Renovasi Rumah

Progres Renovasi Rumah E-245JATIBENING – Pertengahan September 2006, berarti sudah dua bulan rumah kami direnovasi. Renov dimulai sehari setelah Final Piala Dunia 2006 dan sejak itu ada agenda tersendiri bagi kami berdua setiap akhir pekan: meninjau pembangunan rumah dan melihat progress kegiatannya.

Rencana renovasi ini sudah dari dulu diinginkan Utami. Tapi karena kami memilih untuk berhaji terlebih dahulu, alhamdulillah setelah pulang dari tanah suci niat ini akhirnya terlaksana juga.

Kami meminta bantuan arsitek dari eramuslim.com warnamuslim.com yaitu Ir. Andan Nadriasta. Tipe rumah yang kami inginkan adalah minimalis. Artinya bukan cuma desain yang minimalis tapi juga dukungan dana yang mepet. Alhamdulillah, desain pak Andan cocok dengan keinginan dan budget kami sehingga desainnya lah yang kami pakai.

Untuk tukang, kami meminta bantuan bapak mertua (ayah Utami) mendatangkannya dari Purwokerto, karena beliau sangat terbiasa dalam pembangunan rumah tinggal. Ditunjuklah mas Yono, seorang pemborong yang masih keluarga dari bapak dan dimulailah pembangunan rumah yang kami idam-idamkan.

Subhanallah, dengan budget yang pas-pasan, teryata berbelanja material sendiri lebih mengasyikkan dan bisamenguntungkan. Dibantu oleh Tomo, adik Utami, untuk mengawasi pekerjaan, kadang pembelian material dialah yang kami tugaskan. Dia harus membandingkan harga toko A dengan toko B dan yang termurahlah yang kami ambil. Tentunya tidak sembarang murah, karena mas Yono juga terkadang ikut ambil bagian dalam keputusan.

Beberapa teman memberikan saran tempat-tempat berbelanja material yang murah. Pak Syukri (teman kantor Utami) menyarankan Rawasari (keramik), Kenari Mas (elektrikal), dan toko di Pondok Bambu (genteng). Rudy (teman kantorku) menyarankan daerah Fatmawati untuk mencari bath tub dan peralatan kamar mandi. Akupun survey sendiri bersama bapak dan Tomo diseputaran Jatibening, mencari toko bangunan yang paling komplit dan murah.

Ternyata, berbelanja seperti ini mampu menekan biaya disamping kita pun akan mempunyai tambahan ilmu mengenai harga dan jenis-jenis bahan bangunan. Pokoknya mengasyikkan deh, banyak hal-hal baru yang kita dapat, alhamdulillah.

Update 10/2006: Foto renovasi rumah bulan Oktober
Update 12/2006: Selesai Renovasi
Update 07/2007: Interior

37 pemikiran pada “Renovasi Rumah

  1. Mbak Mau tanya dong,
    Berapa biaya yang di keluarkan untuk merenovasi rumah tersebut. saya berencana untuk merenovasi rumah juga, mohon saran dong tempat belanja material paling murah dan berapa biaya konsultasi perencanaan nya?

  2. Thanks udah mampir disini ya..🙂
    Bicara biaya, sejujurnya itungan finalnya blom ada krn kita blom kelar bangunnya, sekarang tahap finishing, n lagi libur 2 weeks, karena tukangnya mudik lebaran..🙂
    Yeahh… ini risiko ngambil tukang dari kampung.
    Tapi perkiraan kasar ± 230 jeti, utk luas bangunan 162m2, 5 KT, 4 KM, musholla, dapur, gudang, ruang kerja, R. keluarga, R. Tamu, garasi,car port, dari jumlah itu komponen terbesar adalah biaya TK yg memang normalnya berkisar 33% dari total anggaran (ini kata bosku yg nyambi kontraktor), dan bisa dibilang ini bukan renovasi karena akhirnya kita membongkar habis bangunan lama dan hanya menyisakan tembok yg berbatasan dgn tetangga (gak mungkin dibongkar kan???)
    Sebenarnya kalo mau lebih repot dan disiplin biaya ini masih sangat bisa ditekan, caranya a.l. dengan survey harga secara keseluruhan sebelum kita mulai bangun (yg kita lakukan kemarin sambil jalan, jd kadang2 terlalu mepet dg kebutuhan bahan), mencari tukang berpengalaman dan dapat dipercaya, dan mencari barang bekas berkualitas n’ ketat pada RAB.
    Tekad waktu bangun mo disiplin, nyatanya susah, contohnya genteng tadinya mo pake genteng yg lama, eh…… beli baru semua n ternyata pos genteng cukup gede sekitar 10jt, juga untuk kayu, hanya sekitar 10% yg lama sisanya baru habisnya sekitar 30jt, pintu2 dan jendela dari kayu solid (bangkirai) walopun kita mesen di kampung, kalo di Jakarta yakin lebih bengkak, lantai juga dari keramik jd granite, dsb. Dsb hampir semua diatas RAB, puas sih…….. krn dpt yg sesuai keinginan tapi yaa….nyekek leher hehehe..

    Dibawah ini ada list yang didapat dari bosku, lumayan untuk bahan referensi:

    *************

    GIPSUM

    Pak Eko 081316281705 / 02177885734
    Ibnu 0817826166

    *************

    ATAP BAJA RINGAN & GENTENG

    Ibu Suherlin 02186903816

    *************

    KACA

    Pak Marlan 0811172310

    *************

    KERAMIK

    JAYA Sentosa/Fefei Rawasari 0214222867

    *************

    KUNCI

    Ibu Yuni/ di Kenari Mas 02131902506

    *************

    ALAT2 LISTRIK

    PaK Afa / Wili 02131902081/02139842788
    GF D57 Cahaya Elektrik Kenari Mas

    *************

  3. salam pekenalan,
    saya ingin merenovasi rumah type 45 (hook) dengan luas tanah 138 m2, bagaimana caranya…?
    agar saya dapat gambar dan design yang maksimal

    thanks
    roey

    salam kenal kang roey,
    caranya gimana ya, hehehe.. pusing juga kalau ditanya seperti itu karena saya bukan arsitek jhe.. mungkin anda bisa kirim email ke arsitek yang mengerjakan gambar renovasi rumah saya ini ke Ir. Andan. Terima kasih.

  4. salam perkenalan,

    sy, yunita, CIPTA INDAH GYPSUM. Sy baca mengenai profile anda, dan sy ingin menawarkan untuk Gypsum board, kebetulan sy adalah salah satu distributor dari Knauf Gypsum, sekiranya ada kebutuhan untuk Gypsum board, dapat menghubungi kami di 4612271 atau 0812-1090253 untuk informasi harga. harga untuk bulan desember 2006 ini masih kisaran 39 rb, akan ada kenaikan harga di bulan januari 2007. demikian perkenalan kami. terima kasih atas waktu dan kerjasamanya.

    regards,
    yunita

    wuih, iklan nih, hehehe.. gpp ding..🙂
    sayang mbak, aku sudah punya langganan untuk grc board. thanks penawarannya ya..

  5. yth, saya ada rencan renovasi rumah ortu yg sudah berumur 35 th luas kira2 75M2 (dua lantai kayu )dan 40m2 lantai 1
    dengan dana yg min ingin hasil yg max mohon saran.yg dinginkan lantai kayu menjadi beton, kira2 1m2 untuk 2 lantai dan 1 lantai memerlukan biaya berapa ?
    tks

    banyak faktor yang mempengaruhi besarnya biaya. biasanya sih arsitek menghitung biaya per meter [sudah termasuk bahan bangunan dan ongkos kerja], misalnya 1 m2 Rp 1.800.000,-. Tinggal dikalikan dengan luas bangunan yang akan dibangun. Walaupun ini belum tentu benar tapi bisa dijadikan patokan besarnya biaya yang harus kita siapkan. Thx.

