Baiti Jannati Kami

JATIBENING – Alhamdulillah, setelah memakan waktu 5 bulan lebih 9 hari akhirnya rumah tinggal kami selesai direnovasi. Rumah kami mulai dibongkar tanggal 9 Juli 2006 dan malam ini kamipun melakukan ‘soft opening‘ dengan menidurkan kepala kami di rumah baru ini untuk pertama kalinya. Nikmat sekali, hilang sudah segala penantian berganti dengan keriangan Ingga dan Najah yang tak capai-capainya naik-turun tangga. Maklum, impian mereka pun telah dijawab oleh Allah SWT: mempunyai rumah yang ada tangganya.

Ternyata, apa yang disampaikan oleh banyak kawan bahwa merenovasi rumah harus menyiapkan dana ekstra tidak lah salah. RAB (Rencana Anggaran Biaya) ya tetap RAB, prakteknya di lapangan biaya bisa membengkak hingga 20-30%. Salah satu faktor yang menyebabkan bengkaknya biaya adalah … apalagi selain keinginan yang bukanlah sebuah kebutuhan.

Contohnya, dalam RAB tidak dihitung penggunaan banyak downlight sebanyak yang kami pasang saat ini. Tapi toh karena kadung cinta dengan efek dramatis yang dihasilkannya, akhirnya banyak ruangan yang seharusnya tidak memakai downlight malah dipasang sampai 4 biji. Itu baru satu kasus, lha kalau sampai 4 atau 5 kasus serupa di aksesori yang lain, gimana gak tekor, hehehe.

Baiti JannatiYang paling terasa lama dalam perenovasian rumah adalah finishing touch. Untuk pembangunan fisiknya sepertinya cepat sekali, tidak sampai 2 bulan bentuk fisik sudah terlihat. Tapi saat memasuki pengerjaan akhir seperti memoles, mengecat dan menghias rumah, ternyata bisa bikin kita tidak sabar. Apalagi yang dirasakan oleh istriku tercinta, Utami. Satu bulan terakhir sebelum rumah kami siap huni, aku malah tidak berada di sampingnya karena harus tugas ke Aceh selama sebulan. Segala urusan sentuhan akhir dan menghias rumah menjadi bebannya sendirian. Tak ayal, sms dan telepon bernada kesal menjadi santapan sehari-hari di Banda Aceh, menanyakan kapan aku bisa pulang, hehehe. Maafkan aku ya istriku.

Tapi semua itu alhamdulillah sudah berlalu. Rumah telah siap huni dan kami pun dalam seminggu ini sibuk memindahkan dan menata barang-barang yang – Masya Allah– banyak sekali. Bapak mertua pun merasa memerlukan hadir ke Jatibening untuk melihat hasil akhir renovasi ini.

Sedikit tip untuk yang hendak merenovasi rumah, termasuk sedikit ‘keluhan’ yang baru tersadari setelah rumah kami selesai direnovasi:

  • Untuk yang memakai kamar mandi di dalam kamar, apabila terdapat dinding kamar mandi berhadapan dengan kamar/ruangan di dalam rumah, sebaiknya sebelum dicat dilapisi dahulu dengan pelapis anti-bocor, sehingga rembesan air kamar mandi tidak tembus sampai ke dinding.
  • Kalau memungkinkan, sebaiknya kita sendiri yang belanja materialnya. Ini akan lebih hemat diongkos dan kita bisa memilih material sesuai selera dan keuangan kita.
  • Perbanyak membeli buku/majalah/tabloid atau mengunjungi situs-situs yang mengupas trik-trik pembangunan rumah, eksterior, interior sampai ke pemilihan bahan bangunan. Insya Allah inspirasi akan timbul dari apa yang kita baca.
  • Melakukan pembandingan harga. Lebih melelahkan tapi insya Allah lebih puas. Perbandingan bisa dilakukan dengan door to door di sebuah tempat pembelanjaan yang homogen [seperti Kenari Mas] atau price comparison lewat situs internet.
  • Referensi dari kawan biasanya bermanfaat karena dengan menggunakan keyword nama kawan tersebut yang sudah menjadi pelanggan suatu toko bisa menurunkan harga cukup signifikan. Thanks to Pak Syukri M Yunus.
  • Bila memakai jasa arsitek, jangan segan-segan untuk menkoreksi draft/rancangannya, apalagi bila RAB yang diserahkan melebihi anggaran kita. Fee dari arsitek berkisar 3% dari RAB yang diajukan. Untuk renovasi rumah ini, kami sampai 6 kali meminta arsitek mengubah draftnya untuk perubahan besar maupun kecil di sana-sini. Maaf ya pak Andan..🙂
  • Urus IMB langsung ke kantor Dinas Tata Kota jangan di kantor Kecamatan karena yang memiliki wewenang mengeluarkan IMB adalah kantor Dinas Tata Kota. Kantor Kecamatan hanya membantu menguruskan IMB yang tentunya harus mengeluarkan dana ekstra untuk itu. Sampai renovasi selesai, IMB yang kami ajukan ke Kantor Kecamatan belum juga selesai.😦

