Flexi Combo

BANDA ACEH – Pertama, ini bukan iklan atau artikel yang disponsori (featured article).

Aku pengguna Telkom Flexi sejak akhir tahun 2002, saat dimana kantor membagikan handset CDMA. Aku pilih handset yang jarang ditemui, mereknya saja Hyundai TX-30B. Ada yang pernah tahu? Kawan-kawan bilang, handset itu tinggal diberi ban 4 biji, jadi deh mobil. Tapi siapa yang mengira bila handset itu masih awet hingga saat ini? Alhamdulillah.

Baru-baru ini Telkom meluncurkan Telkom Flexi Combo, dimana pengguna Flexi bisa ‘roaming‘ layaknya pengguna GSM. Telkom berbuat curang? Dunno, fixed wireless kok bisa dibawa ke luar kode area. Aneh. Tapi yang jelas sebagai pelanggan, aku merasa terbantu.

Saat hendak bepergian, kita cukup mengirim sms dengan mengetik pesan ON <spasi> NAMA KOTA, dan kirim ke 777. Seperti kemarin, di Jakarta aku ketik ON BANDA ACEH dan sesampainya di Banda Aceh Telkom langsung memberikan nomor Flexi lokal 0651748***, tanpa perlu beli simcard atau kartu perdana. Nomor ini pun ada batas waktunya, sekitar 4 hari yang apabila kita hendak memperpanjang bisa kirim sms ke 777 dengan mengetik RENEW. Pokoknya, semua serba via sms. ‘Gak perlu capek-capek cari warung yang menjual simcard. Ckckckck, huebat euy.

Hebatnya, Flexi Combo juga mempunyai menu Call Forwarding. Mereka yang menghubungi Flexi ke nomor lokal Jakartaku akan bisa langsung aku terima di Banda Aceh. Untuk mengaktifkan fasilitas ini di kota tujuan kita harus menghubungi *77. Fitur ini ditarik tarif Rp 250/30 detik untuk setiap panggilan yang kita terima. Udah deh, serasa GSM saja jadinya.

Untuk sms, pengirim tak perlu tahu nomor Comboku di Aceh. Mereka cukup mengirim sms ke nomor Jakarta dan pesan itu akan langsung terbang ke nomor Flexi Aceh. Aneh bin Ajaib kan?

Disisi lain, aku jadi bertanya apakah Telkom tidak menyalahi aturan dalam mengembangkan Flexi Combo ini. Teknologi Fixed Wireless seharusnya kan tetap berada pada dimana telepon itu diregistrasi. Bila lokalnya Jabotabek, ya silakan pakai di Jabotabek saja. Kalau keluar service area, handset kita tidak bisa dipergunakan bahkan untuk menerima telepon sekalipun.

Aku yang buta masalah perundang-undangan dan teknologi telekomunikasi jadi malas untuk melanjutkan pertanyaanku. Mending aku manfaatkan saja fitur ini dan tetap bisa dihubungi walaupun harus membayar biaya roaming, ya tho? Telkom Flexi, memang bukan telepon biasa.. (bukan iklan).

Update 8 Oktober dari Berita Detikcom:
Hingga 1 November Tak Berbenah, FlexiCombo Dihentikan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s