Pengurusan Paspor

18 Maret 2009 16:23

JAKARTA – Tak terasa, tahun ini pasporku harus diperpanjang karena mau habis masa berlakunya di bulan Agustus. Segera aku menuju situs Imigrasi untuk mencari tahu soal perpanjangan paspor. Hmm, ternyata tidak ada yang namanya perpanjangan paspor. Opsi di situs itu hanyalah Penggantian Paspor Hilang atau Permohonan Paspor Biasa. Jadi, bila masa berlaku paspor habis, kita harus mengajukan permohonan untuk membuat paspor baru lagi, bukan perpanjangan. Lucu ya? :D

OK, lalu apa saja syarat-syaratnya? Sayang sekali, di situs Ditjen Imigrasi RI itu tidak tersedia informasi yang lengkap. Tapi, hey, tunggu, ada menu pendaftaran online! Nah, ini baru mantap. Segera saja langsung aku menuju formulir pendaftaran online tersebut.

Pertama-tama kita memilih Kantor Imigrasi (Kanim) mana yang akan kita tuju untuk pengurusan paspor. Seingatku, dulu waktu pertama kali mengurus paspor kita diminta datang ke Kanim sesuai dengan domisili kita. Karena aku tinggal di Bekasi, Kanim yang membawahinya ada di Kanim Kelas II Karawang Jawa Barat. Namun berdasarkan informasi yang aku dapat, saat ini kita bisa memilih Kanim mana saja untuk pembuatan paspor. Oleh sebab itu aku memilih Kanim Kelas I Cipinang Jakarta Timur yang relatif lebih dekat dengan tempat tinggalku dibanding harus ke Karawang.

Dengan mengisi formulir itu, kita bisa tahu dokumen-dokumen pendukung apa saja yang diperlukan untuk mengurus sebuah paspor. Malam itu aku men-scan 1. Kartu Tanda Penduduk (KTP), 2. Kartu Keluarga (KK), 3. Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah serta 4. Pasporku yang lama. Semua aku scan dan disertakan dalam formulir isian itu sebagai attachment. Setelah semua diupload, tinggal klik, dikirim deh dokumen-dokumen itu ke server Imigrasi. Langkah terakhir, kita cetak Tanda Terima Pra Permohonan (yang dapat di download dalam bentuk PDF) untuk dibawa beserta dokumen-dokumen aslinya ke Kantor Imigrasi yang sudah kita pilih sebelumnya.

Apakah semudah itu kah pengurusan paspor sekarang?

Harusnya iya. Kenyataannya, saat esok harinya aku sampai di Kanim kelas I Cipinang, tidak terdapat papan informasi tentang prosedur dan urutan proses yang harus kita lalui untuk mengurus paspor. Lucunya lagi, saat aku tunjukkan print-out Tanda Terima Pra Permohonan dari situs Imigrasi semalam, petugas di penerimaan tamu justru terlihat bingung dan tidak tahu. Ia hanya menyuruhku menuju ke lantai dua, ke loket satu untuk menanyakannya.

dc090306001

Suasana Antrian di Loket

Setelah menukar SIM dengan tanda pengenal, aku menuju ke lantai dua. Di sana sudah banyak orang berjejalan di loket satu. Lagi-lagi, tidak ada papan informasi apapun disini. Mungkin karena aku terlihat celingak-celinguk, ada seorang bapak yang mengenakan tanda pengenal rekanan jasa imigasi mendekatiku dan menawarkan bantuannya. Karena aku sudah bertekad tidak mengulangi lagi menggunakan jasa tersebut seperti lima tahun yang lalu, aku pun menolak dengan halus ‘bantuan’nya. Aku hanya bertanya kepadanya soal prosedur pengurusan paspor dan alhamdulillah ia pun menceritakan proses yang harus ditempuh untuk mengurus paspor baru.

Yang pertama, kita harus membeli formulir permohonan paspor. Harganya Rp 35.000,- lengkap dengan stopmap-nya. Jadi, walaupun kita sudah mengisi formulir secara online, kita tetap harus mengisi formulir ‘hard copy‘ ini. Lah, lalu apa gunanya formulir online yang semalam aku sudah isi? Ada dibagian bawah, nanti aku jelaskan ya.

Setelah formulir itu diisi dengan seksama, kita masukkan ke loket. Di Kanim I Cipinang terdapat tiga loket, kita pilih saja salah satunya. Selebihnya, kita menunggu untuk dipanggil. Kurang lebih 40 menit kemudian, petugas memanggilku. Oya, suasana yang gaduh dan bising mengharuskan kita duduk dekat loket, atau bahkan berdiri. Itulah mengapa para pengurus paspor ini berjejalan di depan loket agar bisa mendengar saat nama kita dipanggil. Tidak ada fasilitas audio ataupun sistem antrian seperti saat kita mengurus SIM, misalnya. Hhhh, sabaar, sabaar :D

Saat aku dipanggil, aku pun menyerahkan dokumen-dokumen yang aku sebut diatas beserta copy-nya. Aku sempat menanyakan soal formulir online yang aku telah isi. Kali ini petugas loket memahami formulir online itu dan memintaku untuk duduk dan menunggu lagi sembari berkas-berkas asli itu diperiksa olehnya. Saat menunggu, aku bertanya kepada orang di sebelahku dan ia mengatakan jadwal berikutnya adalah foto dan wawancara. Ia menunjukkan sobekan blanko untuk giliran foto dan wawancara 4 hari lagi. Ups, lama juga ya?

Sekali lagi namaku dipanggil petugas, dan ia pun menyerahkan blanko serupa. Aku baca, aku diminta hadir lagi untuk foto dan wawancara keesokan harinya. Lho, kok cepat? Si petugas loket menerangkan bahwa aku sudah membantu untuk mengetik data-data itu lewat internet sehingga data bisa langsung diproses. Untuk mereka yang tidak memanfaatkan fasilitas itu, data-data mereka pun antri menunggu giliran untuk di-entry dan itu bisa memakan waktu 3-4 hari. Alhamdulillah, tidak percuma ternyata memasukkan data lewat formulir online semalam. Yes!

Kunjungan Kedua

Keesokan harinya, aku datang untuk foto dan wawancara. Blanko kecil itu aku serahkan lagi ke loket I dan kita pun menunggu lagi. Kira-kira 45 menit kemudian namaku dipanggil, berkas-berkas pun diberikan untuk diserahkan ke kasir di loket 4. Untuk pengurusan paspor biasa, biaya yang harus dibayar adalah Rp. 270.000,-. Setelah membayar, kita pun menunggu lagi untuk dipanggil ke ruang foto.

Di ruangan ini, kita difoto dan diambil sidik jarinya. Semua serba instan dan modern, termasuk pengambilan sidik jari dengan scanner. Kalau dulu aku diminta memakai dasi dan jas, kali ini cukup dengan kemeja saja. Yang berkacamata, silahkan ditanggalkan dulu ya.

Kelar difoto, kita menunggu giliran untuk wawancara. Tidak lama, kira-kira 15-20 menit setelah foto, aku dipanggil masuk ke ruang wawancara. Petugas yang mewawancaraiku ternyata membutuhkan Surat Keterangan Bekerja/Sponsor, karena statusku yang ‘Pegawai Swasta’. Karena aku tidak menyiapkannya, ia memintaku untuk membawanya saat pengambilan paspor. Jadi tolong dicatat, bagi karyawan harap disiapkan Surat Keterangan Bekerja dari perusahaan tempat anda bekerja.

Selesai wawancara, aku kembali ke loket I untuk menanyakan kapan pasporku bisa diambil. Ia memintaku untuk kembali sepekan kemudian.

Kunjungan Ketiga

Pada hari yang telah ditentukan, aku pun kembali lagi ke Kanim I Cipinang. Nampaknya, bagian ini adalah bagian yang paling mudah dan cepat. Cukup menyerahkan tanda bukti lunas pembayaran permohonan paspor serta Surat Keterangan yang diminta, petugas langsung menyerahkan paspor yang telah jadi. Selanjutnya, aku diminta menulis nama dan nomor paspor di buku log-nya dan memfoto copy halaman nama dan halaman belakang paspor. Proses pengurusan paspor pun selesai setelah kita menyerahkan foto copy paspor kepada petugas loket, alhamdulillah.

Jadi apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengurusan paspor?

  1. Tidak ada yang namanya perpanjangan paspor. Bila paspor anda telah habis masa berlakunya dan tidak ada rencana bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat, anda tidak perlu membuat paspor baru. Buatlah paspor disaat anda memang membutuhkannya. Hanya saja, paspor lama harus dilampirkan untuk pengurusan paspor baru.
  2. Isi formulir online permohonan paspor baru di situs Imigrasi untuk mempercepat pengurusan paspor.
  3. Datang lah pagi-pagi sekali ke Kantor Imigrasi yang anda pilih. Pelayanan buka pukul 08.30-11.30 dan 13.00-15.00. Semakin siang anda datang, semakin panjang antriannya. Pengalamanku, datang sebelum pukul loket buka hingga selesai urusan dalam satu hari paling lama hanya satu setengah jam.
  4. Siapkan berkas-berkas asli dan foto copynya. KTP, KK, Surat Nikah, Ijazah dan Paspor lama, semua sebaiknya di copy rangkap dua untuk jaga-jaga.
  5. Jangan menggunakan calo. Negative thinking nih, aku bertanya-tanya kenapa tidak ada papan informasi untuk masyarakat sedangkan tenaga jasa keimigrasian banyak yang berlalu-lalang menawarkan bantuan? Apakah ini namanya calo yang resmi? Karena saat aku antri di kamar foto, banyak mereka-mereka yang mengurusi ‘tuannya’ ini masuk seenaknya lalu memotong antrian. Bila anda tidak tergesa-gesa dalam pembuatan paspor, sebaiknya kerjakan sendiri deh.
  6. Bila paspor sudah selesai, pastikan lagi nama, tanggal lahir dan keterangan diri kita tercetak dengan benar. Karena bila ada yang salah, kita harus menambah satu hari kunjungan lagi untuk meminta perubahan nama ini.

Oya, saat aku mengambil paspor, sudah terlihat papan elektronik nomor antrian terpasang. Hanya saja, hari itu belum digunakan. Mungkin untuk kedepannya, sistem antrian ini sudah berjalan.

Demikian lah, tip dan sharing pengalaman pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Cipinang. Memang sih, bila mengurus sendiri terasa pegal kudu bolak-balik sampai tiga kali. Tahun 2004 dulu saat aku menggunakan tenaga jasa imigrasi ini, pasporku bisa selesai dalam satu hari! Cukup dua kali datang, beres deh. Tapi kalau waktu anda longgar dan mau merasakan yang namanya antri, silakan urus sendiri. Para petugas di loket-loket cukup baik dan informatif kok.

Siang itu, aku pun berlalu sembari berkata dalam hati ‘See you again in the next 5 years, insyaAllah‘.. :D

84 Responses to “Pengurusan Paspor”


  1. wah… informasinya bermanfaat banget niy mas :)
    sekalian nanya,, qira2 biaya pengurusan pasportnya baku atau tidak ya? standar 300rb-an disetiap kantor imigrasi
    syukron,,

    alhamdulillah. terima kasih pujiannya.
    insyaAllah harganya standar di seluruh kantor imigrasi di Indonesia.

  2. Bayu Says:

    Terima kasih untuk info pendaftaran onlinenya. Sangat membantu.

    sama-sama mas bayu.. senang bisa berbagi info.

  3. maya Says:

    Halo mas Oyi,
    Saya sudah coba-coba pendaftaran onlinenya nih.
    Tapi sewaktu upload dokumen2 seperti yang mas tulis, kok dibilang dokumennya tidak lengkap ya?
    Mohon petunjuknya.

    halo juga maya,
    dokumen tidak lengkap bisa jadi anda belum mengupload semua dokumen yang diminta. saat mengisi aplikasi dari online, seperti yg saya tulis saya menscan dan mengirim 1. Kartu Tanda Penduduk (KTP), 2. Kartu Keluarga (KK), 3. Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah serta 4. Pasporku yang lama.

    untuk paspor yang lama, hanya bila anda sudah memilikinya. bila tidak, diabaikan saja.

    semoga berhasil ya.

  4. liza Says:

    haloo…
    aku kemaren ngurus passpor dr ktr lewat agen gitu, trnyta pas di cek tgl lahir ku yg di hal 2 salah. Aku sudah bilang lgsg ke agennya pas poto, lalu di revisi di hal 4 oleh ktr imigrasi yg di cipinang dengan catatan dr dept imigrasi bahwa tgl lahir yg benar adalah di bawah ini..
    and mereka menulis tgl lahir yg benar aku dengan tulisan tangan. lalu di cap dept imigrasi. Kalo ga salah halaman 4 itu untuk penambahan atau revisi.
    bulan depan rencananya mau ke thai n malay, kira2 bermasalah ga yah pas di bagian imigrasi nya?

    insyaAllah tidak bermasalah mbak liza, karena bagian itu memang diperuntukkan untuk ‘koreksi’.

  5. Vicky Says:

    setujuuu..

    Informasinya bermanfaat banget nih Mas. Makasih yaaa. Aku baru tau kalo bisa daftar online. Point No. 3 itu maksudnya salah satu ya Mas? Akte kelahiranku hilang. Berarti bisa pakai ijazah terakhir atau surat nikah?

    benar, salah satunya bisa dijadikan opsi. bila akte kelahiran hilang [kok bisa hilang ya, hehehe] insyaAllah bisa diganti dengan surat nikah atau ijazah. terima kasih pujiannya, segala puji hanya milik Allah SWT.

  6. lee Says:

    waduh berguna sekali buat saya yang baru aja pulang dari kantor imigrasi bwt urus perpnjangan pspor.beruntung sy plng bwt ambil berkas2 yang hrs dibawa,karena sy pikir cukup pspor lama saja yg dibawa.msh dlm keraguan sy sempatkan buka compter untuk cr info di internet dan sampailah sy bc pengalaman anda..thx ya…

    sama-sama, senang bisa berbagi pengalaman dengan anda.


  7. Assalamu Alaikum Mas, saya Haady dari Makassar.. Rencana ingin membuat paspor, tapi malas untuk antri lama.. Hehehe, untung saya sempatkan bertax dengan Om Google dan sampailah saya ke “rumah” mas.. ^_^
    Makasih ya infox, sangat bermanfaat bagi saya.. Sukses selalu buat mas, berkunjung ya ke blogQ..

    wa’alaikumussalam mas hady. ya sama-sama, senang bisa berbagi info. insyaAllah nanti saya berkunjung balik ke blog antum. mau pergi kemana nih sampai bikin paspor segala? hehehe..

