Plagiat

JAKARTA – Salah satu kemudahan dalam dunia maya ini adalah kemampuan untuk menggandakan, meng-copy dan menyebarkan informasi dalam sekejap. Setidaknya sudah tiga kali tulisan dalam blog ini diambil dan ditempatkan di blog lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Dari tiga kali pengalaman itu, hanya yang pertama yang menyadari kekeliruannya dan memperbaikinya. Malah, sekarang Krishna, anak muda itu, menjadi ‘sahabat pena’ dalam penulisan blog sampai saat ini. Dua tulisan lainnya yang di-kopipes [baca:copy paste] masih belum membuka korespondensi dengan blog ini. Terlihat dari pesanku di blognya yang masih dalam status pending, awaiting for confirmation.

Alhamdulillah, pada salah satu blog yang meng-kopipes, walaupun pesanku yang mengingatkannya untuk mencantumkan sumber penulisan tidak dimuatnya namun permintaan untuk menyebutkan sumbernya telah dipenuhinya. That’s enough for me.

Bagiku pribadi, tidak masalah bila tulisan-tulisan yang ada di blog ini di-copy lalu ditempatkan di blog orang lain sepanjang ada pemberitahuan atau menyebutkan sumbernya, mengingat status tulisan-tulisanku disini kutempatkan pada public domain. Namun bukan berarti milik publik lalu kita bisa mempergunakannya sembarangan, karena dalam berinteraksi di internet pun ada etikanya. Baiknya, pakai permisi lah.

Aku pun pada awal pengembangan blog ini main comot saja. Ada artikel yang menarik dari milis langsung ku-copy paste tanpa menyebutkan sumbernya. Alhasil, ada pembaca yang ‘menyentil’ dengan menunjukkan URL dokumen aslinya. Dari situlah aku sadar dengan namanya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Nah, mungkin sekarang giliran isiisi blog ini yang dicomot orang, hehehe.

3 pemikiran pada “Plagiat

  1. Bapak / Ibu Asslamualaikum.
    Bapak / Ibu yang punya blog ini .
    Aku ada masalah tentang ionternet , sebenarnya bukan masalah ku . tapi karena temenku ini minta tolong dan aku sampai sekarang belum bisa bantu , hal ini tentu menjadi masalahku :
    Temenku punya Perusahaan , dan saat itu Perusahaannya bangkrut , dalam perjalanan perusahaan tentu ada punya hutang yang tidak terlalu besar . saat itu kawan yang belum di bayar hutangnya menceriterakan hutang tersebut di internet . Sedang yang di ceritakan di internet tidak sesuai dengan kenyataan , sedang hutangpun sudah di bayar.
    Masalahnya adalah , tulisan di internet itu kami tidak menghapus ,
    Mohon bantuannya dan wassalam

    Demi Allah yang menggenggam setiap mahluk di dunia dan di langit, sesungguhnya tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengawasanNya. bila kawan anda sudah melunasi segala hutang piutang, maka di depan Allah dan hukum manusia tentunya segala kewajiban kawan anda pun sudah selesai urusannya. bilamana ada sesuatu fitnah yang timbul, insyaAllah dengan menunjukkan bukti pelunasan hutang itu permasalahan akan selesai. soal masih adanya tulisan di situs internet, tidak menjadi soal karena sesungguhnya kewajiban itu sudah ditunaikan. wallahua’alam.

  2. halo bang Oyi! long time no see!

    memang pada saat itu saya masih awam dengan dunia blogging jadi asal copas (copy paste) aja, hehehe…

    thx ya bang buat pelajarannya🙂

    sama-sama khrisna.. long time no see, tapi kudu sering saling mengunjungi yak, hehehe..

  3. Assalamu’alaikum wr.wb…

    Menyebarkan sesuatu yang baik sebenarnya tidak masalah apabila tidak ijin.. karena pahalanya tetap ada. Allah Maha Tahu tentang amal hambanya. Jadi tidak saya kira tidak masalah… Allah saja tidak marah Alqur’an diperbanyak. Apa ada dalam Alqur’an ayat “dilarang memperbanyak AlQur’an tanpa sepengetahuan Rosulullah”. Jadi dalam berdakwah kita sedapat mungkin sifat Riya’.

    wa’alaikumussalam,
    mohon maaf terlalu lama membiarkan komentar ini tanpa balasan. terima kasih kritikannya, ana terima dengan lapang dada. soal al-qur’an tentu tidak bisa dimasukkan dalam kasus ini karena berbeda permasalahannya, namun sepengetahuan saya memperbanyak mushaf al quran juga tidak bisa asal cetak, karena dibutuhkan verifikasi dari yang berwenang di negara itu. jadi, tetap saja harus ada izinnya untuk menggandakan al qur’an.

    Allahua’lam bisshowab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s