Jalan Pagi di Monas

taman-monas.jpgJAKARTA – Sabtu kemarin agak berbeda. Pagi itu kami sekeluarga mengunjungi Monumen Nasional untuk menghirup udara pagi Jakarta. Taman Monas yang dulu pernah diprotes karena dibangun pagar yang memagari kawasan itu, juga protes menyoal didatangkannya rusa dari Kebon Raya Bogor, nyatanya menjelma menjadi sebuah area publik di Jakarta yang sangat menyenangkan. Baik itu untuk orang yang berniat rekreasi, berolah raga atau hanya sekedar mampir. Coba lihat gambar di samping ini, ada yang mengira kalau lokasi taman itu ada diantara rimba beton ibukota?

Jujur saja, walaupun sudah 10 tahun tinggal di Ibukota Jakarta, baru kali ini kami mengajak anak-anak berolah raga pagi di silang Monas, suatu lokasi yang tiap hari kami lalui. Dulu pernah sih mengajak Ingga dan Najah bersepeda, namun hanya di jalan MH Thamrin, tidak sampai memarkirkan mobil di IRTI (ada yang tahu apa arti IRTI ini?) lalu menyengaja mencari keringat di taman Monas ini.

Lalu pagi itu aku pun berniat jogging mengitari tugu Monas. PDA yang setia menemani aktifitas ini sudah on GPS-nya, siap menginformasikan jarak yang akan ditempuh. Untuk berolah raga seperti ini aku mengandalkan aplikasi Run.GPS! Trainer yang memang khusus dibuat untuk outdoor sport seperti hiking, bersepeda maupun jogging. Hasilnya pun bisa dinikmati di web browser apabila kita mengupload ke servernya.

0-to-1100.jpgSaat memulai mengitari Monas, aku melihat semacam jogging track yang banyak dimanfaatkan warga untuk berjalan, berlari atau bersepeda. Ada dua lane, dan aku memilih lane yang terjauh putarannya. Satu putaran terlalui, aku lihat catatan lap pertamaku, 14 menit 39 detik untuk jarak 1,35 km. Kecepatan rata-rata yang tertempuh 5,5 km/jam. Ah, kok lambat amat sih, aku coba untuk mempercepat laju jalan kakiku dan saat tiba di lap kedua catatannya membaik menjadi 11 menit 37 detik untuk jarak satu putaran 1,12 km dengan kecepatan rata-rata 5,8 km/jam. Tak sengaja aku melihat semacam batu ukir tepat di tengah-tengah lane itu. Setelah aku amati sejenak ternyata memang batu itu menunjukkan posisi start/finish bagi yang hendak melewati lane tersebut. Tertera di batu itu 0m|1100m. Hmm, berarti benar, satu putaran di lane terjauh memakan jarak 1,1 km, cocok dengan jarak yang bervariasi dicatat oleh Run.GPS, dari 1,09 sampai dengan 1,12 km per putarannya.

Run.GPS Analyzer.pngSetelah 5 putaran, aku lihat catatan waktu dan jarak tempuhku: 5,80 km untuk 1 jam 59 detik. Cukup, pikirku. Tercatat bahwa training yang barusan aku lakukan mengkonsumsi 461 kCal. Kecepatan maksimum 7,4 km/jam dengan kecepatan rata-rata 5,8 km per jam. Satu lap rata-rata menghabiskan waktu 11,5 menit. Alhamdulillah, enak juga ada informasi real-time seperti ini, menambah semangat dalam melakukan olah raga. Untuk detailnya, bisa klik disini.

Segera aku mencari anak dan istriku. Ternyata mereka sudah selesai memanfaatkan satu jam di Monas dengan memberi makan rusa dan berjalan ke sudut-sudut taman yang -menurut mereka- cukup indah. Memang, bila suatu kawasan dikelola dan dirawat dengan baik untuk kepentingan umum, hasilnya pun masyarakat yang menikmati.

3 pemikiran pada “Jalan Pagi di Monas

  1. wah, baru tau diye enaknya piknik keluarga di monas🙂

    sebelom berkeluarga, seinget aye baru 1 (maksimum 2-3x) ke monas. padahal dari lahir sampe tua, nangkring di jakarta. tapi setelah dekat-dekat berkeluarga dan berkeluarga, dalam 4 tahun ini udah berkali-kali ke sonoh. ngajak anak pagi-pagi atau sore-sore, uenak tenan. dia bisa lari-larian di padang rumput yang lumayan luas (untuk ukuran di pusat kota), main layangan atau main bola.

    kapan-kapan piknik bareng yuk bang🙂

    waaaa, yang jaga monas datang, kabuuuurr… wakakakakak…
    ajakannya menarik nih. hayuuuk, ente bawa tiker ama aer ntar ane bawa makanannya ya, kekekeke ..

    tengkyu bro!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s