Freeware yang Sebaiknya Ada di PDA

Last Update: 31 Juli 2009

JATIBENING – Sebenarnya sudah lama hati ini ingin untuk mengurangi penggunaan software bajakan, namun terkadang sulit dalam merealisasikannya. Adapun banyak program-program freeware yang terkesan seadanya, tidak mampu memenuhi kebutuhan yang kadang hanya dapat diakomodir oleh program yang berbayar.

Namun setelah beberapa lama mencari aplikasi di internet, ternyata banyak aplikasi gratis yang mumpuni, dalam arti aplikasi itu seharusnya berada pada level full software dimana mempunyai kemampuan, fitur dan fasilitasnya yang sangat baik. Apa saja aplikasi gratis yang dimaksud? Oya, no games here.

Pocket Islam v8.0 | http://www.pocketislam.com/PocketIslamPPC.htm

Pocket IslamSoftware yang sangat lengkap dan luar biasa ini benar-benar ditawarkan gratis. Meskipun banyak bugs pada awalnya namun menginjak versi ke 8 aplikasi ini sudah cukup stabil. Di aplikasi ini terdapat banyak sub-modul aplikasi di dalamnya seperti Pocket Quran, Pocket Calendar, Pocket Qibla, Pocket Moon, Pocket Holidays, Pocket Reciter dan masih banyak lagi hingga benar-benar layak menyandang nama Pocket Islam.

Seperti Pocket Quran yang lengkap 30 juz, tersedia pula aplikasi add-on seperti reciter (lantunan audio ayat-ayat suci) maupun terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Semua sudah tersedia di situsnya tinggal didownload. Gratis!

SportyPal 1.0.6 | http://sportypal.com/

sshot000Memiliki PDA dengan GPS di dalamnya dan suka berolah raga? Bagaimana bila ada software gratis yang mau mencatatkannya untuk anda? Terbaik di kelasnya, coba SportyPal. Mendukung 5 jenis olah raga [jalan kaki/walking, berlari/running, sepatu roda/blading sampai bersepeda/cycling. Istimewanya, pembuat software ini menyediakan portal pengguna di situs http://sportypal.com, juga gratis. Klik disini untuk melihat portal aktifitasku menggunakan SportyPal.

Software berbayar sejenis yang pernah aku pakai, eSymetric Run.GPS, meminta anda merogoh kocek sebesar 25.95 Euro atau sekitar Rp. 360.000 lebih untuk softwarenya saja. Meskipun menyediakan fasilitas portal sejenis dan fitur pencatatan aktifitas dan tracking yang lebih komplit, tetap saja tidak bisa menahan godaan SportyPal yang hadir dengan biaya nol rupiah. Silakan download di http://sportypal.com/Download bila anda tertarik menggunakannya. Review lengkap software ini sedang dalam pengerjaan.

eIslamExplorer v1.0 | http://nurulhasanphansopkar.webs.com/

eIslamExplorerIngin membaca Al-Qur’an namun memiliki huruf hijaiyah yang besar dan nyaman dilihat? Silakan unduh eIslamExplorer. Tidak seperti aplikasi Al-Qur’an yang lain, aplikasi ini benar-benar menampilkan huruf yang besar dan jelas sehingga memudahkan kita untuk membacanya di layar QVGA 320×240 sekalipun.

Tersedia fasilitas bookmark, untuk menandai ayat-ayat favorit atau meng-load bookmark default yang telah disediakan publisher, misalnya mencari ayat-ayat doa yang sering kita baca.

Navigasi dapat menggunakan D-pad/joystick di PDA untuk berpindah ke halaman sebelumnya (tekan tombol ke bawah) , halaman berikutnya (tekan tombol ke atas), surah sebelumnya (tekan tombol ke kiri) dan surah berikutnya (tekan tombol ke kanan). Untuk berpindah dari ayat satu ke ayat berikutnya/sebelumnya, bisa menekan tombol N atau P di toolbar.

