Puasa di Serambi Mekkah

BANDA ACEH – Saat ini pukul 03:52 WIB di Banda Aceh. Kami berlima belumlah tidur dari tadi malam karena mengejar dead line pekerjaan. Tempat pilihan untuk sahur pagi ini adalah Rumah Makan Padang “Bunda” di Pertokoan Simpang Lima, nama yang mengingatkanku pada landmark kota Semarang.

Sahur dan berbuka puasa di Banda Aceh tidaklah seramai yang aku kira. Terutama saat berbuka, terasa sepi sekali. Mobil atau motor yang lalu lalang bisa dihitung dengan jari, sungguh berbeda sekali dengan di Jawa. Yang menarik, di kota Banda Aceh ini digunakan sirene yang berbunyi saat imsak atau buka puasa, sehingga kita yang jauh dari masjid pun akan tahu telah tiba waktu imsak atau berbuka.

Update: Kemarin setelah berbuka seadanya di Kantor KIP [Komisi Independen Pemilu] di Jl. Tengku Nyak Arief, sekitar pukul 20 kami keluar mencari kedai kopi di seberang jalan. Ternyata keadaan agak gelap, Pom Bensin yang biasanya terang benderang pun tutup, beberapa warung makan pun terlihat mematikan lampu dan menutup sedikit pintunya. Usut punya usut, ternyata saat itu masih waktunya sholat Tarawih, sehingga semua aktifitas perdagangan harus dihentikan. Setelah pukul 21, barulah keadaan kembali seperti semula. Subhanallah!

Satu hal yang menggodaku, aku belum sempat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, suatu hal yang aku ingin tunaikan sebelum pulang ke Jakarta. Mungkin bila intensitas pekerjaan sudah mulai mereda, aku ingin bisa berbuka dan kemudian tarawih berjamaah disana, insya Alloh.

Update: Keinginan yang terkabul, baca disini.

Satu pemikiran pada “Puasa di Serambi Mekkah

  1. Semoga kedamaian selalu menyelimuti bumi nanggroe aceh darussalam Amiin.. demikian pula hendaknya di diseluruh penjuru INDONESIA.

    Amin ya Rabb..
    Jazakallah doa dan kunjungannya di blog ana akhi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s