Hendak mampir? Monggo lho..

“Ya Allah, jauhkan sifat riya kami dalam menulis tulisan ini karena semata-mata ini adalah perwujudan rasa syukur kami kepadaMu dengan dikabulkannya keinginan kami memiliki rumah yang sesuai dengan harapan kami. Terima kasih ya Rabb atas kembali diijabahnya doa kami.”

PS: Baiti Jannati adalah nama desain yang diberikan oleh Ir. Andan Nadriasta, arsitek renovasi rumah ini.

9 pemikiran pada “Baiti Jannati Kami

  1. assalamu`alaykum

    ada gamabr2 dalam rumahnya ndak? if ada, bolehlah ditampil
    syukron

    wassalam


    wa’alaikumsalam,
    terima kasih ummu fawwaz atas perhatiannya. foto-foto di dalam rumah ada beberapa yang bisa saya tampilkan, silakan klik link ini. Jazakallah khair.

  2. wah tinggal di jatibening ya?
    kalo di jatibening msh ada rumah second seharga 200 jutaaan nggak ya?
    maaf ya numpang nanya?

    waduh mbak, kalau rumah second di komplek saya 200 juta sudah mewah sekali, hehehehe. atau tambah sedikit lagi bisa dapat rumah baru di cikunir. thx ya.

  3. Assalamu’alaikum,
    Saya tertarik dengan cerita renovasi rumah dan juga rumah internetnya. Saya berencana membangun rumah dan mencari seorang desainer rumah minimalis yang murah, barangkali mohon diberitahu berapa biaya desain rumah mas dan apakah ada nama dan email desainernya.

    Dan yang kedua, mohon pengalamannya dalam membuat bait internet ini, bagaimana caranya dan pakai program apa? karena saya terus terang ingin meniru seperti yang mas lakukan dan mudah-mudahan bisa saling sharing. Terima kasih.

    Wassalam,

    Abdul Halim
    abdul.halim@toyota.co.id

    Wa’alaikumussalam,
    Untuk biaya desain, biasanya arsitek menetapkan 3% dari seluruh RAB (Rencana Anggaran Biaya). Jadi bila RAB yang telah dihitung oleh arsitek Rp 200 juta, anda harus membayar 6 juta untuk desain yang telah disetujui. Nama arsitek yang saya pakai sudah saya tulis diposting ini, yaitu Ir. Andan Nadriasta, arsitek yang mengurusi konsultasi desain rumah di situs eramuslim.com. Anda bisa mengirimkan email ke pak Andan dan moga-moga beliau masih bisa menerima job karena saya dengar pak Andan hendak melanjutkan studinya ke Malaysia.

    Saya mempergunakan blog wordpress, disitu ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun situs blog seperti ini. Pertama anda tentu harus mendaftar dulu lalu ikuti saja petunjuknya. Gratis kok, jangan khawatir. Setelah registrasi, yang anda harus lakukan adalah mengisi blog anda. Mungkin harus ditentukan dulu ya ‘visi dan misi’ blog itu, baru kemudian bisa dibagi dalam beberapa kategori.

    OK kang, selamat mencoba dan terima kasih kunjungannya ke blog ini.

  4. Ass. Wr. Wb.

    Saya punya lahan seluas 200 m2. yg ingin saya tanyakan bagaimana desain rumah 2 lantai yg sesuai utk rumah saya ( 3 kmr tdr, 1 kmr tdr pembantu, 2 km mandi) Desain variasi antara arsitektur jepang dan eropa.

    Mohon nasihat anda!

    Rudi

    Wassalam

    wa’alaikumussalam bung rudi,

    mohon maaf, saya bukan arsitek. pertanyaan anda saya teruskan ke arsitek yang mendesain rumah saya, yaitu ir. andan. jazakallah.

  5. assalamu ‘alaikum wr. wb.

    Saya tinggal di Kec. Pondok Melati, Kota Bekasi, masih belum tahu cara mengurus IMB, bagaimana? Ada uang macem2, gak?
    Kira-kira biaya resminya berapa? Kalau ada biaya lainnya berapa?

    Wassalam

    Heru

    wa’alaikumussalam,
    wah, malu nih kalau ditanya seperti ini karena waktu pengurusan IMB adalah kesalahan saya yang tidak mengurusnya langsung ke dinas tata kota. karena lokasi perumahan saya ada di kecamatan jatiasih, saya mencoba mengurus di kantor kecamatan. ada memang yang bersedia mengurusnya, dan karena ingin cepat saya pun menyerahkan urusan IMB itu pada petugas kecamatan jatiasih.

    saran saya, coba dulu urus di dinas tata kota bekasi bung heru. semoga berhasil.

  6. Assalamu’alaikum, salam kenal. kami berencana renovasi dengan mencoba mempertahankan sebagian besar bentuk bangunan lama. Melihat pengalaman bapak dan ibu yang akhirnya merobohkan bangunan lama, kami ingin bertanya:

    1.mengapa bangunan rumah lama harus dirobohkan? apakah karena menyuntik pondasi dan kolom tidak dimungkinkan? atau ada alasan2 lain? bukankah design arsitek akan berusaha mempertahankan bentuk bangunan lama agar lebih hemat?
    2.mengapa tidak sekalian menggunakan jasa kontraktor secara borongan untuk mengerjakannya dan pilih borong tukang?
    Salam

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wa barakatuh,

    1. kami merobohkan rumah yang lama seluruhnya karena memang menginginkan bentuk dan layout rumah sesuai keinginan kami. rumah yang lama dari segi desain dan pondasinya tidak memungkinkan untuk ditingkat. sebagain info tambahan, rumah yang lama kami beli secara second dan layout rumah tersebut sudah tidak sesuai dengan beberapa kebutuhan akan kamar dan ruangan tambahan yang kami inginkan.

    2. kami menggunakan jasa tukang karena semata-mata sudah mempercayai pemborong yang nota bene adalah masih keluarga istri di purwokerto.

    terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya di sini, selamat merenovasi rumah. semoga cepat dan tepat pada waktunya, amin.

  7. Assalamu’alaykum…berarti kita masih bertetangga ya pak saya komsen jati asih. Semoga rumah idaman bapak sekeluarga selalu memberikan ketentraman dan keberkahan penghuninya lahir dan batin, dunia juga akhirat. Amiin…doakan semoga bisa mengikuti jejaknya ya pak…(merenovasi rumah idaman dan naik haji…subhanallah)

    amin Allahumma amiin. semoga Allah mengijabah doa yang ibu panjatkan. terima kasih juga doanya untuk saya dan keluarga, semoga Allah membalasnya dengan yang lebih baik untuk keluarga ibu.

    iya bu, kalau komsen masih dekat lah dengan jatibening indah. salam ya untuk si ganteng fatih, nama yang saya idamkan juga untuk anak saya bila Allah menganugerahi bayi laki-laki dalam kandungan istri saya sekarang😀

  8. aslkmwrb Pak Oyi..wah..web nya keren juga ya..hehe..pak oyi di kira arsitek nih..nunsewu sanget netters sekalian..kalo ada pertanyaan arsitektur nya bisa di forward ke mail saya aja langsung…afwan, karena saya yg mendisain rumah pak oyi di jatibening tsb..jazakallah khoirn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s