Pada layar Today, mirip dengan PocketIslam diatas, eIslamExplorer juga menampilkan petunjuk waktu sholat. Bila kita sudah menginstal PocketIslam, silakan pilih hendak menggunakan petunjuk waktu yang mana.

Kekurangannya, ukuran font tidak bisa diubah-ubah, jadi statis. Juga belum tersedia translasi/terjemahan untuk Bahasa Indonesia.

Total Comander v2.5PB3 | http://www.ghisler.com/pocketpc.htm

Total Commander for Windows Mobile Aplikasi yang dalam versi Desktopnya harus ditebus dengan US$ 36 ini justru menggratiskan versi Windows Mobilenya. Total Commander for PPC lebih dari sebuah File Manager, karena memiliki fungsi lain seperti FTP, Registry Editor dan dapat mengakses ke LAN (Network).

Fungsi-fungsi internalnya pun tak kalah banyaknya dibanding aplikasi berbayar seperti Resco File Explorer yang seharga US$ 25, seperti adanya fungsi Zip/Unzip, Properties, Send/Receive dari OBEX, Tree View, Directory Hotlist dan banyak lagi lainnya. Satu produk gratis yang harus ada di PDA anda.

HomeScreen PlusPlus | http://www.chi-tai.info/cs_BatteryStatus_XDA_Neo_WM5_iM_cs.htm

BatteryStatusAplikasi gratis yang luar biasa ini benar-benar menggantikan fungsi dari Battery Pack Pro milik OmegaOne yang harus kita beli seharga US$ 29.90. Fitur yang dimilikinya sangat lengkap dan fungsional.

Aplikasi yang berjalan di layar Today ini menampilkan informasi baterai PDA anda, GSM Provider, jumlah transfer data internet (in/out), jumlah waktu percakapan telepon anda, jumlah sms dan seabrek fitur istimewa lainnya termasuk task manager (semacam alt-tab di desktop) yang ringan. Benar-benar highly recommended!

Update: Software yang dulunya bernama BatteryStatus sekarang berganti nama menjadi HomeScreen PlusPlus. Bergantinya nama ini juga ditandai dengan bertambahnya fitur-fitur pada software gratis ini, khususnya untuk aplikasi di layar Today.

Dr. Puttingham Samsung Time

samsungtimePertama kali melihatnya di Samsung i780 milik adikku. Esoknya langsung mencari di internet dan alhamdulillah termasuk freeware. Jam digital ini dipasang di layar Today dan ukurannya pun cukup kecil. Cukup eye-catching dan fungsional. Tersedia dalam 5 pilihan warna dan jenis jam, ada analog/digital dalam hitam maupun putih.

Silakan unduh disini.

WM5torage v1.8

WM5torageUtiliti yang ringan ini layak dijadikan contoh sebuah freeware yang sangat bermanfaat. Fungsinya adalah menjadikan SD Card di PDA anda sebuah disk drive pada komputer layaknya flashdisk. Tinggal colokkan kabel USB ke komputer, jadilah PDA anda sebuah flashdisk yang baru.

Utiliti sebesar 62 kilobita ini sebaiknya diinstal di main memory, karena saat kita mengaktifkan WM5torage kita tidak bisa mengakses SD Card/SDMMC kita dari PDA. Kita hanya bisa mengaksesnya dari PC karena WM5torage telah menjadikan SD Card tadi sebuah disk drive di PC.

Untuk mendownloadnya, silakan kunjungi link ini.

TaskManager v2.9 | http://www.dotfred.net/TaskMgr.htm

Task Manager Aplikasi yang mirip dengan Task Manager di desktop PC, menampilkan daftar process aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di background. Bila ada program yang membandel tidak mau ditutup/hang, serahkan pada TaskManager untuk menutup paksa. Istimewanya, aplikasi ini tidak memerlukan penginstalan, cukup copy ke folder lalu jalankan.

Namun tidak itu saja, Task Manager juga menyediakan beberapa fungsi lain seperti Ping, Services, IPConfig, NetStats sampai Regedit. Satu aplikasi gratis untuk fungsi debugging yang handal, sudah seharusnya menjadi tool bagi para power user Windows Mobile.

