Manfaat Teknologi GPS

25 Januari 2008 14:14

JAKARTA – Setelah hampir setahun menggeluti dunia per-gps-an, ada satu yang bisa diambil yaitu betapa teknologi canggih dan gratis ini dapat kita manfaatkan untuk menunjang aktifitas kita sehari-hari.

Sebagai alat yang menginformasikan posisi kita di bumi ini (Global Positioning System), banyak aplikasi yang diciptakan tidak hanya sekedar untuk mengetahui ‘dimana saya’, namun telah beranjak menuju suatu sistem yang mengeksploitasi informasi itu untuk kemudahan penggunanya.

Berikut pemaparan mengenai apa-apa yang dapat dimanfaatkan dari GPS di device Eten X500 yang menemani setiap hari.

A. GPS sebagai Penunjuk Arah Kiblat

Penunjuk Kabah lewat GPSSebagaimana yang pernah diulas di artikel sebelumnya, yang perlu kita butuhkan adalah koordinat Ka’bah terlebih dahulu yang kemudian disimpan sebagai waypoint atau POI (point of interest).

Dengan telah disimpannya POI Ka’bah, dimanapun kita berada di bumi ini insya Allah kita akan mengetahui dimana kiblat untuk sholat.

Koordinat Ka’bah adalah 21.420171N dan 39.822345E. Masukkan koordinat itu ke GPS anda dan akan terlihat garis lurus Ka’bah dari tempat kita berdiri. Itulah kiblat.

Jadi mulai saat ini, kaum Muslimin yang mempergunakan GPS seharusnya tidak perlu lagi kehilangan arah Ka’bah di suatu tempat yang baru didatanginya.

Software yang dipakai: BeeLineGPS


B. GPS sebagai Teman Berkendara

Garmin Mobile XTSebuah alat GPS tanpa peta bagaikan sebuah layar dengan sebuah titik di atas gurun pasir atau lautan. Tidak ada petunjuk alamat, hanya penunjuk arah mata angin. Hendak kemana kita bila itu yang kita punya di dalam sebuah kota? Matikan GPS, gunakan alat bantu yang lain, yaitu turun dari mobil dan bertanya kepada penduduk sekitar.

Namun bila GPS dilengkapi peta dengan tingkat akurasi tinggi dan detil informasi yang lengkap, seharusnya perjalanan anda tidak akan pernah tersesat. Ya, GPS telah menjelma menjadi teman perjalanan yang mengasyikkan. Apalagi bila kita berkunjung ke suatu kota/tempat yang sama sekali belum pernah kita kunjungi, atau kita kurang familiar dengan kota itu, GPS dapat dengan mudah memetakan suatu tempat untuk kita ‘kuasai’.

Detail View Garmin Mobile XTSyarat utamanya adalah aplikasi yang kita gunakan memakai peta yang routable. Maksudnya, petanya mempunyai fitur panduan yang dapat memandu kita menelusuri jalan-jalan untuk mencari suatu alamat tertentu. Biasanya fitur ini memberikan pilihan kepada kita, apakah kita hendak mempergunakan rute terpendek (shortest) atau rute tercepat (fastest). Jangan heran bila diaplikasikan pada kota yang memiliki kelas jalan yang berbeda-beda seperti kota-kota besar di Jawa, rute yang ditawarkan pun bisa beraneka ragam. Ini yang mengasyikkan, karena kadang kita diarahkan kepada rute yang melalui ‘jalan-jalan tikus’ (bila kita pilih metode shortest) atau melulu melalui jalan tol karena kita lebih suka rute yang tercepat.

Manfaat lain dari peta yang memiliki fitur routeable ini adalah bila kita memilih jalan yang tidak disarankan oleh aplikasi, misal karena jalanan sedang dialihkan, maka otomatis GPS akan mengkalkulasi ulang arah yang akan kita tempuh berdasarkan metode rute yang kita pilih (shortest atau fastest) lengkap dengan perkiraan ketibaan kita.

Oya, bagi pengguna kendaraan beroda empat, sebaiknya sih mempergunakan car holder untuk memasang GPSnya di dashboard atau kaca mobil dan sebisa mungkin mengurangi pengesetan GPS saat sedang berkendara karena dapat mengurangi konsentrasi mengemudi. Biasanya bagi pengguna pemula, akan selalu tergoda untuk melakukan penandaan suatu tempat (waypoint/POI) tanpa menyadari bahwa apa yang dikerjakannya itu dapat membahayakan dirinya atau pengendara lainnya.

