Terbilang – Excel

JATIBENING – Dari salah satu milis IT yang aku ikuti, kemarin ada yang menanyakan apakah ada yang tahu caranya membuat terbilang di aplikasi Excel. Pertanyaan itu mengingatkanku tentang file sejenis yang pernah aku buat lebih dari 10 tahun yang lalu. Namanya pun mirip dengan yang ditanyakan: Terbilang.

xl-1

Prinsipnya sederhana, mengubah angka menjadi huruf yang menyatakan bilangan itu. Misalnya 154250760 harus ditulis Seratus Lima Puluh Empat Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Tujuh Ratus Enam Puluh. Aku jadi teringat 10tahun yang lalu, saat sedang asyik-asyiknya mengutak-atik Excel, hal itu menjadi tantangan tersendiri. Lembaran kuitansi yang ada, harus dapat diprint menggunakan Excel dan memunculkan bilangan dari nilai yang ada di kuitansi itu.

File Excel ini tidak menggunakan makro/VB. 100% adalah memanfaatkan fungsi internal Excel. Itu pun hanya beberapa, seperti fungsi IF, AND, LEFT, CONCATENATE dan VALUE sehingga kompatibel untuk Excel dari versi 97 sampai 2007. Kalau dilihat hirarki pemrosesannya, mungkin sangat tidak efisien. Tapi itulah hasilnya, walaupun harus melewati panjangnya deret IF, akhirnya proses terbilang itu bisa digunakan. Namun karena keterbatasan otak, terbilang ini hanya sanggup dibuat sampai angka 1 milyar. Diatas 1 milyar, akan terjadi penolakan.

Nah, bagi para pembaca yang hendak memanfaatkan terbilang ini, cukup lakukan 3 langkah mudah berikut ini:

xl-copy1. Copy sheet ‘Program‘ ke file kuitansi atau invoice anda. Caranya, klik kanan nama sheet ‘Program’, pilih Move or Copy. Pada opsi ‘To Book’ pilih file workbook anda. Tekan OK.

2. Pada cell A1 di sheet ‘Program‘, arahkan ke cell yang memuat angka (misalnya angkanya terletak di sheet invoice, cell F3). Kita ketik =invoice!F3 di cell A1.

3. Di sheet invoice anda, pada cell yang hendak diletakkan kata-kata terbilangnya, ketik =program!B1. Ini akan me-refer ke cell B1 di sheet Program yang berisi kalimat terbilang.

Selesai. Mudah kan?

Namun walaupun demikian, belum tentu perhitungan ini tidak ada kesalahannya, walaupun sejauh yang saya pakai belum menemukan kesalahan menuliskan terbilangnya sebuah bilangan. Bila ada yang mencoba dan menemukan kesalahan itu, mohon dapat menginformasikannya disini. Terima kasih sebelumnya.

Silakan download file Excelnya disini (56Kb).

Seratus Lima Puluh Empat Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Tujuh Ratus Enam Puluh

8 pemikiran pada “Terbilang – Excel

  1. ane donlot ya om Oyi🙂
    thanks a lot buat file-nya, semoga pahalanya mengalir terus …

    amin, jazakallah doanya om..

  2. udah aku coba mantap. gimana caranya kalo datanya banyak misalnya angka berbeda di A1-A23 kemudian terbilangnya B1-B23. help me Please

    waduh, waktu pertama membuat terbilang itu [tahun 1998] kebutuhannya hanya untuk satu sel saja. bila dibutuhkan untuk banyak sel, tak ada cara lain selain mengcopy sheet ‘program’ itu sebanyak sel yang dikehendaki.

    jadi bila dibutuhkan 5 sel terbilang, kita copy sheet ‘program’ itu sampai 5 buah, lalu masing-masing sel diarahkan ke sel A1 di masing-masing sheet ‘program’ yang kita baru copy. tidak praktis memang, tapi itulah keterbatasan otak sang pembuat, hehehe.. maaf ya, tidak bisa memberi jalan keluar lainnya.

  3. Saya juga dulu memakai cara serupa tapi kurang efisien untuk banyak cell, sekarang lebih cocok pake macro vba aja.

    nice post

    syukron akhi. memang, memakai vba lebih canggih. sayang kemampuan ane tak sampai multi cell. ada yang bisa disharing pak syukron?

  4. alhamdullah aku berhasil dan terima kasih infonya.

    aduh senangnya bisa bermanfaat untuk orang lain. makasih ya masrizal atas dicobanya terbilang yg sangat sederhana itu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s