GPS

Eten Glofiish X500JATIBENING – Hampir sebulan ini X500 menemaniku. PDA keluaran Eten ini aku beli setelah iPAQ 6365 yang telah 2 tahun menemaniku tiba-tiba pagi itu mogok bekerja alias matot. Mungkin akibat malam sebelumnya aku tinggal tidur saat memonitor pertandingan sepak bola lewat livescore.com sehingga baterainya pun terkuras habis.

Sempat berusaha 2 hari untuk membangunkannya: copot baterai, soft reset bahkan hard reset, tetap saja diam seribu bahasa. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, tiba lah waktu si iPAQ ini untuk beristirahat selama-lamanya.

Glofiish X500, nama yang cukup unik, aku pilih karena aku mencari PDA yang mempunyai fitur GPS atau Global Positioning System. Sudah beberapa teman aku lihat yang memanfaatkan GPS untuk mendukung aktifitas mereka dan itu membuatku juga ingin memilikinya. Dan sesuai namanya, GPS ini benar-benar memetakan posisi kita di bumi ini, baik sedang berhenti ataupun dalam pergerakan. Kabar baiknya, sinyal GPS ini gratis disediakan oleh satelit-satelit yang ada di ribuan kilometer di atas bumi, subhanallah. Walaupun tingkat akurasinya tidak seakurat yang versi militer namun bagi pengguna amatir seperti kita, sudah lebih dari cukup. Berikut beberapa software yang telah aku install di X500:

Perlu diketahui, tidak semua software ini gratis. Ada yang tersedia gratis di internet namun untuk peta/map-nya harus membayar, atau sebaliknya.

MAPKING G10

MapKing G10Cukup bagus karena map/peta ini merupakan routable map atau peta yang bisa memandu kita, lengkap dengan suara asisten yang memberitahu adanya persimpangan di depan, tujuan yang akan kita capai atau bahkan bila kecepatan mobil telah mendekati batas.

Kekurangannya, apabila dipakai bepergian kita agak sulit membubuhkan penanda atau POI [places of interest] dengan cepat. Maksudnya, perlu beberapa ‘tap’ pada layar agar bisa menyelesaikan penandaan pada satu tempat. Namun MapKing ini adalah satu-satunya yang memiliki panduan suara dalam Bahasa Indonesia seperti menyuarakan “Hati-hati, anda menuju jalan berkecepatan tinggi” apabila jalan di depan kita adalah jalan yang lebih besar dan lebih ramai dari jalan yang sedang kita lalui.

Sayangnya, hanya peta Jakarta yang tersedia sampai saat ini. Itu pun baru 64% dari seluruh jalan di ibukota. Jadi bila bepergian ke luar kota, otomatis MapKing pun belum bisa berfungsi. Oya satu lagi, aplikasi ini tidak gratis.Mapking R12 Double Windows

UPDATE: Belum lama ini aku mengupgrade MapKing ke versi 12. Mapking v12 ini memberikan pengalaman baru yaitu melihat peta dengan 2 jendela pada satu kali waktu yang bersamaan (lihat gambar di sebelah kanan). Satu jendela di sebelah kiri memiliki layar yang lebih besar dibanding yang sebelah kanan. Uniknya, kita bisa memilih jendela mana yang hendak dijadikan layar utama, apakah tampilan 2D [dua dimensi] atau 3D.

Selain itu ada satu fitur baru yaitu dashboard. Layar dashboard sebagaimana namanya, menampilkan informasi GPS seperti kordinat, kecepatan, jarak tempuh maupun waktu tempuh. Ini berguna bila saat berkendara MapKing sudah tidak dapat menampilkan peta, kita dapat mengalihkan ke mode dashboard ini.

GARMIN QUE 2.90.

Aplikasi ini menjadi andalan sehari-hari. Garmin Que 2.90Banyak menyediakan peta Indonesia [dapat diunduh dari situs GPS dan Informasi Wisata Indonesia] sehingga bila bepergian ke luar kota pun kita bisa memanfaatkan aplikasi ini. Bahkan saat di dalam pesawatpun kita bisa melacak keberadaan kita. Software Que dapat diunduh dari situs Garmin.

Namun untuk memakai peta pada alat yang bukan keluaran Garmin seperti halnya X500 ini, kita haruslah mempergunakan trik seperti yang didapat dari panduan di situs di atas, karena sesungguhnya Que ini harus dipergunakan dengan memakai produk Garmin GPS 10. Triknya tidaklah sulit yaitu harus menggunakan software pendukung lain seperti Franson GPSGate dan GPSProxy. Klik disini untuk panduan lengkapnya.

Untuk kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya, informasi nama jalan dan POI sudah cukup lengkap sehingga sangat memudahkan kita bila menjelajahi kota-kota tersebut. Bilamana POI-nya belum detil, kita pun dapat menambahkannya secara manual.

UPDATE: Dari milis id-gps, ada situs yang menyediakan peta gratis untuk Garmin. Silakan lihat di http://garminmapsearch.com/?l=id. Sebaiknya gunakan browser Internet Explorer karena saat menggunakan Firefox kadang tidak bisa ditampilkan secara sempurna.

NUSAMAP 7.1

NusaMapSoftware buatan dalam negeri ini sungguh luar biasa. Peta dengan POI yang lengkap tersaji dari ujung barat pulau Jawa sampai Bali, dan itu routable! Sebagai contoh, NusaMap dapat memandu kita dalam perjalanan antar kota, misalnya dari Jakarta ke Purwokerto. Meskipun suara pemandunya dalam bahasa Inggris namun pronounciation (pelafalannya) cukup dapat dimengerti.

Fungsinya untuk menambah waypoint/POI juga mudah. Bila kita memperoleh koordinat suatu tempat yang ditentukan oleh latitude dan longitude, kita tinggal men-tap menu WP Edit lalu tap menu Add. Pada menu itu terdapat kolom Lat, Lon dan Altitude beserta icon untuk mempresentasikan tempat yang kita buat. Setelah parameter latitude dan longitude, kita tinggal tap Goto WP dan NusaMap akan mengantar kita ke tempat yang baru kita buat, lengkap dengan icon-nya.

Layaknya software pemandu lainnya, apabila kita telah menentukan tempat tujuan, kita bisa memilih apakah kita hendak mempergunakan rute tercepat [fastest] atau terdekat [shortest]. Walaupun kadang belum 100% akurat dalam memilih rute setidaknya NusaMap ini telah sangat menolongku mencari alamat dan rute di sebuah kota yang benar-benar asing.

Hanya saja sebaiknya jangan tergantung penuh dengan pemilihan rutenya bila tidak ingin bernasib seperti kami di suatu saat dulu. Alih-alih hendak mencari rute tercepat lewat NusaMap, kami malah diarahkan menuju jalan setapak yang tidak bisa dilalui oleh mobil, hehehehe..

GOOGLE MAPS 1.2.0.9

Aplikasi seperti ini lah yang terlintas di benak saat baru memulai belajar menggunakan GPS. Aku membayangkan ada aplikasi yang bisa menampilkan foto/imagery satelit [jadi bukan peta/map] dan terhubung ke GPS sehingga bila kita bepergian kita dapat melihat posisi diri kita lengkap dengan foto daerah di sekitarnya.Google Maps

Hebatnya, produk ini gratis dan imagery yang ditampilkan persis seperti di Google Earth. Jadi yang sudah terbiasa dengan Google Earth akan langsung mengenali imagery yang ditampilkan. Detil zoomnya pun mirip Google Earth. Untuk kota-kota besar, kita bisa men-zoom sampai kita benar-benar jelas melihat bentuk atap rumah kita.

Toh tanpa GPS pun kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menampilkan foto satelit kota atau daerah yang kita inginkan. Tinggal tap tombol search dan masukkan nama kota yang dicari. Untuk itu, Google Mobile Maps ini membutuhkan koneksi internet untuk menampilkan gambar/foto/petanya.

Berbeda dengan dua software sebelumnya diatas, Google Maps tidak menyimpan peta di handset kita. Peta atau foto akan diunduh/download dari server via internet dan titik posisi kita akan ditampilkan di layar dengan GPS. Jadi ini adalah perpaduan dari dua teknologi nirkabel yaitu GPS dan GPRS.

Saat dicoba melaju di jalan tol Jakarta Cikampek, gambar yang ditampilkan hanya bisa diunduh sempurna dengan kecepatan di bawah 60 km/jam. Lebih dari kecepatan itu hanya akan ditemui bintik biru di layar dengan latar belakang putih, alias gambar belum sempat disedot dari server.🙂

Bila melihat webnya, untuk daerah yang telah tersedia mapnya dapat mengubah pilihannya, mau ditampilkan dalam bentuk peta atau gambar satelit. Sayang untuk kota Jakarta belum detil petanya jadi yang aku pergunakan adalah gambar satelit. Demikian pula mungkin karena masih versi awal, kita tidak dapat menandakan suatu daerah layaknya Google Earth.

Download Google Maps .CAB (untuk Windows Mobile)

Maps for PDAUPDATE: Ada software sejenis Google Maps ini, namanya Maps for PDA (freeware). Aplikasi ini memerlukan .NET Compact Framework 2.0 SP1 agar dapat berjalan dengan baik. Tampilannya pun mirip Google Maps dan memerlukan koneksi internet untuk mengambil gambar dari server.

