El Loco, Mualaf Timnas Nomor 9

Cristian 'El Loco' GonzalesAjang Piala AFF Suzuki 2010 yang baru lalu mencuatkan pahlawan lapangan hijau Indonesia, Christian Gonzales. Dialah yang dengan gol tunggalnya mengantarkan Timnas Garuda mengalahkan Philipina di babak semifinal. Pesepakbola asal Uruguay berusia 35 tahun ini peraih top skor 4 tahun terakhir berturut-turut di dunia pesepakbolaan Indonesia. Kunci suksesnya tak lain adalah sedekah dan riyadhoh. Sebelum bertanding melawan Philipina dan mencetak satu gol tunggal itu misalnya, malam harinya Chirstian sekeluarga sholat tahajud, diikuti pengajian kaum ibu dan anak yatim yang mendoakannya.

Dia dilahirkan di Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976 dengan nama Christian Gerard Alfaro Gonzales. Ayahnya Anggota militer bernama Eduardo Alfaro, dan Ibunya suster di rumah sakit Montevideo bernama Meriam Gonzales. Orangtua Gonzales, wabil khusus ibunya, penganut Katolik cukup fanatik. Ini berpengaruh pada Gonzales. Anak ketiga dari enam bersaudara ini doyan ke gereja. Menginjak usia 18 tahun, Gonzales bertemu muslimah asal Indonesia, Eva Nurida Siregar, di Cile, Amerika Latin pada tahun 1994. Saat itu Eva tengah menekuni Salsa di sekolah Vinadelmar. Setahun kemudian mereka menikah dan tinggal di Uruguay.

Karir pria bertinggi 177 cm ini di dalam persepak bolaan terus berkembang, mulai dari klub Penarol Uruguay (1988-1991), South America (1994-1995), Huracan de Carientes Argentina (1997) dan Deporvito Maldonado (2000-2002).

Tiap kali pemain berjuluk el loco (si gila) ini hendak bertanding, sang istri yang biasa dia panggil Amor, selalu berdoa. Kadang perempuan kelahiran Pekanbaru sengaja mengeraskan suaranya. Dia juga sengaja meninggalkan buku tentang ajaran Islam yang selesai dibacanya di meja dan Gonzales diam-diam membacanya. Lama-lama, Gonzales tertarik dengan agama istrinya. Ia tak akan beranjak pergi sebelum Eva selesai berdo’a. Baginya, do’a Eva berpengaruh besar pada penampilan di lapangan hijau. Gonzales juga mulai memperhatikan kebiasaan Eva mengucapkan do’a dan dzikir pada banyak hal keseharian.

Pada 2003, Gonzales hijrah ke Indonesia dan merumput bersama PSM Makassar. Dan pada 9 Oktober 2003, Christian Gonzales bersyahadat dengan bimbingan Ustadz Mustafa di Masjid Agung Al Akbar Surabaya. Christian Gerrard Alfaro Gonzales kemudian diberi nama Mustafa Habibie.

Dengan bimbingan istrinya dan gurunya, Mustafa Habibie terus berusaha menjadi muslim yang baik. Dia berpuasa Ramadhan, dari bolong-bolong hingga penuh, hatta sedang berlatih dan bermain bola sekalipun. Sebagian penghasilannya disedekahkan, juga untuk membangun masjid An-Nuur di tanah sekitar 500 m²  di Gresik, Jawa Timur.

Sebelumnya, setelah mencetak gol,Chirstian Gonzales biasanya merayakannya dengan mengacungkan jari ke atas langit. Namun kini selebrasinya adalah sujud syukur ke arah kiblat. Merumput di Persik Kediri, ia menggunakan nomor punggung “10”. Saat pindah ke Persib Bandung, ia berganti nomor punggung “99” dengan makna Asmaul Husna. Kesuksesannya di klub kini dirayakan dengan menjamu 99 anak yatim. Kini, Tasbih dan kalung bertuliskan Ayat Kursi tak pernah lepas dari perlengkapan pribadinya.

Sayang, terasa terlambat naturalisasi yang dilakukan pengurus PSSI terhadap pemain-pemain bintang macam Gonzales. Ia yang sudah malang melintang di dunia persepakbolaan tanah air baru dilirik saat usianya tak lagi bisa disebut muda. Namun buah kerja kerasnya selama ini memperlihatkan kepada kita bahwa dengan disiplin dan teknik yang tinggi, di usia 35 pun El Loco masih bisa berprestasi dengan memimpin tim nasional Indonesia memperoleh hasil yang baik di piala AFF Suzuki Cup 2010. Walaupun timnas tak berhasil mengangkat piala, namun predikat sebagai top scorer timnas pada turnamen itu menunjukkan El Loco adalah seorang juara.

[bahan diambil dari tabloid Jumat Harian Republika 31 Desember 2010, foto dari vanmovic.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s