Upin & Ipin: Film Kartun dari Malaysia

13 Februari 2009 16:56

JATIBENING – Sudah beberapa hari ini aku sibuk mendownload film animasi 3D dari negeri jiran Malaysia, yang berjudul Upin & Ipin. Seingatku, waktu Ingga ikut pesantren Ramadhan lalu, para pengajar yang berasal dari Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa [RISKA] pernah memutar film animasi ini.

Tokoh Upin & Ipin yang digambarkan sebagai bocah kembar yang sangat enerjik, selalu ingin tahu dan sering bertengkar dengan kakak mereka, si Kak Ros, hidup bersama neneknya yang dipanggil Opah di sebuah desa di Malaysia. Film yang berkisah seputar kehidupan mereka di bulan suci Ramadhan memang bertutur tentang serba-serbi ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Nampaknya, menjadikan film sebagai sarana edukasi untuk anak dan pemirsanya, telah diemban dengan baik oleh produsen film ini.

Format film yang 3 dimensi menjadikan film animasi ini kualitasnya lebih bagus dibandingkan film kartun Islami buatan Indonesia, seperti film animasi garapan NCR dengan serial Syamil & Nadianya yang sering kami beli untuk anak-anak. Namun karena format 3 dimensi itu lah mungkin jumlah film Upin & Ipin yang diproduksi masih sedikit dibandingkan dengan VCD buatan NCR yang sudah banyak beredar dan berdurasi lebih lama.

Dari segi karakter, animator-animator yang menciptakan Upin, Ipin, Kak Ros, Opah, Fizi, Mei-mei, Rajoo, Ehsan, Mail dan lainnya, harus diakui berhasil membawa mimik-mimik mereka dengan sangat ‘hidup’. Pengisian suara dengan dialek khas Melayu juga turut menghidupkan film ini sehingga tak heran bila anak-anak sangat menyukainya.

Masing-masing karakter memiliki kekhasan sendiri-sendiri, misalnya Ipin yang suka mengulang kata ‘betul, betul, betul‘, si Kak Ros yang sering jengkel kepada adik-adiknya, atau si Ato’ yang rada gak suka sama anak kecil. Walaupun demikian, saat kutanya apakah mereka paham semua dengan apa yang dibicarakan, si Najah pun menggeleng. Ya iyalah maklum, anak Purwokerto ‘lum banyak paham bahase Melayu la.. :D

Tertarik untuk mengunduhnya? Tersedia gratis di situs Upin & Ipin sebanyak 24 episode yang terdiri dari 16 episode Ramadhan @ 5 menit dan 6 episode baru @ 8 menit. Untuk versi layar lebarnya yang baru diputar 12 Februari 2009 di pawagam/bioskop di Malaysia, sepertinya kita harus bersabar dan berharap ada versi youtube-nya, hehehe.

Selamat menonton, jangan lupa ajak anak-anaknya ya.. Betul betul betul! :D

23 Responses to “Upin & Ipin: Film Kartun dari Malaysia”

  1. paknenisna Says:

    kesengsem sama tuh pelem juga tho kang.. samma’.. malah ‘nyong sampe motong salah satu clip dan mengkonvertnya jadi mp3 buat message alert.. biar kalok pas ada sms mangsup :”assalamu’alaikuuummm…” gemes deh ndenger suara kompak mereka.. :-)

    hehehe.. emang lucu banget tuh film yak.. di situsnya sudah ada mp3 yang tinggal didownload kang, termasuk yang ‘assalamu’alaikuuum’.. coba cek http://www.upindanipin.com.my/downloads.html

  2. Krishna Says:

    halo bang Oyi, bagaimana kabarnya?

    sekedar kabar saja, sekarang saya sudah punya hosting sendiri, tampaknya usaha saya di dunia online sudah semakin berkembang sampai2 mampu beli hosting sendiri.

    Ini semua tidak lepas dari peran Bang Oyi yang membuat saya tertarik pada dunia blog bulan Juli tahun lalu. Kiranya jika sobat memiliki waktu silahkan kunjungi blog saya ini.

    Terimakasih sahabat

    sama-sama krishna, senang mendengarnya. semoga usahamu maju ya. tapi ngomong2, situsmu isinya kok dewasa sekali ya?

  3. mahargono Says:

    wah… aku langsung jatuh cinta saat pertama nonton di TPI gara2 anakku yang lagi nonton… bagus banget..edukatif dan khas anak2, bukan model kaya di negeri kita…. ingat nggak dulu ada kartun jepang kum-kum… bagus juga…., sayang ya… sekarang kartun, komik yang edukatif yg mengajarkan moral, etika kayak tintin,

    ah, bapak pemerhati film kartun juga, masih ingat dengan kum-kum ya? namun itu buatan PPFN kalau gak salah ya? untuk film kartun islam buatan negeri sendiri ada juga yang baik pak, seperti si syamil dan kawan-kawannya. anak-anak saya juga senang tuh nonton film itu, penuh dengan edukasi dan info pendidikan islami.

  4. mahargono Says:

    dimana ya bisa dapat vcdnya

    waktu kami liburan ke KL bulan lalu sempat beli beberapa untuk oleh-oleh kerabat. mungkin di indonesia belum ada distributornya, walaupun untuk episode-episode gratisnya bisa kita download dari youtube.

    tunggu saja lebaran besok pak, insyaAllah film upin-ipin layar lebarnya akan diputar di bioskop indonesia. biasanya setelah diputar di bioskop akan ada vcd/dvd-nya.

  5. rida Says:

    gimana ya supaya bisa mendownlad film upin-ipin secara keseluruhan (satu episode)

    bisa memanfaatkan situs savevid.com. copy URL di youtube pada film upin yang dimaksud, lalu paste-kan di kolom input di situs savevid.com. ukhti bisa memilih format FLV atau MP4. untuk playernya, silakan unduh windows media player classic dari http://www.free-codecs.com/Media_Player_Classic_download.htm. selamat mencoba.

  6. Riri Soebandi Says:

    Hi…
    Dimana ya cari boneka Ipin & Upin itu? soalnya aku sekeluarga suka banget..
    thanks banget buat infonya.

    waduh, kami malah tidak mengetahui bila ada boneka upin & ipin. sudah dicek di situsnya? siapa tahu merchandisenya bisa dikirim ke indonesia.

  7. yuma Says:

    udah ngak sabar nntn crita2 yg lainnya… buruan d tayangin dunk!!!kalau ada jual boneka & baju nya, nak nak… seroonok sangat.. heheeee.

    awak nak episod lainnye? kami jugeee.. hehehe..
    sayangnya sekarang episode-episode barunya di youtube dipotong jadi setengah, gak full satu episode seperti yang sudah-sudah. jadi males deh mendownloadnya.
    baju dan boneka, coba lihat di situsnya, ada merchandise yg bisa dibeli disana.

  8. dian Says:

    wah!!!bagus tp jam’y jangan jam segitu donkzzz aku khan sekolah!!!tp aku sukaaa bangetzzzz ma ipin lucu..lucu..lucu

    hari sabtu/ahad nampaknya ada tuh tayangannya di TPI. betul?

  9. farida ariyani Says:

    assalamualaikum teman-teman

    Saya punya banyak boneka ipin dan upin klo berminat satu bonekanya 23.ooo (blum termasuk ongkos kirim)
    maksih teman-teman
    wassalamualaikum

  10. rudy dewanto Says:

    Hai teman2 salam kenal, saya jual boneka ipin dan upin harganya 48.000 satu pasang, per@ Rp.25.000, klo anda minat sms saja 081915569769, nanti saya kirim gambarnya via email, maksih teman-eman

    anak saya tertarik memiliki boneka upin dan ipin ini. ada gambar/foto bonekanya om? thanks.

  11. candra Says:

    harus nonton kartun upin ipin ya betul…betul…betul …. heheheh

    betul betul betul.. di tpi diputar setiap sore jam 1630, atau lihat film terbarunya di youtube, di channelnya lescopaque’s.