Kursor yang menandakan posisi kita ada di tengah-tengah layar. Namun tampilan kursor dengan warna biru yang tipis kadang membuat kita tidak bisa melihat dengan jelas.

Sedikit membedakannya dengan Google Maps adalah interfacenya yang dipenuhi icon di sisi kiri, kanan dan atas layar. Sayang, layaknya Google Maps, kita belum bisa membubuhi penanda untuk suatu POI yang kita kunjungi.

BEELINEGPS 1.82.

Aplikasi ini aku pergunakan untuk menggantikan kompas GPS built-in yang disediakan Glofiish. BeeLine GPSKelebihan dari BeeLineGPS ini adalah kecepatannya untuk menangkap sinyal-sinyal GPS yang dipancarkan oleh satu lusin satelit di atas kita. Saat pertama kali mempergunakannya di dalam pesawat yang sedang terbang, sinyal satelit yang tertangkap ya menggunakan aplikasi ini.

BeeLineGPS bersifat shareware, bisa kita untuk 30 hari. Fungsi yang ditawarkan cukup banyak, selain Satellite Viewer dan kompas ada juga speedometer, peta dan analisa perjalanan kita. Fungsi yang terakhir ini mencatat segala pergerakan kita dan menampilkannya dalam bentuk grafik yang mudah dipahami.

Namun BeeLineGPS tidak memiliki peta Indonesia. Walaupun ada tab peta pada aplikasinya, namun itu adalah semacam track record atas perjalanan yang sedang kita lakukan karena latar belakang petanya kosong. Pengguna harus mengimpor peta dari software lain untuk dapat ditampilkan di BeeLineGPS ini.

Eten GPS Viewer

GPS Viewer 1.0.

Software ini asli bawaan dari Glofiish X500. Aplikasi ini dipergunakan untuk mengakses built-in GPS dengan menekan hardware key di atas layar X500. Sayangnya, kecepatannya dalam menangkap sinyal cukup lemot/lambat.

Fungsi utamanya adalah sebagai Satellite Viewer dan kompas layaknya fungsi dasar peralatan GPS lainnya. Karena tidak memiliki keistimewaan lainnya akhirnya hardware key pun aku assign ke BeeLineGPS.
Masih banyak aplikasi GPS yang lain namun tidak semuanya dapat dipergunakan. Lagi pula kita paling hanya mempergunakan satu aplikasi pada satu waktu.

Lalu hikmah apa yang kita bisa dapat dari semua ini? Tak lain adalah betapa Allah telah memberikan kepada kita suatu teknologi yang dapat kita manfaatkan untuk mempermudah satu sisi kehidupan kita. Memang, teknologi GPS ini tidak murah namun biaya yang dikeluarkan insya Allah sepadan atau bahkan lebih dari itu. Mau coba?

Baca juga: Manfaat Teknologi GPS

95 pemikiran pada “GPS

  1. turut “berduka cita” atas wafatnya si ipaq dan selamat menikmati glofiishnya, aku malah baru pake lagi si ipaq cuma koq baterenya cepet abis sekarang dibandingkan dulu..tahapannya gitu kali ya (cari pembenaran mo ganti handset)

    hahaha.. thanks kang, sudi mampir dan kasih comment di blog ane..

    iya tuh, sudah mati ipaqnya dan waktu udah beli si bini nelpon, nanyain lagi ngapain di ambasador. aku bilang lagi beli pda. ealah didengar sama utami lagi beli baterai pda. dia tanya lagi, berapa harganya. ane jawab ‘lima setengah’. ane tunggu komentarnya kok doi diam aja, alhamdulillah berarti tidak marah ane beli gadget baru..🙂

    pas ketemu dimobil dia tanya lagi, mana baterainya, udah nyala belum ipaqnya? waduh, salah komunikasi nih, bathinku. aku tunjukin glofiish ini dan untung aja kaga jantungan si utami, karena kaget dikira ane beli baterai ipaq yang harganya lima ratus lima puluh ribu, hehehe..

  2. mas.. kalau untuk os symbian ada enggak aplikasi gpsnya ?
    soalnya saya pakai m600i

    thanks & salam kenal

    aduh, maaf sekali kang kalau soal symbian saya kurang paham. namun setiap saya mendownload software gps untuk windows mobile, hampir selalu ada yang versi untuk symbian-nya. misalnya google maps.

    untuk smartphone yang anda pakai, nampaknya tidak dilengkapi dengan built-in gps, sehingga anda harus membeli perangkat gps terpisah yang nantinya akan berkomunikasi dengan m600i melalui bluetooth. satu yang banyak orang pakai adalah garmin gps 10 dan saya rasa bisa dipadukan dengan m600i anda. selamat mencoba dan thx sudah mampir di sini ya.

  3. Dear mas Oyi,
    Saya pemakai baru GPS, menggunakan PDA Mitac Mio A700.
    Saya tertarik dengan peta Garmin Que 2.90 seperti yang di pakai mas Oyi.
    Ada peta kota-kota apa saja yang bisa jalan di Garmin Que 2.90?
    Bolehkah saya dishare peta tersebut?
    Kalau boleh tolong di email ke: raptor888@gmail.com
    Salam kenal,
    Ari.


    Assalamu’alaikum bung Ari,
    Anda berdomisili dimana? Semoga di pulau Jawa karena file yang saya pakai mencakup hampir seluruh kota besar di pulau Jawa, Bali dan Lampung. Anda bisa mendapatkannya di situs navigasi.net, namun anda harus registrasi terlebih dahulu [free]. Kalau itu dirasa merepotkan, saya bisa mengirimkannya untuk anda, ukuran file 9 mb dikompres menjadi 3,5mb. Kalau berminat, bisa japri ya.

  4. He..he…
    Pada seneng main GPS yah, sok atuh kalo butuh Garmin GPS call me ajah 0815 85556 222, kebetulan gw kerja sebagai marketing di dealer resmi Garmin.
    Thanx.

    Terima kasih pak Derry atas penawarannya.. insya Allah kalau ada yang butuh, nomor hape sampeyan ane kasih, okay? Thanks udah mampir!

  5. Dear mas Oyi,

    aku sudah pakai GPS di handsetku HP Ipaq 6151 menggunakan MapKing 2007 utk peta Jakarta, pertanyaannya adalah apakah mas Oyi ada peta selain Jakarta (Bandung & Bali) ?.
    kemudian aku sempat instal aplikasi GPS Solo (teletype) bajakan sih soalnya petanya lengkap abis (Jawa Bali) tp sayang pas connect ke satelit trus dan dapat posisi pas mau di terjemahkan ke Peta ada pesan “You not authorized to using this software” … btw punya cr*cknya gak ?🙂

    terimakasih ya,
    Rizqi_A

    hallo rizqi,

    untuk mapking memang hanya peta jakarta saja. untuk peta luar jakarta [jawa dan bali] ada satu yang paling lengkap dan produksi dalam negeri yaitu nusamap. nusamap ini sangat lengkap dan memiliki fasilitas routeable, jadi tidak hanya bisa menampilkan peta namun juga bisa menunjukkan rute/arah tujuan. good luck.

  6. pak oyi,….
    kalau map untuk n6110 navigator carinya dimana ya? (selain peta jakarta, bandung, sby and bali).
    mohon bantuannya. terimakasih

    untuk symbian mohon maaf saya tidak punya data mas roger karena map tergantung software yang dipakai. mas roger pakai software gps apa di n6110? saya pernah cari untuk kawan yang memakai nokia di situs allaboutsymbian.com banyak yang menyediakan disana. good luck.

  7. pak oyi,….
    kalau map untuk hp iphone navigator carinya dimana ya? (selain peta jakarta, bandung, sby and bali).dan saya ada tv liliput dengan gps nya lengkap saya lagi cari upload peta nya kalau boleh pak informasi nya
    mohon bantuannya. terimakasih
    gunawan

    hallo kang gunawan, mohon maaf terlalu lama membalas pesan anda. menurut saya, peta yang saya miliki sekarang pun baru mencakup pulau jawa dan bali, jadi bila anda telah memilikinya dan bisa ditampilkan di tv mobil saya rasa sudah lebih dari cukup. maaf tidak bisa menjawab pertanyaan anda ya.

    by the way, pakai gps apa nih di mobil?

  8. tq info nya. sy br beli 838pro ada saran utk maps pake apa ya?

    sesuai yang saya tulis, bila anda berdomisili di pulau jawa maka nusamap dapat diandalkan, karena selain memiliki peta yang lumayan komplit dari ujung barat sampai timur pulau jawa plus pulau bali, nusamap juga dapat menuntun perjalanan dengan fasilitas auto route city to city-nya. sebenarnya demikian juga dengan garmin, namun saya belum mempunyai routable map untuk pulau jawa dan bali.

    semoga membantu dan terima kasih kunjungannya.

  9. hello…

    Bang Oyi,…
    saya sudah install Garmin Que,…
    sudah segala cara saya kerahkan utk LOAD peta jawa bali yg saya download di navigasi.net (sharemap)

    Tapi tetap tdk bisa juga😦

    Mungkin ada trik2 khusus?

    ada YM ? :p

    bisa tahu tidak berfungsinya pada step yang mana? apakah gps proxy sudah bisa menangkap ‘fix position’ yang dikirim oleh gpsgate? bila gps gate dan gps proxy sudah ‘fixed’, kita tinggal meng-assign com port yang dipakai pada garmin que, sesuai dengan output port dari gps gate dan gps proxy.

    tapi bila masih bingung, bisa deh kita ber-ym! ria. yahooID saya oyi_bierhoff.

  10. mas saya punya hp dari temen merk NEC seri e616V. Mau tanya soal aplikasi GPS untuk HP ini memakai aplikasi java. HPnya sendiri undah build in GPS cuma belum ada aplikasinya, minta tolong untuk aplikasinya. thx

    maaf sekali bung fery, untuk aplikasi gps java saya tidak pernah memakainya. namun setelah browsing di internet, ada beberapa aplikasi gps untuk java, salah satunya yang menurut saya lumayan baik adalah gpsylon. saya tidak tahu apakah aplikasi ini mensupport handphone anda tapi tidak ada salahnya untuk mendownload gpsylon dari https://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=64816. selamat mencoba.

  11. Ass.wr.wb.

    Salam kenal mas oyi,
    Saya pengguna pda yg tertarik dengan GPS, dan tertarik dengan artikel di atas, yg saya tanyakan apakah O2 Atom, support untuk di garminkan ?

    saya sudah coba tapi pada langkah 4, saya kesulitan mengartikan instal gps proxi krn disebutkan cukup dicopy pada suatu folder ? masalahnya disini saya tidak mendapatkan file virtual comportnya ? tidak tahu lokasinya ?

    mohon dibantu mas oyi, o ya saya tinggal di sidoarjo, dekat lumpur lapindo, mau mampir ?

    trims,

    Wass. wr.wb
    Anton Pramoono

    panduan step by step di situs navnet itu dipergunakan untuk handheld yang memiliki built-in gps. satu pertanyaan saya, apa hardware gps yang anda pakai, karena setahu saya O2 Atom tidak memiliki built-in GPS.

    bila anda memakai external gps, saat pairing dengan bluetooth akan terlihat COM yang dipakainya, nah port COM-nya itu yang dipakai di garmin que, jadi anda tidak perlu lagi memakai gps proxy.

    wah, saya sedih sekali melihat berita mengenai lumpur lapindo. semoga tempat tinggal anda tidak terkena dampak si kuala lumpur itu ya.

    thx.

  12. Ass wr.wb,

    Salam kenal mas oyi..saya jg tertarik bgt dgn tulisan ini, yg ingin saya tanya bagaimana cara load peta garmin di PDA setelah download dr navnet..karena berbeda dengan mapking yg punya fitur switch map..kalo boleh nih bisa dikirim ga mas tutorialnya ke email saya(ardhan02@gmail.com)..terima kasih sebelumnya.

    kalau file yang didownload ber-ekstensi .img dan di Que kita sudah terdapat map, kita dapat menggabungkan map-map tersebut dengan software patchimg, tersedia di situs malsingmaps.com [harus mendaftar dahulu]. setelah dipatch dan digabung menjadi satu file .img baru, kita tinggal mentrasnfer/mengcopy ke folder garmin di pda dengan activesync.

    semoga bermanfaat.

  13. salam kenal mas, ini dari kota tahu jawa timur mau nanya sih
    1. Gimana caranya dapat peta jawa bali tapi tanpa GPS dan bisa ditanpilkan di nokia 9300
    2. GPS yang cocok untuk nokia 9300 apa ya

    thaks


    1. untuk map, coba klik link di nokia asia, mungkin bisa di download dari sana.

    2. untuk aplikasi yang berbasis symbian, saya kurang mengetahui dengan pasti. biasanya software-software gps bisa tetap diinstal tanpa perlu menggunakan fungsi gps-nya, misanya seperti nusamap ataupun garminXT. untuk aplikasi symbian, anda mungkin bisa coba tes dulu Power Navigation (ada versi trialnya).

    maaf kalau kurang dapat membantu.

  14. Ass. Wr. Wb
    salam knal mas oyi… Saya mau tanya adakah perlengkapan gps tambahan yg kompatibel utk nokia N73 & aplikasi apa aja yg perlu utk dukung perlengkpan tambahan tsbt… Trims bgt

    wa’alaikumussalam,
    n73 setahu saya tidak ada built-in gps ya? kalau begitu anda harus beli perangkat gps eksternal terlebih dahulu. yang paling banyak dipakai adalah garmin, misalnya gps10. alat ini benar-benar tangguh, setidaknya seperti yang adik saya bilang kepada saya. memakai perangkat yang bermagnet, gps yang besarnya tidak lebih dari sebuah mouse ini tinggal diletakkan di kap mobil atau kap mesin, dipairing dengan n73 melalui bluetooth, menginstal aplikasi yang disertakan oleh garmin [biasanya garmin que atau garmin XT] dan .. tarraaa.. langsung deh bisa ber-gps ria dengan n73. soal harga coba cari lewat link ini di mbah google ya..

    update: dari milis id-gps, di situs nokia asia ada aplikasi dan map untuk n73 tuh bung sandhi, coba tengok2 dulu di sana.

    selamat ber-gps ria!

  15. Ass. Wr. Wb

    salam knal mas, saya pake Dopod D810 GPS buit in, software-nya pake Garmin Que sama Franson GPSGate. saya dah download map jawa di http://garminmapsearch.com/?l=id tapi pas saya buka garmin, GPS aktif, tapi map tidak kluar, blank aja. dibawah skala ada tulisan no map. saya coba cari2 lagi map lain, trus nemu jawa-bali di navigasi.net nama file-nya gmapsupp.img tapi tetep gak kluar jg. file map tsb saya simpan di folder \Storage Card\Garmin\ trus saya pindahin ke \Storage Card\ tetep gak kluar

    pertanyaan:
    1. apakah file map yang saya download harus di-convert dulu?
    2. apakah salah simpan di folder PDA?
    3. atau knapa ya?

    terima kasih sebelumnya, maaf kalo saya ngerepotin ma buang2 waktu mas oyi.

    Wass.

    wa’alaikumussalam,
    1. bila file yang didownload sudah dalam format garmin [gmapsupp.img] tentu bisa langsung dicopy ke folder garmin. namun bila untuk digabung dengan peta yang sebelumnya sudah ada di folder garmin, tentu kita butuh bantuan software patchIMG (bisa japri saya bila membutuhkan).

    2. default penyimpanan folder map garmin adalah di folder garmin itu. bila instalasi file di Storage Card\garmin, petanya dimasukkan disana juga. sayangnya garmin hanya mengenal 1 file gmapsupp.img. bila telah ada file itu, sebaiknya dipindahkan dulu di folder lain. untuk mengeceknya, bisa dilihat di menu system > map dalam garmin que (maaf bila salah karena sudah tidak memakai que lagi).

    mungkin itu yang bisa saya jawab, maaf bila tidak membantu. terima kasih kunjungannya bro fajar.

  16. Ass. Wr. Wb. bang oyi, saya sebelumnya terima kasih atas informasi yg bang oyi kasih, tapi maklum, manusia ga ada puasnya..
    saya pakai HTC tytn II, sudah diinstallkan Garmin 2.90, Franson GPS Gate 2.5 sama penjualnya, dikasih map pula, tp saya mau update mapnya di navnet, mungkin hampir sama pertanyaannya sama bang fajar, tp saya minta olong lebih diperinci bisa bang oyi?

    untuk mengupdate map bisa dengan mempergunakan software patchIMG. dengan bantuan software ini kita bisa menggabungkan beberapa file gmapsupp.img yg kita dapat dari internet untuk menjadi 1 file gmapsupp.img yg kita simpan di folder garmin pada pda. dengan demikian, garmin akan meload map-map yang telah disatukan dengan software patchIMG itu. kalau butuh patchIMG bisa japri saya.

  17. o,ya bang, saya domisilinya di makassar, jauuuuh banget, kerjaan juga masuk2 kampung, maka itu saya perlu sekali GPS ini..
    kalo bisa sekalian dicantumkan alamat2 websitenya, supaya saya bisa download ya bang..

  18. selamat malam dan salam kenal dari saya.
    mas,,,,, aku bisa minta tolong …saya pakai hp ipaq 6965 sudah hampir 1 tahun setengah..tapi sampai sekarang masalah gps sama peta sampai sekarang masih awam ..tolong ajarin dong..ma kasih sebelumnya ..assalla mualaikum wr. wb

    wa’alaikumussalam dinoriki,
    boleh saja, silakan kalau ada yang mau ditanyakan. hanya saja permasalahan GPS terlalu banyak, kalau bisa yang spesifik saja. boleh tahu pakai software apa di 6965?

  19. terima kasih mas atas atensinya ..saya ya pakai garmin que seperti yang saya baca di blog mas ini..garmin nya sudah saya download , gps proksinya juga sudah..yang bingung mau bikin atau masukin peta ke pda ..saya mau download patchimg ..tapi kok di malsingmap kok gak ada tulisan patchimgnya..terus ..terus kalau gpsmapper itu apa…..terima kasih sebelumnya lho mas ..assallamualaikum wr.wb

    wa’alaikumussalam, maaf ya telat membalas pesan anda.
    memasukkan peta di pda mudah saja. garmin que mengenali peta lewat file gmapsupp.img. jadi bila browsing di internet dan memperoleh peta dengan nama lain, tinggal direname dan dicopy ke folder garmin di pda. saat que dijalankan, ia akan otomatis mencari file gmapsupp.img tersebut dan dijadikan default peta.

    lain permasalahan bila kita hendak menggabungkan peta-peta digital itu. kita harus minta bantuan patchimg, yang dapat mengoleksi beberapa file dengan ekstensi .img menjadi satu file peta baru: gmapsupp.img.

    bila butuh patchimg-nya, bisa saya kirimkan japri.

  20. baik-baik aja, skarang lg sbuk dg kerjaan aj..smoga slalu sukses…..

    syukron ‘wan.. harapan yang sama untuk antum, amin…

  21. HALOOOOOOO BANG!
    sy krishna, msh SMA seeh, tp sng bgt ngoprek sgla hal yg brhubungan dgn IT.Nah sy pake HP ipaq 6515e (6500 mobile messenger) kan ada gps receiver tuh. sy udh cb program nusamap (cr*ck sndiri) brhasil,keren bgt lngkp mapnya (jawa n bali) truus pake GPS 2 google earth + franson gpsgate (cr*ck sendiri jg) brhasil,kereen bgt tampilannya pas diexport ke google earth PC. tp smpe skrng sy blm dpt program gps yang ada map makassar (google earth tdk menampilkan gambar makassar,alias diproteksi) jd kl blh tahu apa saran bang oyi utk software gps di ppc yang ada map makassar. tlg yaa,thx udh baca n reply ^^

    wah wah, sma tapi mainannya sudah cr*ck ya..🙂
    gps di ppc andalannya adalah garmin. ada di internet (somewhere) yang punya map makassar. ntar infonya lewat japri saja ya.

    btw, masa google earth tidak bisa menampilkan gambar makassar?

  22. Dear mas Oyi,
    Saya pemakai baru GPS, menggunakan PDA IPAQ 6515.
    Saya tertarik dengan peta Garmin Que 2.90 seperti yang di pakai mas Oyi.Ada peta kota-kota apa saja yang bisa jalan di Garmin Que 2.90?
    Bolehkah saya dishare peta tersebut?
    saya sampai sekkarg kok belum berhasil menggarminkan Ipaq, sampai langkan Virtual comport kok beda ya??tolong nih
    Kalau boleh tolong di email ke: powerklik@yahoo.com
    Salam kenal, Teguh Jogja 0818270680

    piye mas teguh, sudah bisa dimaksimalkan tho garminnya?

  23. Saya pemakai baru GPS, menggunakan PDA IPAQ 6515.saya sampai sekkarg kok belum berhasil menggarminkan Ipaq
    saya sudah coba tapi pada langkah 4, saya kesulitan mengartikan instal gps proxi krn disebutkan cukup dicopy pada suatu folder ? masalahnya disini saya tidak mendapatkan file virtual comportnya ? tidak tahu lokasinya ?
    Pada langkah 5 Jalankan program Regedit yang sudah di copy ke PocketPC, edit registry pada posisi HKEY_LOCAL_MACHINE\ Drivers\VirtualComPort, ubah nilai Index dari 0 menjadi 6 (Gambar 3a) Gambar di PDA saya kok nga spt Gbr 3a tuh, nga ada index segala, mohon bantuanya. Barang kali saya ada file yg salah di download. mohon bisa dikirim Email :teguhwibowo76@yahoo.co.id Filenya ya,
    Atau teman2 diatas yg bisa bantu seperti Mas Iwan
    Thanks atas Bantuannya

    sampeyan kirim pesan dua kali ya, hehehe.. ip-nya sama dengan ‘mas teguh’ di bawah. bagaimana, sudah bisa jalan garmin mobile XT-nya? maaf tidak menjawab pertanyaan malah mengalihkan solusi ya mas teguh..🙂

  24. mas software patchimgnya saya tunggu lho ma kasih nih ..assalla mualaium wr.wb


    wa’alaikumussalam,
    lho, memangnya belum terima? ok saya kirim lagi sekarang.

  25. pa,saya pake pda O2 atom exec…saya ga punya gps,tapi pingin punya peta gps yg seperti nusa map…gimana caranya…thanks

    halo dedy,
    sebenarnya bisa saja nusamap diinstal di pda yang non gps. namun fungsinya hanya sebagai peta layaknya buku peta gunther, misalnya untuk mencari jalan atau POI (point of interest – seperti sekolah, pom bensin, masjid dll). coba saja diinstal dulu, kalau terasa kurang baru deh beli gps external supaya bisa dipair dengan O2 atomnya.

  26. ass wr.wb

    wa’alaikumussalam..

    salam kenal…mas saya pengguna mapking pengen pindah ke garmin que n nusa map
    spek yg dipakai ipaq 2790 with garmin 10x
    pertanyaannya:
    1. setelah saya insatll garmin que koq nadk bisa2 ya dianggap ndak ada koneksi padahal sdh sesuai prosedur…..gps dah dikenali ama ipaq…..pas mo masukin com nya di garmin que ndak ada ( dimasukin dimana ya?) apa diperlukan gpsproxy n gpsgate ya…….kalo iya mohon dibimbing caranya

    kalau untuk garmin que dengan garmin 10x, seharusnya bisa dilakukan dengan mudah assign ke port com-nya. gpsproxy dan gpsgate hanya emulator untuk membuat virtual com. berhubung saya pribadi tidak menggunakan garmin 10x jadi agak sulit untuk membantu. saran saya, pastikan dulu com port yg dipakai di ipaq2790 apakah sudah sesuai dengan com yg dipakai oleh garmin 10x.

    2. coba pakai nusa map loading map sukses trus gps dah terkoneksi tapi setiap 1 menit aplikasi langsung menutup sendiri trus berulang2 kbtln yang dipakai sih buka nusa map ori alias udah dicangkul……mungkin ada cara yang lain

    apakah sudah disimpan setting konfigurasinya? dulu saya pernah mengalaminya dan setelah disimpan konfigurasinya, nusamap tidak menutup sendiri. oya, kalau memakai nusamap non ori, pastikan sudah mengikuti prosedur ‘penggunaan’ lengkap dengan updatenya. setelah selesai penginstalan, jangan lupa simpan konfigurasinya. semoga membantu.

    3. terimaksih atas pencerahannya

    sama-sama. jangan ragu untuk menghubungi saya lagi bila masih belum menemukan solusinya, siapa tahu saya bisa bantu.

  27. Alo…

    om… ada software GPS dr Tele Atlas?

    om.. aku minta sharemap nya navigasi.net aku ga bisa download soalnya harus upload POI dulu..
    klo boleh mohon dikirim via email ke den_maggiore@yahoo.com

    makasih om…

    wah, permintaannya sulit-sulit nih, hehehe.. saya juga tidak memakai s/w tele atlas maggie, jadi maaf sekali lagi kaga bisa bantuin ya. oya, sharemap navigasi.net untuk garmin? kalau garmin ada link-nya, yang mencakup jawa dan bali. ntar saya kirimi.

  28. Ooo ya.. om…

    ada ga map indonesia buat tom2 navigator 6?

    klo ada bagi sy link nya om…

    sorry maggie, saya bukan pemakai tomtom navigator jadi tidak punya mapnya. saya coba bantu ditempat biasa download map, map tomtom untuk indonesia juga tidak tersedia tuh.

  29. iya om… sharemap navigasi.net buat garmin que..
    saya tunggu om..

    klo buat edit/nambahin peta garmin pake s/w apa ya om..?
    freeware ga..?

    link sudah dikirim via email yak..
    oya, sampai saat ini aku belum pernah mengedit peta garmin. kalau mau coba, bisa pakai software mapsource. sayangnya software itu gak gratis.

  30. Om…

    klo file itu saya pernah download ga cocok buat garmin que..
    klo ga salah itu peta city navigator ya… buat garmin XT..
    bnr ga om…?

    makasih om…

    hwe? iya benar, file dengan nama ‘khas’ garmin: gmapsupp.img. lha kok teman saya yg pakai que 2.90 bisa pakai peta itu ya? yasud, kalau gitu mending mencari lewat http://www.garminmapsearch.com/?l=id saja, cari yg paling besar ukuran filenya, biasanya cukup lengkap tuh. terakhir saya dapat map jawa bali dan lampung dari cgs disana, ukurannya 9,1mb.

  31. Alooo abang yang makin kereen,,ciee ^^
    lnjut aja ya kasusnya.
    GE tidak menampilkan map makassar, ini yang membuat sy heran, mengapa jakarta yang merupakan ibukota tidak di protect, kok makassar di protect!!!??? kl garmin pernah sih nyoba2 tutorialnya tapi kurang sukses,hehehe… jadi gimana donk kalo mau dpt map makassar?

    di GE, itu bukan diprotek namanya, tapi resolusi untuk kota makassar memang rendah. kalau untuk hal ini tidak ada yg bisa kita lakukan selain bersabar menunggu sampai GE mengupdate gambar terbarunya. di sekitar jakarta juga begitu, seperti di daerah tambun bekasi yang resolusinya sangat rendah (sama seperti makassar), padahal jaraknya hanya 30 km dari jakarta.

    untuk garmin, saya pernah mendownload peta makassar dari situs disini (harus daftar dulu untuk mendapat link-nya) dan ada peta makassarnya seperti screenshot di garmin saya. benar bukan itu peta makassar?🙂

    oh iya om gimana cara merawat pda yang baik? kok ipaq ku skrng suka ngadat ( kalo masuk mode kamera trus kmbli ke desktop pasti restart) ada solusi?

    pda sangat butuh memori. usahakan selalu menginstal aplikasi yg tidak dibutuhkan saat booting di SDCARD/SDMMC. jangan pernah install software di main memory karena itu akan membuat PDAmu menjadi kekurangan memory, yg terkadang bisa restart sendiri. bila sudah terlalu sering restart/hang/lock up, backup data-data penting via activesync (contact, calendar, my documents) lalu coba meng-hard reset untuk menginstal ulang aplikasi2 di pda.

    japri: cool_xxx_genesis@yahoo.co.id

    thx yoooooo

    sama-sama..

  32. saya masih bingung om… soal peta garmin…
    klo saya download peta2 yg lain ga pernah bisa di buka digarmin que
    kecuali freemap nya navigasi.net, napa ya om…?
    pdhl dah aku patch sm create garmin gmapsupp.img
    ato harus ad preview map + reg code jg kya freemap nav.net?

    aneh juga ya.. hmm, apakah di folder garminmu sudah ada file sw.unl dan gmapbmap.img? kurang yakin juga karena tidak pernah mendapat permasalahan seperti anda, semua peta garmin bisa langsung dijalankan di garmin saya, baik waktu masih pakai que 2.90 maupun xt.

  33. wah wah wah , bang oyi memang sakti !!!
    jadi tambah penasaran neeh dgn map makasaar!!!
    yup itu makassar, kereeen! pake apaan tuh bang???tolong tutorial yg lengkap ya, kan abang udah sakti, kl berbagi kesaktiannya nanti tambah sakti lagi ^^ wkwkwk…

    ada gak seh cara khusus merawat pda? soalnya iPAQ ku ini menjadi pendamping hidup yang sangat berguna, hehehe..

    thx !

    halah, pakai kata sakti segala, hahaha..
    itu pakai garmin mobileXT dengan map yang diambil dari situs yang saya sebut diatas. tidak perlu tutorial lah kan bung khrisna juga sudah sakti sekarang, hehehe..

  34. ga ada om file itu.. sblmnya kosong aja..

    kira2 napa ya om..?

    oOo ya om… bgsan pake yg que ato xt..?

    menurut saya tentu garmin mobileXT karena mempunyai fitur 3D.

  35. Aww. Maap pak, boleh saya dikirimin juga peta jawa lampung kalo ada sumatera lebih baik…

    Terima kasih buat panduang gps nya…

    Wassalamu ‘alaikum wr wb

    wa’alaikumussalam,
    mohon maaf saya baru sempat membalas komentar bapak, berhubung kesibukan yang membuat blog ini terbengkalai, hehehe.
    untuk peta jawa lampung saya tidak bisa mengirimkan filenya karena terlalu besar. kalau link-nya nanti saya kirimkan via email saja. terima kasih atas komentarnya pak akbar.

  36. assallamualiukum mas..suda ketemu patch imgnya terima kasih mas..trs sekarang yang puyeng peta jakartanya mas…kirimin dong mas klau bisa….ma kasih mas sebelumnya…..bisa ya mas….

    wa’alaikumussalam dino,
    maaf sekali, telat membalas komentar & email anda ya. wah, kalau dikirim via email gede banget, 30mb tuh.. link yg kemarin tidak bisa didownload kah?
    atau main deh ke rumah di jatibening, ambil tuh petanya sepuasnya, hehehe..

  37. Pak Oyi,…..

    Salam sejahtera,
    saya ingin membuat situs gps online tapi saya ga tau harus mendownload peta darimana ? dan bagaimana cara menggabungkan web dengan petanya….!!

    Terima kasih sebelumnya pak Oyi …! Salam hormat fenddy…!!

    hallo bro fenddy..
    saya pribadi malah belum pernah membuat situs dengan online-map di dalamnya. namun banyak contoh situs-situs yang baik untuk referensi yang menyertakan google map sebagai fitur mereka seperti navigasi.net dan garminmapsearch.com. selamat mencoba dan kabar-kabari kalau sudah selesai ya. thx.

  38. mas mau dong peta yg di kompres jadi 3.5 mb yg kayak diatas itu ..jawa,bali,lampung yg ada kota2 besarnya itu tolong sekali lagi nih mas,,,assallamualiukm…

    wa’alaikumussalam,
    ‘duh, peta 3,5mb yang mana ya? yang ada untuk jawa bali dan lampung itu minimal 9mb jhe.. japri pls.

  39. abang! kok lama seeh di balas, sibuuuk yaaaa

    gini aku udh nyoba mengGarminkan ipaq sesuai dengan ajaran sesepuh!, dan kayaknya sukses deeh, tapi kendalanya gak ada Mapnya T.T

    bisa gk abang share map makassar n bali? kl boleh di email yaaa bang!

    thx b4!

    iya nih, sok sibuk melulu, hehehe.. maaf ya..
    di garmin, map-nya hanya satu, yaitu file gmapsupp.img. bila kita menginginkan lebih dari satu map maka kita harus menggabungkan beberapa file map (.img) dengan software patchimg. software ini akan menggabungkan file-file tersebut menjadi satu file gmapsupp.img. nah, file ini lah yang tinggal di-copy ke program folder garmin di pda. nanti secara otomatis garmin akan meng-load file peta ini.

    untuk file makassar nanti saya kirim. tapi untuk bali, mohon maaf terlalu besar untuk dikirim via email (32mb).

  40. bang satu kata yang ingin saya utarakan..
    BERHASIL!!!!!
    sy berhasil mengGarminkan ipaq 6515, ternyata untuk mapnya perlu dibuat folder baru dgn nama Garmin di Storage Card,, bukan di Garmin Que yaa!!!!

    trruuus gimn bt kontur 3Dimensi???

    thx yaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    selamat! memang sebaiknya garmin dipindahkan ke storage card karena secara default selalu menempatkan dirinya di internal memory.
    untuk kontur 3D, anda harus memakai garmin mobile XT, bukan garmin que.
    thx juga krishna, maaf telat membalas komentar & emailnya.. *lagisoksibuk*

  41. halo 999x!!!
    thx buat blsnx,
    oooo jg harus garmin xt ya, waduh kl gitu harus install lg,,
    apa cr instal garmin xt sm dengan garmin que??? ato pake cara “sakti” lainnya?
    memang siih map garmin xt bnyk bgt, berbagai negara ada (disuatu t4….kt bs sharing,cieee)!

    oh ya sy bs sakti berkat ajaran dr suhu ‘bang Oyi’ !
    jgn prnh bosan bls yaaaa!

    hallo lagi krishna sakti..😉
    ya udah, kalau capek nginstal garmin-nya pakai saja dulu yang que 2.90. ntar kalau udah bosen baru deh nyobain nyicipi yang garmin mobileXT.
    ehm, suatu tempat itu dimana, hayuk disharing..😉

  42. BUSEET cpt bgt blsx bang!
    td br nyoba patch img, map jakarta N makassar di gabung (mapx dpt dr link pda4x) trus diexpor ke iPAQ, eh gk jln mapx…sebelum digbng map makassarx jln kok,,,mohon pencerahanx ! btw garmin xt instalerrx dpt dimn bang?

    Alamat map bt garmin xt di saya krm ke email aja ya!

    bagaimana krishna, sudah bisa belum ngepatch map? gak pakai prosedur apa2, cukup kumpulkan map2 yang mau dipatch lalu tekan tombol patch it deh, jreng, jadi satu file gmapsupp.img, tinggal transfer ke ipaq.

    maksudnya map buat garmin xt yang mana nih, kan map yg dipakai sama aja dengan map untuk que 2.90?

  43. yang mana aja deh mas..yg penting peta jawa bali..klau gak jakarta aja//ma kasih sebelumnya

    bisa mendownload file2 besar gak? kalau bisa ntar saya kasih link-nya..

  44. dear mas oyi…
    mas saya bru beli gps garmin etrex legend, ada base map nya dan memory in 8 mb, saya mau tanya bagaimana cara memasukan/menambah peta lagi ke gps tsb tanpa harus menghilangkan basemapnya ? karena ada yang bilang kalo kita tambah peta maka basemapnya jadi terhapus? trus peta dengan file img bisa kita buat sendiri gak ? pake software apa ? kalo file dari arcview bisa gak di masukan ?

    terimaksih banyak mas … bisa gak langsung di balsa ke email ku juga susufanta@yahoo.com

    salam
    habibi


    assalamu’alaikum habibi,
    soal peta, sampai detik ini saya tidak pernah membuat peta sendiri. apa yang saya lakukan adalah mencari peta2 untuk garmin di internet lalu menggabungkannya untuk menjadi satu peta baru.

    mengenai basemap, saya juga tidak pernah mengutak-atik atau menggantinya dengan basemap yang lain. yang saya suka trial and error adalah file gmapsupp.img-nya.

    untuk garmin etrex legend, berhubung saya tidak memakai alat itu saya jadi kurang berani menyarankan seperti apa yang saya sarankan kepada para pemakai pda yang telah dilengkapi/terhubung dengan alat gps. namun apabila software dan peta yg dipakai sama saya rasa tidak ada masalah. coba di backup dulu basemapnya di komputer lalu cari peta untuk sumatera dan ditransfer ke garmin etrex.

    semoga bermanfaat dan maaf bila tidak menjawab pertanyaan anda. terima kasih sudah mampir ya, jangan kapok mampir lagi, hehehe..

  45. dear mas oyi

    mau nanya lagi nih mas
    kalo kita tambahkan peta ke gps dengan ukuran sesuai dengan memory internalnya (saya punya etrex legend memory in 8 mb, apakah juga akan menghapus base mapnya?
    apa udah ada peta detil untuk peta sumatera?

    terimakasih bantuannyaya mas

    salam
    habibi

    sebaiknya diback-up dulu semua file map yang ada di folder garmin. bila sudah, silakan bereksperimen dengan memasukkan peta-peta yang bisa didapat dari http://www.garminmapsearch.com.

    untuk detil pulau sumatera sepertinya belum ada, hanya kota-kota tertentu seperti medan, padang dan lampung. maaf telat membalas pertanyaan anda ya..

  46. HALO GURU BESAR!

    map garmin xt yang 3D kan kagak sama atuh dgn mapx garmin que, mau coba gak map buat garmin xt? ane punya alamatx, mudah2an abang Oyi puas! (donlotx besar banget)

    udh coba patch imgnya, tetep gk jln mapx di garmin que, apa ada yang salah ya? hikz….

    duh, guru besar apanya, hehehe.. lha wong baru belajar juga krishna..
    maaf ya, kalau di garminku, baik pakai yg que maupun mobileXT tidak masalah dalam pembacaan petanya tuh, sama2 bisa. entah kok bisa beda ya sama di tempat krishna?

  47. haloo guru BESAR!

    kl map que & xt sama kok yg sy dpt brbeda (dari segi ukuran byte)? lbh besar yang xt lhoo..

    udh dibc, tp sptx software cr*ck msh memimpin,,hehehe…
    bang sy blm berminat pk freeware🙂

    sy lbh bnyk bergelut dgn sopware cr*ck, abang tau kagak t4 sopware-sopware cr*ack???

    freeware itu dapat kita pakai tanpa takut merasa bersalah karena memang dari developernya disediakan gratis. kalau software-software yang bajakan, ada dosa tersediri yg muncul bila memakainya walaupun saya juga tidak munafik masih banyak memakai software2 bajakan. paling tidak ada semangat untuk selalu mencari freewarenya dulu deh.

    untuk link, ntar aku kirim via japri saja.

  48. halooo lagi!
    td br buka blog, eh ternyta ada 1 komentar br nongol🙂
    sory bang sy betul-betul lupa untuk menyertakan sumbernya, padahal inspirasi dan ide serta kemauan untuk membuat blog berasal dari sini😉 hehehe…

    bang sory kl prtanyaan yg satu ini menyimpang dr gps..yg ingin sy taxkan, mengapa blog sy tidak ditemukan oleh mesin pencari (google, yahoo) ???
    gimn spya blog kt punya banyak pengunjung (kayak blognya bang Oyi, laris manis) ???

    thx a lot sensei!

    okay, dimaklumi karena masih baru belajar ya. tapi sebagai pembelajaran, kita harus menyebut sumber darimana tulisan itu diperoleh.

    blog saya belum lah selaris seleb-seleb blog seperti blog teman saya, si dokter bali atau ustadz dari lamongan. blog mereka sudah layak dijadikan seleb blog karena content-nya yang dinamis, variatif dan rajin mengunjungi blog2 lain. ini salah satu syarat agar blog cepat terkenal dan dikunjungi orang.

    syarat lain, rajin-rajinlah menulis sesuatu yang baru dengan menyertakan tag-tag yang unik dan sebanyak mungkin. juga jangan salah kasih link, seperti alamat blog-mu yang salah. aku mengklik http://creative-exo.blogpsot.com seperti yang kau tulis, larinya bukan ke blognya krishna malah ke situs di luar negeri.

  49. haloo guru!
    waduuh iya2 makasih atas pemberitahuanx, hrsnya blogspot bukan blogpsot, hehehe…

    abang jgn bosan2 mengajari ya, dan trims krn mnjdi guru yang sabar!

    sy telah mngirim link situs yg mudah2an brguna bagi bang oyi!

    trims

    sama-sama.. senang bisa bermanfaat bagi orang lain. link sudah diterima via japri, terima kasih juga krishna.

  50. halo guru, mau nanya lg neeh ttg blog.
    gimana y carax biar posting kita itu langsung semua isinya muncul pada saat prtma kali dibuka blognya? cb abang liat blog ku, kan paraah bgt soalnya semua isinya lngsng mncul, maunya sih kyk bang oyi ada “selengkapnya” jadi diklik dulu baru muncul utuh isi postnya. mohon bantuannya!


    kalau di wordpress, ada button untuk memasukkan perintah . tinggal pilih alinea mana yang mau dipotong, pencet button di editor maka akan dipotong ditempat kita memasukkan perintah itu.

    btw, ini nanya soal blog kok di postingan GPS sih, hehehe..

  51. halooo big teacher!!!😉
    kira-kira nyari map buat garmin di mana lagi ya? ada gak yang seINDONESIA?
    trus aku udh gabung2 map pake patch img kok ttp gak kebaca ya di iPAQ?

    oooo ya bang! aku udah ganti domain blog, sekarang udah di
    http://creativexxx.wordpress.com (visit yaaaaa)
    thx buat pencerahannya ttg blog🙂

  52. assalamualaikum mas oyi,

    salam kenal boat mas oyi & utami

    ane lgi coba2 pke gps nih, newbie citanya…
    ane skarang pake mapking, ehh tau2nya cuma di jkta doang
    pas ke depok blank gak ada petanya!
    ane mo coba pke garmin tpi nyari peta jawa balinya susah bener! ane gak sanggup dah , udah puyeng !

    ane baca2 blog mas oyi & utami katenye punya peta jawa bali?
    Ane minta tolong di share donk! ke email ane di :

    arman.ritchman@gmail.com

    makasih banyak nih atas atensinya and sherenya

    assalamualaikum………..

    wa’alaikumussalam,
    memang, mapking hanya support jakarta saja, itu pun baru 60% dari coverage area, jadi masih sangat terbatas. untuk jabotabek, banyak software lain yang mempunyai map sampai ke depok, misalnya IGO MyWay 2006, Garmin MobileXT dan Nusamap. Software-software ini malah sudah sampai Jawa-Bali.

    Link download saya kirim via japri.

  53. Samelikum
    bang mo nanya sekaligus lo bs minta software,,bang
    bang,,peta mapking dah ada yang jawa bali blom ????
    ada dah ada bllh minta dikirimin filenya bang.
    trus bang blh minta software nusa map +peta jawa-bali..
    makasih byk sebelumnya
    polgan9@gmail.com
    wassalam

    wa’alaikumussalam,
    mapking sampai sejauh ini hanya tersedia peta jakarta dan sekitarnya saja. bahkan rumah saya di jatibening pun belum ada😦

    thanks.

  54. halo bang..
    kok comment ku kaga di jwb ya?
    sy btl2 mau peta INDONESIA sekaligus, supaya gak repot2 pindah2in mapnya.
    thx b4, maaf kl mengganggu

    halo krishna..
    duh maaf deh, 2 minggu ini benar2 gak bisa menyambangi blog di wordpress. selain pekerjaan yang membutuhkan banyak space di otak, juga lagi kering ide.

    untuk peta indonesia sekaligus, sebenarnya melalui base map-nya garmin sudah ada. hanya untuk tingkat detailnya jelas tidak bisa karena memori di pda kita terbatas. tidak mungkin ada device yg sanggup menampilkan peta seluruh indonesia dengan tingkat detil yang tinggi.

  55. mas oyi,

    saya udah download peta free map navigasi net. Saya simpan dan ganti namanya dengan gmapsupport.img kenapa pas dibuka gak ada nama jalannya ya? apa ada yang salah dengan installnya?

    By the way, saya pake garmin XT untuk nokia 6110 Nav

    Bisa tolong dikirimkan peta Jawa Bali yang lengkap ya mas?
    bisa ke dennyjohan@yahoo.com

    Oh ya mas, aplikasinya yg utk gabungin peta udah gak bisa didownload, bisa tolong dikirimkan juga…

    Thanks banget ya

    untuk nama file, yg benar adalah gmapsupp.img, bukan gmapsupport.img. nama jalan tidak muncul di garmin mobileXT, memang salah satu fitur yang terasa kurang bila dibandingkan dengan garmin que. namun sebenarnya bila kita menekan kursor segitiga itu akan membawa kita ke halaman peta. nah disitu nama jalannya bisa diklik dan akan muncul info nama jalan tersebut.

    aplikasi untuk menggabungkan peta mungkin harus login dulu. atau kalau mau bisa ambil disitus sharing ini. thanks ya dan sorry baru bisa membalas pertanyaan anda.

  56. wah lagi banyak proyek donk😀 !

    banyak sih nggak. cukup lah, alhamdulillah..

    btw sampe skrng kok masih gagal terus ya patch img nya? gak kebaca di garmin setelah di gabung (2 map digabung).

    kegagalannya dimananya ya? saya selalu berhasil mempatch tuh. jadi bingung kalau ditanya kenapa gagal. insyaAllah saya coba kasih tutorial kalau ada waktu ya khrisna.

    bang tau gak biaya service HP iPAQ 6515 buat speakernya? soalnya lagi datang “sakitnya” gak mau keluar suara T_T

    wah kalau yang ini harus dibawa ke roxy jakarta, hahaha.. maaf gak bisa bantu ya.

    trims!

    waiyakum..

  57. Siang om…
    Salam kenal, mau numpang nanya nih.. saya pake HP Ipag 6965 tapi masih gaptek nih. Pas beli udah dikasih NusaMap tapi sekarang udah gak bisa dipake lagi, kayanya sih program trial doang alias udah expired.
    Nah gimana cara saya mau nge-cr*ck aja deh biar dapet yg gratisan gitu… Tolong dong bantuannya. Tengkiu!

    duh, kalau ngomongin cr*ck disini ntar bisa dibanned ama yg punya wordpress. tapi thanks infonya, baru tahu kalau nusamap bawaan ipaq ternyata terbatas pemakaiannya ya?

  58. Bang oyi,

    salam kenal…
    langsung aja nih… minta tulung… saya lagi tertarik dg mainan GPS. saya menggunakan BT GPS Holux 1000 dan SE M600i dengan OS Symbian UIQ3.0, saya sudah berhasil install Garmin XT 4.10.20 dengan KG J*tm**s* masalahnya sekarang kalau saya pairing antara M600i dengan Holux 1000 bisa terkoneksi tapi kalau saya jalankan Garmin XTnya tidak mau koneksi ke BT GPS (katanya GPSnya tidak ketemu…)
    Kira2 masalahnya apa yaa?
    softwarenya apa yang cocok untuk Holux 1000 dan SE M600i.
    bantuannya saya tunggu bang oyi.
    Terima kasih.

    pertama-tama mohon maaf atas ilmu saya yang belum mencukupi untuk menjawab hal ini. saya sadar bahwa tulisan saya hanya mengakomodir gps yang berjalan pada sistem operasi windows mobile, jadi bila ada yang bertanya dan penanya menggunakan o/s yang berbeda kadang-kadang saya gelagepan menjawabnya 🙂

    bila di windows mobile, ada beberapa cara untuk menemukan port yg sesuai. pertama dengan mencoba menurunkan baud rate dari port yg dipakai. bila standarnya 112500, bisa kita turunkan ke 9600. kadang cara ini berhasil apalagi kalau kita menggunakan satu port bersama-sama (virtual com port). setelah itu di garminxt terdapat settingan port yang bisa diubah-ubah bila auto scanning dari garminxt tidak bisa menemukannya.

    oya, garminxt memerlukan device dan map id yang benar agar bisa berjalan. apakah ini sudah bisa dilewati?

    terima kasih kunjungannya dan maaf bila tidak bisa membantu.

  59. salam kenal.

    kalau gak pake GPS bisa gak ya.
    saya pake samsung i600, WM6 standard (smartphone).

    japri aja ya.. thx.


    maksudnya tidak bisa pakai GPS itu apa ya? software2 itu semua bisa diinstal tanpa menggunakan gps, namun tentu tidak bisa menunjukkan lokasi kita saat ini berada. bila hanya memanfaatkannya untuk peta digital tentu bisa digunakan.

    bisa instal saja dulu, bila butuh gps tinggal beli module gpsnya dan disambungkan lewat bluetooth.

  60. hola salam kenal bos…

    sy pk hp N95 & udh donlot+install garmin ke hp sy,,tp sy bingung gmn cr masukin petanya & dmn sy bisa dapetin software bwt peta gratisnya
    Thanx bherat bos……..

    url-nya saya kirim via japri ya. untuk memasukkan peta tinggal copy file gmapsupp.img ke folder garmin dan software akan secara otomatis meng-load petanya.

  61. sore bang oyi,
    salam kenal sebelumnya. Saya butuh masukan nih kalo mo nambah peta di garmin xt, saya dapet peta lampung tapi dlmnya ada img file, registrasy file dan tdb file dlm satu folder. Bagaimana caranya masukin peta itu agar kebaca di garmin xt ya? terimakasih banyak atas bantuannya. email : wisnoe05@gmail.com

    garmin hanya mengenal satu file gmapsupp.img. jadi bila anda sudah memiliki satu file img, tinggal di-rename lalu dimasukkan ke folder garmin.

    lain halnya bila ingin menggabungkan beberapa file .img menjadi satu file gmapsupp.img. untuk ini anda harus memanfaatkan software patchImg. linknya ada di jawaban komentar saya di atas.

  62. Ass WW,

    Mas, mohon dibantu ya… saya baru beli I-mate 9502 – GPS Integrated dan sama supplier diinstallkan MapKing R12. Adakan manual/instruksi bagaimana cara penggunaan peta ini + gimana ya cara penggunaan GPS-nya. Sorry kalau pertanyaanya basic, saya bener2 baru make GPS dan Mapking.

    Terimak kasih

    wa’alaikumussalam,
    pertama mohon maaf bila jawabannya kurang mantap karena saya sudah lama tidak menggunakan mapking. versi berapa yang dipakai?

    pertama, set dulu baud rate gps anda dari start > settings > system > external gps > hardware. disitu berapa nilainya? kalau gagal dideteksi, ubah ke lebih rendah, misalnya 57600. perhatikan juga port COMnya, untuk software dan hardware bisa berbeda. ditempat saya software di com2 dan hardware di com 4.

    kemudian jalankan mapking, lalu tap menu settings atau setup [maaf sudah lupa], cari menu untuk mencari gps secara otomatis. disini bila mapking gagal menemukan port gps maka baud rate pada langkah diatas coba direndahkan lagi.

    atau bila mau set secara manual berdasarkan informasi system diatas, kita bisa set com port mapking di com2 atau com4 namun biasanya cara ini tidak berhasil.

    bila sudah connect dan gps dalam status ‘fixed’ kita bisa langsung memakai mapking. untuk manual tersedia di situs http://www.mapking.com, misalnya untuk yg versi 7 ada di http://www2.mapking.com/getTrial.asp?trial=MK7Manual/MapKing3D_Full_Manual_Oct_2005_Eng.pdf (2.441KB)

  63. Ass WW,

    Bang Oyi, mohon pencerahan, mengenai Garmin Que + GPSProxy + eten x500, waktu itu Garmin Que saya bisa jalan memuaskan, setelah beberapa saat tidak saya pake, saya mengalami kendala, di Garmin Que bilang gak connected ke GPS, padahal GPSProxy nya dapet data dari satelit, setelah check2, ternyata di GPSProxy “Error loading virtual COM port driver for COM0:” trus sy baca2 di blog antum, mesti ngerubah COM0 ke COM 6 pake RegEditCE, tapi tampilan RegEditCE beda dengan yang ada di petunjuk antum, dan sy gak bis rubah ke COM 6,
    mohon pencerahan.
    Syukron

    wa’alaikumussalam akh hananto,
    memang, garmin que 2.90 agak sulit untuk bisa dipakai di windows mobile, butuh banyak patch dan program tambahan seperti halnya gpsproxy dan gpsgate.

    saran saya hanya satu, tinggalkan que 2.90 dan beralihlah ke garmin mobileXT. ini aplikasi free download dan jauh lebih bagus dari pada que 2.9o, bisa di download dari http://www8.garmin.com/software/GarminMobileXTforWindowsMobile_42050w.exe [versi terakhir bulan April 2008].

    istimewanya, ia tidak perlu gps proxy maupun gpsgate dan bisa mendeteksi langsung gps internal di X500 kita.

    silakan mencoba dan maaf bila tidak menyelesaikan masalah di que 2.90 anda.

  64. Akh filah, thanks berat atas infonya, satu lagi akh, bisa upload peta topografi nggak kayak di 2.90, syukron

    afwan akhi, ana blank masalah peta topografi di 2.90. maaf ya.

  65. Akh Oyi, sy sudah donlot garmin mobile xt & installed di x500, masalah nya kita harus masukin activation code atau apalah, kemudian saya coba yg trial, trus x500 coba connect ke server garmin, tapi fail, trus sya coba pilihan yang paling bawah, trus dia checking ke satelitte and ke garmin service, and lama sekali, jadi, sy belum sempat menikmati kehebatan GM XT.
    mohon info klu memang sdh ada Cr**k nya , syukron

    jawaban via japri aja ya kalau sudah menyerempet masalah cr*ck😀

  66. jazakumullah akhi,
    Allahumma bariklanaa fii rajaba wa sya’ban wa balligna Ramadhan..(Ya Allah berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah umur kami d bulan Ramadhan),amien

    amin yaa Rabbal Alamin. doa yang bagus akhi, walaupun ada riwayat yang mengatakan hadits doa ini lemah.

     

  67. Akh Oyi,

    Alhamdulillah, akhirnya MobileXT berhasil running di X500 saya, jazakumullah

    waiyakum akh fit, senang mendengarnya. walaupun sekarang ana lagi senang pakai igo myway 2006 karena detil mapnya lebih jelas dibanding garmin mobileXT. masih nunggu peta Indonesia untuk igo 8 yang bisa support 3D nih, kayanya kok belum keluar.

  68. Assalamualaikum………

    Pak Ustad Oyi,salam kangen semoga keluarga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat,saya mau nanya nihh pak masalah gps. apa sekarang udah ada update utk garmin 2008 ?..oh ya saya lupa.nanti ramadhan tgl berapa aja pak ustad punya waktu kosong krn kalo bisa nanti kasi ceramah di mesjid kami.trims. Ws

    Salam Hangat…

    hallo akh agnes! udah lama nih gak ketemu, hehehe..
    alhamdulillah ana dalam keadaan sehat walafiat, begitu juga anak & istri.

    garmin2008 itu apa ya ‘nes? malah ana yg balik nanya nih, hehehe.. habis sekarang lagi mainan igo myway sih, garmin sebagai backup dowang..

    oya, untuk bulan ramadhan slot ceramah saya penuh tuh, jadi gak bisa dibooking lagi, hahahaha.. *ada-ada sazza kau bah..*🙂

  69. asslm alaikum

    ikut gabung ah, pak saya mo tanya dikit boleh kan ?

    caranya ngeupdate map garmin 200w gimana ya ? apa ada yg gratizan heheheheh……, thnk

    salam kenal

    Andre ( surabaya )

    wa’alaikumussalam andre,

    alhamdulillah, navigasi.net sebagai pelopor situs gps di indonesia
    menghasilkan karya terbesar mereka, yaitu map untuk garmin. map yang
    diluncurkan untuk umum pd tgl 17 agustus yg lalu, rencananya akan
    mengalami update terbaru pada tanggal 17/9/2008.

    silakan mendownload filenya di http://www.navigasi.net/goclk.php?i=GSAv058

    tip: sebelum mengcopy file gmapsupp.img dari navigasi.net sebaiknya file gmapsupp.img asli dibackup dulu ya, baru mengcopy file map yg baru ke folder garmin.

  70. wah senang berkenalan dengan saudara semuanya…

    namun sayang ane telat buka blog ini, karena ane terlajur beli PDA O2 Atom Exec yg gak ada fitur GPS.

    rupanya di blog ini banyak pengetahuan yg baru.

    setelah ingin punya PDA eh malah nambah pengen ada fitur GPS nya.

    hehe

    syukron

    tidak apa2, tinggal dibelikan modul GPS dan menghubungkannya dengan bluetooth, PDA anda dapat dipakai bernavigasi dengan GPS. untuk modul GPS yang baik, dapat mencobanya pada situs Garmin.

  71. pak mohon info kumplit HP ipaq 6365 bisa pake GPS apa ya, saya bener bener nggak ngerti cara installnya jadi please pake bahasa untuk orang awam biar saya bisa ikutan gaya, terima kasih banyak info dan bantuannya.

    ipaq h6365 bisa menggunakan gps lewat koneksi bluetooth. yang diperlukan adalah modul gps [misalnya garmin gps 10] dan mem-pair-kan / melakukan koneksi dengan pda lewat bluetooth.

    untuk menginstalnya, tinggal mengikuti petunjuk pada buku panduan yang disertakan, insyaAllah bisa.
    selamat mencoba!

  72. assalamualikum kang Oyi,

    kang, saya baru pake O2 xda atom dgn WM versi 5.0, tuk pakai fitur GPS paling mudah dan cocokmenggunakan software apa yg gratisan,hehehe maklum kang nuwbi pisan pake PDA. tolong japri ke email saya kang, hatur nuhun.

    rangga@bogor

    wa’alaikumussalam rangga,
    saya kurang tahu, apakah O2 XDA Atom sudah ada built-in GPS? atau mungkin anda sudah mempunyai unit GPS external yang dihubungkan dengan XDA anda?
    bila sudah ada built-in GPS, bisa mempergunakan Garmin MobileXT dengan map buatan bangsa sendiri di situs navigasi.net. ada linknya di tulisan saya dengan judul ‘Peta Garmin Gratis’. Selamat mencoba.

  73. saya pake nokia 6110 navigator dgn menginstal garmin.
    keren banget pas kita jalanin mapnya (peta bandung) cuman kita harus ngegerakin kursor terus untuk melihat posisi kita,apa emang ga bisa secara otomatis ngikutin kursornya??

    mohon dimaafkan bila saya tidak menguasai garmin di nokia 6110 navigator. satu-satunya garmin yg pernah saya lihat di nokia adalah di seri E90 denga mempergunakan garmin mobileXT. dan di device itu, seperti halnya di garmin mobileXT untuk windows mobile, kursor mobil mengikuti posisi kita saat itu secara otomatis.

  74. Pak Oyi, salam kenal, sy sdh lama membaca blog ini, ckp menarik & membantu utk gps, tetapi kali ini sy perlu bantuan bpk, sy sdh download garmin mobile xt & sy perlu activation code nya atau sesuatu yg utk bisa menjadikan full version, bagaimana saya bisa mendapatkannya? email saya rio_lsg@yahoo.com, terima kasih dulu sebelumnya utk bantuan & info2nya.

    waduh, kalau ini masalah copyright. bisa ditutup lapak saya kalau bicarakan masalah itu disini, hehehe..

  75. Numpang promo yaaaa……..
    GPS Garmin harga murah hanya di Sentosa Elektrindo
    Sentosa Elektrindo dealer resmi Garmin Indonesia, produk yang kami jual : GPS Automotive , GPS Autopilots , GPS Aviation , GPS Basic Handhelds , GPS Chartplotter , GPS Fishfinder , GPS Mapping , GPS Maps , GPS Marine , GPS Motorcycles , GPS Networking , GPS Portable , GPS Sounder , Garmin Mobile , Radar , EPIRB , Outboard Motor , Rubber Boats , Marine Radio
    Hubungi kami di 021-7308089, 71458381, 71500714 . website : http://www.sentosaelektrindo.com , email : cssentosa3@yahoo.com

  76. Assalamualaikum wr. wb.

    Pak Oyi, perkenalkan nama saya Indra… sudah lama saya membaca pembahasan GPS di blog bapak sehingga menginspirasi saya untuk memiliki sebuah alat GPS yang bermanfaat untuk bernavigasi.:mrgreen:

    wa’alaikumussalam indra,
    alhamdulillah.. senang membacanya akhi. semoga dapat menularkan ilmu tersebut kepada pembaca di blog anda. selamat!

  77. halo lagi pak Oyi, saya mau numpang tanya lagi, apakah sudah ada garmin xt untuk blackberry? thx

    waduh, saya gak punya BB. namun dari beberapa milis dan forum yang saya ikuti, garmin belum mengeluarkan aplikasinya untuk blackberry. mungkin bisa memakai aplikasi gps yang lain.

  78. mas…. maaf newbie nih, mohon pencerahannya…….
    sy mw cb pake garminque u gps ipaq6515 mohon bantuannya patchimg nya dong…….
    oya, apa bedanya dgn garminmobilext ?
    boleh jg dong share cr*ck garminmobilext…….. thx salam teguh2727@yahoo.com

    garmin que? ipaq 6515 sepertinya masih bisa menggunakan garmin mobileXT. bedanya lumayan banyak, seperti tampilan ala 3D, pilihan kursor yang bisa diubah-ubah dan banyak lagi.

    garminmobileXT tidak perlu dicrack, bisa didownload gratis dari situs garmin. petanya silakan pakai peta gratis dari navigasi.net.

  79. dear moderator

    saya pake hp imate 9502, didalamnya os windows mobile yang saya sudah upgrade jadi 6.1

    kenapa gps yang dulu saya gunakan garmin mobile xt sekarang tidak bisa lagi setelah saya ganti memory card yg saya sudah back up.

    ada program lain yang lebih baik? atau ada yang tau product key untuk garmin mobile xt?

    mohon pencerahaan, sebab saya butuh sekali program GPS ini.. Thanks B4

    NB : kalaupun harus bayar saya akan bayar untuk mengaktifkan GPS ini

    dup0nk@yahoo.com

    saya paste jawaban saya pada postingan yg lain ya: dapat dipastikan di folder garmin anda file sw.unl-nya hilang atau tidak cocok. anda harus mempunyai file sw.unl yang digenerating dari software ID garmin mobileXT. bila anda menggunakan map yg berbayar, anda pun harus mempunyai file gmapsupp.unl di folder garmin. lain halnya bila map yang anda gunakan bersifat gratis, maka anda tidak memerlukan file gmapsupp.unl.

    untuk memperoleh file sw.unl dan gmapsupp.unl ini, anda harus mendapatkannya dari dealer garmin/tempat anda membeli produk garmin tersebut.

  80. bos aku mau tanya. apakah bisa glofish x500 dijadikan modem ke komputer? apakah perlu driver… sedangkan aku gak punya driver dan pcsuitnya.. tolong penjelasanya… ditunggu

    bisa. jalankan aplikasi Internet Sharing dalam keadaan terhubung dengan activesync. setelah semua setting di PC Connections dan Network Connection benar, tekan tombol Connect. saat X500 terhubung ke internet, silakan browsing dari PC, insyaAllah telah terhubung.

  81. mas kalau mau download peta jawa bali alamatnya apa?
    hp saya 6110 navigator sistem operasinya symbian 3 rd edition , email saya feri.bio@gmail.com
    terima kasih atas jawabannya

    terima kasih sudah mengunjungi blog saya ya.
    untuk peta, tergantung software gps yang dipakai. apabila di nokia yang anda pakai memakai garmin, bisa dibaca posting ‘Peta Garmin Gratis’ di https://kaffah4829.wordpress.com/2008/09/17/peta-garmin-gratis/ untuk mendownload petanya disana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s