Mobile & Photo Blogging

Tampilan MobiBlogrBANDA ACEH – Tak puas dengan Pocket SharpMT, terutama karena sistem blog di WordPress memang tidak untuk photo blogging, akhirnya dengan bantuan mesin pencari Google tertambatlah mouse ini di situs mobiblogr.com. Sungguh kebetulan, aplikasi yang bisa diunduh gratis dari situs itu mendukung Windows Mobile 6 yang aku pakai dan juga pemetaan lokasi GPS dengan memanfaatkan fitur Google Map.

Photo blogging adalah suatu jenis blog yang dinamis, dalam arti kita bisa nge-blog dimana dan kapan saja sepanjang tiga syarat terpenuhi: ada sambungan internet, kamera dan perangkat untuk mengirim tulisan/posting. Dalam hal ini, perangkat itu bisa notebook atau PDA yang memungkinkan kita mengirim laporan secara instant dan mobile saat itu juga.

Syarat agar aplikasi ini dapat bekerja dengan maksimal adalah kamera yang kita pakai juga harus mendukung pencatatan lokasi/geocache sehingga komputer akan mencatat lokasi tempat kita memotret. Dan itu terpenuhi sejak update firmware Eten Glofiish X500, developer PDA ini menyediakan parameter untuk EXIF GPS.

Eten Camera InterfaceJadi, saat kita bepergian dan menyalakan kamera PDA, secara otomatis fungsi GPS yang ada di PDA ini pun bekerja. Setelah fixed, suatu kondisi dimana perangkat GPS kita telah dapat memetakan posisi kita di bumi ini, icon GPS yang berwarna merah di ujung kiri akan berubah menjadi putih. Itu berarti kamera siap bekerja lengkap dengan pemetaan posisi kita saat itu.

Apabila sebelum melakukan pemotretan kita telah mengaktifkan aplikasi mobiblogr di background, setelah shutter kamera dilepas secara otomatis mobiblogr akan memuat foto yang barusan kita lakukan dan siap untuk diisi komentar secukupnya.

Langkah terakhir, kita pilih menu post dan artikel pun siap dikirim ke server mobiblogr. Bila tersedia koneksi internet saat itu [via GPRS/3G], pada halaman blog kita akan muncul link posisi kita (mobiblogr menyebutnya geotagged). Link ini akan memuat halaman baru dengan GoogleMap yang akan menunjukkan dimana foto itu diambil.

Satu kelemahan yang agak mencolok adalah ketiadaan tag category untuk tulisan yang kita buat. Biasanya tulisan yang di-upload mengikuti tag terakhir yang tersimpan di server. Mungkin di versi berikutnya kekurangan ini bisa diaplikasikan. Namun satu kelebihannya adalah bila sudah mencoba sekali, bisa ketagihan, hehehe. Buktinya, justru blog foto saya di KaffahShots yang lebih sering di-update karena kemudahan mobilitas dan sifat instant-nya itu.

Ayo, buruan daftar blog foto anda di situs mobiblogr.

PS: Thanks to Alle yang telah memberi tip untuk menyisipkan teks pada ‘More’.

3 pemikiran pada “Mobile & Photo Blogging

  1. ternyata gitu toh aplikasi menu gps di mobiblogr …
    sayang ipaq rw6828 belum di support fasilitas gps, ternyata lebih hidup contentnya bila menampilkan foto dan gps.

    salam kenal

    terima kasih bro awid atas kunjungannya. iya, saya jadi lebih sering mengupdate blog yang di mobiblogr ketimbang di wordpress sejak ‘diracuni’ adik saya, hehehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s