Si Dia

Dia tuh sebentar saja mampirnya. Bentar lagi juga ngilang. Kalau dia udah gak ada, semuanya balik ke awal lagi. Yang tadinya kosong, balik lagi ke kosong walaupun kemarin penuh. Yang tadinya buka-bukaan, ya buka-bukaan lagi, walaupun kemarin ditutup-tutupi. Yang kemarin rajin baca kitab, bentar lagi sepi lagi.

Padahal dia tuh baik banget deh. Apa-apa dibawa. Mau 70 kali lipat? Dia punya. Mau yang sunnah jadi wajib? Di dia ada. Baik kan? Tapi sebaik itu, kenapa orang pada seneng ya dianya pergi?

Eh eh, belum juga pergi, orang-orang udah gak betah ding. Sudah pengen lebaran katanya. Barisan yang lagi ruku’ makin maju. Makin dikit jamaahnya. Padahal dianya masih disini. Dia nangis nggak sih kalau dia datang namu, orang yang didatengin malah pergi dan gak peduli? Buah tangan yang dibawanya dari surga, bisa-bisa dibawa pulang lagi, gak dititipin ke kita.

10 hari lagi lebaran, kata orang-orang. Si dia mah sekarang cuma jadi hitungan di jari nungguin pergi. Mungkin banyak yang gak peduli dia-nya mau datang lagi apa nggak. Atau banyak yang gak mau tahu, dia ini terakhir kali apa nggak datang ke sini.

Atau mungkin yang ditunggu ternyata bukan dia, tapi tamu lain setelah dia pergi. Tamu yang datang disambut dengan THR itu kayanya lebih menarik. Bisa belanja-belanja, tak perlu nahan lapar dahaga, bisa mudik, jalan-jalan dan hepi-hepi.

Duh, sedihnya kalau aku jadi dia. ‘Aku datang bawa banyak oleh-oleh dari surga tapi tetap saja banyak yang menafikannya. Ini berulang-ulang setiap tahun tanpa aku tahu mengapa. Apa umat Rasulullah ini sudah puas dengan amalan di awalnya saja atau 30 hari itu terlalu lama untuk sebuah istiqomah?’

Maafkan kami Ramadhan. Semoga engkau mau menjumpaiku lagi, dan lagi.. dan lagi..

Satu pemikiran pada “Si Dia

  1. Iya, jadi sedih nih. Bentar lagi Ramadhan tahun ini bakal berlalu. Harus lebih giat lagi ibadah nih… 🙂

    jangan sedih akhi.. masih ada 10 hari lagi menuju puncak ibadah ramadhan. mari beri’tikaf.

    tetap istiqomah ya. syukran sudah mampir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s