Software yang dipakai: Garmin XT & NusaMap (antar kota); MapKing & iGo MyWay 2006 (Jakarta only)

C. GPS sebagai Pengingat Langkah

iGoMyWay2006 PlusKadang kita berkunjung ke rumah teman untuk kali pertama. Gawatnya, rumah kawan ini berada di dalam sebuah komplek perumahan dan memiliki puluhan gang. Bila perjalanan kita ditemani oleh GPS, bukan masalah besar untuk menemukan kembali jalan keluar. Ini asli aku alami waktu mengunjungi rumah seorang sohib di Bintaro sektor 5, sebuah kawasan yang bukan ‘daerah jajahan’. Dengan berbekal GPS, sang kawan tak perlu mengantarku keluar kompleknya -yang kalau malam diportal dimana-mana itu- karena GPS telah mencatat jejak langkahku waktu memasuki kompleknya. Tinggal nyalakan GPS, arahkan ke Home/Rumah, ia telah menunjukkan jalan keluarnya.

Software yang dipakai: Garmin XT, NusaMap, MapKing, iGo MyWay 2006

D. GPS sebagai Teman Berolah Raga

Run.GPS UVTak salah bila banyak pengembang software yang ikut mengembangkan produknya berbasiskan GPS sebagai pasar potensial mereka. Salah satunya adalah eSymetric yang mengeluarkan produk bernama Run.GPS yang didesain untuk mendampingi kita berolah raga. Software ini mencatat segala parameter saat kita beraktivitas, mulai dari jarak dan waktu tempuh, kecepatan dan kecepatan rata-rata, jumlah kalori dan lain sebagainya. Setiap selesai berolah raga, ada opsi untuk meng-upload hasil latihan kita ke portal komunitas pengguna software ini dimana segala informasi ditampilkan secara on-line, bahkan kadang real-time bila kita mengijinkan software ini mempergunakan internet saat berolah raga.

Bagi aku pribadi, dengan mempergunakan Run.GPS beserta analisa reportnya, membuatku tambah bersemangat untuk berolah raga, karena seakan-akan mempunyai asisten yang siap mencatat segala aktivitas olah raga kita.

Software yang dipakai: eSymetric Run.GPS Trainer UV

E. GPS sebagai Informasi yang Menghibur

GarminQueTerbang dengan pesawat selama lebih dari dua jam kadang membosankan. Walaupun masih sering menimbulkan perdebatan, penggunaan GPS pribadi di pesawat terbang sungguh mengasyikkan. Syarat utamanya tentu aplikasi yang kita gunakan mempunyai peta/map yang cukup detil sehingga dapat memberikan informasi posisi terkini kita saat itu.

Yang pertama kita lakukan adalah menentukan koordinat tujuan kita. Pada beberapa peta digital dengan cakupan area yang luas, kita dapat dengan mudah mencari nama bandara yang ada di Indonesia. Tentukan bandara tersebut sebagai tujuan kita dan GPS akan mengkalkulasi jarak dan waktu yang akan kita tempuh. Pada kasus ini, kita tidak memerlukan peta yang routable karena GPS tidak kita suruh untuk menunjukkan jalan mana yang akan kita tempuh. GPS cukup mengetahui posisi kita saat itu dan koordinat tujuan kita.

3D BeeLineGPSSaat kita terbang, aplikasi yang dapat menampilkan informasi 3 dimensi seperti halnya BeeLineGPS akan memberikan informasi ketinggian kita saat itu. Bahkan terpampang juga kecepatan vertikal pesawat kita, baik saat pesawat itu naik ataupun turun. Sungguh suatu sajian informasi yang sangat menghibur dan bermanfaat.

Software yang dipakai: Garmin XT & NusaMap (2D), BeeLineGPS (3D)

KELEMAHAN

Saat pertama kali digunakan, GPS menangkap sinyal-sinyal yang dipancarkan dari sejumlah satelit di atas bumi kita. Kadang bila hanya 3 sinyal satelit yang ditangkap, GPS telah dapat digunakan meskipun informasi yang ditampilkan kurang akurat. Oleh sebab itu lah, GPS memakai bandwith layaknya internet via satelit. Walaupun gratis, namun bila kita berada pada suatu tempat dimana jalurnya penuh, kadang sinyal yang diterima putus dan aplikasi gagal menampilkan posisi kita. GPS juga kadang tergantung cuaca. Bila cuaca buruk, sinyal yang tertangkap bisa tidak sempurna yang mengakibatkan pemetaan lokasi kita menjadi bias.

Walaupun sangat bermanfaat, hendaknya kita tidak seratus persen bergantung pada GPS ini. Memang ini sifatnya kasuistis, dalam arti tidak semua aplikasi mempunyai bug atau kesalahan dalam pembacaan peta. Pernah suatu waktu, alih-alih hendak mencari jalan tercepat menuju rumah, sebuah aplikasi menunjukkan kami jalan yang sebelumnya tidak pernah kami lewati. Makin lama kami ikuti, jalanan makin mengerucut. Namun saking percayanya pada aplikasi itu, kami pun jalan terus sampai akhirnya menemui kenyataan bahwa jalanan itu hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua. Terpaksalah putar balik karena aplikasi itu tidak bisa membedakan mana jalan untuk roda 4 mana yang jalan setapak. Cucian deh… :)

21 Responses to “Manfaat Teknologi GPS”

  1. danu Says:

    sepanjang masih namanya buatan manusia, pasti ada aja bugnya ya kang. kumaha wartosna akang? :)

    alhamdulillah khair kang danu, ini lagi dinas ke banda aceh selama seminggu jadinya kurang waktu untuk mengupdate blog, hehehe.. nuhun kunjungannya kembali kang danu.

  2. browniesnet Says:

    reviewnya mas soal gps untuk hp nokia cdma N 6275i dunk..

    jazakillah

    waiyakum akhi. afwan, keterbatasan ilmu untuk membahas gps di hp cdma. maafkan ya.

  3. ARIGDX Says:

    mohon informasi software GPS yg terbaik ..serta map Java bali yg komplit ??

    aduh maaf sekali telat membalas pertanyaan anda.
    sampai saat ini, saya sering menggunakan garmin mobileXT dengan peta yang diambil dari situs navigasi.net. menurut saya, aplikasi ini lah yang terbaik untuk dipakai di jawa dan bali.

    selain itu, saya juga pengguna nusamap, walaupun untuk beberapa kriteria aplikasi ini masih banyak kekurangan dibanding dengan garmin mobileXT namun ada juga kelebihannya.

    ada lagi igo myway 2006, namun peta yang tersedia hanya lah kota jakarta. untuk jawa bali masih dalam pencarian :)

    terima kasih kunjungannya.

  4. the N Says:

    assalamualaikum

    mohon infonya, peta jakarta untuk igo myway 2006 bisa diperoleh dimana ya ? seba di webnya gak ada . tks wassalam

    wa’alaikumussalam,

    sudah saya kirim via japri.
    semoga linknya masih valid.

  5. imamp Says:

    mo nanya klo pda yang sudah ada built-in gps apa bisa ditambah peta seperti diatas.

    rencana mo cari PDA-GPS, tapi takut klo ga bisa dipake.

    hallo imam,

    justru gps saya dibenamkan di dalam pda yg saya pakai, atau kalau menurut istilah anda saya juga pemakai pda-gps yaitu eten glofiish x500. chipsetnya sirfstar III yang sama dengan chipset yang dipakai pada modul2 gps kebanyakan.

    oleh karena itu, yg perlu kita cari adalah softwarenya, yang berjalan pada sistem operasi pda kita. kalau petanya, misalnya peta garmin atau igo/mio, sama-sama bisa sharing dengan peta yang dipakai pengguna modul gps.

    selamat mencoba!

  6. Acep A Says:

    Wah, Mas Oyi aplikasi GPS nya banyak amat nih yang dipake, saya jadi ingin juga mencobanya kebetulan saya pake glofish X500 dan sudah coba pake beeline gps sekarang saya lagi coba pake Garmin mobile XT cuman belum bisa ngakalin gps devie nya sebab sealu mencari gps garmn, mohon pencerahanya gimana cara ngakalin supyagps nya bisa akif (walaupun bukan bermer garin).

    Wasallam,

    Acep.

    wa’alaikumussalam acep,

    akhirnya, ada juga yang memberi komentar dari sesama pemilik glofiish x500 :) maaf terlalu lama membiarkan pesan ini tidak terbalas ya mang acep.

    untuk garminXT, prosedurnya tidak rumit. yang penting device ID-nya dan map-nya diunlock. kalau belum di unlock biasanya memang seperti itu, tidak bisa menggunakan internal gps yg ada di x500.

  7. Astrajingga Says:

    Kalo saya menggunakan GPS untuk upaya pengurangan risiko Mas/Mbak

    wah, pengurangan resiko apa nih? bisa dishare mungkin?

  8. erwin Says:

    met pagi mas/mbak… mo mohon bantuan info… saya pake Nokia E90, setahu saya disana ada fungsi GPS… kalo mo menggunakan fitur itu apa saja yg hrs saya siapkan…. ma kasih…

    pertama, mohon maaf kalau saya tidak menguasai gps di nokia e90. hanya saja saudara saya ada yg pakai e90 dan fungsi gpsnya bisa berjalan dengan baik. terkadang memakai a-gps/assisted gps, yaitu bantuan dari provider untuk mempercepat fix status lokasi anda, tentunya dengan koneksi internet via gprs/3G, dan ini ada biayanya. sedangkan bila murni memakai gps, tidak ada biaya apapun alias gratis.

    untuk softwarenya, saya rasa di e90 ada nokia map, bisa dicoba memakainya dulu. kalau mau yang lebih lengkap, bisa coba garmin mobileXT untuk symbian.

    info lengkap, setelah saya googling, ada di http://www.nokia.co.id/A4801070

  9. depe12 Says:

    assalamualaikum mas saya mau tanya nih ada ga gps yg cocok buat nokia 9300i soalnya saya sudah browsing kesana kemari ga dapet2 mas nyampe pusinng sendiri klo ada toloong kirimin yah mas ke email saya trima kasih sebelumnya wasalam

    wa’alaikumussalam,
    bukannya nokia 9300i gak ada gpsnya? atau mau memanfaatkan bluetooth dengan gps module? kalau mau disandingkan dengan gps module, software garmin mobileXT [symbian] mungkin bisa dipakai. maaf tidak bisa memberi jawaban yg pasti karena belum pernah ngeset gps di symbian. jazakallah.

  10. abel Says:

    Salam,
    Ada yg bisa bantu engga yah,saya pake garmin xt ver.5 di nokia n82 saya,tapi kenapa waktu saya routing jaraknya selisih sampai +/-6 mtr,apa saya harus install garmin yg lebih rendah versinya,atau memang hp saya yang kurang pas pake garmin.

    Terima kasih.

    6 meter? mungkin itu tingkat akurasi maksimal gps di nokia n82. sudah dicoba dengan software gps yang lain? bila akurasinya sama, berarti memang itulah tingkat maksimal akurasi chipset gps di n82.

    IMHO, seharusnya sih 6 meter masih masuk kategori normal untuk gps sipil yang kita gunakan, lain halnya untuk kepentingan militer yang bisa sampai 30 cm tingkat akurasinya :D

  11. abel Says:

    Terima kasih atas atensinya,maaf nih sebenarnya sih saya kira2 aja selisih jaraknya,ternyata selisihnya sampai 15 meter meter,sedangkan kalo saya routing pake nokia maps,selisihnya cuma 3 meteran.

    Baru kali ini sih saya pake garmin di nokia,abis navigasi nokia bayar mahal banget.

    Sekali lagi Thanks banget atas waktunya.

    sama-sama. maaf bila jawabannya tidak memuaskan.

  12. josyard Says:

    Salam,
    Ada yang bantu tidak ya, saya pake Nokia E90 kok tampilan peta tidak bisa 2 Dimensi.

    software yang dipakai di E90 apa ya mas josyard?

  13. Simbolon Mister Says:

    Selamat Siang Mas/Mbak,

    Pengetahuan saya tentang GPS bertambah dengan usalan diatas. Kebetulan liburan anak sekolah bulan Juni dan Juli ini, saya dan keluarga berencana untuk mengadakan Tour “Bali, Lombok dan Medan”

    Jika menggunakan GPS sebagai pendamping, saya yakin akan lebil terbantu.

