Menyiapkan Target di Bulan Ramadhan

Banner RumahJAKARTA – Tinggal sedikit lagi masuk bulan suci Ramadhan 1430H. Sudah tiga Ramadhan ini rumah kami selalu dihiasi atribut menyambut datangnya sang bulan suci. Ini kami lakukan agar anak-anak tergugah semangat dan motivasinya untuk fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan. Tema tahun ini adalah ‘Ramadhanku Bercahaya Bersama Abi & Ummi‘. Desain itu kami cetak dalam ukuran 1m x 1.5m dan digantung di dekat musholla rumah, yang diharapkan berfungsi untuk mengingatkan anak-anak bahwa saat ini adalah saat yang sangat berharga untuk beribadah sebanyak-banyaknya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami sekeluarga sudah mempunyai target ibadah masing-masing. Si Ummi kemarin menyerukan kepada Ingga dan Najah, akan memberi Rp 50.000,- untuk satu juz Al-Qur’an yang diselesaikan. Mata Ingga pun berbinar-binar, mungkin ia membayangkan akan memperoleh uang seperti di permainan PetSos-nya [yang menjengkelkanku itu] lalu bisa beli ini itu. Ia pun bertanya, ‘Bila khatam Qur’an, bisa dapat satu setengah juta dong ‘mi, nanti uang ummi habis.‘ Si Ummi pun menjawab, ‘Tak apa-apa. Yang penting anak ummi bisa khatam Qur’an.

Sah-sah saja kan, menggugah semangat anak-anak lewat iming-iming sesuatu, baik berupa barang ataupun uang? Karena terkadang anak-anak drop semangatnya di tengah jalan. Bosen lah, capek lah, dan banyak lagi alasan lainnya. Biasanya dengan memberikan suntikan semangat demikian, mereka pun sadar, mereka mempunyai target yang harus dipenuhi.

Bagaimana dengan orang tuanya? InsyaAllah, kita pun tidak mau kalah dengan anak-anak . Bila saat umrah 9 hari saja bisa khatam 1 kali, seharusnya 30 hari bisa lebih dong ya, hehehe. Tapi aku sadar diri, ghirah di sini tidaklah sekuat di Tanah Suci, apalagi waktunya yang susah bila harus lama bertadarus setiap selesai sholat fardhu. Target khatam 1 kali masih realistis namun harus ditambah dengan target menghafalkan semua surah di juz ke 30, insyaAllah.

Nah, bagaimana dengan anda, sudahkan mempunyai target ibadah di bulan suci kali ini?

Bagi pengguna aplikasi CorelDraw [versi 11 atau yg lebih besar] yang mau mengunduh file gambar diatas, silakan download disini (70 Kb).

8 pemikiran pada “Menyiapkan Target di Bulan Ramadhan

  1. Target Ramadhan…
    salah satu hal yang meramaikan ramadhan..
    semoga target kita semua dapat tercapai..

    btw…
    gambar nya bagus juga tuh..
    bisa minta softcopynya?
    mo saya bikin widget..
    biar bisa meramaikan blog teman2 selama bulan ramadhan ini..😉

    jazakallah akhi.. softcopy sebentar lagi meluncur.. dalam format CDR & JPG ya. kalau sudah jadi widget, bisa dikasih tahu kan? syukran.

  2. ayo para blogger, di bulan ramadhan, mari bagi-bagi artikel seputar ramadhan! biar semakin semangat ngeblognya! eh.. tapi jangan kebanyakan ngeblog ya… baca Al Quran juga perlu tuh!

    betul.. blogging boleh, tadarus wajib, hahaha..
    syukran katsiran.

  3. dari dulu pas shaum ramadhan sayah mah ga bikin target macem-macem. penginnya cuma bisa ngelewatin ramadhan sebulan penuh ga pake sakit atawa pake halangan apa-apa. pic-nya lucu.

    jazakallah kang..
    berarti ada target juga tuh, shaum tanpa sakit, hehehe..😀

  4. salam yi… gimana kabarmu..? nah kalo mengenai baca al quran ini aku sangat setuju. Bagiku pribadi al quran itu sebetulnya sudah sangat cukup bagi anak-anak.
    Jadi ketika mereka gede ada kebiasaan ketika bicara tentang agama larinya pasti ke alquran dulu. Di luaran sana banyak banget hadis-hadis yang menurutku agak aneh. Dan banyak secara logisnya bertentangan dengan al quran sendiri. Ini pendapat dan pengalamannku loh.
    Mungkin yang lain punya pengalaman sendiri lain lagi. Jadi setiap masuk dalam pembicaraan tentang hadis, aku langsung pikiran ke alquran. biasanya kalo dapat jawaban yah aku simpan sendiri aja. Jadi diem-diem aja soalnya kalo di bicarakan kadang bisa salah dimengerti. ok broer gitu aja dulu. Btw udah ganti beli laptop baru kah ? aku mo ganti laptop lamaku ke yang baru. cuma aku bingung intel atom ma centrino core2duo bagusan mana yah? intel atom harganya sangat bagus tapi kemampuannya untuk minimal coding gimana ? any idea man??

    hallo brother.. terima kasih komentarnya matt. benar, awalnya kita harus belajar al-qur’an. aku cukup beruntung sudah melek al-qur’an sejak SD, belajar mengaji di masjid Al-Kautsar dulu bersama si ibnu. walaupun saat dewasa sekarang kudu belajar ulang karena makhroj hurufnya salah semua, itu tak mengapa. dan bila saat ini si sulung lebih banyak hafalan surahnya dibanding bapaknya, itu juga tak mengapa, alhamdulillah.

    soal hadits, ini memang harus berhati-hati. kita yang bukan ahli hadits hanya menyandarkan pada kitab/buku dan kajian-kajian yang sudah terbukti tidak menggunakan hadits yang dhoif apalagi ma’udu. namun hadits juga ‘pusaka’ dari rasulullah, yang wajib kita imani dan amalkan. nah ini harus pelan-pelan belajarnya, bukan dihindari.

    soal notebook, ane masih pakai yg lama bawaan dari NAD, belum ganti matt. processor notebook ane juga gak ngikutin tuh.. kalau yg mau yg simpel dan ringan sih pakai yg atom kali ya.

    oya, selamat shaum ramadhan.. antum sudah bukan musafir kan, hehehe..

  5. mmm target saya merapikan sholat 5 waktu….heheheheh…masih berlubang besar……

    maaf lahir batin ya om oyi…..

    sama-sama yus.. thanks sudah mampir yak. ane masukin blog ente ke blogroll.

  6. halo bang oyi, selamat menunaikan ibadah puasa ya.

    oooh iya saya baru saja mereview aplikasi handphone yang bernama iRamadhan buatan iMobile, semoga dapat bermanfaat🙂

    terima kasih khrisna. ok, nanti saya baca reviewnya.

  7. format CDR ..
    oke insyaAllah gak apa2..
    klo udh ada, tolong di kirim ke email saya yang di gmail ya (jangan yang Yahoo)..

    insyaAllah saya inform klo udh jadi widget..

    Jzklh..

    bagaimana akhi, sudah ada hasilnya? hehehe, kok saya malah nagih sih, afwan..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s