Daftar Perlengkapan Haji

6 November 2007 12:09

JAKARTA – Tidak terasa, tanggal 17 November yang akan datang kloter haji Indonesia pertama akan diberangkatkan ke tanah suci. Ya, musim haji 1428H telah tiba. Setiap melihat bus-bus yang membawa jamaah berangkat melewati tol Wiyoto Wiyono menuju ke Bandara 3 Soekarno Hatta, ada yang bergetar di hati ini. Sewaktu belum berhaji, bila melihat rombongan bus lewat selalu ada doa yang terucap ‘Ya Allah, ijinkan kami berangkat ke Tanah Suci sebagaimana hamba-hambaMu yang Kau undang itu.’ Setelah berhaji pun, bila bertemu lagi dengan bus-bus tersebut kok ya masih mengucapkan doa yang sama.

Itulah magnet Tanah Suci. Luar biasa. Setiap orang yang pernah datang kesana, insya Allah selalu merindukan untuk hadir kembali. Bermunajat di depan Ka’bah, menikmati tawaf, indahnya lantunan As Sudaiz dalam memimpin sholat, dan berjuta kenikmatan lainnya terus membayangi, mengiming-imingi hati ini untuk pergi lagi.

Pada musim haji kali ini ada orang tua rekan haji yang akan berangkat dan ia mengingatkan kami bahwa dulu sebelum berangkat ada seorang jamaah yang membagikan daftar perlengkapan haji yang sebaiknya dibawa. Alhamdulillah, ada rekan yang masih menyimpannya. Menurutku, betapa baiknya bila kita sharing dokumen ini, karena kami pun sangat terbantu saat itu. Berikut daftarnya, berdasarkan apa yang kami bawa saat berhaji 2 tahun yang lalu:

Item Jumlah Unit Notes
1. Koper
1
buah
Dari Depag
a. Kunci gembok kecil
2
buah
Ada 3: Di belakang Tas Paspor, di tas pinggang saku kanan & dompet
b. Sabuk Koper
1
buah
c. Kunci Gembok Tas Tentengan
1
buah
2. Tas tentengan
1
buah
Dari Depag
3. Kantong paspor
1
buah
Dari Saudia
4. Ransel
1
buah
untuk tanazul
5. Alat mandi
1
set
a. Body wash
1
buah
b. Sikat gigi
1
buah
c. Odol
1
buah
d. Shampoo
1
buah
e. Biore
1
buah
f. Listerine
1
botol
6. Kebutuhan Badan
a. Brut Deodorant
1
buah
b. Gatsby Cologne
1
botol
c. Gatsby Talk
1
buah
d. Rexona Stick Large
2
buah
e. MBK
2
bungkus
f. Cukuran jenggot
1
buah
g. Blades Cukuran Jenggot
2
buah
7. Daily
a. Handuk sedang
1
potong
b. Sunglasses
1
buah
c. Handuk kecil
2
potong
d. Syal
1
potong
dari DT
e. Sepatu sandal
1
pasang
dipakai
f. Sandal jepit
1
pasang
g. Tas Pinggang
1
buah
dari DT
h. Pengait kacamata
1
pasang
Di Tas Pinggang kantong kanan
i. Sprayer
1
buah
untuk menghalau udara panas di wajah

j. Masker
2
buah
untuk 34 hari
k. Payung Kecil
1
buah
8. Alat tulis
1
set
a. Spidol
1
buah
b. Lakban kertas
1
buah
9. Buku
1
set
a. Buku manasik
1
buah
b. Buku Doa
1
buah
c. Tafsir kecil
1
buah
d. Buku Harian
1
buah
bila perlu
10. Perlengkapan Ibadah
a. Al Qur’an
1
buah
b. Sajadah standar
1
potong
c. Sabuk Ihram
1
buah
Di Tas Tentengan
d. Sarung
2
potong
e. Kopiah/peci Haji
2
buah
dipakai
f. Kain ihram
2
stel
1 stel di tas tentengan
g. Baju Koko
6
potong
dengan yang dipakai
h. Tasbih/Counter
1
buah
11. Clothing
a. T-shirt berkantong
6
potong
b. Celana Panjang Kain Putih
7
potong
c. Kaos Panjang DT
1
buah
d. Kaos kurung
6
potong
e. Celana kain (panjang)
6
potong
f. Celana dalam
6
potong
g. Kaos kaki
1
stel
h. Sabuk
1
buah
i. Sapu tangan
6
potong
j. Jaket
1
stel
bila perlu
k. Jaket seragam kota Bandung
1
potong
Dari Depag
12. Kantongan
a. Kantong sandal
1
buah
dari DT
b. Kantong kresek
10
buah
c. Kantong batu
1
buah
dari DT
13. Perlengkapan Makhtab
a. Piring
1
buah
b. Gelas
1
buah
c. Kotak Tupperware
1
buah
d. Sendok plastik
1
buah
e. Gunting
1
buah
Simpan di Koper!
f. Garpu plastik
1
buah
g. Lap pel/Alat cuci
1
set
h. Karet gelang
20
buah
Di Tas Pinggang Kiri
i. Selimut tipis
1
potong
j. Tali jemuran
10
meter
k. Jepit Jemuran
1
Lusin
l. Seprei & Sarung bantal
1
set
m. Abon
secukupnya

n. Dendeng
secukupnya

o. Pop mie
secukupnya

p. Kue kering
secukupnya

q. Vitamin
secukupnya

r. Handyplast
secukupnya

s. Obat-obatan
Beserta daftarnya
t. Minyak angin
1
botol
u. Royco
1
buah
v. Kecap
1
botol
w. Bumbu pecel
1
buah
14. Women Stuffs
a. Tas wanita
1
buah
untuk perempuan
b. Pelindung kulit
1
buah
untuk perempuan
c. Kaos kaki tambahan
2
pasang
untuk perempuan
d. Pembalut wanita
1
bungkus
untuk perempuan
e. Lipglos
1
buah
untuk perempuan
f. Tissu saku
4
bungkus
untuk perempuan
g. Mukena 3/4
2
buah
untuk perempuan
h. Celana Panjang
2
buah
untuk perempuan
i. Tutup tangan
2
buah
untuk perempuan
j. Cermin
2
buah
untuk perempuan
15. iPAQ 6365
1
unit
a. Charger
1
buah
Full Charge before leave
b. Handsfree
1
buah
c. Belt case
1
buah
d. Case
1
buah
16. Digicam Kodak LS753
1
unit
a. Charger
1
buah
Full Charge before leave
b. Case
1
buah
17. Panasonic GS-55
1
unit
a. miniDv Cassette
2
buah
b. Charger
1
unit
c. Baterai
1
buah
Full Charge before leave
d. Case
1
buah
e. Kabel A/V
1
buah

Semoga Bermanfaat.

28 Responses to “Daftar Perlengkapan Haji”

  1. HAT Says:

    Tolong di ralat :
    - Abon & Dendeng bakar sebanyak-banyaknya , terutama buat di Mina, temennya roti.
    - Kamera , jangan sampai terlihat askar, dan sebaiknya pakai tali biar gak ilang.
    - Sandal , dipakein nama + no maktab + kode pos….at least kalo ilang bisa pulang sendiri he he he…
    Kapan kita nyiapin koper lagi ya Pak Haji???

    Wass.

    waaah, tengkyu, tengkyu..
    untuk abon dan dendeng bakar, setuju…
    untuk kamera, sebaiknya jangan bawa deh, ntar kualat, hihihi…
    untuk sandal, memang harus disiapkan mental untuk kehilangan sandal…

    ‘duh kapan ya? tahun depan haji zaglul mau berangkat tuh kang, ikutan yuuk..

  2. BolaNaga Says:

    Bawaan banyak bener yak… l-)
    tanggal 21 nov nyokap gue mo berangkat.. lewat yayasan…
    cuma gak bisa nganter jauh.. palingan sampe utan kayu….


    alhamdulillah.. semoga ibunda menjadi hajjah yang mabrurah, amiin..

  3. Utami Says:

    :) daftar ini adalah untuk ONH biasa, kalo yg ONH+ pastinya lebih dikit… tapi kalo males bawa2 apalagi usia masih muda, senang jalan2 dan riyalnya banyak beli di Mekah aja semuanya, ada kok….
    jadi bawaan haji memang disesuaikan dengan kebutuhan masing2

  4. BolaNaga Says:

    Katanya gak boleh bawa gunting mang bener ??
    kalo mo motong make apa-an, pake gigi yakk hehehehe

    tidak boleh bawa gunting di tas tentengan.. kalau ditaruh di koper ndak majalah..

    eh ini yang jawab istrine om oyi yak ;-))
    kalo ngbrol karo wonk wadon ora iso cem macem ta’iee hehehee

    iya, hehehe.. ya ndak apa-apa tho, lha meh macem-macem kaya apa? :P

    gue seh pengin nyokap bolak baliknya selamat gak ada yang kurang apapun.. itu ajah dah cukup… gak perlu bawa oleh oleh ora masalah….

    amin.. sholat dan doa yang banyak yak..

  5. antibatakislam Says:

    jelas islam ajaran sesat penerus tradisi PAGAN! bantah saya!

    tak perlu membantah anda. justru saya mendoakan agar anda diberi hidayah oleh Allah SWT.

  6. sigit budi Says:

    assalamu’alaikum

    jazakallohu khoir, akhi daftar yang antum buat insya Alloh bermanfaat.

    wa’alaikumussalam, jazakallah doanya, kami pun berharap demikian agar apa-apa yang kami tulis bisa bermanfaat bagi yang membacanya, amin.

  7. sigit budi Says:

    Assalamu’alaikum

    oya ana mo tanya, apakah jamaah diperbolehkan berfoto di dalam masjidil haram dan nabawi oleh petugas di sana? jazakallohu khoir

    wa’alaikumussalam akhi, berfoto di masjidil haram dan nabawi pada prinsipnya tidak diperbolehkan. askar akan menggeledah isi tas/kantong kita sebelum memasuki dua masjid agung itu.

  8. BolaNaga Says:

    Mo ngomong lagi ah… sekalian nambah hit web inyonga l-)).
    Tau sendiri kan kalo ocehan inyong ora beraturan, takut nyetuh perasaan wadon l-), tau sendiri kan.. cewe sensitif banget…. hatine kekekeke ;-)

    dan ituh komentar si batak kenapa di tampilin ? ora penak bacane…

    oaa yaa… nyokap balik ke jakarta akhir tahun 2007 alias besok hari senin tanggal 31 desember … pas bener mendekati pergantian tahun….

    BolaNaga
    http://www.bn-fansclub.web.id

    alhamdulillah.. sudah minum zam-zam belum neh? ojo lali baca doanya ya..
    salam untuk ibunda, semoga menjadi hajjah yang mabrurah, amiin..

  9. BolaNaga Says:

    Ya udah donk… bacaan ya biasaa bismilah l-)
    yaa.. amin..

    eh tiap kali bales ituh nerima juga ke email.. jadi double dah hehehe

    sebenarnya ada adabnya untuk meminum air zam2.. coba baca http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=17577&kat_id=45&kat_id1=&kat_id2=

  10. tari Says:

    Assalamualaikum ibu….

    Insya Allah tahun ini ibu saya mendapat quota naik haji setelah sebelumnya mendapat daftar tunggu utk thn 2009, Alhamdulillah ibu saya di berikan nikmat utk dapat menunaikan haji thn ini.

    ibu saya mendaftarkan diri di kbih Darut tauhid, sebnarnya banyak sekali yang ingin saya tanyakan, mengingat ibu saya sudah berusia 61 thn dan berangkat sendiri, rasanya banyak ke khawatiran , namun saya pasrahkan semua itu pada Allah,namun sebagai manusia kita juga harus berusaha utk mengantisipasi sesuatu yang tdk kita inginkan bukan..?

    saat ini ibu saya sdh menjalani manasik dan seminar esensi haji yg diadakan oleh DT. Kira2 tahapan apa lagi yg ibu saya akan jalani nanti sebagai bekal persiapan sebelum berangkat, berdasarkan pengalaman dari ibu, untuk masalah logistik selama di Arab, apakah masak sendiri atau catering ibu….?

    sekiranya ibu tdk keberatan, saya mohon jawaban dari ibu via japri. Terima kasih atas kebaikan ibu.

    Wasalam

    wa’alaikumussalam ibu tari yg budiman,
    saya coba jawab ya,
    memang usia 61 tahun termasuk risti [resiko tinggi] dalam berhaji. namun kita kembalikan semuanya kepada Allah, minta kepadaNya agar memberikan kemudahan bagi ibunda untuk berhaji.

    soal makanan, semoga tidak menjadikan suatu permasalahan, karena pada musim haji banyak pedagang makanan musiman yang mengontrak kios untuk membuka restoran indonesia. saya tidak tahu persis apakah pemerintah jadi memberikan makanan kepada para jamaah saat jamaah masih di mekkah atau tidak. pada waktu kami berhaji, hanya di arafah, mina dan madinah yang diberikan makanan sedangkan di mekkah kita harus mencari sendiri.

    saran saya, sebaiknya ibu menghubungi kepala regu [karu] atau ketua rombongan [karom] tempat ibunda berada. titipkan beliau, khususnya saat berada di mekkah untuk masalah makanan. pada kelompok kami dulu juga terdapat ibu-ibu yang sudah sepuh dan biasanya secara otomatis kawan-kawan yg lebih muda selalu menawarkan untuk membelikan makanan bagi para ibu-ibu tersebut.

    selain restoran, di makkah juga banyak warung-warung kelontong yang menjual beberapa jenis makanan seperti yg biasa kita makan. saya yakin ibunda pasti pintar memasak sehingga insyaAllah, apa yg dikhawatirkan tidak akan terjadi. banyak contoh kawan-kawan yg alergi makan ini itu, takut makan ini itu sesampainya di mekkah subhanallah semuanya lenyap dan bisa menikmati makanan seperti biasa.

    demikian ibu, semoga dapat menjawab keraguan dalam hati ibu dan Allah memudahkan segala urusan dan menjadikan ibunda hajjah yang mabrurah, amiin.

    mohon maaf bila terlambat membalasnya ya.

  11. ISMAIL RASYADA Says:

    ASSALAMUALAIKUM…KENALIN…SAYA ISMAIL DARI DUMAI,ALHAMDULILLAH TAON INI SAYA MENJADI SALAH SATU TKHI,NAH SEKARNG INI SAYA BUTH SEKALI SARAN,PENGALAMN,ATAU CERITA2 PARA PETUGAS DISANA YANG MUNGKIN MAS BISA MEMBANTU SAYA,DEMI KELANCARAN TUGAS MELAYANI TAMU TAMU ALLAH.WASSALM

    wa’alaikumussalam akh ismail,
    wah, selamat ya. senang tentunya bisa menjadi petugas yang melayani tamu-tamu Allah di tanah suci. doa kami agar Allah Azza wa Jalla senantiasa memberikan kemudahan dan rahmatNya agar antum dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

    apakah ini pengalaman antum pertama kali?

  12. ISMAIL RASYADA Says:

    TIRMS INFO PERLENGKAPANNYA


  13. yuks sharing

    ok, saya tunggu sharing ceritanya dari tanah suci ya.. syukran.

  14. arif saifulloh Says:

    Assalamu’alaikum
    perkenalkan nama ana Arif saifulloh,
    Alhamdulillah ga ada ruginya mengunjungi web-nya p ustadz,,,
    ana bener2 bersyukur
    karena bisa mengerti perlengkapan2nya,dan tau tentang masalah seputar haji,
    karena insyaAllah bulan November th 2008 Ibu ana akan berangkat ke tanah suci,
    doaian ya tadz
    biar ibu ana menjadi mabrur dlm hajinya,
    sebelumnya sukron.
    semoga silaturohmi mengalir laksana air sungai amin.
    wassalam

    wa’alaikumussalam arif,
    waduh ‘rif, ane bukan ustadz.. hanya seorang hambaNya yang senang ‘sharing’ apa yang dimiliki..
    selamat untuk ibu antum ya, semoga Allah menjadikannya hajjah yang mabrurah, dipermudah segala urusannya sejak keberangkatan hingga kembali ke tanah air, amiin.
    semoga apa yang ane tulis bisa bermanfaat, sampaikan salam ukhuwah untuk ibunda ya.

  15. bundaelly Says:

    assalamu’alaikum…
    salam kenal dari bekasi…

    wa’alaikumussalam ibu,
    salam ukhuwah ibu, dari sesama penghuni bekasi. bagus blognya, informatif mengenai haji.

  16. zeancer Says:

    assalamualaikum..
    saya lili dari pku. saya ingin ikut haji dari daarut tauhid. kira-kira, masih bisa dapat porsi untu 2009??
    trims.
    waalaikumsalam..

    wa’alaikumussalam,
    hi, lili, mohon maaf telat membalasnya ya. mohon maaf juga saya bukan dari pengurus Daarut Tauhiid. saya hanyalah jamaahnya saja waktu berhaji tahun 1426H.

    untuk porsi haji biasa tahun 2009, insyaAllah sudah habis. kalau haji plus, insyaAllah masih ada. namun kita tidak boleh berhenti berupaya karena segala sesuatunya hanyalah atas ijin Allah SWT. silakan berniat untuk berhaji, memulai menabung, insyaAllah bila telah kuat tekad kita, Allah Azza wa Jalla akan memudahkan segala urusan, insyaAllah.

