Pemilik Suara di Pagi Hari

20 Januari 2010 12:55

Suara itu begitu lantang. Sudah menjadi kebiasaan kami berdua mendengar suara yang dilantunkan dari radio Sabili AM 1530 sejak pukul 06.30 sampai selesai, yang menemani menyusuri padatnya jalan dari Jatibening menuju Thamrin di pagi hari. Pengajian yang diisi oleh seorang yang sepertinya sudah tua namun sangat vokal suaranya. Isi dakwahnya cukup konsisten, bicara sekitar ketauhidan Allah SWT. Meskipun terkadang radio itu memutar ulang dakwahnya di lain hari, tetap saja pengajian itu menarik kami untuk selalu mendengarkannya.

Dari isi dakwahnya yang kadang menyebut seorang nama menteri di jaman Orde Baru atau menyinggung kehebatan seorang petinju Tyson, membuatku menerka-nerka bahwa khutbah ini pasti sudah lama direkam, paling tidak sekitar tahun delapan puluhan. Namun isi materi dakwah beliau, tetap up-to-date. Hebat sekali, bagaimana sebuah dakwah tidak lekang dimakan usia. Itulah sebabnya, kami pun menjadi penggemar beliau di pagi hari: sepasang penggemar baru yang sudah telat puluhan tahun mendengarkan khutbahnya :D

Kelihaiannya memadukan kalimat dengan sesekali menyelipkan istilah ‘jadul’ seperti ‘oto’ untuk mobil atau memilih kata ‘lalu’ untuk kata pergi dan lain sebagainya, menjadikan nilai tambah untuk menyimak dakwah yang beliau sampaikan. Asyik saja mendengarnya. Apalagi bila beliau berpantun ala Melayu, menambah indahnya dakwah yang disampaikannya. Kelihatan sekali, beliau begitu fasih berbicara dakwah maupun mengucapkan kalimat puitis.

Doa-doa yang dibacanya pun, terkadang baru kami dengar. Seperti dzikir yang beliau ajarkan ‘La Illaha Illallah, Al Malikul Haqqul Mubin. Muhammadurrasulullah, Shodiqqul Wa’dil Amin.’, terus terang saja, baru pertama kami dengar dari mulut beliau ini. Beliau menganjurkan mengiringi anak tertidur dengan melantunkan dzikir itu, bukan dengan nyanyian ‘nina bobo’, hehehe.

Sampai pada suatu hari aku meminta Utami untuk mengirimkan pesan singkat ke Ustadz Herry Nurdi dari Majalah Sabili, sekedar untuk memupus rasa keingintahuan kami, siapa sesungguhnya pemilik suara ini. Ustadz Herry membalasnya dengan menulis bahwa suara itu milik KH Abdul Gaffar Ismail. Hm, siapa dia, kok kayanya baru dengar yah?

KH Abdul Gaffar Ismail

Foto © Majalah Gatra, 4 November 1995

Sesampainya di kantor, segera aku browsing internet untuk mencari siapa beliau. Namun informasi mengenai beliau tidaklah terlalu banyak. Aku cari di wikipedia pun, tak ada artikel mengenai beliau. Satu info berharga yang aku dapati, beliau ternyata adalah bapak dari Taufiq Ismail, sastrawan kita yang terkenal itu. Hm, pantas, dari ayah yang berilmu tinggi dan mendidik anak dengan ketauhidan yang disiplin, hasilnya pun tak diragukan lagi.

Hasil pencarian lainnya pun aku dapatkan, pak Kyai Abdul Gaffar Ismail lahir di Bukittinggi pada tanggal 11 Agustus 1911, mengikuti pendidikan SD dan pesantren Sumatera Thawalib di Sumatera Tengah. Beliau pun pernah menjadi pengurus besar Partai Masyumi pada tahun 1946, menjadi tahanan politik dan diasingkan ke Pekalongan, Jawa Tengah dan menetap disana sebagai seorang guru Agama Islam. Di kota santri dan Batik ini pak Kyai mengadakan pengajian setiap senin malam atau dikenal dengan Pengajian Malam Selasa yang -subhanallah- berjalan hingga setengah abad lamanya (!). Pengajian inilah yang kami dengar tiap pagi di radio Sabili AM 1530.

Menariknya, baru-baru ini aku menerima sms dari seseorang yang tak aku kenal yang tinggal di Pemalang Jawa Tengah. Beliau menawarkan beberapa ratus kaset rekaman pengajian KH Abdul Gaffar Ismail ini kepadaku. Walaupun aku masih belum paham benar darimana beliau tahu aku suka mendengarkan pengajian pak Kyai namun aku berpikir, tak ada yang kebetulan, semua sudah dalam rencana Allah SWT. Langsung saja kami mengontak Ustadz Herry Nurdi kembali untuk mengakomodir keinginannya. Ya, bila benar bapak tersebut memiliki 450 kaset rekaman KH Abdul Gaffar Ismail dan pihak radio Sabili jadi membelinya, insyaAllah kita akan memperoleh banyak ilmu dari pak Kyai setiap pagi tanpa ada pengulangan materi, minimal dalam satu tahun. Itu sudah sangat luar biasa.

KH Abdul Gaffar Ismail wafat pada bulan Agustus 1998, dalam usia 87 tahun. Bila hingga kini rekaman pengajiannya masih bisa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi yang mendengarkannya, semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala yang mengalir terus menerus hingga hari kiamat itu tiba. Amin.

Sumber informasi:
- http://www.hidayatullah.com
- http://www.tempointeraktif.com
- http://www.dutamasyarakat.com
- http://www.kikil.org/
- http://www.pdat.co.id/
- blog http://miftahulajri.wordpress.com

Jazakallah untuk Saudara Rianda JP yang sudah menyediakan hasil scan foto KH Abdul Gaffar Ismail.
Foto diatas © Majalah Gatra, 1995.

40 Responses to “Pemilik Suara di Pagi Hari”


  1. [...] merupakan judul artikel di Majalah Gatra tanggal 4 November 1995. Masih merupakan kelanjutan dari kisah ‘pertemuan’ kami dengan almarhum KH Abdul Gaffar Ismail di radio Islam Sabili 1530AM setiap paginya, seorang sahabat lama bernama Rianda teringat pernah [...]

  2. Haris D S Says:

    Ass

    Salam kenal sebelumnya ; mbak oyi & utami , setelah membaca artikel mbak di atas; sy tertarik pula utk memiliki rekaman khotbah Bpk KH Abdul Ghaffar. Bila mbak berkenan memberikan informasi kpd kami, bgm cara mendapatkannya; Terima kasih;

    Wass
    Haris

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wa barakatuh,
    mohon maaf atas terlambatnya membalas pesan ini. untuk materi ceramah ustadz ghaffar, filenya cukup besar, tidak bisa dikirim via email. saya pun harus menanyakan terlebih dahulu kepada pemiliknya apakah bisa disharing. bila bapak berada di jakarta, bisa mendengarkan langsung kajian beliau tiap pagi di AM1530 dari pukul 06.30 sampai selesai. atau bisa via streaming radio di http://sabilionair.listen2myradio.com/. demikian pak, mohon maaf bila kurang berkenan.

  3. Mansyur Says:

    Senang sekali saya bisa bacu tulisan antum ini. Selama pindah ke Jakarta saya hampir tak pernah mendengarkan radio. Makanya amat kager mendengar Radio Sabili memutar kembali ceramah-ceramah Kyai Ghofar ini. Apa masih diputar sekarang? Saya coba besok dengarkan.

    Saya dulu sering ke pengajian di jalan Bandung Pekalongan, waktu saya masih SMA di Pekalongan dan waktu libur pulang ke Pamalang saat sudah kuliah di Jogja. Sampai saat ini saya nilai Kyai Ghoffar belum ada tandingannya. Ilmunya amat dalam dan retorikanya sangat bagus. Ia juga seorang yang amat khusyu’ ibadah.

    Kalau bisa, saya ingin dapatkan kaset-laset Kyai Ghofar. Atau apakah Radio Sabili meng-upload kan ke internet setiap materi ceramah beliau? Agar muslimin di seluruh Indonesia bisa mendapatkan mutiara-mutiara ilmu dari ulama besar ini?

    Terima kasih

    MANSYUR ALKATIRI

    subhanallah, saya pun senang mendapatkan komentar dari seseorang yang pernah mengikuti ceramah pak kyai semasa hidupnya. sayangnya pihak radio sabili tidak mengupload materi ceramah tersebut ke internet. namun apabila bapak mau, saya bisa kirimkan dvd dalam bentuk mp3 agar bisa didengar di rumah. silakan kirimkan alamat rumah anda, insyaAllah saya kirimkan.

    untuk siaran paginya, alhamdulillah masih disiarkan di 1530 AM setiap pukul 06 atau kadang pukul 06.30 hingga selesai.


  4. Assalamu’alaikum,AlhamduLILLAH Masa kecil Ana Dulu sering mendengarkan ceramah Beliau di Radio Pendidikan Tinggi Dakwah Islam PTDI (Skrg Radio Perak Jaya)Surabaya.Dan Abi juga hampir tiap hari memasang kasetnya bila malam.Abi juga punya koleksi ceramah Beliau +/- 250 kaset.Tapi skrg krn dipinjam/sdh rusak kasetnya kami hampir tdk pernah mendengarkan lagi ceramah Beliau.Begitu juga Radio Suara Perak Jaya meminta kami untuk memindahkan dari Kaset ke Mp3,tp krn keterbatasan waktu kami sampai saat ini blm merealisasikan permintaan itu.Kalau Antum bisa kirimkan Mp3nya kekami itu sungguh membantu kami untuk da’wah Islam melalui Radio AM 1188KHz Radio Perak Jaya Suara Mujahidin.Antum Bisa kirim Ke Alamat Jln.Ketapang Proten No.2 Surabaya.Syukran

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena kealpaan saya mengirimkan materi kuliah KH Abdul Gaffar Ismail ke alamat antum. alhamdulillah pagi ini sudah saya kirim, insyaAllah dalam beberapa hari akan tiba di surabaya. mohon diinfokan apabila dvd telah diterima.
    kedua, saya senang sekali membaca pengalaman antum dan abi antum dalam mendengarkan dan mengkoleksi kaset-kaset pak kyai. membaca kenyataan ini benar-benar saya telah terlambat mengenal pak kyai gaffar, seorang ulama ulung namun tak pernah hadir dalam ruang dengar sewaktu beliau masih hidup. syukran pak, semoga bermanfaat dvdnya.

  5. Ali Nasar Says:

    Ceramah Kyai Ghoffar tidak asing buat Saya. Radio dakwah di Solo (dulu), ABC AM, milik al-irsyad al-islamiyyah Solo, dulu sering memutar rekaman kajian beliau setiap pagi hari(entah sekarang). Ceramahnya lugas, tegas, namun dibungkus dengan retorika yang menunjukkan kepiawaian berpidato. Menjadikan orang yang mendengar tak hanya mendapat ilmu atau informasi, tapi juga semangat yang membara…Semoga Allah melapangkan kubur beliau dan memberi balasan yang terbaik…Amin

    amin Allahumma amin. kabulkan doa kami ya Rabb..


  6. Assalamu’alaikum WarohmatULLOHI WabarokaTUH,Syukran Wa JazakumULLOH Khair,Baru tadi pagi tgl.18-1,Ana terima DVDnya.Ana Langsung Coba Tampa terasa Air mata ana menetes begitu mendengar Khotbah Pembukaannya.Memang Ceramah Kyai A.Ghoffar ROHIMAHULLAH tdk pernah bosan untuk di dengar oleh semua lapisan masyarkat. Semoga ini menjadi amal Jaariyah Anda INSYA ALLOH.

    subhanallah walhamdulillah, sudah sampai dvd mp3nya ya pak? mohon maaf atas keterlambatan pengirimannya ya pak dan jazakumullah khair atas doanya.

  7. muhsin Says:

    Assalamu’alaikum Warohmatullah,Salam kenal sebelumnya, mbak oyi & utami .
    Saya kebetulan lagi cari MP3 ceramah Ustadz Abdul Ghaffar Ismail atas permintaan orang tua saya di solo-Jawa tengah, karena beliau dapat informasi kaset ceramah Ustadz Abdul Ghaffar Ismail diputar di RADIO SABILI.
    Tapi sayang setelah saya usahakan ternyata pihak SABILI bilang ceramah tersebut hanya bisa didengarkan di RADIO SABILI (tdk dapat memberi copy dalam bentuk kaset/cd).
    Jadi kpd mbak berdua, mohon bila kami bisa mendapatkan DVD tersebut dapat dikirimkan ke alamat kami “JL. SWAKARSA IV-A no. 78 Pondok Kelapa Jakarta Timur” (belakang gd. kesenian H. NAman).
    Dan atas perhatiannya sy ucapkan jazakumullah khairan katsiron

    Wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    insyaAllah besok saya kirim ke alamat yang bapak tulis. salam untuk orang tua antum di solo, semoga bermanfaat.

    oya, afwan, saya ikhwan, bukan akhwat hehehe.

  8. abunawwaf Says:

    Maaf kalau salah sebut gender antum berdua . Terimakasih atas perhatiannya. Jazakallahu khairan katsiran.

    tidak apa-apa pak muchsin, afwan, jazakallahu khair.

  9. abunawwaf Says:

    Assalamu’alaikum Warohmatullah,

    al-akh Oyi Kresnamurti, sampai hari ini kiriman DVD yg antum kirimkan belum sy terima.

    jazakallah atas perhatiannya.

    Wassalam

    Muhsin

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    masyaAllah, belum sampai juga pak? saya baru mengirimkannya hari jumat, mungkin hari senin ini sampai pak. bila sampai selasa esok tidak sampai juga, mohon dikabarkan lagi agar saya complain ke kantor pos.

    afwan pak, jazakallahu khairan.

  10. Bhatara Guru Says:

    Ass.Wr. Wb.
    Salam kenal. Sudah beberapa tahun ini sy mencari kaset pengajian KH.Gaffar Ismail. Bila antum berkenan berbagi, mohon kirimkan buat ana DVD-nya juga. Alamat ana: Jl. H. Agus Salim Gg. Bina Ria RT.14/05 No. 11 Tanah Grogot 76211 (Kaltim). Semoga Allah SWT membalas kebaikan antum berdua, Amiin.

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh,
    insyaAllah nanti ana kirimkan pak, mohon ditunggu. wah, dari tanah grogot ya? dekat ‘kampung halaman’ saya dulu tuh, di sebuah kota kecil di kutai kartanegara.

  11. Andika Fajar Says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Kenalkan saya Andika Fajar. Sewaktu SMA dulu, pernah beberapa waktu mengikuti pengajian KH Gaffar Ismail di jalan Imam Bonjol Jakarta dan juga mesjid Sunda Kelapa. Bila berkenan bisakah mengirimkan DVD pengajian beliau ke alamat saya: Komplek Batan Indah Blok N-29, Kademangan RT 011/RW 04, Setu, Tangerang Selatan 15313, Banten. Semoga Allah swt membalas kebaikannya dengan balasan terbaik.
    Wassalamu’alaikum wr wb
    Andika Fajar

  12. yasir Says:

    Assalamu alaikum

    Tolong siapa saja yang bisa memberitahu saya link mp3 ceramah beliau. Jazakumullah khair

    yasir

  13. Bhatara Guru Says:

    On 23/03/2011 14:34, oyi kresnamurti wrote: > > :) > /wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh, > > insyaAllah nanti ana kirimkan pak, mohon ditunggu. wah, dari tanah grogot ya? dekat ‘kampung halaman’ saya dulu tuh,di sebuah kota kecil di kutai kartanegara :) > > terima kasih sudah mampir di blog saya. > / > — > wassalam, > oyi kresnamurti > _______________________________ > http://kaffah4829.wordpress.com > >

  14. Bhatara Guru Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Alhamdulillah, betapa bahagianya dapat silaturahmi dengan antum yang ternyata pernah menjalani masa kecil di Bontang. Namun Tanah Grogot msh lumayan jauh, paling Selatan prov. Kaltim. Insya Allah bila antum ada langkah ke T.Grogot, mohon jangan lupa kontak ana untuk mampir di gubuk ana. (alamat ana sudah terkirim terdahulu ).
    Kepada antum ana memohon kembali untuk dapat berbagi DVD pengajian K.H. Gaffar Ismail yang ana minta dahulu. Insya Allah ini menjadi amal shaleh yang tiada berkeputusan bagi kita semua. Amiin. Hanya saja ana mohon maaf yang sebesar-besarnya, ana lupa untuk ongkos penggantian piringan DVD dan ongkos kirimnya. Sekali lagi ana mohon maaf, tolong antum kirimkan no rekening u/kirim dananya. Sedikit ana lebihkan untuk disumbangkan bagi mushalla yang antum kelola kepengurusannya. Salam bagi antum sekeluarga, semoga kita semua selalu dalam Lindungan Allah SWT, Amiiin. Wassalam.

  15. Syaugi Says:

    Assalamu’alaykum wrwb. Alhamdulillah ternyata ada jawaban disini. Akhi, apakah ada web address utk download file ceramah beliau?
    Kalau belum ada, saya mohon bisa dapat kiriman juga DVD tersebut? Kalau ada biayanya tlg kasih tau… Jazakallah…


  16. Assalaamu’alaikum Akhi. Pengalaman kita nampaknya sama. Saya juga ‘menemukan’ ceramah Ustadz A Gaffar Ismail secara kebetulan. Pertama kali mendengarnya, saya langsung ‘klop’ dengan taushiyahnya. Sayangnya beberapa hari terakhir ini koq 1530 AM tidak tertangkap ya di radio mobil saya? Btw, saya berminat juga mendapatkan DVD-nya Akhi. Apabila Akhi berkenan mengcopynya bolehlah saya dapatkan copynya. Tidak usah dikirim. Rumah saya di Bekasi dan setiap hari lewat Jatiwaringin dan Jatibening. Kalau berkenan saya bisa ambil ke rumah Akhi. Salam

  17. Hafni Basalamah Says:

    Assalamu’alaikum….

    Afwan ana mau tanya antum masih punya copy ceramah ustadz Abdul Ghafar Ismail, tolong ana minta dicopykan untuk ganti copy dan bea kirim silahkan antum informasikan ke email saya badhaz76@gmail.com, terimakasih sebelumnya.
    Hafni Basalamah
    Wassalamu’alaikum….

  18. Ardi Pratikno Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Alhamdulillah tanpa sengaja saya menemukan ceramah K.H. Abdul Gaffar Ismail di 1530 AM Sabili, jadi teringat waktu masih di SMA dulu ngaji malam selasa di Pekalongan, dan setiap pagi jadi selalu on di 1530 AM, Tapi sayang sekarang 1530 AM tidak mengudara lagi atau radio mobil saya yang tidak bisa menangkap gelombangnya, Bisakah saya pesen DVD nya dan harus ambil dimana ? atau bisa di kirim ke alamat kantorku ; Ardi Pratikno alamat 24 th floor block F, Menara Kadin Indonesia Jl. HR. Rasuna Said Block x – 5 Kav 2-3 Jakarta Selatan,12950, Nanti saya ganti ongkos dan beaya kirim, Semoga ini menjadi Amal Shaleh antum. Terima kasih banyak kami ucapkanatas ke baikannya.

  19. haris Says:

    Ass
    Saya juga berminat dengan format vcd mp3 pengajian Kh A Gaffar Ismail. Kalau berkenan bisa dikirim ke alamat saya di Jl. H. Rain No. 1 Rt3/12 Radar baru kp Rumbut Lebak Cimanggis Depok 16951. Ongkos kirim dan biaya penggandaannya akan saya transfer ke akhwan/ikhwan.
    terima kasih atas perhatiannya.
    Wass

  20. Said Umar Says:

    Assalamualaikum,
    Saya(Said Umar Martak) juga berminat dengan format DVD mp3 pengajian Kh A Gaffar Ismail. Kalau berkenan bisa dikirim ke alamat saya di Jl. Krishna 44A, Kel. Jatirahayu Kec. Pondok Gede Bekasi(Sebelah Hobi-Hobi).
    Ongkos kirim dan biaya penggandaannya akan saya transfer ke Antum
    terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum


  21. Assalamualaikum WW saya duku aktif mengikuti pengajian Bpk KH Ghofar Ismail tiap malem selasa di pekalongan sekarang pingin dapat kasetnya atau CDnya dari semua surat yang pernah dibahas beliau kelau berkenan tolong dikirim ke Pondok Pekayon Indah Blok BB 25/6 RT 05 RW 012 Bekasi Ongkos kirim dan biaya penggandaan akan saya transfer ke Antum Terma kasih atas perhatianya
    Wassalam WW
    Telp 02182403983/087881969000

  22. gatot hariono Says:

    Ass WW
    Saya (gatot hariono) mau tanya masih punya copy kaseet atau CD pengajian KH Ghofar IsamiL kalau berkenan antum dikirimi kealamat ane Perumahan Pondok Pekayon Indah Blok BB 25 no 6 Bekasi
    ongkos kirim dan penggandaanya akan saya transfrer ke antum terima kasih atas perhatiannya
    Wassalam WW

  23. zulkifli Says:

    assalamu alaikum wr. wb

    Kak Oyi & Utami , saya zulkifli di cirebon. saya mendengarkan ceramah ustadz Gaffar semasa sekolah dasar, sekarang saya sedang menjalani S3 dan apa yang saya dulu serap masih menempel di kepala saya…. ingin saya tularkan kepada anak anak saya….bila tidak keberatan mohon izin untuk mendapat copy DVD beliau….

    Alamat email sy: itsrealzul@gmail.com

    Jazakumullah khairan katsiira

  24. zulkifli Says:

    Sebagai tambahan ilmu untuk mp3 Quraish Shihab lengkap ada di http://givenfile.blogspot.com/2011/07/mp3-tafsir-al-mishbah-mengenal-surah.html

  25. anrde Says:

    penyejuk iman.. mantabs


  26. Assalamu alaikum

    Akhi, langsung aja. Ana butuh bantuan antum untuk DVD syaikhuna Ust. Abdul Gaffar Ismail. Tolong kirim ke Yasir Basalamah, Yayasan Sosial Al-Irsyad Cilacap, Jl. Cerme 24 Cilacap. Tolong no rekeningnya untuk saya berinfaq. Jazakumullah khair

    yasir Basalamah

  27. Eddybas Says:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    Yang Terhormat Mas MANSYUR ALKATIRI

    Saya sangat beterimakasih jika Mas Mansyur juga berkenan memberikan kepingan DVD tersebut ke tempat saya ( biaya kirim dan proses pembuatannya akan saya kirim balik ), sehingga saya juga bisa belajar menimba ilmu terhadap beliau. Insya Allah jasa Mas Mansyur pasti akan dibalas oleh Allah SWT. Amin…tolong No rekeningnya ya Mas ( sebagai mahar nya )
    Alamat saya Jl Rawabelong No20 RT002/015 Palmerah Jakarta Barat, Jakarta Barat 11480.

    Makasih ya Mas

    Wassalamu’alaikum..


  28. Assalamualaikum wr wb.

    Sobat Oyi Yth, ta’aruf
    Saya Asrofi Asyari, ketika sekolah di SMA Muh. Pekalongan pada akhir 70an pernah mengaji tafsir Pak Ghofar ( beliau dipanggil jamaah) pembahasannya yang begitu lugas dengan bahasa bersahaja yang mengena di hati, maaf sekarang belum banyak ulama yang seperti beliau (mudah-mudahan ke depan banyak ulama sekelas beliau).

    Di saat masih ngantor (sekrg pensiun) pernah browsing nama beliau tak di jumpai hanya disebut Taufiq Ismail (putra beliau), itu cerita dulu, sekarang Alhamdulillah begitu browsing nama beliau, muncullah di blog Sobat Oyi yang cukup lengkap memorium beliau.

    Untuk mengenang kembali beliau mohon kiranya Sobat Oyi dapat mengirimkan copy rekaman beliau kepada saya pada alamat, Asrofi Asyari, Komp BI Blok B No 8 Rt 003/04 Jatimakmur, Pondokgede 17413, Bekasi, mohon sekalian no. rekg Sobat untuk pengganti “lelah” Semoga Allah SWT membalas kebaikan Sobat Jazakumullah Khoiron dan kepada beliau rahimahullah mendapat pahala yang selalu mengalir berkat ilmu yang bermanfaat, amin ya robbal alamin.

    Wasssalam,

  29. Dyah andryani Says:

    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, Mas Oyi saya bersyukur sekali bisa menemukan blog ini..saya juga sedang mencari rekaman ustadz Ghaffar Ismail karena saat ini saya sudah tidak bisa mendengar ceramah beliau di radio Sabili lagi… Suami saya sudah mengenal ustadz Ghaffar Ismail sejak kecil dan sangat mengidolakan beliau, sedang saya baru kenal di radio Sabili saja… tapi kecintaan kami terhadap beliau sama besarnya.
    Mas Oyi bisakah saya mendapatkan kopi ceramah beliau? Berapa biayanya? Mudah mudahan mas Oyi tidak keberatan membantu…Saya doakan semoga Mas Oyi sekeluarga selalu alam lindungan Allah SWT amin…

  30. rijal.mch Says:

    salam, saya terahir dengar 1989 “konverensi makhuk hidup sedunia” penasaran tdk tau kelanjutannya,…bolehlah saya dibagi mp3 al afwu.

  31. Fatkhy Baridwan Says:

    Bang Oyi / mbak Utami kalau boleh saya ingin mendapatkan copy CD MP3 ceramah Ustadz Ghofar Ismail atau kini untuk mendownload langsung jika ada. Mohon dikirimkan ke alamat saya di Jl. Kramat VI dalam No. Jakarta Pusat 10430. Biaya copy dan ongkos kirim insyaALLAH akan saya ganti (mohon info alamatnya / no rekening juga). Dulu saya hanya sempat mendengarkan beberapa kaset ceramahnya yang masih disimpan oleh Ayah saya pada saat itu. Salah satunya soal tafsir dari surat Al-Waqi’ah. Dan benar yang rekan2 sampaikan sebelumnya, ceramahnya begitu menggetarkan dan membuat kita termotivasi meskipun dengan gaya jenaka dan banyak menyelipkan humor di dalamnya. jazakaLLAH khair.


  32. Assalamu’alaikum
    Saya adalah salah seorang yg pernah “mengabdi” pada beliaunya (KH.Abdul Ghafar Ismail), mengepel lantai tempat pengajian-menyiapkan rekaman-menyapu halaman-dsb.
    Untuk itu, saya mengiyakan, bahwasanya, selama beliau sehat, setiap malam selasa, insyaalloh ada pengajian PEMASA (pengajian malam selasa), berlokasi di jalan bandung kota pekalongan (perempatan surogenena)

  33. Abah Says:

    Assalamu’alaikum
    Saya salah seorang muridnya Buya Ghofar Ismail, asal dari Cirebon.
    Sudah lama saya mencari rekaman ceramah-ceramah beliau, namun belum pernah dapat.
    Syukur alhamdulillah,, setelah membaca artikel Mba, ada harapan baru untuk mendapatkan rekaman ceramah beliau.
    Sungguh saya sangat kangen sekali dengan suara beliau yang sanga berkharisma dan membuat kita tergugah.
    Terima kasih sebelumnya, jazakumullah…
    Mohon dibalas.
    Wassalamu’alikum Wr. Wb.

    Abah Nuurusshiddiiq di Tuparev – Cirebon

  34. ariadi Says:

    mohon no.sms

  35. ariadi Says:

    mohon no.sms ke 088215027300 untuk info dvd kh ghofar ismail

  36. ariadi Says:

    assalamualaikum wr.wb.kami tunggu dvd mp3 ceramah kh ghofar ismail ke alamat kami.ariadi,,jl.rorojonggrang 5 no.12 a,rt.4,rw.13.kembangarum,semarang.terima kasih.wassalamualaikim.wr.wb .

  37. Arif Winarto Says:

    Bismillahirrahmanirrahim..pertama kali saya mendengarkan kajian ustadz ghofar Ismail tahun 87-an….dan Masya Alloh….luar biasa dan sangat berkesan. dan sekarang ini saya ingin sekali,mendapatkan kaset beliau…bagaimana caranya…..syukron jazakumulloh khoiron….

  38. Kushartono Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Kushartono dari Samarinda penggemar ceramah KH. Abdul Ghofar Ismail 30 tahun yg lalu di Surabaya. Mohon dikirim DVD ceramah tersebut dan diinformasikan biayanya ke alamat email saya.

  39. FAIZ HAMID Says:

    assalamu’alaikum wr wb, met kenal sama mba oyi/utami…,bila berkenan tolong aku minta copyan dvd mp3 kh abdul gofar ismail..,alamatku FAIZ HAMID JL. LAYUR 46 TEGAL JAWA TENGAH. SEBELUME TRIMS.

  40. dwi Says:

    Assalaamu’alaikum wrwb..
    Salam kenal. Sekitar tahun 1989, saya pernah membeli beberapa kaset rekaman ceramah KH Abdul Gaffar Ismail di TB Wali Songo Senen. Seiring berjalannya waktu, kaset2 tsb beredar di teman2 saya & entah dmn keberadaannya skrg. Jika berkenan, saya ingin juga memperoleh DVD atau MP3 rekaman2 ceramahnya, bisa dikirim ke Dwi P, Griya Lembah Depok Blok D 1 no.10, Depok 16417. Terimakasih sebelumnya.
    -Dwi-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 255 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: