik anda. Tersedia pilihan handheld bila anda ragu memilih software untuk didownload. Pada review kali ini, karena aku punya-nya PDA ya screenshotnya dari Windows Mobile ya.Untuk Windows Mobile/WM saat tulisan ini dibuat, versi terakhirnya adalah versi 1.2.7 keluaran bulan September 2010. Mungkin karena populasi pengguna WM makin sedikit, sampai bulan Februari 2011 update dari software ini belum ada tanda-tanda penampakan, hiks..

Tampilan awal Sportypal for Windows Mobile

Pada tampilan pertama, terdapat 5 menu yaitu New Workout, My Workouts, My Records, My Profile dan Exit. Bila ini adalah kali pertama kita menggunakannya, silakan isi data di My Profile terlebih dahulu. Apa yang diisi sebaiknya sesuai dengan yang kita isi di formulir online sebelumnya.

My Profile

Bila telah terisi semua, tekan save dan software akan menghubungi server sportypal untuk mengecek kebenaran data yang telah diisi. Bila sudah diverifikasi, software dan portal sportypal telah siap anda gunakan. Yippiiii.. ?

Oya, ada bagian Advanced untuk mengatur lebih lanjut tentang setting penggunaan software ini seperti backlight dan attitude, akan dibahas di bawah.

MEMULAI LATIHAN

Jalankan Sportypal, pilih New Workout. Akan tampil beberapa pilihan cabang olah raga seperti bersepeda/cycling, jalan kaki/walking, berlari/running, sepatu roda/blading atau bebas/other.

Pilih cabang olah raga yang akan ditrack oleh Sportypal

Dalam review ini, aku memilih olahraga bersepeda/cycling.

Sampai tahap ini, kita harus menunggu GPS menemukan sinyal dan mematok posisi kita dengan tepat.

Menanti sinyal GPS

Tertera saran untuk memastikan tidak ada halangan antara handheld kita dengan langit agar sinyal GPS cepat ditangkap dan fixed. Bila GPS telah fixed, akan muncul tombol START:

Tombol START muncul bila GPS sudah fixed.

Pada tahap ini, kita sudah siap untuk memulai aktivitas olah raga dan Sportypal akan merekam jejak serta mengkalkulasi kalori yang kita keluarkan. Silakan tekan tombol START dan simpan PDA/handheld anda di tas pinggang, stang sepeda atau dimanapun selama ia bisa menangkap sinyal GPS secara kontinu. Sportypal secara otomatis akan memberi tanggal aktivitas kita saat itu sebagai nama data.

Sportypal siap merekam jejak olahraga anda.

Sesaat setelah tombol START ditekan secara default Sportypal akan mematikan lampu layar untuk menghemat baterai. Hal ini adalah normal, namun bila anda memilih untuk tetap dapat melihat informasi yang ditampilkan anda dapat mengubah opsi ini pada layar My Profile di bagian Advanced dan buang centang pada Turn display off  during workout:

Opsi Advanced pada My Profile

Untuk opsi yang lainnya, sebaiknya biarkan seperti setelan semula/default.

SELESAI LATIHAN

Bila anda telah selesai melakukan olahraga, tekan tombol END. Sportypal akan mengkonfirmasi tindakan tersebut dengan bertanya:

Konfirmasi dari Sportypal

Bila benar telah selesai, tekan tombol Yes. Akan muncul pertanyaan untuk mengunggah/upload data ke portal:

Siap untuk mengupload data?

Bila PDA/handheld anda sudah tersambung ke internet, silakan tekan tombol Yes dan Sportypal akan langsung mengunggah data latihan anda untuk dikirim ke halaman training anda di portal Sportypal. Namun bila anda ingin mengunggahnya nanti, tekan tombol No. Sportypal telah selesai mengikuti perjalanan olahraga anda hari itu.

FITUR LAINNYA

Masih di layar yang sama, terdapat menu Options, Map dan Graph. Menu Options mempunyai sub menu Upload, Share, Delete dan Fix:

Pilihan dari menu Options

Tombol Upload digunakan untuk mengupload data latihan ke server Sportypal. Digunakan bila kita belum mengupload data yang sama sebelumnya. Tombol Share digunakan untuk mengirimkan berita ke situs Facebook maupun Twitter. Konfigurasi akun Sportypal yang terkoneksi dengan Facebook dan Twitter akan dijelaskan kemudian.

Tombol Delete digunakan untuk menghapus data latihan yang sedang ditampilkan. Sedangkan tombol Fix digunakan sebagai upaya untuk menyelamatkan data latihan yang korup, yang bisa disebabkan oleh terganggunya sinyal GPS atau sebab lainnya.

Menu Map akan menampilkan jejak olahraga yang ditrack oleh Sportypal. Akan ditampilkan overview keseluruhan rute dengan tampilan Google Map dalam modus ‘Earth‘. Sayangnya, hingga tulisan ini dibuat modus ‘Map‘ yang menampilkan peta jalan dengan lebih jelas, tidak lah tersedia.

Tampilan jejak olahraga pada Earth

Kita pun tidak bisa meng-zoom in agar dapat melihat lebih detil peta yang ditampilkan. Tersedia tombol Rotate untuk menampilkan peta secara landscape:

Map landscape

Oya, tetap membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh peta dari Google walaupun daerah itu sudah pernah ditampilkan sebelumnya di handheld.

Menu berikutnya adalah Graph, yang menampilkan kurva jarak tempuh [axis x] berbanding dengan kecepatan rata-rata per jam [axis y]:

Grafik latihan

Bila latihan telah selesai, tekan tombol Back untuk kembali ke halaman My Workouts.

MY WORKOUTS

Halaman ini berisi daftar latihan yang telah direkam oleh Sportypal. Nama data dibedakan dari tanggal latihan yang kita lakukan. Bila terdapat dua latihan pada satu tanggal, maka nama tanggal yang sama akan ditampilkan lebih dari satu.

Daftar latihan yang telah dilakukan

Informasi yang ditampilkan cukup jelas ya. Kolom paling kiri menunjukkan nomor urut dan total latihan yang disimpan di handheld. Berikutnya adalah nama data, yang biasanya ditulis dengan tanggal latihan kita. Kolom berikutnya adalah waktu memulai latihan/start dan cabang olah raga yang kita lakukan. Bila kita ingin melihat data pada latihan yang telah direkam, tinggal klik pada tanggal yang diinginkan.

MY RECORDS

Halaman My Records ini menampilkan rekor latihan kita. Sportypal membaginya sesuai dengan cabang-cabang olahraga yang kita lakukan. Di review ini, kembali aku pilih bersepeda/cycling:

My Records

Pada layar ini ditampilkan brief atau ringkasan total rekor per cabang olahraga. Terlihat rekor sementara bersepeda diatas adalah 1582 km dengan 9 jam lebih dan menghasilkan 46 ribu lebih kalori. Tentu penghitungan kalori ini bisa salah atau tidak akurat, namun paling tidak kita mempunyai gambaran kasar seberapa besar hasil olahraga kita selama ini.

Tekan tombol VIEW untuk masuk ke halaman detilnya:

Detil rekor bersepeda

Nah, terlihat disini rekor jarak terjauh dalam satu kali bersepeda, yaitu 46,36 km yang tercatat pada tanggal 29 Januari 2011 yang lalu. Demikian juga rekor waktu tempuh serta kalori yang terbakar yang juga dihasilkan pada tanggal 29 Januari 2011. Catatan rekor ini pun tersedia di portal Sportypal dengan detil yang lebih lengkap.

BACKUP DATA

Sportypal menyimpan data latihan kita pada sub-folder dimana ia diinstal. Nama sub-foldernya adalah HISTORY dan RECORDS di dalam folder SportyPal [pemakai Windows Mobile akan menemukannya di bawah folder Program Files/SportyPal].

Data latihan

Bila anda memformat ulang PDA/handheld anda dan mengcopy folder History dan Records itu kembali ke dalam folder program Sportypal, maka saat kita menginstal ulang Sportypal data-data yang lama akan ditampilkan kembali termasuk gambar peta/map. Oleh sebab itu jangan lupa untuk membackup kedua folder itu ke PC agar tidak mengalami kehilangan data latihan yang berharga.

PORTAL SPORTYPAL

Akan lebih lengkap dan menyenangkan bila hasil latihan kita upload ke Portal Sportypal. Dengan mengunduhnya ke portal kita akan dapat mengevaluasi track/jejak perjalanan kita, membandingkannya antar latihan, berkompetisi dengan pengguna sportypal yang lain dan banyak lagi fitur dan fungsi yang tersedia di sana.

Pertama, silakan login dulu di http://sportypal.com/Login

Silakan login terlebih dahulu untuk masuk ke portal

Setelah login berhasil, kita akan diarahkan ke halaman workout kita. Halaman yang sama dapat diakses juga oleh tamu/pengunjung namun yang ditampilkan hanya menu Workouts, Indoor, Results, Tracks serta Upload GPX. Tiga menu yang disembunyikan dan hanya dapat diakses oleh penggunanya yang telah login adalah menu Friends/teman, Plan/rencana olah raga kita serta Upload GPX untuk mengunggah data latihan kita secara manual. Sebaliknya, bagi tamu/pengunjung, akan muncul satu tambahan menu yaitu Comments untuk memberikan komentar terhadap latihan kita.

TABEL DAFTAR LATIHAN

Halaman workout kita

Ini adalah tampilan halaman utama pengguna/user yang sudah login. Secara default, tombol Workout di sebelah kiri akan terpilih dan kita berada di dalam modus List View, menandakan kita berada di halaman Workout yang menampilkan daftar latihan yang telah kita lakukan. Terlihat ada beberapa workout yang masih dibold atau ditebalkan hurufnya, menandakan workout itu belum kita klik/buka.

Di headernya pun tertera akumulasi jumlah latihan beserta total kilometer yang telah kita tempuh. Sekedar informasi, disaat tulisan ini dibuat, aku telah melakukan 306 latihan dengan total 4417,48 km yang dicatat oleh Sportypal. Lumayan banyak ya, hehehe.. ?

Seperti terlihat pada gambar di atas, terdapat tabel yang memuat seluruh aktivitas kita dari pertama kali menggunakan Sportypal hingga yang terakhir diunggah. Mode sortir secara default adalah mengurutkan berdasarkan tanggal dengan tanggal terakhir yang diupload diletakkan di baris yang paling atas.

Header tabel yang terdiri atas Type, Track, Date, Distance, Total Time, Calories, Privacy dapat diklik untuk mengubah mode sortir kecuali Track. Mengklik dua kali pada judul header yang sama akan mengubah mode penyortiran dari ascending ke descending/urut besar ke kecil, baru atau lama, dan sebaliknya.

Selain List View, ada opsi Map View, yang menampilkan peta dengan posisi/mark dimana kita pernah berolahraga bersama Sportypal. Tinggal klik Map View di kanan atas layar maka peta dunia pun akan ditampilkan:

Lokasi olahraga kita yang ditandai oleh Sportypal

Terlihat di peta lokasi-lokasi yang pernah kita kunjungi dan melakukan aktivitas di situ, entah berolahraga atau hanya jalan-jalan, yang telah direkam lokasinya oleh Sportypal. Masing-masing marker/penanda dapat diklik untuk di zoom-in:

Zoom untuk melihat lebih detil

Klik pada marker akan membawa anda ke halaman detil aktifitas/latihan di tempat tersebut.

HALAMAN DETIL LATIHAN/WORKOUT DETAILS

Kembali ke mode List View, untuk melihat detil latihan silakan klik baris/row yang hendak kita lihat. Sportypal akan menampilkan peta dan rekam jejak latihan yang telah disimpan.

Workout Details

Layar detail ini dibagi dua. Yang paling besar adalah layar peta/map. Modus peta yang ditampilkan secara default adalah Satelite. Klik ke modus Map agar dapat melihat jejaknya dengan lebih jelas. Namun untuk kota-kota yang belum memiliki map dari Google memang harus bersabar dan menggunakan modus Satelite.

Di sebelah kanan peta tertera informasi detil latihan yang dipilih. Pada bagian atas dimuat informasi umum, mulai dari jenis latihan, tanggal dan waktu latihan, jarak dan waktu tempuh, kecepatan rata-rata, total kalori dan tombol Export peta ke GPX.

Info detil latihan

Di bagian bawah terdapat dua tab, yaitu Statistik dan Analyze yang menampilkan informasi detil latihan kita pada hari itu. Bila lokasi latihan kita diketahui oleh Google, akan ditampilkan juga nama lokasi tempat kita memulai latihan. Khusus tab Analyze akan dijelaskan di bagian bawah pada judul Cek Point Otomatis.

INFO LAYAR PETA

Pada track yang telah direkam, terdapat 5 indikator yang terdiri dari 4 icon dan 1 marker yang menampilkan informasi tambahan. Icon pertama adalah icon Start berupa anak panah menghadap ke atas. Kita dapat mengklik icon itu untuk menampilkan waktu start latihan kita pada hari itu:

Waktu memulai latihan

Icon kedua adalah icon End, berupa tanda silang menyerupai huruf ‘X’. Klik icon untuk menampilkan selesainya waktu latihan kita:

Waktu selesai latihan

Icon ketiga adalah icon Maximum Speed/Kecepatan Maksimum, berupa icon Speedometer. Bila diklik akan ditampilkan kecepatan maksimal pada latihan kita:

Kecepatan tertinggi saat latihan

Icon terakhir adalah Maximum Altitude/Ketinggian Maksimum, berupa dua anak panah yang menghadap ke atas yang bila diklik akan menampilkan ketinggian kontur tanah yang pernah kita capai pada latihan hari itu:

Titik tertinggi saat latihan

Indikator terakhir adalah satu marker pada track yang kita tempuh, yang ditandai dengan warna merah, berbeda dengan warna track yang lain.

Best Track

Yang ditandai dengan warna merah ini adalah track dimana kita mencapai kecepatan rata-rata tertinggi dalam satu jarak. Pada contoh diatas, track yang ditandai adalah pada jarak 3,5 km yang dipacu dalam kecepatan rata-rata 22,17 km per jam.

CEKPOIN OTOMATIS

Ada satu fitur istimewa dibalik tabel Statistik, yaitu di tab Analyze. Fitur itu bernama Automatic Checkpoint. Fungsi dari cek poin otomatis ini untuk melihat ‘etape’ dari perjalanan yang telah kita tempuh. Sportypal biasa membaginya dalam 8 sampai 10 tahapan/etape, tergantung jarak yang kita tempuh. Satu etape terakhir biasanya adalah bonus, penggenap dari jarak tempuh rata-rata per etape.

Automatic Check Point

Dengan adanya fitur ini kita bisa lihat waktu tempuh dan kecepatan rata-rata per etape. Dalam contoh di atas terlihat betapa jarak 5 km ditempuh dalam waktu dan kecepatan yang berbeda-beda. Ini tentu tergantung kontur tanah atau tingkat kesulitan dalam satu etape yang pastinya berbeda-beda.

RESULTS

Pada halaman Results ini terbagi dua tab, Top Records dan Statistics. Pada tab Top Records Sportypal mengumpulkan data latihan kita yang terbaik dan menampilkannya dalam tabel. Mirip seperti My Records di handheld namun yang di web tersedia link untuk menuju halaman detilnya.

Tabel Top Records

Portal akan menampilkan semua rekor kita dari cabang olahraga yang pernah kita rekam. Masing-masing ditampilkan berdasarkan urutan jarak terjauh, kecepatan rata-rata tercepat, total waktu dan jumlah kalori terbanyak. Tersedia link (dalam teks warna biru) untuk melihat detil dari latihan yang menciptakan rekor tersebut.

Sedangkan pada tabel statistik, mirip tabel Graph pada handheld namun disini berupa akumulasi dari rentang waktu tertentu. Tinggal kita geser slider tanggal yang terdapat di atas tabel dan grafik akan menampilkan statistik olahraga yang kita lakukan pada rentang waktu tersebut:

Tabel Statistik Latihan

FRIENDS

Fitur Friends/Pertemanan ini cukup menarik. Kita dapat menambah kawan untuk bersama-sama berkompetisi atau sekedar sharing hasil latihan. Caranya cukup manfaatkan tab Find People lalu mengetikkan nama depan, nama belakang atau alamat email. Bila kawan yang dicari ditemukan, klik Send friendship request. Atau lebih mudah lagi mengklik tab People near me dan pilih dari daftar pengguna yang lokasinya berdekatan dengan kita:

Daftar teman pengguna Sportypal di dekat kita

Sampai tulisan ini diketik, telah ada 4 pengguna yang menjadi ‘Friends‘ di portal Sportypalku:

Daftar kawan pengguna Sportypal yang telah terhubung

Dengan menambahkan seseorang ke daftar Friends kita, setiap kawan kita mengunggah hasil latihannya ke portal kita pun akan mendapatkan notifikasi kegiatannya:

Layar pemberitahuan aktifitas

Dari layar notifikasi ini kita pun dapat memantau aktifitas semua kawan kita dan melihat langsung halaman latihannya. Link notifikasi ini terdapat pada header horisontal di bagian kanan atas sehingga selalu dapat diakses dari halaman mana saja:

Link Notifikasi di header atas

PLANS

Fitur yang satu ini yang paling menarik, yang bisa membuat penggunanya berpacu melawan dirinya sendiri. Prinsip kerjanya sederhana: Pertama, pada tab New Plan kita tentukan rencana olah raga kita dalam satu bulan atau berapapun terserah anda. Mulailah dengan mencentang tanggal Start date kemudian centang End date dan pilih tanggal akhir. Kedua, memilih cabang olahraganya dengan mencentang di bawah kolom Workout Types. Terakhir, menetapkan target latihan. Target latihan dapat terdiri dari jarak total yang akan ditempuh/cross, kalori yang terbakar/burn, waktu/spend dan jumlah latihan yang akan dikerjakan/exercise. Atau kalau tak mau pusing, pilihlah salah satu dari empat parameter tersebut. Biasanya aku menggunakan parameter jumlah jarak (km) yang harus ditempuh dalam satu bulan dan untuk memudahkan aku memulai membuat plan ini selalu pada awal bulan:

Membuat rencana latihan

Mulai lah dari jarak tempuh yang pendek-pendek dulu agar tidak terlalu ngoyo. Bila dalam satu bulan target itu dapat kita capai, pada bulan berikutnya boleh lah untuk ditambah lagi sesuai kemampuan. Sebagai contoh, pada awal aku memanfaatkan fitur plan ini, targetku dalam satu bulan adalah 120 km. Seiring bertambahnya kemampuan, kini rata-rata aku menargetkan 250 km per bulannya.

Klik pada tab List untuk melihat daftar rencana latihan yang sudah kita buat:

Daftar latihan yang telah dibuat

Terlihat pada grafik di bawah kolom Progress adalah pencapaian kita atas rencana/plan yang sudah kita buat. Bila target itu tercapai, akan tertera ‘Done‘. Klik pada salah satu baris latihan untuk melihat grafik detil dari rencana tersebut:

Detil latihan dalam satu bulan

Terlihat pada halaman detil di atas, latihan yang ditargetkan telah selesai dan bahkan melampaui target. Aku menargetkan 250 km pada bulan Januari 2011 namun ternyata tercapai 117% dari yang seharusnya, yaitu 291,8 km atau terdapat kelebihan jarak sebanyak 41,8 km.

Titik-titik bulat putih pada grafik tersebut merujuk pada ringkasan latihan yang berada di bawahnya. Usahakan titik putih itu selalu berada diatas garis median biru agar target dapat tercapai, karena bila berada di bawahnya itu berarti kita berada di belakang schedule yang telah kita tentukan.

Roll-over mouse anda pada bulatan tersebut dan kotak persegi panjang yang dirujuknya akan diberi highlight. Anda dapat mengklik tanggal pada kotak yang dihighlight itu untuk menuju halaman detil latihan.

Benar kan, fitur plan ini dapat mendorong kita agar lebih giat lagi berlatih, melawan diri sendiri. ?

COMMUNITY

Community ini adalah fitur tambahan yang cukup menarik dan dapat diakses oleh siapa saja. Klik link Community di header menu atas untuk mengaksesnya.

Sportypal mengumpulkan semua data latihan dari penggunanya, dikalkulasi sedemikian rupa dalam sebuah point/nilai sehingga semakin banyak kita mengunggah data latihan nilai kita pun akan bertambah. Berikutnya, Sportypal meranking para pengguna tersebut dan dikumpulkan dalam tab Community/Komunitas.

Community from My Country

Menariknya lagi, pengguna Sportypal dapat dibagi dalam tiap-tiap negara dengan disediakannya tombol Switch to My Country. Dengan demikian akan disortir 10 besar pengguna Sportypal yang memiliki poin terbanyak seperti yang terlihat di sebelah kanan peta. Saat ini memang poin penulis yang berada pada urutan teratas (saat tulisan ini diketik, ada pada poin 13.022) di kawasan Indonesia, namun bila dibandingkan dengan pengguna di luar negeri, poin mereka sudah sangat jauh diatas, bahkan untuk yang nomor 10 sekalipun:

Sportypal Top Users

Namun sebagaimana yang aku dan kawanku rasakan, penggunaan software dan penyertaan portal berikut fitur Community seperti ini bisa memotivasi untuk berlatih lebih keras lagi agar dapat menjadi ‘atlit’ yang lebih baik lagi *halah*

KONEKSI ke FACEBOOK & TWITTER

Boomingnya situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter membuat developer Sportypal merasa perlu mengkoneksikan hasil latihan penggunanya ke FB dan Twitter. Caranya pun mirip seperti aplikasi online lainnya yang terhubung ke FB dan Twitter, yaitu meminta ijin FB/Twitter untuk memberikan akses Sportypal menuliskan status.

Pada portal Sportypal klik tombol My Profile pada bagian kanan atas layar. Klik tab Facebook & Twitter sehingga muncul dua tombol situs tersebut yang siap untuk di-connect-kan:

Connect ke FB/Twitter

Oya, sebaiknya sebelum mengakses kedua tombol ini, anda sudah harus log in ke Facebook atau Twitter agar saat dikoneksi tidak akan masuk pada profil orang lain. Bila sudah login ke FB/Twitter, silakan tekan tombol Connect. Sportypal akan terhubung ke FB/Twitter dan segera memproses permintaan anda:

Koneksi ke Twitter

Tekan tombol Allow untuk mengijinkan akses Sportypal pada akun FB/Twitter anda. Proses koneksi pun selesai dan status koneksi anda akan ditampilkan di Sportypal:

Sukses terhubung ke Facebook dan Twitter

Setelah berhasil tersambung ke kedua situs tersebut, kini setelah anda selesai mengunggah latihan ke portal Sportypal, anda memiliki opsi untuk memposting hasil latihan anda:

Siap memposting hasil latihan ke FB & Twitter

Tekan tombol Share untuk memposting, atau bila tidak tekan tombol Close pada handheld anda. Sayangnya, kita tidak bisa mengedit atau menambahkan kata-kata dalam postingan kita:

Post @ Twitter

Info yang ditampilkan hanyalah jarak dan waktu tempuh latihan kita beserta link untuk menuju halaman latihan kita di Sportypal.

PENUTUP

Demikianlah review tentang software Sportypal yang mengagumkan ini. Bagi saya, ini adalah software perekam jejak olahraga yang terbaik, mengingat segala fitur di handheld dan portal yang tersedia gratis bagi penggunanya. Keuntungan yang aku rasakan dengan hadirnya alat ini adalah untuk memotivasi diri agar lebih giat berolahraga dengan menjadikan prestasi atau catatan olahraga di masa lalu sebagai bahan untuk berkompetisi, paling tidak melawan diri sendiri.

Adikku pernah berkata ‘Kalau gak ada software ini pasti kamu gak semangat berolahraga‘. Dan dia pun benar.

Semoga apa yang ditulis dapat bermanfaat bagi yang membacanya, amiin..

7 pemikiran pada “Sportypal, Teman Berolahraga yang Gratis

  1. Wah keren euy… Jadi semangat ya jalan2 nya.. Wah harus beli HP baru neh.. Android apa ipun.. BB males ah UI nya… Wekekek.. Jadinya kok tumbas melih.. Tumbas melih…

    tengkyu brader..
    android aja yg murah-murah kaya nexian journey.. mantep tuh, sejuta lewat dikit juga boleee.. 😀

  2. ulasannya sangat lengkap … kalo ada rejeki seh pengen beli android … penasaran selama ini baru kenal symbian

    betul. saya pun sudah pakai android dan tercengang dengan segala kemudahannya. namun karena pda winmo ini masih bisa dipakai jadi sportypalnya masih pakai yg windows mobile, hehehe. syukran akhi.

  3. Adakah cara melihat hasil upload GPX dikatakan berhasil, selain dari Sportypal Community Switch to My Country. Mohon dibantu solusinya, Terimakasih.

    terima kasih mas satriya atas kunjungannya,
    mohon maaf saya agak kurang paham dengan pertanyaannya, karena bila kita sukses mengupload gpx akan langsung muncul di halaman workout kita bukan? terus terang saya jarang menggunakan fitur ini karena langsung mengupload dari device. saya pernah sekali menggunakannya dan langsung terlihat di halaman workout.

    mungkin bisa dijelaskan lagi pertanyaannya? terima kasih.

  4. Mas Kresna yth …

    Kalau kita upload GPX seharusnya kan terbaca di Sportypal menu Community terus kemudian pilih Switch to My Country dalam peta seharusnya kegiatannya akan dapat dibaca atau dilihat di peta tsb, kemudian kalau kita mau melihat detail tinggal klik tanda tsb, tapi yang terjadi hasil upload tidak terbaca di peta tsb. Apakah uploadnya yang nggak berhasil, mohon untuk dibantu penjelasannya.
    Terimakasih.

    saya takutkan demikian pak, karena hasil upload gpx yang sukses akan langsung tertera pertama kali di halaman workouts kita. untuk melihat sebaran latihan kita pada peta, tidak perlu ke halaman community karena itu akan mencakup latihan para pengguna sportypal lainnya. untuk melihat sebaran latihan kita saja pada peta, cukup klik workouts dan tekan tab ‘map view’.

    oya, saya sudah search sportypal anda dan meng-add sebagai teman. mohon dikonfirmasi ya pak, agar bisa saling sharing hasil latihan di sportypal. kalau ada yg kurang jelas bisa ditanyakan lagi, terima kasih.

  5. wah, mantep bgt ini artikelll..
    lengkap..

    tapi mau nanya donk om.. aku kan pke nokia 6120, dan hp itu ga ada fitur GPS nya..
    tapi pas buka di sportypal,, terdapat gambar hp 6120 yang saya mengasumsikan nya dapat digunakan di hape saya tersebut..
    uda di instal.. ketika klik start, trs muncul tulisan “allow application SportyPal to use positioning data?”
    trus pas saya “yes” , aplikasinya malah minta devices gitu,, secara otomatis hp saya langsung konek ke bluetooth.. gmaana ya itu om supaya bisa jalan trackingnya ??
    apa hp saya emg ga bisa dipake buat tracking ?
    thanks sebelumnya,, ditunggu balasannya.. hehehe 😀

    memang sportypal bisa dipakai untuk olahraga yang tidak memerlukan gps semacam tennis, badminton atau olahraga indoor lainnya. namun karena saya tidak pernah menggunakannya untuk olahraga indoor tersebut, saya pun tidak mempunyai pengetahuan tentang itu.

    jadi, bisa saja handphon nokia 6120 dipakai untuk berolahraga bersama sportypal, namun tentu saja tidak dapat digunakan untuk mentracking jejak perjalanan olahraga yang dilakukan.

    terima kasih atas pujian dan pertanyaannya diaz, semoga bisa semangat berolahraga dengan sportypal ya.

  6. Salam alaikum brader, terima kasih atas artikelnya yg lengkap dan manfaat. Sdh sebulan ini saya workouts rutin, biasanya nggak pernah. Karena ada something wrong with my medical result, eros menyarankan utk nengokin sportypal dan baca keterangannya di blog antum, sekali lagi, danke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s