  6. yth. bapak/ibu
    saya punya luas tanah 168m2 btn sudut
    saya ingin renovasi menjadi lantai 2
    mohon saran dan pertimbangan

    maaf sekali saya baru bisa membalas comment anda. untuk konsultasi arsitektur, mohon dapat mengirim langsung ke arsitek yang merancang rumah kami, yaitu ke ir andan nadriasta [mailto:arsitek@eramuslim.com]. anda bisa memberitahukan kepada pak andan bahwa dapat referensi dari saya agar bisa lebih cepat dibantu. terima kasih telah berkunjung ke blog kami.

  7. terima kasih atas saran Oyi Krisnamurti, kami sudah mengirim denah asal ke Ir. Andan, mudah mudahan akan sangat membantu pada renovasi rumah kami.

    saya tunggu kabar baiknya lho pak, kalau rumahnya sudah selesai di renovasi. thanks!

  8. assalamu’alaikum wr wb

    saya malah tertarik dengan desain rumah lama Anda(boleh kan , karena menurut saya lebih asri)(DAN YANG PASTI LEBIH SESUAI DG BAJET SAYA he3x..), kalau anda punya gambar desainnya , boleh minta gak? ato minta jasa ke siapa arsiteknya?

    makasih

    terima kasih kunjungan & komentarnya. hmm, desain rumah lama itu pengembangan dari BTN. karena beli rumah itu seken, jadi itulah bentuk rumah yang kami terima. denah/desainnya ada sih blue print dari BTN yang disertakan pada akte notarisnya sebelum pengembangan, jadi denah yang rumah sebelum direnovasi sayang sekali saya tidak punya.

    namun ada sih denah-denahan yang saya buat untuk ‘mempresentasikan’ rumah kepada keluarga dan teman saat pindah pertama kali ke situ 7 tahun yang lalu. kalau berminat nanti saya kirimkan.

    arsitek rumah kami ir andan dari eramuslim.com.

    jazakallah khair.

  9. Assalamualaikum wrb..

    Kami juga ada rencana renovasi rumah….
    tapi kendalanya sudah umum yakni dana terbatas….

    Sebelumnya saya juga sering baca tentang renovasi rumah di era muslim, dan kami juga ada rencana akan berkonsultasi atau menggunakan jasa desainnya pak arsitek di era muslim tersebut.

    Saya juga ucapkan terima kasih pada Bapak Haji & Hajah Oyi&Utami atas berbagi pengalaman dalam renovasi rumah.

    Mudah-mudahan ada contoh atau comments lain atas pekerjaan atau desainnya pak Andan.

    Wassalam,
    Ones


    terima kasih komentarnya. dana memang menjadi permasalahan utama. kami pun menunggu waktu yang tepat untuk memulai renovasi ini karena harus menunggu faktor itu tadi, yaitu dana.

    selamat merenovasi rumah!

  10. Kalau lihat fotonya sepertinya bukannya renovasi mbak, tapi home swap, kira2 berapa persen ya perombakannya dibanding bangunan lama yang tersisa ? sepertinya lebih dari 50 % ?

    memang ini perombakan total. bangunan yang lama diruntuhkan dan puing-puingnya dijadikan dasar pondasi rumah yang baru. mungkin bahasa ‘renovasi’ kurang tepat ya bila dipakai untuk mengubah desain yang lama dengan yang baru, namun begitulah kenyataannya bangunan yang hanya tersisa dinding yang berbatasan dengan tetangga.

    terima kasih lho sudah mampir & memberikan komentar.

    ps: ane laki-laki bos..🙂

  11. Menarik sekali pengalaman Oyi yah. Itu biaya renovasi (bangun baru? hehehe…) itungannya jadi murah, dibandingkan dengan harga standar pemborong yg sekitaran 2 juta/m2. Saya rencana mau expand rumah keatas, mau nambah 2 kamar. Mungkin nati kalo jadi dan dananya dah turun (biasa… ngridit…) mau ngobrol2 lebih lanjut. Terima kasih atas berbaginya.

    Jazakallah bung Santoso, saya doakan semoga rencana renovasinya bisa cepat terwujud, amin. Silakan, kapan mau ngobrol² lebih lanjut kami tunggu dengan senang hati. Wassalam.

  12. – cat rumah. Beli di jatinegara yang gallon-galon, ternyata jauh lebih murah daripada beli di toko bangunan, bisa beda Rp 25.000,- per galon.
    – keramik rumah, engsel, handel pintu, pernak pernik untuk finishing, di pasar kenari.
    – kusen dan triplek untuk eternit rumah. Beli di daerah duren sawit, puas karena murah meriah dan tripleknya tebal-tebal.
    – batu kali dan pasir. Beli di deket tol bekasi barat. Ternyata pasirnya beda-beda untuk awal pendirian dan finishing
    – batu bata dan genteng. Cari sampai hampir purwakarta, dapat yang bagus dan murah meriah.
    – cakar ayam/besi beton. Beli di jual beli besi bekas madura-madura itu, pilihan yang bagus-bagus ternyata banyak dan harganya jauh lebih murah dibanding di toko bangunan, kwalitas juga sama.
    – waktu rumah sudah hampir 75% jadi, pesan krey jendela dan horden.
    – untuk halaman depan dan belakang, pesan rumput gajah dan jepang dan tanaman-tanaman hias lainnya

    jazakallah masukannya, semoga bermanfaat bagi yang hendak merenovasi rumah.

  13. Assalamualaikum…
    salam kenal, semogga Pak Oyi sekeluarga selalu dirahmati Allah SWT…

    saya berencana membangun rumah, kalo Pak Oyi gak keberatan, boleh gak saya minta file softcopy gambar denah (lay out) rumah bapak buatan Ir. Andan Nadriasta, sebagai bahan referensi untuk saya ?

    terima kasih,
    Wassalamualaikum…

    Wa’alaikumussalam pak Zulkifli,
    berhubung gambar itu copyright pak Andan, saya harus meminta ijin yang bersangkutan terlebih dahulu pak. apabila beliau mengijinkan, akan saya kirimkan walaupun gambar autocadnya pun saya tidak diberi. saya hanya diberi print-outnya yang kemudian saya scan.
    insya Allah saya akan kabari pak Zul bila saya sudah mendapat kabar dari pak Andan. Jazakallah.

  14. aslm mbak, saya pengen ngerancang rumah dengan lantai dua seperti rumah mbak, stengah atap.
    bisa minta denahnya gak mbak, bingung mau rancang atapnya. makasi mbak

  15. Ass.Wr.Wb. Mbak, saya adalah ayah dari dua orang putra putri yang masih kecil, 3 tahun lalu saya membeli rumah secara kredit didaerah permata legenda bekasi timur, waktu itu keadaan ekonomi saya masih minim sekali, aku belum bisa menempatinya sampai sekarang karena istri belum mau pindah, sekarang keadaan rumah saya juga masih belum ditempati, saya punya dana sekitar 50 juta, type rumah saya 36 dengan luas tanah 92 m2.
    Insya Allah saya dan istri lalu anak2 akan menempati rumah itu, yang jadi pertanyaan, apakah dengan uang 50 Juta, saya bisa bikin pagar dan menutup belakang rumah serta merenovasi rumah saya yang keadaanya sedikit mengalami kerusakan terutama pada plafonnya, tapi tidak terlalu parah lebar rumah saya 8 m2…..

    wa’alaikumussalam kang teddy,
    mohon maaf, saya bukan arsitek pak. tulisan mengenai renovasi rumah ini semata-mata adalah wujud rasa syukur kami atas selesainya renovasi rumah yang sudah lama kami cita-citakan. bila anda butuh konsultasi, bisa menghubungi arsitek rumah kami, Ir. Andan di situs eramuslim.com, atau langsung ke alamat email beliau di arsitek@eramuslim.com.
    terima kasih ya pak teddy.

  16. sebelumnya saya ucapkan banyak trimakasih kepada situs ini,yg telah banyak membantu saya.
    ceritanya begini pak…istri saya dpt tanah warisan seluas 53M2,rencana saya akan bangun menjadi 2 bagian,yg satu untuk kami tempati dan yg satunya lagi tuk kami kontraki.
    tp untuk membangun kami tidak punya biaya yg
    banyak,sementara saya cuma pengawai toko komputer sekaligus merangkap sebagai teknisi komputer dengan gaji 1 jt / bulan,dan yg harus saya nafkahi
    ada 3 anak,yg 2 anak kandung yg 1 anak asuh.
    pertanyan saya adalah adakah properti pembangunan rumah dengan cara kredit?
    kami mampu membayar perbulannya sekitar700rb/bulan.
    mohon maaf dan trimakasih banyak

  17. Assalamualaikum wrb.
    Bila anda membutuhkan konsultasi desain rumah tinggal, ruko, gedung, maupun perkantoran. Kami siap membantu anda.
    Kami menyediakan servis berupa gambar presentasi pra perancangan (3 dimensi, gambar teknik, beserta perhitungan anggaran biaya bangunan).

    Hub.Kami :
    1.g_sputama@yahoo.com(contoh karya dapat dilihat pada http://www.friendster.com) melalui alamat e-mail ini.

    2.sumshady@walla.com(contoh karya dapat dilihat pada http://www.friendster.com) melalui alamat e-mail ini.

    3.arif_arsitektur@yahoo.com

    hayo, monggo dimanfaatkan bagi yang hendak berkonsultasi arsitektur. semoga bisa menjadi tali silaturahim.

  18. minta alamat lengkap dan telp bapak Ir.Andan N terima kasih

    anda bisa menghubungi beliau di 0818-0622-0506 atau di rumahnya 021-8476733.

  19. trima kasih atas situs ini, saya sampai sekarang belu menemukan jasa untuk mendesain rumah yang didaerah
    terutama di kota Purwokerto tentu dengan harga yang terjangkau di daerah bagaimana apa mempunyai informasinya trima kasih

    ingin sekali saya bisa membantu mbak ratna dalam mencari arsitek/desainer di purwokerto. sayangnya, sampai saat ini kami hanya mempunyai link ke pekerja yang membangun rumah kami karena kebetulan yang mengerjakannya adalah saudara dari utami (istri saya) sendiri. bila berminat, monggo lho..

  20. dengan hormat,

    saya ingin bergabung dalam komunitas ini, mohon petunjuk dan bantuannya.

    trims

    handri. w

    hallo mas handri, disini tidak ada komunitas, hanya pengunjung yang berinteraksi dengan pemilik blog seperti halnya anda dengan saya saat ini. namun saya juga berharap tulisan dan respon mengenai ‘renovasi rumah’ yang menjadi artikel terbanyak yang dibaca di blog ini bisa bermanfaat bagi yang membaca atau yang memberi komentar.

  21. Halo Pak,

    Apakah bisa rekomendasi pemborong yg amanah
    di sekitar depok ?

    terima kasih

    mohon maaf mas wawan, untuk kota depok saya tidak mempunyai kenalan pemborong di sana. semoga Allah dapat memberikan petunjuk bagi anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan, insyaAllah.

  22. Assalamu’alaikum

    Mas Oyi…
    apa kabar nih, udah lama saya gk mampir. lagi nyari harga-harga pekerjaan rumah kebetulan dr google keluar blognya mas oyi..

    Kl boleh tau mas, untuk pekerjaan septic tank dan resapan berapa ya biayanya?

    Terima kasih sebelumnya mas

    Wasalam

    wa’alaikumussalam,
    subhanallah ya, barusan saya ingat2 ada kawan di blog yg mau melahirkan, tapi lupa alamat blognya. lha kok yang dituju malah mampir disaat saya sedang mencari arsip di blog ini, alhamdulillah. bagaimana bro dwi, belum lahir juga kah, kok ane cek di blog antum masih foto USG?

    untuk biaya septic tank, duh maaf banget, kemarin renovasi rumah itu sudah termasuk bikin septic tank. tapi ntar aku tanyain temanku yg biasa ngeborong kerjaan renovasi, insyaAllah dia tahu harganya juga. ntar kalau udah dapat insyaAllah aku kabari via email ya. thanks.

  23. Assalamualaikum wrb..
    kami tukang yang cobab2 online kayak sampean gitu, tapi sejauh ini belum terrespon bahkan seberbanding brosur tempel masih cepet yang tempel ini.
    kalau menurut aba.. sejauh mana keefektifan blog / berita online ini, ya.. maklumlah namanya juga pemula dalam site maupun blog

    wa’alaikumussalam,

    untuk segi promosi, masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. kalau dilihat dari segi pengakses, bisa jadi brosur tempel lebih cepat responnya, karena scope-nya yang lokal. namun bila dilihat dari jangkauan akses, promosi lewat web jauh lebih menguntungkan.

    tapi untuk bisnis renovasi rumah yang bergerak dijangkauan regional, nampaknya harus ada skala prioritas, misalnya melalui media lokal (koran/majalah atau radio lokal) sebagai media promosi utama yang didukung via web (blog) untuk informasi yang lebih detil lagi.

    blog bisa saja dijadikan sebagai wahana promosi walaupun kurang efektif peruntukannya. untuk promosi/iklan bisa memanfaatkan iklan-iklan online yang menjamur dan sudah punya nama di-web.

    selamat berjuang!

  24. Mba’ mau nanya donk, waktu beli besi punya contact person atau di daerah mana ya?

    Thanks

    mbak chintya yang budiman,
    waktu beli besi kami mencarinya di seputaran jatibening saja. tentu dengan mengkomparasi harga dengan beberapa toko material di sekelilingnya. memang agak melelahkan karena harus lari kesana kemari, namun demi penghematan cara seperti ini tidak ada salahnya dilakukan..😀

  25. Assalamualaikum wrb..
    Mba’ saya ada rencana renovasi rumah total alias rombak dari awal seperti bangun rumah baru, kira-kira dengan biaya 100-150jt bisa nda ya, rumah saya luasnya 120 m2…
    mohon masukannya terima kasih…

    wa’alaikumussalam,
    bila dihitung 1 m2 biaya yang diperlukan saat ini sekitar Rp. 1.400.000,- maka luas 120m2 membutuhkan dana Rp. 168.000.000,-. tentu biaya 150 juta akan sangat minimal. butuh trik dan kenalan dalam mewujudkan impian anda. anda bisa memulai melakukan perencanaan dengan menghubungi biro jasa/konsultan di internet, misalnya dengan Ir. Andan Nadriasta, pengelola rubrik arsitek di situs eramuslim.com yang kami pakai jasanya untuk mendesain rumah kami. silakan mencoba.

  26. Assalamualaikum wr. wb.
    Hai,mbak..!!! Salam kenal….
    Saya mau tanya,klo harga rumah tipe 36 di daerah Jatibening, kira2 berapa ya mbak?
    Sebelumnya makasih….

    wa’alaikumussalam ukhti,
    harga rumah tentu bervariasi ya, tergantung lokasinya. di perumahan baru di seputaran jatibening dan cikunir tipe 36 dijual sampai 200 jutaan lho.

  27. Pak, kalo boleh tau tanah rumah bapak berapa m2 ya?
    karena luas tanah saya cuman 135m2
    bisa ga ya didesain seperti itu?

    jazakallah,

    tanah kami luasnya 182 m2. insyaAllah bisa bu karena pak andan sebagai arsitek juga harus bolak-balik membetulkan desainnya agar sesuai dengan kemauan kliennya. bagi seorang arsitek pasti bisa mengubah desain untuk diaplikasikan ke tanah yang lebih kecil.

    ibu bisa menghubungi pak andan di rubrik konsultasinya di http://www.warnaislam.com/konsul/rumah

  28. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Sodaraku sekalian,
    Jika ada keluhan masalah rayap di rumah Anda bisa kunjungi blog kami : http://brasto-bp.blogspot.com
    Renovasi akibat serangan rayap akan membutuhkan biaya cukup besar, akan lebih baik jika diantisipasi sejak awal dengan biaya yang relatif ringan.
    Terima kasih,

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Wisnu

  29. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Mohon maaf sebelumnya mungkin dari teman2 ada yang berkeinginan mengganti furniture rumah silahkan melihat katalog online kami di http://www.pusatfurniture.com, kami sedang ada promo disc 10%

    Terima kasih
    Wassalamualaikum Wr Wb
    ysf

    wa’alaikumussalam,

    terima kasih infonya mas yusuf.. semoga usahanya dirahmati Allah SWT, amin..

  30. Assalamualaikum wr. wb.
    maaf numpang iklan mbak…..
    kami menerima jasa lengkap desain, bangun rumah atau renovasi rumah yang dikhususkan bagi personal maupun corporate yang merencanakan project menginginkan ketepatan waktu, design yang kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas tinggi dengan harga bersaing.
    Layanan lengkap mulai dari nol hingga serah terima kunci yang didukung oleh tenaga- tenaga arsitek, tukang,sipil bangunan berpengalaman, telah puluhan tahun bekerja,berkarya di bidang rancang bangun.
    Memberikan solusi kepada Anda bukan hanya disain jasa arsitektur,bongkar rumah,renovasi rumah atau sketsa pelaksanaan proyek, tetapi juga kami memiliki solusi rumah yang dapat di hemat, dengan sistem pelaksanaan bangunan yang fleksibel sesuai budget keuangan kebutuhan Anda.Wujudkan Rumah Impian Anda
    Bersama Arsitek,Tukang dan Sipil Berpengalaman
    Cepat, Berkualitas, Harga Ekonomis mulai Rp.2.000.000 /m2 S/D
    Rp.3.000.000 /m2
    untuk upah mulai Rp.400.000 /m2
    terima kasih
    dapat menghubungi saya
    bpk bambang 021-95443929
    atau bam_9119@hotmail .com

  31. APLIKASI KARTU KREDIT DAN KTA (PERSONAL LOANS) ONLINE
    INGIN BUAT KARTU KREDIT ATAU KREDIT TANPA AGUNAN?
    SAYA BANTU BUAT
    Apakah Anda merencanakan pernikahan, merenovasi rumah, membayar uang sekolah anak-anak, atau bahkan mengajak orang-orang tercinta dalam perjalanan liburan Anda? Personal Loan dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Produk pinjaman kami juga tersedia jika Anda ingin melakukan pembelian lainnya.
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami
    fasilitas :
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami :
    * Jumlah pinjaman hingga IDR 200 juta
    * Tanpa agunan, persyaratan mudah dan proses yang cepat
    * Pembayaran dengan cicilan tetap dan terjangkau setiap bulan
    * Perlindungan asuransi jiwa dari kewajiban pelunasan seluruh hutang apabila Anda mengalami musibah

    Pinjaman 3x limit Kartu Kredit atau 5x Gaji

    Persyaratan Umum :
    * Warga Negara Indonesia, 21 – 60 thn (pada saat akhir pinjaman)
    * Minimum pendapatan sebesar Rp 36 juta/tahun (3 juta/bulan)
    (gaji kotor utk karyawan; atau gaji bersih untuk wirausaha/profesional)
    untuk keterangan lebih lanjut dan pengisian formulir silahkan e-mail:rooly88@gmail.com,faceb​ook chairul saito utomo ( herbalmodern.blogspot.com )
    alamat kantor

    ANZ Semarang Jl. Pandanaran No. 46
    Semarang 50243 P: +62 24 845 6718
    F: +62 24 845 6719 Tanya Secara Online
    085 229 348 635 ( chairul saito utomo )
    kantor cabang jl sompok samping sri ratu peterongan
    24-Hour ANZ Call Centre Jakarta
    Bandung
    Surabaya
    Medan
    Semarang
    Makassar P: +62 21 572 1900
    P: +62 22 733 1900
    P: +62 31 548 1900
    P: +62 61 456 1900
    P: +62 24 844 1900
    P: +62 411 33 1900 Tanya Secara Online

  32. I’m curious to find out what blog system you’re utilizing?
    I’m having some small security problems with my latest blog and I’d like to find something more safe.
    Do you have any solutions?

  33. Ass. wr wb. Pak Oyi.. Saya mau tanya, berapa sih biaya jasa untuk desain yang pak Oyi keluarkan ke Arsitek (bp. Andan). saya ada rencana mau renovasi rumah. Kalau boleh berapa no telp. Bp Andan ? Terema kasih sebelumnya atas infonya. Ass wr wb

Tinggalkan Balasan