TCPMP / Core Player | http://www.coreplayer.com/
TCPMPAplikasi multimedia yang sekarang tidak gratis lagi ini tetap menjadi player favorit di PDAku. Sejak tidak diteruskannya proyek open source TCPMP (The Core Pocket Media Player), membuat penggunanya terpaku pada versi 0.72RC1. Namun walaupun demikian, versi release candidatenya pun sudah sangat memuaskan. Untuk membeli versi lengkap (Core Player) kita harus merogoh kocek US$ 24.95.

TCPMP menyediakan banyak add-on untuk mendukung format-format musik dan video yang dapat dijalankannya. Dibandingkan dengan aplikasi pemutar media default Windows Media Player, TCPMP tidaklah kalah. Bahkan ada beberapa format audio yang tidak didukung oleh Windows Media Player, dapat dijalankan di TCPMP dengan baik. Klik disini untuk mendapatkan versi gratisnya.

Pocket Notepad v4.0 2006.1.30 | http://tillanosoft.com/ce/pnotepad.html

Pocket NotepadEntah mengapa Windows tidak menyediakan utiliti seperti halnya Notepad di PC Desktop. Untuk membuka, mengedit atau membuat file plain text (*.txt) pengguna Windows Mobile dipaksa memakai Pocket Word yang berat saat loadnya.

Untunglah ada Pocket Notepad menjawab keinginan itu. Untungnya lagi, aplikasi ini gratis, tinggal comot dari situsnya. Pocket Notepad mempunyai interface dan susunan menu mirip Notepad untuk PC Desktop, sehingga fans berat file .txt langsung jatuh hati menggunakannya.

Group SMS v 1.1
Group SMSWindows Mobile tidak mempunyai fasilitas untuk mengirimkan sms langsung secara otomatis berdasarkan group pada daftar contact. Group SMS menjembatani hal ini dengan menyediakan fitur mengirim SMS ke banyak nomor berdasarkan group.

Ini sangat bermanfaat saat kita hendak mengirim ucapan ‘Selamat Lebaran’ misalnya. Kita tidak perlu memilih nama kontak, cukup memilih group/kategori -yang tentunya harus sudah ditentukan saat kita memasukkan kontak baru- dan program ini akan memunculkan deretan nama-nama, lengkap dengan nomor HP, nomor telepon rumah atau kantor yang siap untuk dicentang atau tidak.

Silakan mengunduh aplikasi Group SMS ini dari situs ini. Oya, aplikasi ini membutuhkan .NET Compact FrameWork v2.0 agar dapat berjalan dengan baik yang dapat diunduh dari situs Microsoft.

UI Tweaker v0.5.4 | http://mobile-sg.com/software/?p=UITweaker&platform=ppc

UI TweakerAplikasi kecil untuk memodifikasi tampilan/user interface (UI) ini memang sangat berguna. Bosan dengan tampilan PDA anda yang itu-itu saja? Ingin mengubah warna bar dan taskbar? Ubah warna font dan efek warna lainnya? UI Tweaker dapat mengatasi keinginan itu semua tanpa biaya!

Bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis berbayar seperti CE Tuner 2005 yang dihargai US$ 14,95 UI Tweaker memang masih belum menyentuh soal UI font. Namun dari segi nol biaya, untuk mengubah tampilan dan theme PDA kita, nampaknya saya lebih memilih UI Tweaker dibandingkan CE Tuner.

Oya, aplikasi yang hanya berbobot 16,5 kilobita ini ternyata berasal dari negeri tetangga, Singapura.

HaditsWeb 3.0 | http://opi.110mb.com/haditsweb/download.htm

HaditsWebIni berbeda dengan aplikasi-aplikasi diatas yang berbentuk file executable di Windows Mobile. HaditsWeb ini adalah file .CHM (compiled HTML), suatu format yang biasa dipakai oleh Windows untuk file Helpnya. Bila file ini dijalankan di komputer desktop dari Windows Explorer, Windows akan langsung menampilkannya. Lain halnya dengan di Windows Mobile, kita memerlukan program/aplikasi yang berjalan di Windows Mobile untuk dapat membaca file ini.

HaditsWeb ini memuat Al-Qur’an dan Terjemahannya, Ringkasan Shahih Bukhari, Kumpulan Hadits dari Shahih Muslim, Ringkasan Syarah Arba’in An-Nawawi, Kitab Hadits Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam, 1100 Hadits Terpilih, Sejarah Singkat Beberapa Ahli Hadits, Artikel-Artikel Tentang Hadits dan informasi lainnya. Sangat berguna apabila digunakan saat mengikuti kajian taklim atau pengajian sebagai informasi tambahan. Pembuatnya, Sdr. Sofyan, berasal dari Bandung, semoga Allah membalas apa yang telah ia kerjakan.

Untuk membuka file HaditsWeb ini, anda bisa mencoba freeware CHMReader dari situs ini. Bila penginstalan CHMReader tersebut tidak berhasil, mungkin anda harus menginstal file .NETCF.Core.PPC3.ARM terlebih dahulu yang bisa diunduh dari situs Microsoft.

PocketXPdf v.0.5.0 | http://pocketxpdf.sourceforge.net/

Aplikasi yang bermanfaat untuk menampilkan dokumen dalam format PDF untuk Windows Mobile masih sedikit. Player utama seperti Adobe Acrobat for Windows Mobile tersedia juga secara gratis, namun untuk segi render tampilan sepertinya PocketXPdf ini lebih menyenangkan.

PocketXPdf dikembangkan dengan mempergunakan engine XPdf yang didesain untuk menampilkan dokumen berformat PDF dengan lebih efisien dan membutuhkan sedikit memori dibanding native PDF milik Adobe. Namun entah mengapa proyek ini berhenti dan tidak dikembangkan  lagi. Apa mungkin karena sifatnya yang open source dan gratis sehingga bila ketiadaan biaya membuatnya tidak dilanjutkan lagi?

Silakan mengunduh CAB filenya di http://prdownloads.sourceforge.net/pocketxpdf/PocketXpdf_0.5.0.CAB?download

MobiBlogr v1.5.1 | http://www.mobiblogr.com [almarhum :(]

Sungguh sayang, aplikasi mobil blog yang sangat informatif ini harus tutup. Mungkin karena ketiadaan biaya. Sebagai gantinya, saya memanfaatkan Vox, yang sayangnya masih belum mendukung Geo Tagging Blog.

MobiBlogrIni memang khusus untuk yang gila ngeblog, khususnya Photo Blogging. MobiBlogr membutuhkan PDA yang terintegrasi dengan kamera, koneksi internet dan GPS (opsional). GPS diperlukan hanya untuk menandai dimana lokasi foto yang diambil untuk blog tersebut.

Dengan interface yang sederhana, justru sebenarnya disitulah kekuatan aplikasi ini. Pengguna hanya perlu menjalankan sekali MobiBlogr ini untuk kemudian aplikasi ini memonitor setiap folder foto yang sudah ditentukan sebelumnya. Bila ada foto baru yang terekam masuk, MobiBlogr akan langsung muncul dengan menampilkan foto terbaru tadi dan menyiapkan ‘tempat’ untuk menyisipkan teks.

Setelah mengunduh file installer dari situs MobiBlogr, pengguna harus mendaftar/register blog sebagai tempat untuk memposting berita dari PDA dan setelah semua siap, aplikasi ini bisa langsung digunakan.

Tulisan yang lebih detil mengenai Photo Blogging dengan menggunakan MobiBlogr telah ada di blog saya ini. Silakan baca disini.

Google Maps v2.0.0.12 | http://www.google.com/gmm/index.html

Google Maps‘Saya kan tidak punya GPS, untuk apa aplikasi ini? ‘ Mungkin demikian saat saya memasukkan nama Google Maps ke aplikasi freeware yang sebaiknya ada di PDA anda. Baiklah, mungkin tidak begitu berguna bagi yang tidak merasa butuh untuk mengetahui sedang berada dimana anda saat ini. Namun aplikasi ini tidak memerlukan GPS agar bisa bekerja. Tentu, dengan adanya GPS akan membuat aplikasi ini lebih sempurna digunakan.

Untuk pengguna PDA yang tidak memiliki GPS namun bisa mengakses internet, aplikasi ini pun dapat dipergunakan. Terdapat tombol Search yang dapat membantu kita untuk mencari sebuah lokasi. Tinggal masukkan nama kota dan tekan OK, Google Maps akan langsung mengantarkan anda. Tentu, pertimbangkan pula biaya yang timbul akibat pemakaian internet guna mengunduh file-file gambar/peta dari servernya.

Versi terakhir saat tulisan ini dibuat, menjanjikan pemetaan lokasi pengguna walaupun PDA-nya tidak terhubung dengan GPS, karena Google Maps akan mencari BTS terdekat untuk memantau lokasi anda. Kedengarannya serem ya, namun saat saya mencobanya di kawasan rumah saya, aplikasi ini belum dapat menunjukkan lokasi saya saat itu. Versi terbaru dari GoogleMaps ini sudah menambahkan fitur Latitude, sebuah fitur yang bekerja baik dengan GPS maupun BTS untuk menentukan lokasi kita di map. Kita juga dapat mengijinkan kawan/rekan kita untuk mengetahui lokasi kita saat ini dengan menghubungkan latitude kita dengan account latitudenya. Siap untuk dilacak? Coba Latitude!😀

Demikianlah sedikit ulasan mengenai aplikasi-aplikasi gratis untuk Windows Mobile di PDA saya. Mungkin tulisan ini akan di-update secara regular untuk menjaga agar link dan dokumen selalu up-to-date. Perlu diingat, terlalu banyak aplikasi gratis tersedia di internet, entah itu aplikasi office, game, utiliti atau lainnya. Namun tidak karena gratis lalu kita memenuhi PDA kita dengan aplikasi-aplikasi itu karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal dapat mempengaruhi performance PDA.

Terakhir, tip untuk menginstal aplikasi. Pastikan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh Windows saat PDA booting, sebaiknya diinstal di SD Card/SDMMC. Ada beberapa aplikasi yang ‘ngotot’ menempatkan diri di main memory, padahal telah kita arahkan ke SD Card, seperti Google Maps. Untuk aplikasi seperti ini, bisa kita pindah secara manual ke SD Card tanpa harus khawatir aplikasi tidak berjalan.

Selamat mencoba. Bila ada saran/usulan mengenai aplikasi gratis WM lainnya, bisa dishare disini.

22 pemikiran pada “Freeware yang Sebaiknya Ada di PDA

  1. Bajakan yaa jelas susah di hilangkan dah pasti ituh l-), orang awal awal kenal komputer pada ngerti WS,Lotus,dBase WP DOS rata rata kan make barang item l-), sedikit yg make lisensi, kalo beli yang lisensi udah pasti ora iso mangan…. hehehe….

    kursus kursus komputer di jalan kenapa murah ? karena gak bayar lisensi buat software yang di pake yaa gak l-), kalo beli lisensi dan ngasih tarif murah udah pasti untuk kembali modal bisa bertahun tahun gak kelarrrr😉

    BolaNaga
    http://www.crypton97.us

    hallo bol..
    maka dari itu, kan sebenarnya banyak freeware yang ‘mumpuni’, misalnya open office sebagai pengganti officenya mikocok. cuma kita [termasuk saya], sudah sering terlena dengan software-software GPL alias glodok public license yang hanya dengan 20ribu sudah dapat yang full version, hehehe..

    thanks ya bol..

  2. Ngapain keluar 20rb kalo 7rb dah dapet hehehehe

    Ngemeng ngemeng baru sehari ngepost koment langsung masuk listing domain inyong nang google hehehe
    ooo yaa web om oyi inyong taro nang kene
    http://crypton97.us/home/links/index.php?category=Teman

    traffic blog ini mayan padett nih… l-) dapet rank 10 golet domain iyong list’e hehehe
    http://www.google.co.id/search?as_q=&hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&hs=GEw&num=100&btnG=Telusuri+dengan+Google&as_epq=crypton97.us&as_oq=&as_eq=&lr=&cr=&as_ft=i&as_filetype=&as_qdr=all&as_occt=any&as_dt=i&as_sitesearch=&as_rights=

    BolaNaga
    http://www.crypton97.us

    waaa, komen-mu kena tilang bol.. karena banyak kasih URL jadinya ditangkap sama akismet, hehehe..
    yang lumayan padat bukannya wordpress.com? kalau kaffah4829.wordpress.com mah cuma tinggal nebeng dowang.. coba kalau pakai full hosting, mungkin gak ke-list ama paman gugel, hehehe..

    thanks bol..

  3. Kalo pake hosting sendiri mah kagak ada kena tilang tuh… l-)
    juragan kuda kok make gratisaann kepriwe sehh ? l-)

    bukan donk… yang bikin padat ituh kan subdomainnya yang sering di akses banyak orang… nah ituh buktinya di google link inyong nang kene ada di rank 10, makin banyak yang akses blog ini pasti ranknya nambah teyusss l-)

    BolaNaga
    http://www.crypton97.us

    wordpress gratis ngasih 3 gb jhe.. males cari hostingan lokal, hehehe.. ntar kalau udah rada-rada serius baru deh cari yang bayar..

  4. hi assalamualaikum… sy dr malaysia dan masih lg belajar. baru saja membeli ipaq hw6515 terpakai dan sedang mencari freeware. terima kasih utk freeware links.

    wa’alaikumussalam akhi, sama-sama.. senang mendengar testimoni ini. maaf terlambat membalas komentarnya.

  5. hmm, extreme text kagak dimasupin tuh?

    thanks bro, ane barusan cek di situsnya ternyata extreme text tidak free, alias kudu bayar jadi gak masuk kriteria sesuai judul tulisan ini.

  6. pakai pakainya blackberry, software yg direkomendasikan adalah :

    – pdreply -> reply as new, biar tulisan sebelumnya yg direply tetap rapi jali dan kagak berantakan
    – viigo –> rss feed yg oke punya
    – fx converter dari owanda, online update kursnya, maknyuss
    – yahoo messenger dan google talk pastilah
    – gmail apps
    – grid magic, kayak excel gitu deh
    – sms2mail, jadi begitu kirim sms langsung dikirim ke blakberi kita juga sebagai email, jadi terjaga datanya.

    hmm, blackberry ya kang? barang yang satu itu belum pernah nyobain sama sekali. kirain hanya melulu masalah email, ternyata bisa diajak chatting juga yak?

    thx infonya yaa..

  7. Makasih pak atas infonya yg sangat bermanfaat ini.
    Oya pak, saya kan perlu .NET Compact FrameWork v2.0.
    Saya sdh d/l filenya dg nama NETCFSetupv2.msi.part.
    Trus cara installnya ke PDA saya bagaimana ya pak….?
    Gaptek nih pak😀

    Terimakasih.

    waduh mohon maaf, komentar ini terlewati tidak dijawab dalam waktu yang lumayan lama. mohon maaf mas!

    kalau dilihat dari nama file .msi-nya, masih kurang itu pak. harus ada file lain untuk menggabungkan dengan file .part yg bapak download, istilahnya header file dari msi itu.

  8. Kebetulan saka bisa membuat program untuk di Windows Mobile dan saya juga berminat untuk membuat freeware di WM ini.

    Sayangnya, saya tidak tau program apa yang harus dibuat. Jika ada yang punya ide mungkin bisa kirim ke email saya.

    usul deh mas, saya sedang kehilangan software blogging dari pda yang mensupport geotag [jpeg + exif] karena situs yang mensupportnya sudah tutup. saya sudah mencari-cari ke sana kemari belum mendapatkan padanan software yang support geotag ini. kalau mas benjol bisa bikin, apalagi freeware, insyaAllah barokah, hehehe.. thanks ya.

  9. do you know any information about this in english?

    hello dil,
    thanks for visiting my blogsite. unfortunately my blog did not provide any english pages. however, there are many information about windows mobile freeware applications on the internet, or you can just click on its link on every application that i mentioned above.

    good luck.

  10. Kemaren dah coba Google Maps, tapi sayang sekale selain peta Jogja dan sekitarnya belum lengkap juga penggunaan GPRS sangat boros….Saya lagi cari2 GPS freeware tapi yg offline so bisa ngirit biaya GPRS, dah nemuin se tapi belum dicoba…klo anda ada informasi ato rujukan, mohon bantuan ya?!Thx b4…

    memang, kalau memakai google maps kita akan dibebani biaya internet karena harus terhubung ke servernya google.

    gps freeware bisa dicoba garmin mobile XT dengan menggunakan map 17 agustus dari navigasi.net.

  11. makasih ya atas infonya. saya mau sedikit berbagi. untuk YM-an, saya biasa pake Slick. Saya jg install fring, dari fring.com meski katanya bisa voip gratis, saya blm pernah coba krn ga pnya temen nge-fring.

    wah, terima kasih infonya.

  12. mbak yang CHM readernya gak bisa di download, bisa diemail gak, please! thanks banyak smoga amalnya diterima…

    oh, gak bisa didownload lagi ya? nanti saya perbarui linknya. ok, dikirim via email ya & terima kasih doanya.

  13. Mohon bantuannya bagaimana cara install sportypal di windows mobile
    tk

    tinggal copy file .cab-nya ke pda lalu jalankan di pda pak dodi. sebaiknya diinstal di SD Card agar tidak menghabiskan memori internalnya. selamat mencoba.

  14. terim ksih,saya pengguna DOPOD 838 PRO wm 6.0 juga baru belajar,bgmana cara uninstal software yg bandel ndak bisa diremove, juga apa efek dari HARD RESET pada wm saya ?! terima kasih.

    bila ada software membandel tidak bisa diremove, bisa memanfaatkan SKTOOLS. bisa digugling saja URLnya ya.

    hard reset tidak berakibat apa-apa pada device kita, hanya saja data-data dalam internal memori akan hilang. sebaiknya dibackup dulu di PC.

    terima kasih atas kunjungannya khoirul.

  15. assalamu’alaikum, terima kasih atas infonya dan jawabannya. saya ada tanya lagi, adakah software QURAN untuk wm6 yg ayatnya otomatis scroll sendiri, saya ada tapi masih manual.
    terima kasih,

    Wassalamu’alaikum

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wa barakatuh,

    sependek pengetahuan saya, sejak saya giat mengumpulkan software al-qur’an untuk pda, belum menemukan yang scrolling dengan sendirinya.

    namun sejak saya mulai menghafal ayat-ayat dalam al-qur’an, saya lebih menyukai membawa al-qur’an cetak dibanding pda, karena kalau yang cetak posisi ayatnya selalu sama sehingga mudah dalam menghafalnya. kalau di pda kan letak ayatnya sering berubah-ubah sesuai font yang kita pilih.

    untuk pemakaian di pda, saya menyarankan freeware eIslamExplorer, yang memiliki khat qur’an yang jelas dan besar.

    selamat giat membaca al-qur’an ya.

  16. assalamu’alaikum,

    saya punya problem pocket islam ver.8 dg extention .exe kok tidak bisa diinstall di DOPOD 838 pro saya. tlg dong dibantu. terima kasih

    wassalamua’laikum wr. wb.

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    maaf baru sempat membalas pesan anda. tidak bisa diinstalnya bagaimana errornya akhi? jalankan saja setupnya via PC dengan kondisi pda terhubung/synced. selanjutnya biarkan instalasi berjalan dan sebaiknya pocketislam diinstal di storage card ya. jangan lupa untuk mereset pda agar aplikasi tersebut bisa berjalan.

    oya, anda memakai windows mobile versi berapa? saat ini saya tidak bisa menggunakannya lagi karena memakai windows mobile 6.5.3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s