  12. aris Says:

    salam kenal…
    aku mau numpang jualan nih…aku jual boneka ipin upin harga satuannya Rp.25.000…klo mo ngambl banyak bisa juga ko.harga jelas lebih murah lagi karena kita langsung dari pabriknya (blm termasuk ongkos kirim,bekasi dan sekitarnya gratis ongkos kirim)
    call or sms ke 085624117111.
    trims

    hehehe, banyak yang berjualan boneka upin dan ipin ya. ada situsnya atau gambar bonekanya tidak, karena anak saya memang menginginkan boneka upin dan ipin ini. syukron.

  13. nova arisandi Says:

    klo si situs resmi ga ada mba…palingan dari Fb saya (aris_race@yahoo.com) aja,bisa di lihat ko…trimakasih….

    ok kalau begitu. ongkos kirimnya ke bekasi, berapa? lalu transfer kemana untuk pembayarannya?

  14. winda Says:

    hai……
    salammmmmm kenal yaaaa….
    betul…betul…betul….
    tmen q dah dapet baju Upin Ipin nih
    q jga mau doooonnnkkkk
    Upin Ipin keren bangetttttttttttt

  15. erwin firmansyah Says:

    bteul…..betul….betul
    emang film upin & ipin “rame” bangeet. apalagi kalau udah bertengkar dengan si kak ros itu. dan juga bagus untuk edukasi anak-anak yang disertai celotehannya yang lucu.

    benar pak. salut saya sama yang membuatnya, bisa bikin karakter dalam film itu begitu hidup dan sangat alami. terima kasih sudah mampir di blog kami.

  16. rizky Says:

    aku seudah baca buku saya
    dengar y!!!!!!
    Dua Tiga kain katun
    Sijarjit suka pantun!!!!
    btul…betul…betul

    hahahaha.. betul betul betul.. sudah mirip jarjit!
    makasih ya rizky!

  17. halimatus shofiyyah Says:

    aku gak suka sama si Ato’ yang rada gak suka sama anak kecil,emangnya dia gak pernah kecil dulu betul betul betul

    padahal atok itu baik lho. contohnya, dia mau bikinin sepeda tandem untuk upin dan ipin, juga mengambil rambutan agar dapat dijual dan dimanfaatkan. baik kan?


  18. […] yang aman untuk ditonton. Bila menyebut judul acara yang sering ditonton mereka, seperti si Bolang, Upin dan Ipin atau Laptop si Unyil, itu hanyalah sebagian kecil acara yang kontennya cocok untuk anak-anak. Lagi […]

  19. pu3 Says:

    betul betul betul..sepakat pak…
    upin dan ipin,, film yang bagus…andai Indonesia juga bisa bikin kaya upin ipin itu pasti anak2 kita akan lebih mengerti omongannya ya…krn bahasa malaysia dan Indonesia walo 1 rumpun terdengar berbeda…^^

    terima kasih ibu. ya, bukannya mau mempromosikan film tetangga, namun kita pun sebenarnya mampu memproduksi film kartun yang baik. hanya saja upin dan ipin ini bisa begitu hidup karakternya. cara bercakap, bermain, bercanda, sampai kasus dan permasalahan anak-anak serta penyelesaiannya begitu natural, tidak dibuat-buat. kalau pun hendak menampilkan imajinasi anak-anak yang diluar mainstreamnya, mereka memvisualisasikannya pun dengan baik. hanya saja film layar lebarnya, si geng, kok saya kurang suka ya hehehe..

  20. putri Says:

    sya ska film upin&ipin

    btul…………..btul………

    suka same upin ipin je? suka tak sama yang lain macam jarjit, meymey, ihsan, fizi, mail sampai kak ros?

  21. amelia Says:

    tiap ada film upin&ipin sya tak pernah tertinggal pasti deh saya menongtonnya karena film nya lucu betul….. betul……betulllllllll……. ya pasti betul donggggggggg yang nonton film upin&ipin pazti pintarrrrrr

  22. Laili Says:

    Upin&ipin nya bagus bangetttttttt


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 261 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: