From MIE & MOL to MFF & MTB

mozilla-projects.jpgJATIBENING – Judul yang aneh tapi ada maknanya. Dengan semangat pembaruan, akhirnya aku tinggalkan aplikasi dari Microsoft yang sudah tahunan aku pakai: Outlook.

Bermula dari ‘protes’ kawan-kawan milis yang mengeluhkan banyaknya double posting, aku mencoba satu email client baru dari barisan Mozilla Project, yaitu Mozilla Thunderbird. Seperti saudaranya, si Mozilla Firefox, aplikasi ini gratis. Tidak itu saja yang menjadi pertimbangan memakai Thunderbird. Salah satu alasan kuat yang mendasarinya adalah banyaknya add-on gratis yang menjadikan aplikasi ini lebih powerful.

Lalu bagaimana dengan sinkronisasi dengan PDA? Memang, untuk yang satu itu Outlook masih harus dipertahankan karena tidak ada substitusinya. Namun Thunderbird pun punya fungsi mengimpor contact dari Outlook, jadi sekali sinkronisasi kontak kita pun bisa punya duplikatnya di Thunderbird. Hanya fungsi calendar yang belum aku temukan fungsi impornya di Thunderbird. Update: Lihat bagian bawah tulisan ini untuk mengimpor kalendar dari Outlook.

Kalau untuk urusan web browser, sejak Firefox mengkampanyekan penggunaan dirinya tahun 2004, Microsoft Internet Explorer-pun bagaikan menerima gaji buta. Ikut dalam operating system di komputerku tapi tidak pernah dipakai, hehehe. Eh, bukannya tidak pernah ding, karena terkadang bila harus membuka situs yang memerlukan activeX tertentu, IE masih satu dua kali aku pakai. Berikut daftar 12 besar add-on yang aku sarankan untuk diinstal:

Firefox

Thunderbird

Adblock Plus

ThunderBrowse

 

Cache Viewer

Remove Duplicate Messages

 

Download Statusbar

View Headers Toggle Button

 

Flashgot

header scroll extension

 

GoogleBar Lite

Display mailing list header

 

IE Tab

ConfigDate

 

Image Zoom

Display Mail User Agent Extension

 

Quick Preference Button

GMailUI

 

QuickRestart

Toolbar Buttons

 

Show Picture

MR Tech Disable XPI Install Delay

 

Tabbrowser Preferences

Contacts Sidebar

 

Video Downloader

Mailbox Alert

Untuk itulah, sesuai dengan judul diatas sekarang aplikasi default di XP-ku sudah berganti. Dari Microsoft Internet Explorer dan Microsoft Outlook menjadi Mozilla Firefox dan Mozilla Thunderbird. ‘Yuk pakai yang gratisan ajah..
Add-on Lightning for Thunderbird

UPDATE: Dengan plugin Lightning, akhirnya bisa juga mengimpor Calendar dari Outlook. Yah, meskipun tidak langsung sinkronisasi ke PDA paling tidak di Thunderbird pun kita bisa memakai hasil sinkronsasi PDA dan PC di Thunderbird. Mungkin di versi yang akan datang masalah sinkronisasi ini bisa disediakan add-onnya.

Berikut trik yang harus dilakukan agar proses impor kalendar berhasil:

  1. Bila Regional Setting komputer anda masih Indonesia, ubah dulu ke English (United States) melalui Control Panel > Regional and Language Options > Regional Setting. Impor data tidak akan berhasil bila diluar regional setting ini.😦
  2. Install plugin Lightning.
  3. Restart Thunderbird.
  4. Pada Outlook, tekan menu File > Import and Export..
  5. Pilih Export to a File. Tekan Next.
  6. Pilih Comma Separated Values (DOS). Tekan Next.
  7. Pilih Calendar. Tekan Next.
  8. Beri nama file .CSV anda. Tekan Next.
  9. Tekan Finish. Bila ada konfirmasi Set Date Range, tekan OK.
  10. Pada Thunderbird, tekan menu Calendar > Import. Cari file .CSV yang tadi disimpan.
  11. Tunggu sampai proses impor selesai, restart Thunderbird.
  12. Jangan lupa ubah kembali regional setting ke Indonesia.
  13. Selesai. Silakan mencoba.πŸ™‚

7 pemikiran pada “From MIE & MOL to MFF & MTB

  1. cobain pake ubuntu deh pak kalo mau coba yg benar2 free… kalo udah ngerasain desktop effectnya berryl, gak akan pindah kelain hati, bahkan ke vista sekalipun.πŸ™‚

    terima kasih bung alif. memang, masih ada satu ganjalan dalam menjalankan kekaffahan hidup ini, yaitu masih sering memakai software bajakan untuk beraktifitas dengan komputer, padahal komputer adalah pekerjaan sehari-hari. solusinya memang beralih ke open source walaupun aplikasi linux pun sekarang banyak yang komersial. saya sudah lihat berryl, karena ada teman yang pakai di notebooknya, it’s really amazing. sayang, karena alasan pekerjaan, untuk meninggalkan o/s jendela pun masih menjadi kendala.

  2. Firefox dan kalong… :)) Ayo dong ji pake kalong.. OSnya sudah mbajak sekalian saja kalongnya pake bajakan.. :))

    wakakakakak.. legitimasi pembajakan…πŸ™‚

  3. Boss dulu ane sempet pakai Firefox beberapa bulan, tapi aku merasa sulit editing email (ngetik2) dan nambah asessoris biar email kita cantik. Masih kalah cakep dg MsOutlook .. gimana tuh. jadi alik lagi pakai yg cap ‘Tengkorak’
    Aku juga pakai Ubuntu tapi … balik lagi ke jendela karena tuntutan lingkungan pekerjaan.

    Boss sekalian nanya, punya software jadwal sholat buat Nokia 9300i gak , mau dong kalo dibagi.

    THX

    maksudnya mungkin thunderbird kali ya, bukan firefox? awalnya memang begitu bos, setelah tahunan memakai outlook dan saat memutuskan untuk beralih ke thunderbird ada saja keluhan yang muncul. namun karena add-on produk ini tersedia melimpah di internet, keterbatasan-keterbatasan thunderbirdpun perlahan-lahan bisa ditutupi dengan add-on gratis itu.

    software jadwal sholat n9300i ane kaga punya bos, karena beda o/s dengan windows mobile. tapi dari hasil bertanya ke paman google sudah pernah coba Prayer Times belum? Coba lihat di situs ini.

    terima kasih kembali andri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s