Pilihan Sebuah Malam

Nonton pertandingan sepakbola semifinal Liga Champions tadi malam? Seru ya? Terasa ngantuk nggak? Kalau pertandingannya berjalan seru, insyaAllah ngantuk akan segera hilang. Terpikir tidak, mengapa untuk sebuah pertandingan seru itu kita bisa mudah bangun malam?

Jawabnya karena adanya niat, keinginan dan mungkin, kebutuhan.

Lalu, pernahkah kita merasa butuh dan niat untuk sengaja bangun di malam hari, di jam yang sama dengan pertandingan itu semalam? Namun bangunnya bukan untuk menonton pertandingan sepak bola tapi bangun untuk qiyamul lail, melakukan sholat tahajud. Waktunya sama, kira-kira dari pukul 2 sampai 4 subuh, karena itulah sepertiga malam terakhir yang paling dianjurkan Rasulullah SAW untuk sholat tahajud.

Atau setidaknya, di kala kita sudah bangun dan menonton sepakbola dengan sadar tengah malam tadi, saat 15 menit waktu jeda terpikirkah untuk memanfaatkannya mengisinya dengan bertahajud, 4 rakaat saja mungkin? Atau memilih untuk mendengarkan analisa pertandingan dan membuat secangkir kopi lagi?

Manapun yang anda pilih, bila dirimu seorang muslim, sebaiknya tidak menyia-nyiakan waktu. Kalau belum terbiasa bangun malam untuk bertahajud namun tadi malam bisa sengaja bangun untuk menonton sepakbola, itu dapat dijadikan juga sebagai sarana untuk beribadah. Mumpung bisa bangun malam gitu lho, mengapa tidak sekalian ambil wudhu dan sholat [minimal] 2 rakaat saja sebentar? Duniawi dapat, ukhrawi juga insyaAllah dapat. Enak tho? Islam gitu loh!

Ya, hidup memang pilihan dan harus memilih. Mau bangun tengah malam untuk nonton sepakbola atau bertahajud atau dua-duanya sekaligus, itu juga adalah sebuah pilihan. Allah SWT sudah merancang heningnya malam untuk sebuah kenikmatan beribadah yang diawali dengan modal awal yang sama seperti menonton pertandingan Liga Champions semalam: cukup bangun di sepertiga malam terakhir.

‘Dan pada sebahagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.’ (QS Al-Israa/17:79).

Bisa bangun mudah tadi malam kan? Mari kita lanjutkan niat itu lagi walaupun tak ada siaran langsung malam ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s