Baju Batik dan Himbauannya

JAKARTA – Sudah sejak pertengahan bulan lalu aku menerima email yang mengharapkan para pegawai kantor mengenakan batik pada hari Jum’at 2 Oktober 2009. Ini berhubungan dengan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO/United Nations Educational Scientific and Cultural Organization pada tanggal tersebut. Entah siapa yang memulainya, email ini saling berantai kesana kemari, dari mailing list, forum sampai facebook.

Ya memang, namanya saja himbauan, boleh diikuti atau tidak tanpa ada hukumnya. Aku pribadi memilih tidak mengenakan batik esok hari, apalagi besok hari Jum’at. Bukan karena aku gak senang batik diresmikan sebagai warisan budaya kita, tapi aku lebih memilih sunnah Rasulullah untuk mengenakan baju berwarna putih untuk beribadah.

Rasulullah SAW bersabda ‘Kenakanlah pakaian putih karena lebih suci dan lebih indah, dan kafanilah mayat-mayat kalian dengan kain putih‘ [dari HR. Ahmad dan selainnya dengan sanadnya yang shahih] memperkuat keyakinanku bahwa beribadah dengan pakaian yang putih dan suci lebih disukai Allah SWT dan RasulNya.

Aku berpikir, mengenakan pakaian bercorak saat sholat berjamaah mengandung resiko mengurangi kekhusyu’an sholat, baik bagi diri kita apalagi jamaah di belakang kita. Bukan tidak mungkin mereka lebih asyik mengamati ornamen batik atau corak gambar kain yang kita kenakan dibanding khusyu’ dalam sholatnya, kan? Kalau itu dicatat sebagai pengurang amal kita atau bahkan sebagai dosa yang kita perbuat, siapa yang mau menanggungnya? Hmm..

Namun aku tidak akan melarang apalagi mencela para muslimin yang mengenakan baju batik saat sholat berjamaah/Jum’atan. Apalah diri ini ya tho? Tapi coba dipikir, kalau kaum muslimah saja mukenahnya tidak ada yang bercorak, mengapa kita kaum muslimin memakainya saat sholat? Toh kita punya baju taqwa, atau sering juga disebut baju koko, itu kan cenderung polos dan tak bercorak. Mengapa tidak dibudayakan saja memakai baju taqwa itu di hari Jum’at? Ini malah menggunakan batik. Cari hari lain saja lah untuk berbatik ria, asalkan bukan hari Jum’at.

Ayo, dahulukan sunnahNya dan rasulNya, insyaAllah lebih barokah. Setuju?

10 pemikiran pada “Baju Batik dan Himbauannya

  1. setuju… karena ummi gak sholat Jumat besok tetep pake batik, enak pake batik adem…. secara di kantor ACnya hemat energi jadi gak nyaman klo pake blazer ke kantor 🙂

    tapi kayanya tadi pagi bukan batik deh ‘mi.. :p

  2. krn ada haditsnya ane setuju om, sayangnya di kantor ane klo jum’at wajib batik, jadi gak bs ikutan putih2 … 😦

    kan bisa bawa dua baju, hehehe.. tapi tak apa, bila itu merepotkan insyaAllah Allah tahu apa yang tersembunyi di hati.

  3. saya pakai batik,
    namun saat sholat jumat, pakai baju koko.
    untung punya loker di kantor……..
    .
    sangat setuju mendahulukan sunnah…

    alhamdulillah. tetap istiqomah ya akhi..

  4. Bagaimana kalo baju taqwa bermotif batik. Dari segi agama dapet, dunia juga dapet.
    BTW baju taqwa itu yang seperti apa yah..?

    sebaiknya pakaian yg kita pakai sewaktu sholat adalah pakaian yang tak bergambar/bermotif, sebagaimana hadits sahih berikut:

    Dari Aisyah ra, diceritakan bahwa Rosululloh saw sholat dengan mengenakan ‎pakaian khomishah (jenis pakaian yang terbuat dari bulu) yang ada gambarnya, ketika ‎selesai sholat beliau bersabda: ‎“Bawalah pergi khomishohku ini pada Abu Jahm dan bawakan untukku anbijaniyah (jenis ‎pakaian yang tebal dan kasar), sebab khomishah tadi mengganggu konsentrasiku” (HR. Bukhori, ‎Nasa’I, Ibnu Majah dan Malik)‎

    sholatnya insyaAllah sah, karena menutup aurat, tapi bila itu berpotensi menganggu konsentrasi sholat ada baiknya kita tanggalkan, terlebih ada hadits yang menjelaskan soal itu.

    baju taqwa, atau orang mengenalnya juga dengan baju koko’, baju yang biasa orang pakai dalam sholat, berlengan panjang, polos dan tanpa kerah.

    terima kasih tanggapannya mas ahmed.

  5. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik –

    JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL ANEKA macam BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

  6. Because an agency is performance driven and striving to keep the business as a client, they will generally produce better work in a quicker time frame. Using this method will keep you safe from being punished by Google’s strict rules on SEO, and will also mean that what traffic you do get from your SEO work is actually useful and could lead to real sales. To make sure that you are getting the best techniques for your business, better make sure that you have chosen the best SEO Company for your business needs.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s