Memenuhi Panggilan

JATIBENING – Azan Ashar baru saja berkumandang. Alhamdulillah beberapa warga terlihat memenuhi panggilan untuk sholat itu. Panggilan itu sederhana sekali, tidak perlu pakai lonceng, bara api, terompet atau bunyi-bunyian. Di dalam panggilan yang berkumandang lima kali dalam sehari itu terselip ajakan untuk sholat dan meraih kemenangan. Sebuah ajakan untuk sebentar berusaha namun mendapatkan manfaat: Sholatlah untuk meraih kemenanganmu. Hayya’alash Sholah, Haiyyalah Falah.

Itu janji Allah SWT. Sholat adalah tiang agama. Sholatlah maka akan tegak agamamu. Bila sudah tegak benteng agamamu, kemenanganlah yang akan kamu raih.

Namun, panggilan itu kadang tidak sampai ke relung hati. Hati yang masih tertutup akan iman, mampu menutup genderang telinga untuk menafikan panggilan itu. Begitulah yang terlihat di sebuah pangkalan ojek di depan musholla kami. Beberapa tukang ojek, yang muslim itu, asyik berbual tanpa menghiraukan panggilan azan dan iqomah.

Sampai kemarin, ada yang biasa ikutan nongkrong di pangkalan ojek itu akhirnya memasuki musholla juga. Itu tak biasanya. Padahal rumahnya ada di belakang musholla. Padahal ia pun seorang muslim. Ya, ia masuk musholla dengan ditandu di dalam sebuah keranda. Kami mensholatinya siang itu.

Betapa semuanya sudah terlambat. Panggilan Allah yang pertama berupa azan, tak dipenuhinya. Panggilan yang kedua, yaitu umrah dan berhaji, apalagi. Ia pun memenuhi panggilan Allah yang ketiga, kematiannya, begitu tiba-tiba namun patuh. Tak bisa lagi mengelak, tak bisa lagi menghindar. Semoga Allah mengampuninya.

Moral dari cerita diatas adalah jangan sia-siakan iman, Islam dan umur yang Allah karuniakan kepada kita. Selagi kita mendengar panggilan Allah dalam keseharian, segera penuhilah agar Allah sudi memanggil kita untuk kedua kalinya ke Baitullah dan bekal kita pun telah banyak saat panggilan ketigaNya datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s