*.CAL File

JATIBENING – Tag IT Stuff mungkin agak melenceng dari misi situs blog ini. Tapi blog ini juga produk IT, sehingga tidaklah aneh bila kami memasukkan tag IT Stuff ke dalam blog yang Islami ini.

Old Windows Calendar IconPost pertama untuk mengisi tag ini adalah mengenai file dengan ekstensi CAL. Bagi yang belum mengenalnya, bisa cari tahu di situs www.fileinfo.net yang khusus mengupas soal ekstensi. Singkatnya, CAL disini adalah file Windows Calendar. Bagi pengguna komputer jaman jebot, seperti Windows 3.0 atau Windows 3.11 for Workgroups, icon disebelah kiri ini pasti tidak asing lagi.

Yang menarik dari post file calendar.exe ini adalah karena saya pengguna favorit aplikasi ini sejak .. emm.. 1995! Itu berarti file calendar.exe ini sudah menjelma menjadi buku harian elektronik saya selama 11 tahun, dengan 5 operating system (Win3.1, Win95, Win98, WinMe dan WinXP)!

Old Windows CalendarEntah mengapa Microsoft tidak menyertakan file ini sejak era Windows 3.1 berakhir. Padahal menurut hemat saya, file dengan ukuran hanya 59.824 bytes ini sangat ringan, tidak memerlukan penginstalan dan bisa langsung dipakai tanpa perlu khawatir dengan apa yang disebut 6 tahun lalu dengan ‘millennium bug’ karena toh sampai saat saya menulis blog ini, aplikasi itu masih berjalan dengan baik di platform 32 bit seperti Windows XP yang saya pakai.

Tertarik untuk menggunakannya sebagai buku harian anda? Masih ada situs yang menyediakan file Calendar.exe secara gratis. Silakan diunduh (download) dari situs www.sptv.demon.co.uk.

2 pemikiran pada “*.CAL File

  1. Software yang sangat bagus, kecil dan efektif. Thanks buat link-nya. Tapi saya punya tool yang jauh lebih bagus dari cal.exe -nya microsoft. Filenya juga idak ‘gendut’ seperti outlook misalnya, atau tool calendar yang lain, cukup kecil dan tampilannya sangat ringkas. Namanya iCal, aplikasi bawaan-nya OS Mac, try it.

    Terima kasih komentarnya bung Arief. Saya sudah cek iCal, tapi sayangnya produk itu hanya untuk Mac ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s