H+4 1427

JATIBENING – Sedikit cerita dari libur Lebaran 1427 kemarin, terutama saat pulang ke Jatibening pada hari H+4 tanggal 28 Oktober 2006.

Sejak adanya tol Cipularang dan Purbaleunyi, kami pun selalu menggunakan tol ini untuk mudik dan balik ke Jatibening. Istilahnya, jalur selatan gitulah. Ada sebuah kota kecil di dekat perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu Kota Majenang yang selalu kami lewati. Nah di kota ini terdapat teman sekamar kami waktu menunaikan ibadah haji tahun lalu, yaitu Bapak Haji Abdullah. Ini kunjungan kami kedua di rumah pak Abdullah setelah bulan Mei kemarin kami pulang ke Purwokerto dan menyempatkan diri untuk mampir. Kali ini pun begitu, bedanya kami mampir dalam perjalanan balik ke Jatibening. Dan kami tidak memberitahukan rencana ini kepada pak Abdullah supaya ada kesan surprise sedikit.

Arus Balik Lebaran 1427H
Sejak start dari Purwokerto, ratusan sepeda motor sudah menemani perjalanan balik ke ibu kota. Ada rasa senang juga, karena banyak pemandangan yang unik, seperti para mudikers yang nekad memboncengkan anak-anak dan istrinya, belum lagi bagasinya, menjadikan hati kita miris melihatnya. Kadang doa dalam hati sempat terucap agar Allah memberikan mereka kemudahan dan keselamatan. Sampai di kota Majenang, jalanan agak padat. Para pemudik bersepeda motor jadi kurang sabar nampaknya, akhirnya saling serobot sana sini lah.

Pukul 08.30 kami tiba di dekat rumah Pak Abdullah. Subhanallah, di jalan mobil kami pun berpapasan. Mungkin karena kami telah saling mengetahui mobil masing-masing, saat aku klakson pak Abdullah pun meminggirkan mobilnya lalu berputar arah untuk menemui kami.

Kunjungan ke H AbdullahLangsung aku jabat tangan dan peluk pak Abdullah, sebagai rasa hormat seorang sahabat yang rindu untuk bertemu. Walaupun beliau jauh lebih tua dari usia kami, pak Abdullah sangat berjiwa muda. Apalagi ibu Nur, istrinya, wah sudah deh, celetukan-celetukan khas Banyumasnya itu yang membuat kami sering tertawa mendengarnya.

Kami pun mampir di rumah pak Abdullah. Kalau sudah bertemu seperti ini, perbincangan mengenai indahnya saat bersama di tanah suci selalu mendominasi cerita. Kalau lihat fotonya disebelah kanan ini, ya beginilah style-nya pak Abdullah setelah merasakan nikmatnya kepala yang plontos. Hehehe, oleh-oleh haji katanya, yang sejak di Mina sudah ketagihan untuk minta selalu dicukur plontos oleh ibu Nur. Lucunya, walaupun kadang suka mengeluh karena seminggu sekali harus mencukur rambut pak Abdullah sampai plontos, ibu Hajjah kita ini tetap setia melakukannya.

Setelah tiga puluh menit, kami pun pamit. Iya, terbayang perjalanan masih panjang. Dan dugaan ini tidak salah karena saat tiba di daerah Limbangan Garut, beberapa kilometer sebelum nagrek, kemacetan sudah menghadang. Setelah beristirahat makan siang dan sholat jama’ lohor dan ashar, kami pun harus rela antri di daerah Nagrek.

Macet di NagrekDisini ada kejadian yang cukup unik. Saat lagi bersabar antri, di kaca spion kanan aku melihat dibelakang ada mobil foreriders polisi yang mengambil jalur kanan dan akhirnya melewati deretan mobil yang sedang berhenti. Aku pun spontan mengeluh, ‘Siapa sih yang pas lagi arus balik seperti ini pakai kawal-kawalan polisi segala?’

Belum selesai aku mengeluh, Utami pun berseru, ‘Bi itu Aa bi, Aa!’. Masya Allah, ternyata rombongan Aa Gym yang sedang dalam perjalanan pulang dari rumah mertuanya di Cijulang! Pantas saja saat MQ Pagi tadi Aa bercanda kalau akan pulang ke Bandung bersama pak Polisi. Ya sudah lah, aku tarik keluhanku tadi. Berhusnudzon saja, siapa tahu Aa butuh dikawal untuk cepat pulang ke pesantren karena ada acara penting menunggunya.

Ternyata memang macet di Nagrek hanya sesaat, disebabkan oleh pertemuan dari arah Garut dan Ciamis. Selepas pertigaan itu, jalanan pun lancar hingga ke tol Cikampek. Setelah 13 jam mengemudi, alhamdulillah kami pun selamat tiba kembali di rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s