Ayat-ayat Fitna

JAKARTA – Barusan saya mendownload film Fitna yang menghebohkan itu. Lho kok? Mengapa? Katanya dilarang.
Iya, karena ingin tahu. Juga karena ingin melihat seberapa jauh Meneer Wilders Laknatullah menghasut dunia dengan menyebarkan propaganda fitnah ini.

Ayat-ayat yang dipakai untuk memojokkan Islam dalam filmnya adalah sebagai berikut:

QS Al Anfaal 8:60

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).

QS An Nisaa’ 4:56

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

QS Muhammad 47:4

Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang) maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka maka tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berhenti. Demikianlah, apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka tetapi Allah hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. Dan orang-orang yang gugur pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka.

QS An Nisaa 4:89

Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikan di antara mereka penolong-penolong (mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling, tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorang pun di antara mereka pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong,

QS Al Anfaal 8:39

Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.

Masing-masing ayat ‘ditafsirkan’ dan divisualisasikan sesuai dengan arti harfiahnya. Masing-masing disertakan video-video yang dianggap sesuai dengan bunyi ayat tersebut tanpa memperdulikan atas dasar apa peristiwa yang direkam saat itu.

Tayangan selama 15 menit ini pun lalu dipenuhi dengan video tragedi di berbagai belahan dunia, khutbah-khutbah jihad, hukuman mati, sampai kliping-kliping koran tentang betapa ‘teroris’nya agama ini. Bahkan karena dianggap sama misinya tentang holocaust, Islam pun disamakan dengan ideologi Adolf Hitler, masyaAllah.

Si meneer juga memberikan data bertumbuhnya pemeluk agama Allah ini di Belanda secara signifikan. Dimulai dengan 54 orang pada tahun 1909, 1399 pada tahun 1960, melonjak menjadi 458.000 di tahun 1990 dan 944.000 di tahun 2004 hingga 54 juta di seluruh daratan Eropa. Mungkin ini sebuah bukti nyata ketakutan si meneer terhadap Islam sehingga ia pun merasa perlu untuk melakukan ghazwul fikri melalui film dokumenternya.

Quote diakhir film yang menyebutkan tahun 1945 Nazi runtuh di Eropa, 1989 komunis runtuh di Eropa dan saat ini ia mengajak penontonnya untuk meruntuhkan satu ideologi lagi yang bernama Islam adalah satu kliping pemikiran sang meneer mengenai betapa menakutkannya Islam bagi dia dan pengikutnya.

Well, walau bagaimanapun film ini penuh dengan hasutan, potongan video tragedi yang dikaitkan dengan Islam, intimidasi ideologi dan fitnah yang bila diserap mentah-mentah baik oleh kalangan muslim sendiri atau non-muslim, bisa menimbulkan persepsi yang salah tentang Islam dan Kalamullah.

Semoga Allah memberikan hidayah dan petunjuk bagi sang meneer bahwa fitnah yang disebarkannya sungguh kotor dan menjijikkan.

ALLAHU AKBAR!

16 pemikiran pada “Ayat-ayat Fitna

  1. haloo bang, cuma mau comment.

    walaupun sy bukan seorang muslim, saya setuju bahwa video ini hanya semata-mata “fitnah” dan ingin memojokkan agama islam. selama ini sy berteman dan bergaul di lingkungan yang dapat dikatakan “didominasi” orang2 muslim, saya melihat tetangga saya semuanya baik kok, termasuk bang oyi (tetangga di dunia maya, hehe)…

    jd saya cm mau bilang semua agama mengajarkan hal yang sama, yaitu kebaikan.
    trims.

    terima kasih krishna atas dukungannya. bila kita mau melihat dengan kacamata yang jernih pasti tahu bahwa tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan. memang berat bila menafsirkan ayat-ayat Allah tanpa ilmu yang memadai, apalagi dari kacamata agama lain.

    thanks again.

  2. itu pelemnya om geertz bukannya kumpulan cuplikan dari pidato para ulama muslim di eropa sendiri plus kejadian kejadian di belanda sana ?.

    benar, beberapa juga demikian. lebih tepatnya adalah bentuk visualisasi dari apa yang dipahami oleh meneer laknatullah itu mengenai ayat2 yang dikutip olehnya. kita yang muslim saja kadang bisa salah mentafsirkan al-Qur’an apalagi bagi kaum penghasut seperti si wilders ini.

  3. @papabonbon
    Itu semua memang realitanya juga. Tapi film ini sangat berbahaya karena hanya sekedar memotong-motong bagian2 tertentu, khususnya yang serem-serem saja. Dan kalaupun beberapa cukup keras, jangan salahkan agama/kitab-nya, tapi orangnya.

    Pada beberapa bagian penampilan ayat dalam terjemahan bahasa Inggris, banyak ayat2 yang dipotong seenaknya, dan bisa jadi merubah makna. Contohnya ketika QS Muhammad 47:4. Di Al Quran, kasusnya hanya ketika dalam medan peperangan…

    syukron yoga atas pencerahannya. memang, sebaiknya kita tidak terperangkap dalam fitnah, jebakan dan hasutan yang telah dilakukan oleh si wilders. kita bertabbayun saja, jangan sampai malah umat islam dipecahkan hanya gara-gara dokumentasi yang buruk dari seorang laknatullah.

    jazakallah akhi.

