GPS2GE

JATIBENING – Masih seputar GPS, tapi kali ini disandingkan dengan perangkat lunak yang ada di Personal Computer (PC). Baru-baru ini aku mendownload sebuah aplikasi (yang sayangnya tidak gratis – 7 days free trial). Namanya GPS2GE, atau GPS to Google Earth, yang diinstal pada Windows Mobile 5. Software ini berfungsi menggambar track atau rekaman perjalanan kita yang nantinya diekspor ke format yang dikenal Google Earth yaitu KML.

Sudah dua hari ini saat jogging (berjalan kaki), aku memanfaatkan GPS2GE untuk memetakan perjalanan di pagi hari itu. Interval dapat diatur namun sebaiknya diset ke 1 detik sekali untuk menambah keakuratan dalam penentuan lokasi. Dapat dilihat di gambar diatas (please click it to enlarge) ada dua warna garis yang masing-masing memetakan perjalanan dalam dua hari kemarin. Pada garis yang berwarna kuning terlihat rute yang ditempuh jauh lebih pendek dari yang garis berwarna merah. Ini dikarenakan pada waktu setengah perjalanan turun hujan gerimis yang membuatku harus memperpendek rute yang sedang dituju.

Saat dalam perjalanan pun kita bisa membubuhi placemark (penanda posisi). Icon-nya pun persis seperti icon di Google Earth (GE), jadi sangat memudahkan kita yang sudah familiar dengan GE.

Sesampainya di rumah, sebelum mematikan GPS2GE kita harus mengekspor track yang telah disimpan dalam memori PDA. Terdapat tombol ekspor ke KML dan jejak perjalanan kita pun tersimpan. Setelah terhubung ke PC, file KML tadi dipindahkan dan dengan men-drag file KML tadi ke Google Earth, jejak perjalanan pun terpampang di layar. Cool!

Namun seperti yang sudah disebut diatas, GPS2GE tidaklah gratis. Kita harus meregistrasi software ini agar dapat terus menggunakannya. Tertarik? Silakan unduh di Website GPS2Ge.

4 pemikiran pada “GPS2GE

  1. gimana mas? udah bisa post dengan zoundry?
    kompor gps jalan terussssssssssss…;(

    wakakakak, namanya juga barang baru bli, kalau lagi senggang ya cari² software untuk gps..
    zoundry? dua posting terakhir juga hasil post dari zoundry. tidak ada masalah selain kecepatan tampilnya posting yang lebih lambat dibanding blogdesk.

  2. Salam jumpa mbak…
    makasih nih, info GPS dan softwarenya bagus. Kbtulan lagi tenar si google earth. Ohh…yaa..kbtulan namanya sama jadi slam kenal aja deh. Salam buat keluarganya dan smoga dilindungi ALLAH SWT.
    Salam hormat
    ttd
    ooyi


    salam kenal bangooyi,
    haha, baru kali ini ketemu yg namanya mirip. senang rasanya kalau tulisan bisa bermanfaat untuk sesama. selamat ber-digging-ria dengan Google Earth.
    Salam untuk keluarga juga, semoga kita semua selalu dalam lindunganNya, amin Allahumma amin.

    ps: ane laki-laki bang..🙂

  3. pake GPSBabel aja mas
    download di http://www.gpsbabel.org/

    hasil tracking bisa diconvert ke format apa aja, termasuk kml nya google earth

    syukron tri, saya sudah download gps babelnya, namun menemui kesulitan dalam memakai software itu. kesulitannya adalah garmin yg ada di x500 tidak bisa didetect. perlu dipelajari dulu satu dua hari nih, hehehe.

    thanks ya untuk sharingnya.

  4. Salam kenal, saya tertarik dengan tulisan anda yang terkait GPS.

    Boleh saya muat di blog saya ?
    Terima Kasih

    halo juga sobat,
    silakan, asal jangan lupa disebutkan sumbernya ya. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s