Aku Tunggu Kehadiranmu Lagi, Ramadhan..

PURWOKERTO – Selamat Idul Fitri 1430H. Mohon maaf lahir dan bathin. TaqabalAllahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, taqabal Ya Karim.

Bulan suci telah pergi, meninggalkan harapan agar apa yang kita lakukan satu bulan penuh kemarin diterima oleh Allah SWT. Berharap agar kita tidak menjadi muslimin yang tak mendapat apa-apa kecuali menahan lapar dan dahaga. Karena bila itu terjadi, betapa ruginya diri kita. Bukankah Allah sudah menjanjikan bahwa siapa yang berpuasa akan naik ke maqom taqwa?

Namun ternyata tidak semua yang berpuasa di bulan Ramadhan naik derajatnya. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa banyak umatnya yang hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja, karena tidak memaksimalkan ibadah di bulan suci. Mereka hanya berpuasa perut, tidak berpuasa hati dan panca indera lainnya.

Mereka begitu meremehkan bulan Ramadhan, menganggap bulan suci itu tak ubahnya bulan-bulan yang lain. Sholatnya ya begitu-begitu saja, puasa tapi tetap dengki, tidur sepanjang hari, Al-Qur’an tak dijamah apalagi dibaca dan tak ada keinginan untuk menjadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan yang terbaik.

Itulah mengapa, malam kemarin betapa berat diri ini melepas kepergian Ramadhan. Pergi sudah bulan yang penuh rahmat dan ampunan, bulan yang setiap ibadah diganjar pahala puluhan kali lipat dan bulan dimana setiap amal sunnah diberi hadiah amalan wajib. Siapa yang mau menolak hadiah-hadiah surga itu? Pastinya tak ada, bila kita semua mau berpikir.

Sejumput doa pun terlantun agar Allah SWT berkenan memberikan kesempatan menikmati semua itu lagi tahun depan. Sembari menunggu, amalan yang kita lakukan sebulan penuh jangan pula ditinggalkan. Tetaplah sholat berjamaah di masjid, tetaplah berpuasa [di Senin dan Kamis], tetaplah melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dan tetaplah bersedekah. Semoga ke-istiqomah-an itu mencerminkan suksesnya kita digodok selama bulan suci Ramadhan, amin.

Aku tunggu kehadiranmu lagi, Ramadhan..

2 pemikiran pada “Aku Tunggu Kehadiranmu Lagi, Ramadhan..

  1. mohon maaf lahir bathin juga buat sekeluarga..:)

    *alhamdulillah tahun ini masih di beri kesempatan berlebaran di Bontang.

    mohon maaf lahir bathin juga.. bagaimana lebaran di bontang sekarang ya? lebih ramai atau tambah sepi?

  2. Salam. yi selamat idul fitri yah mohon maaf lahir batin
    mengenai tulisanmu di atas kayanya bener juga. kayanya model puasaku cuma dapat lapar dan dahaga aja heheheh. gimana ngak malam begadang siang tidur ampe sore. gitu bangun langsung cari es kelapa muda trus buka deh hehheh. Ok gitu aja bro aku mo lanjutin download dulu.
    salam untuk iben ma elok aja.
    ok salam

    ya rahmad, assalamu’alaika..
    wah, masa dari tahun ke tahun metode puasamu begitu-begitu saja? apa pola kerjanya yang masih sama ya, kerja di malam hari dan tidur di siang hari? maklum deh, namanya juga programmer, kalau gak ngalong gak afdhal hahaha..
    insyaAllah salamnya ana sampaikan. eiya, matt booker di facebook itu antum bukan?😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s