  4. ada fitna atau tidak, Islam tidak berkurang satu apapun..
    jadi, abaikan saja…
    karena reaksi kita adalah tujuan utama pulitisi yang lagi mencari popularitas instan itu..

    😉

    mengabaikan tidak berarti menyetujui kan? sayang bila kita hanya diam padahal kita punya potensi untuk mengatakan ‘tidak’. politisi busuk itu bukan sekedar mencari popularitas kawan, ia sudah menyerang dan tidak seharusnya kita abaikan.

  5. Salam alaikum pak, saya baru saja nonton film-nya, Buat kami yang Muslim, tentu melihat film ini seperti melihat ibunda tercinta dihina dan dicaci, rasanya menyakitkan. dan memang terus terang aja rasanya sakit menonton film itu walaupun isinya ga ada yang baru, semua udah pernah dipake untuk mendiskreditkan Islam. Wilder hanya membuat kliping saja dari berita2 lama, dan gagal memenuhi klaim bahwa Wilder akan mengungkap bukti2 yg baru.

    benar kang. hanya sebuah film dari ide murahan yang digunakan untuk propagandanya melawan islam.

    Melihat ayat2 dari Al-Qur’an, siapapun bisa salah faham jika dibaca dengan terjemah yang asal2an dan dibaca di luar konteks. Maka saya percaya, bahwa setiap Muslim haruslah melengkapi dirinya dengan ilmu, baca sejarah, sejarah dunia, sejarah agama, sejarah Islam, sejarah ilmu pengetahuan, baca seluruh Qur’an, dan temukan jawabannya sendiri. Insha Allah, kita akan mendapatkan selalu berita yang baik dan menyenangkan.

    komentar anda sangat menyejukkan, benar dan dewasa. terima kasih atas masukannya agar kita tidak terjebak dengan penafsiran ayat secara sembarangan dan terputus konteksnya dengan isi dari ayat-ayat surah yang bersangkutan.

    Ngomong2, seru juga nih blog-nya, hehe. Salam untuk keluarga pak, wassalam alaikum wa rahmatullaahi w barakatuh.

    wa’alaikumussala kang aziz. insyaAllah saya akan berkunjung ke blog anda juga.

    Aziz
    http://journeyfortruth.wordpress.com

  6. Dampaknya pemblokiran film fitna, ada situs situs orang belanda yang kagak ngijinin orang asal indo mendaftar di situsnya… kekekeke

    Ooo yaaa om oyi.. ituh situs inyong di ganti yakk sekarang crypton97.us bukan bn-fansclub lagi.. soalnya domain ituh mau dibuang l-)

    BolaNaga
    http://www.crypton97.us

    oo, gitu yak.. jadi ada blokir memblokir? kekekeke.. biarin aja deh, yg penting sekarang kita bersyukur pemerintah gak main hantam kromo aja dalam menyikapi pemblokiran film fitna itu, hehehe..

    link antum ane update yak. thx.

  7. Van wilder (ato siapa lah namanya yg bikin itu film) benar² picik. Youtobe juga lebih² lagi, namanya juga bikinan yahudi, konten yang menggambarkan bagaimana pemusnahan kaum muslim di Bosnia, Chechnia, Kashmir, Palaestina, Irak, dan masih banyak tempat lainnya pasti di cekal masuk youtube.

    Dasar!!!!

    hahahaha, peace bro, peace..
    wajar memang bila kita semua tersinggung. namun biarlah, bila kita telah bertindak, insyaAllah ada jalan. dan alhamdulillah, tema perang yg diusung si meneer tidak sampai membuat kita di indonesia terpecah belah.

  8. Ya Allah…lindungilah kami dari makar orang-orang kafir…karena Sesungguhnya Engkaulah sebaik2 pembuat makar….

    Amiin, yaa Rabbal Alamin..

  9. Pak oyi…izinkan saya… untuk bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga bapak lewat blog ini…. Jazakallah khairan Katsiro

    subhanallah, silakan ukhti. senang rasanya mendapat respon seperti ini. semoga ukhuwah dapat terjalin dan menjadikan agama kita sebagai landasan imannya, amin.

  10. Sayangnya film ini sudah terlanjur memecah belah anak negeri ini (Indonesia). Bisa dilihat beberapa thread di Kaskus, malah terjadi “diskusi biadab” . Memang sih diskusinya tidak ada “isinya” cuman kalau dibiarkan bisa dibilang diskusinya mengarah pada “orang makan orang”

    Memang kasihan beberapa rekan di kaskus yang terprovokasi baik yang muslim dan non muslim yang terjebak dalam “diskusi biadab” itu tsb.

    Istri saya sendiri sering saya larang kalau manafsirkan Alquran hanya secara gramatical saja, karena nantinya pasti salah tafsir. Nah kalau sekarang ada org yang sama sekali tidak belajar Alquran dan menafsirkan dengan sekehendak hatinya (yg diselimuti kebencian thd islam) saya tidak heran.

    Yang terpenting saat ini adalah selamatkan anak negeri ini dari perpecahan.

    saya setuju dengan antum, terutama soal larangan antum kepada istri menafsirkan al quran secara letterleque. memang, sangat berbahaya bila kita yang awam dengan ayat-ayat Allah lalu menterjemahkan sekenanya bahkan membawakannya ke dalam dakwah.

    terima kasih akhi, mohon maaf saya sangat terlambat membalas komentar ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s