  8. luffy Says:

    Mas, saya ingin daftar online tapi kenapa pas mengupload bbrp dokumen ga bs yah dgn keterangan bahwa coordinate out of bounds pdhal dokumen yg lainnya bs diupload dgn sukses dan saya sudah berusaha merubah ukuran dan sbgnya. trims.

    saya pun pernah menemui pesan kesalahan serupa. entah mungkin server sedang sibuk atau attachment kita yang dianggap ilegal sehingga muncul pesan seperti itu. kalau sudah demikian, saya coba pindah browser. kadang trik ini berhasil, kadang juga sama saja. mohon maaf, ini sudah diluar kemampuan saya untuk menjawabnya. terima kasih kembali mas luffy.

  9. yuli Says:

    Makasih buat infonya,,

    cuma mau berbagi pengalaman sedikit, sktr bulan feb kmren aku ngurus paspor di Manado. diruang tunggunya tunggunya sudah ada tulisan biaya paspor (baru) Rp. 270.000 tapi pas selesai wawancara, diberitahu oleh org yg mewawancara saya bahwa biayanya 600rb, saya kaget dan minta penjelasan, trus katanya 270rb itu yg harus dibayakan ke negara, trus sisanya adalah untuk keperluan administrasi.. kami melakukan tawar menawar dan akhirnya deal 450rb *klo ga salah inget* diluar biaya formulir pengajuan paspor 25rb.
    yg bikin aku heran, ini sbnrnya kntor imigrasi atau pasar yah??!! ternyata bisa tawar menawar juga

    jadi buat tmn2 yg ingin ngurus paspor jangan mau dibodohin sama petugasnya,.. carilah info2 yang jelas sebelum melakukan pengurusan.

    Mas Oyi, makasih udah minjemin ‘lahan’ :)

    hal seperti itu sebenarnya praktek lama yang bersemi kembali. itikad baik sebuah institusi bernama imigrasi yang hendak membersihkan para calo ini nampaknya menghadapi kendala justru dari para konsumennya. ada yang butuh cepat dan tidak mau repot, akhirnya mencari jalan belakang. memang kalau sudah membudaya, mencabut rumput pun tak cukup sampai akarnya, tapi harus mencari ladang baru, hehehe..

  10. kiky Says:

    Wah, lengkap sekli infonya.
    Makasih y Pak, kebetulan aku lagi pgn buat paspor dan brdasarkan yg aku prnah denger, klo mau buat paspor mesti ke kntr imigrasi yg di karawang itu buat yg brdomisili di bekasi. Tapi setelah baca ini, jadi yakin deh ga perlu repot” ke karawang itu hehehe
    Many thanks y Pak :D

    sama-sama bu kiky. senang bisa memberi info bagi pengunjung blog ini.


  11. […] buat buka multiply dan nyari” lagi, tanyalah aku ke mbah gugel dan nemu juga deh link ttg pngurusan paspor itu. Komplit lah info nya dari dua link itu dan besok rencananya mau ngurusin itu paspor. Semoga […]

  12. homie Says:

    Dear Oyi & Utami,
    Infonya worth it banget, mudah2an kenyataan di lapangan gak jauh beda dgn pengalaman anda jadi kita patut dengungan SAY NO TIPS/CALO UTK URUS PASPOR he he he…oh iya untuk maya dan luffy mungkin tips ini bisa menyelesaikan masalah anda :
    @maya : minimal dokumen yh hrs diupload ; ktp, kk, akte kelahiran/ijazah/surat nikah dan paspor lama(jika ada)
    @luffy : saya mengalami hal yg sama coordinate out of bounds –> jawabannya coba format filenya di verticalkan(berdiri) jangan horizontal(tidur) pasti deh bisa muncul.
    Okay guys have a nice day semoga bermanfaat

    terima kasih sekali support dan bantuan penjelasannya. benar kok, bila kita berniat menghindari calo dan mengurus sendiri, insyaAllah lebih barokah dan tidak menzalimi orang lain.

  13. bodats Says:

    Thanks om…
    Saya mau bikin pasport minggu depan. Infonya sangat berguna. Saya juga tinggal di Bekasi, jadi lebih baik ke Jakarta Timur daripada ke Karawang.
    Btw, saya kan pekerja freelance, berarti gak perlu surat rekomendasi dari kantor/atasan kan?
    Thanks again om…

    insyaAllah kalau freelance tidak diperlukan surat rekomendasi dari kantor, apalagi bila pembuatan paspornya bukan untuk urusan dinas/pekerjaan.

  14. Dany Says:

    website berguna banged nih. Tapi ada yang mau saya tanyakan, saya udah ngisi form permohonan passpor via online. Berapa lama untuk mendapatkan surat tanda terima yg harus di print dan dibawa ke kantor imigrasinya? Dicheck nya dimana yach? Saya mohon bantuannya. Terima kasih.

    setelah selesai registrasi secara online, langsung bisa kita download PDF-nya lalu kita cetak di rumah untuk selanjutnya kita bawa ke kantor imigrasi yang telah kita pilih. menunya ada di halaman depan link situs imigrasi yang saya tulis diatas.

  15. homie Says:

    @bodats: rasanya gak perlu surat rekom dari kantor, waktu isi pekerjaan masukan aja kolom lainnya…diisi freelance.
    @dany:surat tanda terima pra permohonan langsung bisa dicetak setelah selesai pengisian semua.
    Informasi biaya resmi paspor, ambil formulir Rp. 5.000,- Meterai Rp. 6.000,- buat Surat Pernyataan dan Rp. 270.000,- untuk setor ke Kasir Imigrasi.
    Semoga bermanfaat bro!

  16. dian Says:

    Mo tanya dunks,

    gimana cara mendownload tanda terima permohonan passport online karena saya cari di situsnya tidak ada menu tanda terima permohonan.. setelah saya isi semuanya hanya ada no.permohonan saja..

    Terima kasih

    saya jadi merasa bersalah. banyak diantara pembaca blog ini mengeluhkan serupa, padahal saat saya mempergunakannya 4 bulan yang lalu, fungsi-fungsi di situs imigrasi itu berjalan sebagaimana yang saya jelaskan. mohon maaf bila menemui kesulitan dalam mengakses situs imigrasi, bisa jadi sedang ada perbaikan/maintenance di situs itu. semoga ada pembaca dari pengelola situs imigrasi indonesia yang membaca dan sudi menjelaskannya kepada kita. mohon maaf sekali lagi.

  17. Irwan Says:

    Wah, info bagus nih. Untuk paspor lama, yang discan apanya? Info biodata aja, atau termasuk semua informasi di kertas-kertasnya?

    terima kasih

    untuk paspor, yg discan halaman data saja, yg memuat nama dan alamat. paspor lama sebaiknya dibawa saat pembuatan paspor baru [dilampirkan] untuk memudahkan petugas mencari data kita. dokumen lain yg perlu discan seperti KTP, KK, akte lahir/buku nikah [bila ada].

  18. yogi Says:

    Wah thx Banget nih Info nya. Ada yang tau ngga bedanya paspor 24H perorangan dengan paspor 48H perorangan

    bedanya [dulu] diharga dan jumlah halamannya saja. selebihnya tak ada. sekarang paspor 24 halaman sudah tidak ada, tinggal yg 48 halaman. kalau tidak salah yaa..

  19. setio Says:

    Terima kasih infonya. passport nya yang di scan halaman brapa ya? passport saya expired nya bulan februari 2010 tapi saya mau perpanjang bulan agustus 2009 ini. bagaimana caranya terus syaratnya apa? tolong pendapatnya.

    caranya ada di tulisan saya diatas, alias kita bikin baru karena tidak ada perpanjangan paspor. saat di kantor imigrasi, paspor yg lama sebaiknya dibawa karena diminta oleh pihak imigrasi. nantinya, paspor lama itu juga akan dikembalikan setelah paspor baru selesai. yg discan cukup halaman data saja, yg ada data diri dan pas foto kita.

  20. setio Says:

    Thanks infonya. Pencerahannya sangat berguna.Mudah-mudahan dapat dihitung menjadi ladang amal buat anda sekeluarga.Amin.

    amin, Allahumma amin. terima kasih bung setio..

  21. setio Says:

    maaf mas, saya mau tambah nanya nih. setelah semua diupload berhasil, lalu saya klik lanjut kok bukan tanda terima tapi tulisan verifikasi dg tanda kursor bekedip-kedip saya harus tulis apa ya?

  22. sugainto Says:

    Saya ini bingung dengan keadaan paspor indonesia
    paspor 48 halaman.
    Kalau saya punya rencana cuma mau ke luar negeri 1-2 kali saja dalam waktu lima tahun ke depan ( saya bukan orang kaya), bukankah penerbitan paspor itu mubazir ?

    sepertinya mubazir ya, tapi mungkin paspor 48 halaman itu adalah standar paspor internasional sehingga mau tidak mau kita harus mengikutinya? dulu kan ada yg 24 halaman namun saat ini sudah tidak diproduksi lagi. mungkin karena masalah standarisasi itu pak gianto.

  23. sylvi Says:

    mas, makasih ini membantu banget..sama..aku juga bekasi tapi terlalu jauh kalo harus ke karawang..tadi aku coba masuk ke layanan online paspor di ditjen imigrasi kok nggak bisa ya mas? katanya not found..btw pindah browser itu maksudnya apa? aku tadi buka dengan internet explorer, udah berkali2 tapi tetep nggak bisa…apa mas bisa bantu?

    maaf banget jawabnya terlambat sekali.. bagaimana, sudah bisa belum bu? kalau tidak bisa, nampaknya ada perubahan sistem di situs imigrasi tersebut. saat saya memakai dan memanfaatkannya, persis apa yg saya tulis. mungkin sedang dalam perbaikan bu, mohon maaf bila tidak menjawab pertanyaan ibu ya.

  24. indra Says:

    kalau KTP saya bekasi..saya bikin di mana ni paspor nya???…kasih tau dunk alamat nya..balas aja ke HP saya 085216180780…tks

    bisa di kantor imigrasi mana saja bung indra. kalau bekasinya dekat jakarta timur, silakan ke kantor imigrasi kelas I jaktim di cipinang di Jl. Cipinang (Sebelah Penjara Cipinang) Notelp : 021-8503896.

  25. Lilyana Says:

    kalo KTP saya luar kota, tapi mau bikin paspor di Surabaya bisa ga ya? Tapi kok ga ada Kanim Surabaya?
    Pas mau scan ktp, dll apa harus perhatikan dpi ato ukurannya? Kalo urus, harus bawa berkas asli ya? Soalnya KK dan akta kelahiran ada di rumah luar kota.
    Enaknya gimana ya?

    untuk info kantor imigrasi surabaya bisa klik http://www.surabaya.imigrasi.go.id. scan ktp, cukup pakai dpi 72 atau 100, yang penting sizenya 100%. berkas-berkas asli harus dibawa semua untuk diperlihatkan pada petugas. bila tidak ada KK/akte, saya kurang paham apakah bisa diganti dengan dokumen pendukung lainnya.


  26. makasiy banyak untuk infonya..
    btw,bagi tips menolak secara halus “calo” supaya gak tersinggung..

    langsung saja katakan ‘tidak, terima kasih.’ itu yang kami lakukan dan alhamdulillah sang calo/tenaga jasa imigrasi tersebut tidak tersinggung.

  27. Aries Says:

    Mas mo nanya jg neh.

    Waktu kita ke kantor imigrasi sekalian disuruh bawa pass photo ga sih?tq

    silakan bawa saja, untuk jaga-jaga, walaupun nantinya foto yang terpampang di paspor adalah foto hasil dari kamera digital di kanim.

  28. Ade Says:

    Tanya dunk mas,
    suamiku mau ngurus pasport tp butuh cepet,urgent, bisa ngga ya kalau sehari jadi?
    thanks ya infonya.

    walaupun saya nggak menyarankan, tetapi dulu hal itu bisa dilakukan dengan melalui jasa keimigrasian yang ada di kanim-kanim terdekat. konsekuensinya, perlu biaya ekstra untuk itu. semoga ibu mengerti ya.


  29. […] Bedanya paspor 24H perorangan dengan paspor 48H perorangan bedanya [dulu] diharga dan jumlah halamannya saja. selebihnya tak ada. sekarang paspor 24 halaman sudah tidak ada, tinggal yg 48 halaman. kalau tidak salah yaa.. […]

  30. ario Says:

    halo mau nanya nih , kalau nomor passport yang lama sama ngga ama no yang baru ? soalnya saya butuh nomor passport lama buat ngurus sesuatu

    thanks ya

    terima kasih atas pertanyaan yg menarik ini. saya sendiri baru sadar bahwa nomor paspor lama tidak sama dengan paspor baru. hal ini juga menguatkan pernyataan di blog diatas bahwa tidak ada perpanjangan paspor, yang ada adalah pembuatan paspor baru. dengan demikian, nomor paspornya pun berbeda.


  31. mas Great Info n Forum tanya jawab yg baik sekali, mas mau tanya nih jangka waktu masa berlaku pasport 48h brp lama ya? thanks Before

    terima kasih komentar dan pujiannya mas purbohadi. masa berlaku paspor adalah 5 tahun.

  32. Elta Says:

    Wah,info yg menarik. Sy mw ty,sbntr lg sy ada urusan dinas dr kantor untk ke luar negeri. Semua urusan paspor dn visa,diurus o/ perushaan sy. Bgian yg mengurusi paspor diperusahaan sy ini bgg krn nama ortu di akte dn ijazah sy adlh nama ayah kndg sy. Dan nama kpl keluarga sy di KK adlh nama ayah tiri sy. Krn sjk balita,ibu dn ayh kndg sy sdh bercerai dan sypun ikt serta ibu dn msklah sy kedlm KK dgn kpl keluarga ayah sy yg br. Itu ngaruh gak sih untk pengurusan paspor. Mohon penjelasannya. Terima kasih

    menurut saya, kita cukup menyertakan dokumen akte dan ijazah saja. kalaupun diminta ada KK, petugas akan memahami bahwa ayah yang ada di KK tersebut bukanlah ayah kandung sehingga insyaAllah tidak akan ada permasalahan. yang penting, dokumen aslinya disertakan.

    mohon maaf telat membalasnya ya.

  33. swasti Says:

    terimakasih Pak Oyi infonya… kebetulan banyak temen kantor yang heboh bikin passport (baru atau bikin ulang) karena mau piknik ke LN tapi maunya ngirit juga…. urus sendiri ternyata biayanya jauh lebih murah dibanding pakai jasa yang bisa sampai Rp. 850 ribu…

    alhamdulillah. menghemat banyak ya kalau satu jasa saja butuh 850ribu?
    selamat berpiknik deh, semoga selamat sampai tujuan..

  34. Elly Says:

    Pak Oyi,

    Terima kasih atas informasi yang telah Bapak bagikan buat kita semua, ini sangat berguna.

    Mohon bantuan dan petunjuknya :
    Hari ini saya mencoba Layanan Paspor Online, tetapi pada akhir pengisian data dan verifikasi kode. Ada muncul tulisan tersebut : ” Errors were encountered when compiling report expressions class file. 3 errors”.

    Terima kasih

    saya banyak menerima pertanyaan serupa mengenai kendala/error saat mengakses situs pendaftaran online direktorat imigrasi ini. berhubung saya mengaksesnya setahun yang lalu [2009] dan saat itu tidak ada masalah sama sekali, saya pun menuliskannya sebagai bahan sharing kepada pembaca blog ini. namun sungguh disayangkan, nampaknya pihak ditjen imigrasi belum siap mengimplementasikannya di lapangan, terbukti beberapa pegawai mereka ada yang belum tahu tentang sistem pendaftaran online ini [saat itu].

    saran saya, coba ganti browser yang anda pakai. bila permasalahan bukan dari pihak developer situs imigrasi, kadang-kadang dengan mengaksesnya melalui browser yang berbeda, hasilnya pun dapat berbeda. tahun lalu saya menggunakan internet explorer setelah gagal menjalankannya di mozilla firefox. selamat mencoba dan maaf bila tidak bisa membantu.

  35. Ana Says:

    Terima kasih infonya ^^

    SAya mau tanya apakah saat Kunjungan pertama & Ketiga itu bisa dwakilkan org lain?

    walau tak disarankan, sepertinya bisa diwakilkan selama menyertakan surat kuasa bermaterai terutama untuk kunjungan yang ketiga.

  36. aris Says:

    Pak Oyi, terimakasih atas informasinya mengenai pembuatan parpor, tapi ada pertanyanya dari saya apakah ada masalah
    nantinya apabila penulisan nama yang tertera di KTP/KK dengan akte kelahiran/ijazah ada perbedaan, misalnya :
    pada akte lahir/ijazah (Blasius Angga Kusuma Putra) sedangkan di KTP/KK (Blasius A. Kusuma Putra) mungkin saat pengurusan KK (di kecamatan, ada singkatan nama)…
    Apakah jadi masalah di kemudian hari, terdapat perbedaan penulisan nama itu ??? mohon dibantu jawabannya ya pak.. Terimakasih

    karena paspor juga bersifat sebagai kartu identitas diri, nama yang tertulis sebaiknya seperti yang tertera di akte kelahiran. permasalahannya kadang aparat kelurahan/kecamatan banyak yang belum mengetahui bahwa di dalam KTP dan KK tidak boleh ada singkatan maupun gelar akademis/agamis. kadang mereka main tulis saja seperti apa yg tertera pada blanko isian, padahal sebagai aparat seharusnya mengingtkan bahwa nama dalam KTP/KK harus lengkap dan tak boleh ada titel sama sekali.

    saya pun ada rencana untuk mengubah nama di KTP karena tanpa seijin dan sepengetahuan saya, pak RT menulis nama saya [di blanko surat pengantar perpanjangan KTP] dengan membubuhi gelar di depan nama saya. fatalnya, saya tidak menghiraukannya dan saat KTP telah jadi, tahu-tahu ada titel agamis di depan nama saya. buntutnya, saat saya mengurus sebuah transaksi di bank, pihak bank menolak karena nama di rekening tidak sama dengan di KTP. masih untung saya memiliki paspor dengan nama asli dan alhamdulillah bisa diurus dengan menggunakan paspor tersebut. nah jadi saran saya, saat memperbarui KTP/KK kita menulis nama dengan lengkap sesuai dengan akta kelahiran/ijasah.

    demikian pak aris, semoga membantu. terima kasih sudah mampir disini ya.

  37. swaz234 Says:

    thx om infonya.

    kebetulan saya juga dari Bekasi dan paspor sudah mau kadaluwarsa.
    karena belum tahu alamat di Karawangnya saya browse ke website Ditjen Imigrasi, tetapi saya tidak menemukan alamatnya.

    dari nomor telepon yang ada di kanim Jakarta Timur dan Jakarta Selatan @ 2 nomor saya coba telepon tapi 4 4 nya tidak ada yang mengangkat.

    ternyata masih seperti yang dulu2 juga ya, punya website hanya sebagai formalitas. punya nomor telepon tapi tidak ada yang menjawab.
    tadi pagi saya kirim email ke customer online, sampai saya nulis ini [15.20] email saya belum dijawab.

    itulah Indonesia…..
    sambung menyambung menjadi satu
    tapi gak jelas maunya apa . . .

    wassalam.

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wa barakatuh..

    sekarang tidak perlu jauh-jauh ke karawang kan pak.. bisa ke kanim yang di cipinang saja, relatif lebih dekat dan lebih besar daripada di karawang.

    yah, begitulah birokrasi pak. kita sebagai rakyat yang harus gede-gede maklumnya dengan pelayanan kali ya.. :D

  38. Swastika Ridayatma Says:

    matur nuwun Om.

    selamat beraktifitas.

    wassalam.

    sama-sama, selamat beraktifitas juga, terima kasih sudah mampir di blog ini.

  39. ameng Says:

    assalamu’alaykum wr wb,

    mas oyi, saya sudah coba daftar online. menurut statusnya, sudah selesai. tapi saya tidak bisa (tidak tahu caranya) men-download tanda terima pra permohonannya… Mohon bantuannya. terimakasih…

    wassalamu’alaykum wr wb

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    saat saya membuat tulisan ini, ada linknya untuk mendownload dalam bentuk pdf. apakah masih tertera disana? kalau tidak ada lagi mungkin sistemnya sudah berubah saat ini dan mohon maaf bila tulisan ini malah menjadi kadaluarsa karenanya. afwan jiddan.

  40. Andre Says:

    Infonya sangat membantu sekali mas.
    btw aku mau tanya, saya domisili di bekasi, otamatis ktp juga bekasi, tp saya tinggal di rumah nenek saya dijakarta selatan, pertanyaan saya apakah saya bisa memperpanjang passport di kantor imigrasi wilayah jakarta selatan?

    terima kasih mas oyi sudah share pengalamannya.

    sama-sama, terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
    jawabannya bisa. sekarang bisa mengurus paspor di kantor imigrasi mana saja, selama kita membawa segala persyaratan yang dibutuhkan.

    selamat mengurus paspor ya, semoga lancar.

  41. udung Says:

    aduh , , aku nyobain kok buntutnya verifikasi ya ??

    aku pengen maki maki orang nih jadinya cz langkah terakhir yang mas bilang(dapet tanda terima permohonan) cuma ada tulisan verifikasi, ,apa gara gara aku cuma uplod 3 surat penting ya?? emang aku punyanya cuma itu doang si mas , , ada solu ga mas ??
    tapi emg infonya helpfull bgt , ,

    duh, mohon maaf banget. sesuai yg aku tulis diatas saat menjawab salah seorang pengunjung blog ini juga, nampaknya fasilitas online ini belum sempurna. kenyataannya, seperti cerita diatas, saat aku berhasil mencetak pendaftaran online dan dibawa ke kantor imigrasi cipinang, para petugasnya masih ada yang belum mengetahui hal tersebut. tapi itu cerita setahun yang lalu. harapannya sistem online ini bisa diperbaiki dan dimanfaatkan oleh banyak warga yang hendak mengurus paspor dengan lebih mudah.

    bila mengikuti pentunjuk di atas, apa yang anda lakukan insyaAllah sudah tepat. hanya sistemnya yang kadang suka error. entah kehabisan bandwith karena banyak yang mengakses atau memang dari sisi softwarenya yang belum sempurna. mohon maaf bila tidak bisa membantu ya.

  42. ordinary Says:

    Very informative! thank you!

    anytime.. thank you.

  43. ordinary Says:

    Dear Mas Oyi,
    wah ternyata mas termasuk yang beruntung bisa menggunakan situs imigrasi tanpa ada glitch. Saya cuma bisa lewat sampai lembar isian permohonan (halaman sehabis pra permohonan button di click), habis isi, klik lanjut dan……stuck. saya coba lagi dan lagi. tetep, stuck.
    oh well shouldve known better. Online application disini? mungkin bisa lancar di era yang lain, bukan sekarang :)

    benar, saya merasa demikian juga. duh, jadi gak enak nih, mempromosikan situs imigrasi tapi ternyata fasilitas tersebut sudah tidak tersedia lagi.

    menurut anda enaknya fitur diatas kita hapus saja apa gimana ya, biar gak banyak yg merasa dibohongi?

    terima kasih komentarnya.

  44. budi Says:

    arti kata 24H perorangan dan 48H perorangan dan splp

    24H dan 48H maksudnya adalah 24 dan 48 halaman paspor kita. SPLP berarti Surat Perjalanan Laksana Paspor, dipakai untuk bepergian melewati pintu-pintu imigrasi tanpa menggunakan paspor. biasanya ini dikeluarkan untuk keperluan dinas atau darurat.

  45. sundriedtomatoes Says:

    Hi Mas Oyi, Sebenernya saya merasa sangat terbantu dengan blognya mas oyi, karena sangat informatif tanpa menggurui. Sayang kalau dihapus. Blognya mas saya jadikan acuan utk temen2 saya yang mau urus paspor, paling tidak untuk informasi bahwa sudah ada usaha dari pemerintah untuk menjadikan pekerjaannya lebih efisien. Sayang tidak terurus, but they meant well. Tapi saya juga kasih link ke temen2 mengenai pengurusan paspor yg manual. Karena baik online maupun ga, toh proses administratif, antri ambil nomor, foto dan sidik jari tetap sama :).

    Mungkin jangan dihapus, mas. Tapi bisa ditambahkan warning diatasnya bahwa sepertinya situs imigrasi sudah tidak berjalan selancar waktu2 sebelumnya. Jadi maaf kalau proses online terganggu dan tidak sesuai seperti dengan pengalaman yg dituliskan di blog.

    Mungkin begitu kali ya? :) Keep blogging, mas!! U’re helping a lot of people!

    cheers,

    hi again,

    terus terang, semangat ngeblog lagi menurun nih. butuh suasana baru kayanya. namun dari komentar yg membangun seperti ini, membuat semangat itu ada lagi. terima kasih atas inputnya, insyaAllah saya akan mencoba memperbaiki posting mengenai pengurusan paspor ini.

    terima kasih sekali lagi atas inputnya.

  46. agung Says:

    Terima kasih mas sharingnya..saya juga tadinya bikin di karawang..ternyata sekarang bisa dimana saja ya..trims :)

    alhamdulillah, sama-sama. selamat jalan-jalan di luar negeri.. :D

  47. Dian VR Says:

    Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat buat saya yang lagi mau mengganti paspor lama secara online.

    Saya sudah mencoba daftar secara online, setelah mengisi semua data dan saya klik ‘lanjutkan’, screennya tidak berubah sama sekali. Selain itu, saya tidak melihat ada menu untuk upload lampiran2 yang diperlukan.

    Apa karena utk browsing saya menggunakan Safari untuk Mac, bukan Internet Explorer? Sebab ada web2 tertentu yang seperti itu. Mohon infonya ya. Thanks.

    benar. saya barusan mencoba kembali memakai internet explorer, semua masih berjalan dengan baik. menu upload dokumen yang anda cari, ada di step ketiga setelah semua form diisi dengan lengkap.

    silakan dicoba dengan menggunakan IE sesuai saran situs tersebut. terima kasih ya sudah mampir, semoga lancar urusan membuat paspor barunya.

  48. Jakson Says:

    Mas mo tanya,

    klo kita ngecek status permohonan paspor scr online untuk tau paspornya dah bisa diambil apa ya?
    aku liat klo status permohonanku “serahkan paspor”
    apa ini berarti parpor dah jadi dan siap diambil?

    Thanks

    nah itu dia, kayanya masih belum ada konfirmasi dari pihak imigrasi. idealnya sih begitu ya, kita daftar online, urus di kantor imigrasi lalu mendapat pemberitahuan via sms atau email. tapi kapan itu terjadi? entahlah. sekarang kudu kita yang masih harus mengecek ke kantor imigasi dimana kita mendaftar. terima kasih sudah mampir disini ya.

  49. ipal Says:

    Salam knal mas,..terima kasih atas info yang berharga ini dan moga memberikan mamfaat untuk semua

    salam kenal ipal.. terima kasih sudah mampir ya. amin, semoga apa yang dibaca dapat memberikan manfaat bagi pembacanya.

  50. wiwi Says:

    klo yg belum menikah persyaratanya apa aja ya????

    syaratnya sama seperti yang dijelaskan diatas mbak wiwi, bawa KTP, kartu keluarga, ijazah, surat keterangan RT/RW insyaAllah sudah cukup.

  51. wildan Says:

    mas, mau numpang tanya juga
    kalau mahasiswa berarti cukup KTP, KK, Akta Kelahiran saja ya?

    Saya KTP Jawa Timur, dan sekarang di cikarang. Bisa khan mengurus langsung disini? untuk cikarang, kanim terdekat dimana ya?

    Terima kasih atas respons nya :)

    syarat yang diserahkan insyaAllah cukup. untuk kanim terdekat di cikarang, bisa ke karawang. insyaAllah bisa mengurus disana.

  52. agustinus Says:

    Makasih atas infonya, sangat berguna sekali.
    Dalam waktu dekat saya mau keluar.
    Saya tinggal di Bekasi dan berarti bisa ke Jakarta timur ya..hehehe

    sama-sama, senang bisa berbagi. ya, saya juga di bekasi dan mengurusnya cukup di kanim cipinang, gak perlu di karawang.

  53. Leo Says:

    mas,
    mau nanya kalo saya mau buat paspor baru, tapi paspor lama saya hilang,.mereka bakal ngecek ga sih data paspor lama kita?kalo dicek, sampe paspor tahun berapa yang dicek??
    mohon bantuannya ya mas…

    Thanks

    data paspor lama kita akan tetap ada di imigrasi bung leo. selama kita memasukkan nama, tanggal lahir dan data vital kita yang sama, akan terlihat bahwa kita sudah memiliki paspor pada masa lalu.

    sampai kapan data itu ada, saya tidak tahu bung leo. maaf bila jawabannya tidak memuaskan, karena saya bukan orang imigrasi :D

  54. Andyn Says:

    Assw mas
    saya mau tanya
    saya juga tinggal di bekasi, tapi saya ingin membuat paspor di Jaksel, kbetulan kantor imigrasi Jaksel dekat dgn kantor sya, apakah itu dimungkinkan ??
    kemudaian yang kedua, saya memekai jilbab, apakah sampai sekarang masih dipermasalahkan untuk wanita berjilbab harus melepas jilbabnya untuk berfoto ? untuk masalah itu saya masih agak bimbang.
    Mohon bantuannya mas
    Terima Kasih

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    insyaAllah sekarang sudah bisa, mengurus paspor di kanim mana saja.
    untuk pasfoto, istri saya pun berjilbab, tidak ada masalah sama sekali. selamat membuat paspor ya andyn, dan terima kasih sudah mampir disini.

  55. Edwin Says:

    Mau tanya dong, saya sudah upload online dan sudah dapat barcode no registrasi online, tapi kalau kita click “STATUS PERMOHONAN” di website http://www.imigrasi.go.id tulisannya ” ” alias tidak ada status permohonan.

    Apa memang begini & kita harus pergi sendiri ke Imigrasi? Makasih

    iya benar. sepengetahuan saya, sifat dari formulir online itu hanya untuk membantu entry petugas imigrasi. bila dihadapkan pada masalah, sebaiknya langsung mengunjungi kanim terdekat saja tanpa harus memasukkan info via online.

  56. sally Says:

    kalau hilang passport nya lama ya bikin nya, harus ke pengadilan dulu?
    saya ada passport nya yang lama bgt, yang perpanjang 2 tahun lalu hilang.
    atau bikin baru aja ya?
    mohon saran nya.

    kok ke pengadilan? mungkin bisa melapor ke polisi dan dibuatkan surat berita acara kehilangan. dengan bekal itu lalu membuat paspor baru.

  57. imad Says:

    assalamu’alaikum,salam kemal,wah….makasih banget ya mas atas informasinya.awalnya aku tidak tau sama sekali gimana cara mengurus paspor dan kemana aku akan perg mengurusnya.trima kasih banyak ya mas

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh. alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu. semoga bermanfaat info ini ya.

  58. Iin Irmawita Says:

    Assalamualaikum,

    Mas..sy mw perpanjang pasportnya,dan sy sdh engisi formnya secara online…tapi kok pas mau ketahp berikutnya untuk LANJUT tdk ada respon apa2?kenapa ya….trims.

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    permasalahan ini sering ditanyakan pengunjung blog ini bu iin. bisa dicoba dengan menggunakan browser lain? misalnya bila menggunakan firefox dicoba untuk memakai internet explorer, atau sebaliknya.

  59. isti Says:

    Met sore Pak ,
    Thanks infonya, mau numpang nanya nih, saya sudah mengisi permohonan online, trus sudah mengambil nomor antrian dan disuruh kembali 4 hari lagi. Tapi pada saat mengisi permohonan online & formulir saya cantumkan paspor 24 halaman, nha saya tadi baru liat2 lagi ternyata yang 24 halaman sekarang hanya untuk TKI. Apakah perubahan permohonan bisa dilakukan pada saat wawancara?

    formulir isian nampaknya hanya membantu petugas mengentri data saja. nanti pada saat wawancara akan ketahuan bahwa anda mengurus paspor bukan untuk keperluan TKI sehingga tetap akan mendapat yang 48 halaman, insyaAllah.

  60. maria Says:

    Terima kasih infonya… sangat membantu saya, terutama info tentang pengurusan parpor gak harus di Kerawang (bisa di Cipinang).
    Btw, kira-kira biaya pengurusannya apakah sama, atau sudah ada kenaikan ya? Mohon infonya.
    Terima kasih banyak ya mas…

    sama-sama mbak maria. karena saya baru perpanjang tahun 2009 kemarin, insyaAllah kalaupun ada kenaikan tidak akan banyak. tapi nampaknya masih sama kok, sekitar 270.000-an.

  61. Komarudin Says:

    assalamu alaikum wr.wb.
    mas saya mau tanya, rencana bulan ini saya akan buat paspor,( mendadak )tapi ktp saya bermasalah dengan photo nya, yaitu photo di ktp pudar ( kualitas ktp masa kini jelek )yang saya tanyakan klo pembuatan paspor terus photo pada ktp saya pudar bermasalah tidak?
    terima kasih.

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    coba difotocopy mas, apakah masih terlihat fotonya. saya rasa tidak masalah bila fotonya pudar yg penting teksnya masih jelas terbaca. untuk paspornya nanti akan difoto langsung di kantor imigrasi.
    terima kasih ya dan selamat membuat paspor.

  62. Komarudin Says:

    Assalamu saialaikum mas, saya mau tanya mengenai pendaftaran online, saya sudah mendaftarkan diri secara online sampai selesai pd tgl 28 Januari 2011,tetapi kok sampai sekarang saya belum dapat tanda terima pendaftaran,padahal proses permohonan pendaftaran tdk ada masalah,saya hanya diberi nomor urut pemohon,kira-kira kenapa ya?jika saya langsung datang ke kantor imigrasi tujuan apakah data – data yang saya kirim sudah terdaftar disana cukup dengan menunjukan no pemohon?
    terimakasih

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    insyaAllah sudah masuk kang komar. silakan menuju kanim sesuai yang anda telah input dan semoga apa yang anda tulis dan kirimkan via online telah diterima kanim yang bersangkutan.

  63. Vienna Says:

    Mas Oyi, thanx bwt post ny meski udh lma tpi brguna bgt, aq mau nnya dunk, ud prnh ngurus paspor atw dokumen keimigrasian lainnya di kantor imigrasi yg di kuningan blum (ditjenim) trus klo iya rsanya gmna? mhon di share pngalamannya,,,

    mohon maaf saya belum pernah mengurus paspor atau dokumen keimigrasian lainnya di kantor ditjen imigrasi kuningan jakarta. saya baru dua kali mengurus paspor yaitu di kanim karawang dan kanim cipinang.

    kalau ke ditjenim sih pernah, tapi itu untuk urusan pekerjaan, hehehe. thanks ya sudah mampir disini.

  64. Ulwiyana Sari Says:

    sma2 mas Oyi, btw sbnarnya sieh aq btuh bbrpa informan yg prnah mngurus paspor or dokumen keimigrasian lainya di kanim bwt kprluan skripsi gtu,,,,slnya kurg informan, klo aq jdiin mas oyi informan ny qra2 brsedia gk nie??? thanx sblumnya,

    wass,

    vienna

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh,
    waduh, informan atau nara sumber? kalau nara sumber dari sisi masyarakat yang menggunakan produk keimigrasian seperti pengurusan paspor, saya tidak keberatan. mungkin bisa mengirimkan questionernya untuk saya jawab, silakan saja.

  65. noname Says:

    numpang tanya paspor lamanya ditahan imigrasi ga?
    Boleh diminta lagi ga? Maksudnya dipersulit waktu kita minta?

    Kan paspor lamanya ada banyak koleksi pisa hehe jadi sangat berguna untuk apply pisa laen,.

    thanks

    tidak ditahan kok. setelah paspor yang baru selesai, paspor lama ikut pula dikembalikan.. :D

  66. yulita Says:

    assalanmualaikum,saya mau tanya ade sepupu pernah buat paspor tahun kemarin dan dia pergi kemalaysia ditawarin kerja tapi setelah sampai sana ternyata kerjaan tisak sesuai pas dia mau pulang ke medan ternyata cap melancong habis (karna waktu melancong 1 bln)karna dia panik akhirnya dia pulanbg lewat jalur yang tidak resmi(jalan belakang) yang jadi masalah na sekarang dia mau ke pergi ketempat yang sama tapi dia takut karna dia tidak punya cap keluar,sampai saat ini paspor hidup lagi,apa yang harus dilakukan ade sepupu saya sekarang supaya dia bisa pergi keluar negri.

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.
    paspor adalah salah satu syarat bagi warga negara untuk bepergian ke luar negeri. tanpa paspor atau surat perjalanan yg lain tentu tidak bisa berangkat. yang perlu dilakukan menurut hemat saya adalah melaporkan hal ini ke kantor imigrasi terdekat dan membuat paspor yang baru. saya rasa bisa dimasukkan ke dalam laporan paspor hilang sehingga bisa diterbitkan paspor penggantinya. wallahua’lam.

  67. Debora Says:

    huhhuhu seperti menemukan padang oasis di padang pasir, infonya sangat membantu,, dari kemarin lg bingung posedur pembuatan pasport,, thank’s a lot anyway :D soalnya ini yang pertama kali, btw kl KTP gw Malang mau buatnya di Jakarta bisa nggak yah? soalnya skrg tgl di Jakarta

  68. frengki Says:

    kenapa setelah saya menyelesaikan syarat – syarat yang ditunjukkan
    Print out Tanda Terima Pra Permohonan nya gak ada saya terima.
    mohon bantuannya,
    terima kasih.

  69. frengki Says:

    mohon bantuannya dan kalau berbaik hati kirim saya kejelasannya lansung ke email saya fido_sky@yahoo.com
    saya nantikan jawaban dari saudara
    sekali lagi saya ucapkan
    terima kasih.

  70. ap1984 Says:

    alhamdulillah terima kasih atas informasinya…kebetulan saya punya passport yang masa berakhirnya pertengahan tahun depan..tetapi kebetulan saya mau melanjutkan studi ke luar (sponsor). nah saya perlu memperpanjang masa berlaku sampai minimal selesai studi. Dengan informasi ini akan saya coba. Saya coba daftar online dulu, jadi saat memperpanjang bisa lebih cepat..sekali lagi, terima kasih ya mas.

  71. Anti Says:

    Asmkm. Mas, mau nanya nih…gmn caranya jika paspor hilang dan pada saat pulang ke indonesia dulu tidak melapor di imigrasi LN dan imigrasi Indonesia bahwa telah keluar . Dan jika paspornya sdh mati dan mau ambil lagi, apakah akan dipermsalahkan? mohon di bls di no.ini 085 255 286 046. Syukron

  72. vika Says:

    saya juga punya pengalaman ngurus paspor bukan perpanjang tapi hilang di imigrasi surabaya, ga ribet asal persyaratan lengkap bisa buka di:

    http://diarysivika.blogspot.com/2011/09/paspor-hilang.html

  73. indent2show Says:

    alhamdulillah ya, sesuatu bngt artikelnya..
    mksh bnyk mas untuk postingan dan sesi tnya jawabnya..
    bnyk baca, bnyk tau.. smoga ilmunya manfaat untuk newbie sprti saya..

    Cheers :D

  74. Jaki Says:

    trims mas atas infonya. ternyata birokrasi indonesia beluam ada perubahan ya. walaupun sekarang sedikit lebih baik. maju terus bangsaku!

  75. rana Says:

    makasih, informatif banget deh ulasannya. saya juga mau bikin paspor dalam waktu dekat. mau nanya, kira2 isi wawancaranya apa saja? terimkasih

  76. Firdausiah Adinta Says:

    Terima kasih infonya…
    Saya mahasiswa dan akta kelahiran asli saya hilang, hanya ada fotokopiannya…
    Jika saya mengurus passport hanya dengan menggunakan KTP, KK, dan Ijazah SMA saja bisa tidak?
    di persyaratannya akta lahir/ijazah, jadi boleh kan salah satu?
    Terima kasih banyak, mohon bantuannya :)

  77. david Says:

    mas mau tanya neh saya dulu punya passpor tahun 2004 waktu itu saya mau pergi ke jepaang , karena gagal ngurus ijin visa nya, passport saya dibawa pengurus visa. sampe sekarang belum d kembalikan pada saya. orgnya sudah pergi entah kemana. sudah saya cari tidak ketemu org nya. karena passport saya d bawa org yang mengurus visa saya dulu, saya harus bagaimana untuk mengajukan pembuatan pasport..? . tahun ini saya mau ngajukan pembuatan passport. saya membuat baru ato melapor kalo passport saya hilang..? denger2 soalnya tahun 2004 bebas denda alias pembuatan baru

  78. septiany Says:

    askum…setelah baca ini saya sudah memahami, tolong dibantu, masa berlaku passpor saya sudah habis dan rencana mau bikin baru untuk jalan-jalan, tetapi masalahnya dulu bulan lahir saya dicetak salah. yang seharusnya di semua dokumen asli 17 September 1991 di cetak 17 Juni 1991, itu bagaimana? mohon infonya bila mengetahui…terimakasih

  79. Shanty Says:

    Aku mau tanya, sebenarnya kelengkapan buat passport uda siap uda bayar juga sebesar 255rb, cuma wktu itu tinggal foto n wawancara aja, berhub antrian panjang n ijin kerja dibatesin sampe jam 2, akhirnya aku batalin untuk antri. Tapi sebelumnya aku uda tanya ke bagian informasi kalo untuk foto n wawancara apa bisa di lanjutkan besok dg hanya mengantri utk foto dan wawancara, tetapi petugas itu blg kalo ga bisa hari ini maka apa yang uda aku bayar n aku urus hari itu hangus, alias aku harus memulai dari awal dan melakukan pembayaran ulang lagi. Apakah memang seperti itu peraturannya sekarang? Mohon advis saja mas Thank u sebelumnya by shanty dari sby


  80. mas mau nanya ni, kalau mau cari data pasport lama dimana ya carinya.. untuk cari no. pasport lama..?


  81. alhamdulillah membantu bgt buat saya yg ingin membuat paspor , saya mahasiswi yg ingin membuat paspor untuk memdftarkan beasiswa, saya ingin bertanya , kenapa pas saya klik Pra Permohonan Personal,setelah di klik langsung bacaannya tanggal permohonan , tidak ada pemilihan tempat kanimnya ya ? apa saya salah ya ? terima kasih


  82. saya ingin bertanya, dari jenis paspor itu saya tidak mengerti maksud dari 24h perorangan,48h perorangan, dan Epassport 48h . boleh saya minta penjelasaannya ?? terima kasih banyak

  83. arsad Says:

    Pengalaman yang sama, dicoba dan dicoba terus terutama di jam-jam kurang sibuk jam 2 pagi jam 4 pagi atau jam11-12 malam. Server imigrasi lagi lemot yang akses berjubel ratusan ribuan orang barengan akses, dicoba terus sis…

  84. Lisa Says:

    mas saya mau tanya kalau kita salah pilih jenis perorangan permohonan baru padahal kita mau penggantian-habis berlaku ( perpanjangan pasport lama.) terus saya sudah keburu bayar di BNI dengan status permohonan baru. dan menurut orang kanim (kantor imigrasi) saya harus bayar ulang lagi . padahal saya hanya kesalahan pilihan sewaktu on line. pertanyaan saya adalah apakah ada cara lain agar uang saya tidak ilang tapi bisa di alihkan ke perpanjangan pasport. gimana caranya ya. mohon penjelasannya terima kasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 260 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: