Cara Cepat Mengatasi Sendawa

JATIBENING – Kadang kalau kita makan terburu-buru atau mengalami kesulitan saat menelan suatu makanan yang agak keras, terjadi penyumbatan aliran udara yang menyebabkan kita bersendawa. Orang Jawa biasa menyebutnya dengan cegukan. Bila saat itu terdapat air minum yang berlimpah, sendawa bisa dengan mudah dihilangkan. Namun bagaimana bila kita mengalami sendawa yang cukup lama?

Pernah terjadi di Musholla kami, seorang jamaah yang dari rumahnya sudah bersendawa. Dibawa jalan kaki ke Musholla pun tidak menghilangkan sendawanya. Bahkan selesai menunaikan sholat berjamaah pun sendawanya tidak hilang juga. Teringat suatu tip yang subhanallah sangat manjur, akhirnya kusampaikan lah cara mengatasi sendawa dengan melakukan salah satu gerakan sholat.

Aku minta beliau untuk berdiri dan melakukan posisi ruku’ sebagaimana kita ruku’ dalam sholat. Saat kita ruku’ kita menahan nafas, semampunya. Bila sudah selesai, coba berdiri sempurna [i’tidal] dan tunggu sebentar untuk memastikan apakah sendawanya hilang apa belum. Biasanya, dalam sekali ruku’ dan menahan nafas sendawa bisa hilang, namun bila belum juga, silakan diulangi gerakan seperti itu lagi.

Pengalaman pribadi, tidak sampai tiga kali melakukan hal ini sendawa insyaAllah hilang. Benar-benar suatu cara yang mudah dan efisien dalam menghilangkan sendawa.

Pengen coba? Silakan cegukan dulu, hehehe..

Gambar diambil dari situs ini dan diedit seperlunya.

42 pemikiran pada “Cara Cepat Mengatasi Sendawa

  1. Alhamdulillaaaahhhhhhh…
    sy sebel betul karena dari habis subuh s.d jam 11.00 sendawa terus,akhirnya sy online utk mencari cara mudah mengatasi sendawa.akhirnya nemu tulisan bapak…Subhanaallooohhhhhh Sekali gerakan ruku..sendawa saya hilang.Terima kasih pak atas tipsnya!

    Alhamdulillah.. ikut senang membacanya mas, sampai tertawa-tawa saya membaca komentar anda, hehehe..

  2. Alhamdulillah…
    ternyata tips yang Bapak kasih sangat tok cer
    Bapak saya sendawa dari mulai pagi sampe malem ini tadi
    sudah minum buanyak aer tapi tetep ndak ilang
    akhirnya disuruh kakak buka2 internet
    begitu mbukak langsung nemu alamat blog ini
    dan…cuma 1 kali gerakan langsung ilang sendawanya
    terimakasih banyak pak tipsnya
    tok cerrrr!
    memang karunia Allah tiada batasnya
    ternyata di balik gerakan sholat yang kita lakuin sehari2 menyimpan banyak faedah:D
    sekal lagi terima kasih Pak…

    alhamdulillah.. senang rasanya mendengar banyak yang berhasil memanfaatkan tip ini. saya sendiri juga kagum pada awalnya, sehingga mendorong saya untuk menjadikan salah satu topik pada blog ini. Maha Suci Allah yang telah memberikan kepada kita banyak sumber ilmu & pengetahuan.

  3. Waaa.. Gitu yah, sip² .. nambah lagi ilmunya 😉 Makasiy om Oyi

    subhanallah.. waiyyakum, senang bisa berbagi..

  4. mba…

    sebenernya saya juga sudah lama sekali di beri informasi tentang bagaimana cara menyembuhkan sendawa…

    caranya sederhana saja…tidak harus melakukan dalam posisi rukuk..cukup tarik napas yg panjaaang….trus di tahan sampai tidak kuat lagi…baru di lepas..bila saat menahan napas terjadi sendawa …tahan terus napasnya…lakukan ini 3 kali minimal….alhamdulillah selama ini selalu berhasil…


    terima kasih sudah sharing bung reza.
    cara yg anda tulis memang benar bisa menyembuhkan cegukan yang membandel, karena saya pernah melakukannya juga. namun untuk memakai metode ruku ini, insyaAllah jauh lebih cepat dan mudah.

    namun mungkin setiap orang berbeda-beda ya tingkat keberhasilannya. yang penting, karena sudah tahu ilmunya, cegukan yg membandel pun tidak lagi menjengkelkan, hehehe..

  5. sebelumnya maap kalo aku keliru.. Bukannya sendawa itu yg dlm bhs Jawanya adalah ‘glegeken’? Jd bukan ‘cegukan’. Rsnya kalo sendawa itu berkaitan adanya gas dlm saluran pencernaan, sedangkan cegukan adalah terjadi andanya penyumbatan aliran udara. Jd apa donk penjelasannya sendawa scr medis?Gmn menghentikannya?Krn aku sdg mengalaminya dan mmg capek seharian sendawa (glegeken) terus..

    waduh, jadi salah kaprah ya? maksud kami disini adalah yang cegukan, bukan yang glegek’en. mohon maaf kalau ternyata sendawa itu malah berarti glegek’en, yang terus menerus keluar angin lewat mulut. ini semata-mata karena kekurangtahuan kami. terima kasih koreksinya.

  6. Ada metode yang lain gak ya selain itu? Soalnya hampir tiap hari aku ini sendawa terus menerus serta. kalau dihitung bisa lebih dari 100 kali tiap hari aku sendawa. Dulu karena keluhan itu aku pernah dioperasi usus buntu karena aku juga sering merasa sakit di perut sebelah kiri. Tapi habis dioperasi keluhan itu juga gak hilang. Tolong ya masukanannya!
    Eh ada satu lagi pertanyaan. Selain dari gas asam di lambung ada gak sih penyebab sendawa misalnya dari gas dalam usus,pankreas atau hati?

    waduh, kalau sudah ditanya masalah teknis seperti ini, kita hanya nyengir. maaf akhi Tono, pengalaman yang ana tulis di atas adalah murni pengalaman pribadi, bukan merupakan suatu penelitian. jadi pertanyaan-pertanyaan yang antum berikan, mohon maaf tidak dapat ana jawab karena memang bukan ahlinya.. 🙂

  7. Alhamdulillah……..dapet ilmu baru, mudah2an ada lagi cara lain yang bisa kita ambil untuk memperbanyak khasanah keilmuan walaupun ringan tapi manfaatnya luar biasa

    Alhamdulillah.. senang mendengarnya. Syukran kunjungannya akhi..

  8. ALHAMDULILLAH…berkesan…syukran akhi

    alhamduluillah.. waiyyakum akhi.. afwan baru sempat membalas pesan antum..

  9. yup, benar sekali
    sendawa berarti banyaknya gas dalam lambung
    atop kalo rang betawi bilang
    kalo cegukan ya beda lagi, berarti salah judul nih, soalnya saya juga lagi googling nyari solusi sendawa
    eh ketemunya ini

    duh, mohon maaf deh. banyak yang kecele ya dengan judul tulisan ini. atau diganti saja? ceguk’an bahasa indonesianya apaan sih ya? 😀

  10. alahamdulillah saya terbebas dari cegukan yang sering terjadi dan lama.

    alhamdulillah.. senang bisa membantu walaupun untuk hal yg kecil sekalipun..

  11. waaaahh… hebaaattt….
    alhamdulillah manjur..
    saya udah 8jam-an sendawa..
    sekali coba, langsung ilang…

    alhamdulillah.. turut senang, hehehe..

  12. Saat ini ana sedang dirawat di rumah sakit. Mulanya qlo ana sendawa ana punya cara tersendiri. Tapi x ini benar2 menjengkelkan,krn cara ala ana gk efektif,dah hampir 2 hari ini ana setiap habis minum kok malah sendawa. Akhirnya ana cari info by google,ana bukalah blog ini,namun ana lebih manjur yg menahan nafas itu. Terima kasih atas tipsnya. jazakumullah,

    syafakallah akhi geri, semoga Allah cepat mengangkat penyakit anda. sama-sama, senang bisa berbagi. cepat sembuh ya..

  13. sudah seminggu ini gw sendawa terus menerus…. gimana yaa sangat mengganggu sekali.. truz gw iseng2 aza cari di internet, ternyataaa…. banyk jg org2 yg sering sendawa.. gw pikir cuma gw aza.. skrg gw mo coba2 aahh.. moga aza skses!!!!

    bagaimana hasilnya, apakah bisa hilang dengan sukses sendawanya? ditunggu kabarnya ya hehehe..

  14. saya dr kmrn sendawa trs menerus,tp udah dicoba yg posisi ruku ga berhasil malah berhasil dgn menarik nafas panjang dan menahannya,sy lakukan 3x n trnyata mmg ilang,makasih y!

    alhamdulillah. memang salah satu kuncinya adalah menahan nafas itu. cukup menjengkelkan memang ya bila cegukan/sendawa tidak hilang-hilang. terima kasih sudah mampir disini.

  15. Untuk mengenali seseorang apakah terkena sindrom malabsorsi, menurut dr Ari Fahrial, caranya cukup mudah. Yaitu, selain mengalami gejala-gejala mirip penyakit maag, penderitanya juga sering bersendawa dan buang angin (kentut), gampang terkena diare dan sering terdengar dari dalam perut suara usus “kriuk-kriuk” seperti orang kelaparan.

    ternyata sendawa tidak bisa dianggap enteng ya..

  16. terima kasih atas info nya ya . sangat berkesan.. saya dari pagi tadi sendawa tidak henti hingga ke malam.. selepas mencuba cara ruku buat kali ke3, terus tiada lagi sendawa nya.. thnks 4 d info 🙂

  17. terima kasih tipsnya.berkat tips anda sekali saya melakukannya langsung hilang sendawanya.thks bro.sukses selalu….

  18. terima kasih tipsnya.berkat tips anda sekali saya melakukannya langsung hilang sendawanya.thks bro.sukses selalu……..

  19. saya sudah 3 hari bersendawa terus menerus. awalnya karena telat makan lalu perut saya sakit bnget kaya di tusuk-tusuk. tpi bis makan sembuh ga lama perih perutnya , trus malah bersendawa terus menerus smpe skrang . kalo itu gejala apa ya?

  20. Meski judulnya salah kaprah atau tidak,,,, Alhamdulillah sy mencoba posisi rukuk, trus sendawa/glegekan ( bukan cegukan ) agak berkurang scr signifikan…… Allah Maha Segalanya

  21. Selain solusi yg sdh disampaikan tadi sy pernah melakukan cara menghilangkan cegukan yaitu makan mie rebus yg pedas setelahnya minum air putih 1 gelas insyaAlloh hilang deh itu cegukan…

  22. alhamdulillah…subhanallah maha ESA Allah…
    sudah lama saya menderita sendawa yg berlebihan seperti ini…setiap kumat sendawa sampe berminggu”.berbagai cara n jenis obat sudah sy lakoni…tp tetep aja muncul lagi.
    dan alhamdulillah setelah sy buka internet n buka block ini n langsung sy praktekan…
    alhamdulillah dg 3 kali rukuk sendawa sy hilang…
    bwt bpk terima kasih banyak atas pengalamanya n dengan rendah hati mau mempublikasikan ilmu ini.semog ke ikhlasan bpk di blz oleh Allah SWT.amiiiennn…

  23. Setau saya sebagai orang sunda, cegukan merupakan kosakata bahasa indonesia, bahasa sundanya sisidueun atau dalam english disebut hiccup, terjadi akibat kontraksi otot diafragma dan solusinya dapat dilakukan seperti artikel di atas. Pemicu cegukan diantaranya dapat terjadi karena cuaca dingin, dan juga “seret” akibat makanan kurang lembek sehingga makanan nyangkut di bagian kerongkongan, biasanya dengan minum air dapat mendorong makanan yg nyangkut tersebut masuk ke saluran pencernaan dengan lancar. Sedangkan sendawa atau “teurab” istilah sundanya, dalam english disebut burp kaitannya dengan gas yg berlebihan pada lambung, sering terjadi sehabis makan yg banyak atau minum minuman bersoda atau jika sedang masuk angin.
    Terima kasih.

  24. aku juga sendawa nih dah kurang lebih 3 bulan, blum sembuh sembuh…kata dokter asam lambungn aku naik….sudah aku minum obat yg diberikan dokter tpi masih aja sendawanya bahkan, kemarin kemarin sampai ke kerongkokongan panas dada sakit, perut sakit…tlong dong infokan obatnya apa? trimaksh ya yang mau share….wslm

  25. Alhamdulillah,, Hilang CegukanNya Dengan Cara Ini.. Makasih InfoNya.. Udah SeHarian CegukanNya.. Inshaa Allah Yang Ngasih Info Ini DiBeri Pahala Yg BerLipat.. Aamiin Aamiin Aamiin Allahuma Aamiin Yaa Rabbalalaamiin..

Tinggalkan komentar