Idul Adha 1427H

JATIBENING – Hari ini (31/12) kaum Muslimin di Indonesia sebagian besar merayakan Hari Raya Idul Adha. Begitu pula di komplek perumahan kami, dimana seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan yang diisi dengan Sholat Idul Adha dan pemotongan serta pembagian kurban dipusatkan di Musholla Baiturrahim.

Alhamdulillah, tahun ini merupakan tahun yang menggembirakan karena Musholla menerima hewan kurban yang cukup banyak yaitu 2 ekor sapi, 33 ekor kambing dan 4 ekor domba. Jumlah kupon yang disebar untuk tahun ini sebanyak 500 kupon dengan 1 kantong berisi 1 kilogram daging, baik itu daging sapi atau kambing.

Walaupun pada malam harinya turun hujan dan membasahi lapangan Musholla, namun itu tidak menyurutkan warga untuk beramai-ramai menghadiri Sholat Id, yang kali ini panitia kembali mengundang khotib dari Koprs Mubaligh Indonesia di Kampung Melayu untuk mengisi ceramah Idul Adha sekaligus mengimami Sholat Id.

Idul Adha di Musholla BaiturrahimPukul 08.30 pemotongan hewan kurban dimulai. Masyarakat pun banyak berdatangan untuk menyaksikan, terlebih karena dua sapi yang akan dipotong ini memiliki ukuran yang super, bahkan salah satunya memiliki berat hampir 1 ton (950kg), subhanallah.

Aku pun bersyukur, kawan-kawan panitia yang melakukan pemotongan, penyesetan, pengumpulan dan pembagian daging kurban 100% berasal dari warga RW013. Mereka sudah sangat terlatih karena mungkin acara tahunan ini sudah sering dilakukan sehingga sangat terbiasa.

Pukul 14.00 hampir semua daging telah dicincang, dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastik. Masyarakat yang telah menerima kupon malam harinya pun telah berkumpul di bagian timur Musholla. Alhamdulillah, pembagian daging pun lancar. Bahkan karena berlimpah, masyarakat yang tidak memiliki kupon dan kebetulan lewat juga ikut mengantri daging kurban untuk mendapatkan 1 kg daging kurban tanpa harus berebut satu sama lain.

Satu yang patut disyukuri, kesadaran masyarakat untuk berkurban meningkat di lingkungan komplek kami. Aku pun berharap demikian pula halnya di negara kita ini. Semoga niat berkurban tidak menjadi riya dan semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah SWT.

Satu pemikiran pada “Idul Adha 1427H

  1. assalamu’alaikum
    ana minta video idul qurban,,,
    ‘al’affu,,,
    wa’alaikum

    wa’alaikumussalam,
    saya memiliki video idul qurban namun terlalu besar untuk dishare. mungkin bila ada waktu saya akan upload ke youtube. jazakallah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s