    Saya coba-caba cari GPS di Fuji, merke punya Mio dengan harga Rp. 3,35 Jt. MEnurut kantong saya itu kemahalan, karena akan jarang di pergunakan.

    Apakah Mas/Mbak mempunyai refernsi untuk menyewa GPS tersebut secara bulanan?

    Thank you
    M. Simbolon

    pak simbolon yang baik, daripada menyewa lebih baik beli. anda sudah punya handphone yang berbluetooth? bila sudah, minimal beroperating system symbian terkini bisa diijadikan gps dengan memanfaatkan gps module yg di’konek’an dengan bluetooth. ini pilihan yang paling murah walaupun tentu akan menguras baterai handphone bapak. harga gps module bervariasi, ada yg dibawah satu juta ada pula yang lebih. coba cek di situs http://otomasi.com/index.php?cPath=21_60 disitu bapak bisa melihat dan berkonsultasi dengan pemiliknya langsung.

  14. abel Says:

    saya mau kasih info aj,coba beli aj handphone nokia type 6110 navigator second kira2 1,5 sampe 1,7 jt
    trus isi garmin di roxy(engga tau ditempat lain ada yg bisa engga) kira2 60rb, ada yg jawa bali,ada yang se Indonesia

    bisa juga pake nokia n78,n82,n79,e71 (tinggal tergantung budgetnya aja)

    jadi lebih irit engga usah sewa(kalo ada),nanti jual lagi paling di potong 200rb.

    Ok

    hmm, info yang bagus. makasih om abel.

  15. Survey Shop Says:

    gps shop mnejual type gps garmin mulai dari :
    Garmin GPSMAP 76CSx, GPSMAP 76S, GARMIN GPSMAP 76CX, Garmin GPSMAP 60CSx, GARMIN GPSMAP 60CX, Garmin GPS eTrex Vista, Garmin GPS eTrex Vista HCX, Garmin GPS 60i, Garmin GPS 60, Garmin GPS eTrex Yellow, Garmin GPS eTrex H, Garmin GPS eTrex Legend, GPS eTrex HCx, Dll

    GPS Shop ( Global Hutama )
    Komplek Migas 20 Blok B No. 101 Kelapa Dua Jakarta Barat 11550
    Phone : 021- 68657385/ 53653393
    Fax : 021- 53653393

    Contact Person :
    Jaelani ( Sales Marketing )
    Mobile : 081-807030-895

  16. Dodi Says:

    Mohon bantuan, saya memasukkan koordinat kabah di garmin XT, tapi selalu keluar pesan “invalid coordinat”
    konpigurasinya N xx.xx xxx dan E xx.xx xxx jadi kurang 1 digit dibanding digit yang tertulis diatas
    tk

    benar, kordinat yang saya tulis diatas menggunakan format decimal degrees, sedangkan garmin sering menggunakan format degrees & decimal minutes. berikut konversinya: N21°25.35006 dan E39°49.57188. semoga membantu ya dan terima kasih atas inputnya.

  17. goop Says:

    kok ada dua postingan serupa, ya?
    di sini juga persis: http://luckypunya.blogspot.com/2009/03/manfaat-teknologi-gps.html
    terima kasih untuk artikelnya, mohon izin akan saya masukkan untuk materi pelatihan :D

    terima kasih informasinya pak. saya sudah cek blog yang dimaksud dan di blog tersebut disebutkan sumbernya dari blog ini.
    waduh, untuk materi pelatihan? apa layak ya? terima kasih sekali lagi.

  18. andhy Says:

    mau tanya nih bos,

    kenapa ya GPSmap 76cX kok boros batre ya ?
    mohon bantuan untuk infonya ya ?

    waduh mohon maaf, saya tidak punya 76cx jadi tidak bisa memberi komentar. satu tip, mencharge produk elektronik sebaiknya disaat baterai benar-benar habis dan tidak mencharge saat gps sedang dijalankan.

  19. geosurveying Says:

    sejauh ini mas andhy menggunakan battery charger atau battery AA biasa, jika ingin awet resolution di rendahkan saja, tekan tanda on/off dua kali terus ada pengaturannya di situ, dan jika Gps dalam keadaan mati lebih baik batu battery di lepas saja mas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: