Membunuh Nyamuk dengan Meriam

JATIBENING – Bulan April ini Pemerintah benar-benar membuktikan ‘ancamannya‘ terkait pemblokiran situs-situs yang masih menayangkan film meneer Wilders Laknatullah, Fitna. Beberapa ISP (internet service provider) telah mematuhi himbauan pemerintah untuk menutup segala akses menuju beberapa situs, seperti YouTube, Rapidshare sampai Multiply, termasuk ISP yang aku pakai sehari-hari, yaitu XL.

Di beberapa milis yang aku ikuti, terlihat pro dan kontra. Pasti lebih banyak yang kontra karena jaman sekarang semua aktivis internet banyak membutuhkan situs-situs yang disebut diatas. Tak ketinggalan blog ini, yang memanfaatkan YouTube untuk men-share apa-apa yang dianggap baik dan penting untuk dinikmati bersama.

Alhasil, beberapa video yang sudah diupload ke YouTube pun tidak bisa diakses lagi. Walaupun ada beberapa kawan yang menunjukkan ‘celah’ agar bisa tetap mengakses YouTube, namun nampaknya aku tidak begitu tertarik. Aku hanya menyesali, mengapa untuk membunuh seekor nyamuk haruslah menggunakan meriam?

Tidak semua yang ada di situs YouTube haram untuk diakses. Banyak informasi keagamaan yang aku unduh dari sana. Salah satu video-video favoritku adalah video murotal dan Asmaul Husna. Kini, video-video itu sudah tidak bisa diakses lagi karena pemerintah sudah menutup jalan ke sana.

Aku hanya berharap pemerintah lebih bijak lagi dalam menerapkan peraturan ini. Wilders laknatullah yang berbuat, kita semua yang menanggung akibatnya. Ini jelas tidak fair. Semoga apa yang dilakukan pemerintah dapat diperlunak lagi, entah bagaimana mekanismenya, sehingga kita masih bisa memanfaatkan situs-situs jejaring sosial seperti YouTube dan Multiply seperti sebelumnya.

Kalau ada class action dari para blogger Indonesia untuk menuntut pemerintah memperbaiki law enforcement mengenai hal ini, count me in!

4 pemikiran pada “Membunuh Nyamuk dengan Meriam

  1. Ikut prihatin juga, ini sama saja menutup POM bensin karena ada pelanggan memveli bensin untuk dibuat bom molotov.

    nampaknya pemerintah mulai mengendorkan ‘tekanannya’ karena sekarang youtube bisa diakses kembali. hanya film Fitna yang tetap tidak bisa didownload. Alhamdulillah, gerakan moral blogger indonesia nampaknya membawa hasil. thx bro.

  2. udah kebiasaan… nyamuk dibasmi pake bom :d. mugi2 gak ada lagi blokir2an nya kang. ngerepotin orang banyak yang jualan di mp.

    alhamdulillah keinginan akang danu terpenuhi. mp sudah bisa diakses lagi, juga dengan situs-situs yg tersebut diatas. semoga benar yg kemarin hanyalah sementara dan untuk kedepannya tidak adalagi tindakan yang gegabah macam kemarin.

    maaf baru bisa jawab komentar kang danu.. syukron.

  3. banyak yang bagus di youtube, saya bisa download video asmaulhusna dari sini. semoga orang yang baik hati dan berilmu membagi ilmunya lewat youtube.

    benar. saya setuju sekali dan alhamdulillah saat ini youtube sudah dapat kita manfaatkan lagi.
    thanks bung rahmat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s