  17. Aguk Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mas Oyi, ini aguk temennya Iben. Insya Allah tahun ini berangkat Haji juga… cuma kami dengan rombongan regular saja. Yang penting bisa menyelesaikan rukun Islam tho….
    Mas Oyi, sebenarnya yang dilarang membawa kamera itu dimana tho? Masjidil Haram atau Masjidil Aqsa?

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    wa’alaykumussalam,

    wah, senangnya yg mau pergi haji.. si iben gak diajakin sekalian?
    aku dulu juga haji reguler kok guk, malah lebih enak tho, 40 hari disana.

    soal kamera, di masjidil haram maupun nabawi kita dilarang menggunakannya. namun kemarin waktu aku umrah, kok bebas-bebas saja ya, tidak seketat saat berhaji dulu.

    kalau masjidil aqsa, aku sendiri belum sampai kesana, padahal udah pengen banget, hehehe..

    selamat beribadah guk, bekali dengan sebanyak-banyaknya ilmu agar selamat dunia akhirat, insyaAllah amin.

  18. mahfudz Says:

    kenalin nama saya mahfud, insya allah tahun ini saya berangkat, namun masih kurang pede karena saya ditunjuk sebagai pembimbing rombongan, usia saya 26 tahun, ada saran buat saya?

    assalamu’alaykum mahfud. selamat ya, sudah diberi kepercayaan untuk memimpin rombongan.
    saran saya, serahkan segalanya kepada Allah SWT setelah kita berdoa dan berikhtiar. sebagai karom/kepala rombongan, tugasnya seingat saya selain membimbing rombongan juga mengatur segala sesuatunya, termasuk mengatur para kepala regu/karu, mengumpulkan koper jamaah, memimpin doa/zikir sepanjang perjalanan, memahami situasi lapangan terutama saat hari-hari arafah, membayarkan dam/denda dan banyak lagi. pokoknya dibawa asyik saja, mohon petunjuk dari Allah SWT dan jangan takabur, insyaAllah semua akan lancar. dapat kloter berapa? duh senangnya ya, sudah muda sudah dipanggil Allah ke Baitullah. semoga menjadi haji yang mabrur ya akhi.

  19. supardi Says:

    terima kasih…
    sangat membantu dan bermanfaat buat kami

    terima kasih…

    sama-sama pak supardi. semoga menjadi haji yang mabrur kelak, amiin..

  20. Afirama Says:

    Post yang sangat membantu lainnya yang mo haji :)

    terima kasih, afi.. semoga bermanfaat.

  21. eci Says:

    Alhamdullilah, makasih Mas Oyi n Mbak Uut…sangat bermanfaat banget infonya untuk perlengkapan yang harus dibawa ke tanah suci.
    Insya Allah, tahun ini aku dan suami akan menunaikan ibadah haji..
    Doain ya biar semuanya lancar, selamat dan diberikan rahmat oleh Allah SWT…
    Aminnn

    Alhamdulillah, senang mendengar kabar ini tante Eci, semoga perjalanan sucinya dirahmati dan diridhoi Allah SWT dan pulang sebagai haji yang mabrur yang dapat menjadi contoh bagi keluarga serta masyarakat sekitarnya, aamiin Allahumma aamiin..

  22. hasdam Says:

    trims atas informasinya, banyak sekali yang harus dibawa ya Kang…. apa gak ada yang bisa dibeli disana Kang? kalo ada bisa gak dibuatkan lagi daftarnya Kang?
    sebelumnya diucpkan matur nuhun nya……

  23. rose Says:

    saya punya salah satu perlengkapan haji
    http://sariwena.wordpress.com/
    tks

  24. Erna Says:

    trims infonya
    Cari perlengkapan haji? http://www.houseofalya.com tempatnya

  25. linalatifah Says:

    alhmdllh informasinya sangat berarti,, insya allah tahun 2012 ini ana dan suami berangkat k tanah suci monon doa dari semua dilancarkan dlm sgla hal amin

  26. pkbm Al Ikhlas Says:

    bagaimana mendapatan daptar perlengkapan haji secara resmi dari kementerian agama atau badan penyelenggara haji, dan apa yang tidak boleh dibawa ke tanah suci.

  27. rudi Says:

    Assalammuallaikum ..

    numpang lapak yaa…

    Jaring Perlindung Koper untuk Ibadah Haji

    http://www.tokopedia.com/renacollection/jaring-perlindung-koper

    makasih ..

  28. v Says:

    No matter if some one searches for his necessary thing, so he/she
    needs to be available that in detail, therefore that thing is maintained over here.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: