Cara Memakai Kain Ihram

4 Juni 2009 21:53

JATIBENING – Mungkin diantara para jamaah haji/umrah masih ada yang belum paham cara memakai kain ihram, terutama kain bagian bawah, berikut ini ada video yang saya ambil saat mengikuti manasik umrah sebulan yang lalu.

Pertama-tama yang perlu diperhatikan saat hendak mengenakan kain ihram, pastikan kain bagian bawah adalah kain yang lebih tebal atau lebih panjang dari kain untuk bagian atas. Pengalaman membuktikan, kain yang terlalu panjang di bagian atas akan menyulitkan kita untuk sholat.

Kedua, sebelum memakai kain ihram, kita harus mandi besar/junub dan diniatkan untuk mandi berihram.

Ketiga, jangan lupa melepas ‘dalaman’, karena terlarang bagi kaum laki-laki mengenakan underwear saat mengenakan kain ihram.

Keempat, saat memakai kain ihram, posisi kedua kaki sebaiknya dibentangkan. Tidak terlalu lebar, namun kira-kira bila kita membentangkan kaki kain ihram masih bisa menutupi aurat kita. Bila dipakai ukuran pribadi, kira-kira sedikit lebih lebar dari bentangan bahu kita.

Kelima, pusar adalah batas atas aurat laki-laki. Sebaiknya mengenakan kain ihram ini melewati pusar, jangan sampai pusar kita kelihatan. Batas bawahnya adalah lutut namun tidak menutupi mata kaki. Jadi ukuran ideal adalah dari atas pusar sampai betis.

Keenam, boleh mengenakan sabuk untuk mengencangkan balutan kain bagian bawah.

Ketujuh, saat thawaf, bahu sebelah kanan harus dibuka. Kain bagian atas yang tadinya menutup kedua bahu, diselempangkan di bawah ketiak kanan dan dilampirkan di bahu kiri. Namun bila sholat, sebaiknya kedua bahu kembali ditutupi kain ihram.

Untuk lebih jelasnya, silakan melihat tayangan berikut. Mohon maaf bila kualitas videonya kurang baik.

Selamat mencoba!

3 Responses to “Cara Memakai Kain Ihram”

  1. trikurnianto anto Says:

    mohon maaf!!!kelihatanya ada yang tidak pas, dalam pemakaian ikram tersebut!!!


  2. […] JAKARTA – By no reason I knew before, my old blog had a significant visit in two days, 7-8 July 2014. Then I peek on my blog statistic on administrator page, I found out that the high traffic was caused by people did searching ‘Cara Memakai Kain Ihram‘. […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 256 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: