Peta Garmin Gratis

Peta Kota Banda Aceh

JAKARTA – Bertepatan sebulan sejak dikeluarkannya peta Garmin Indonesia oleh Navigasi.net yang dikomandani Bung Buyung Akram, hari ini 17 September 2008 navnet mengeluarkan kembali peta Garmin edisi terbarunya.

Peta terbaru ini (GMAPSUPP_v0.58 – 61.780.992 byte) merupakan update dari peta yang dipublish kepada publik sebulan sebelumnya dan diklaim oleh bung Buyung sebagaimana press releasenya di milis id-gps@yahoogroups.com fitur Lock on Road, Turn Preview, bisunya Voice Guidance dan –ini yang terpenting menurutku– besarnya tingkat kegagalan dalam pelaksanaan auto routing jarak jauh telah selesai diperbaiki. Terlihat juga penambahan POI yang cukup banyak dibanding versi terdahulu.

Sebagai peta yang dikerjakan ‘keroyokan’ oleh beberapa pecinta GPS di seluruh Indonesia, tak heran bila peta ini makin lama makin lengkap saja. Dari Banda Aceh sampai Papua, tersedia map dan POI-nya! Sungguh luar biasa dedikasi tim map development Navigasi.net, sehingga kita-kita yang awam dengan teknologi pembuatan map dapat menikmati hasil karya ini dengan gratis, subhanallah.

Namun, walaupun tim Map Developer Navigasi.net sudah menggratiskan peta ini, sumbangsih kita sebagai pengguna juga tetap diharapkan. Sebaiknya sih, bila ada nurani 😛 , sudilah mengirimkan donasi ke rekening bung Buyung Akram di BCA #0950935499 atau via PayPal agar proyek ini dapat terus berjalan.

Semoga dengan dirilisnya peta Mudik Merdeka ini dapat membuktikan kepada dunia bahwa negara kita pun mampu membuat peta dengan tingkat akurasi yang baik. Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan hidayah kepada bung Buyung Akram dan segenap tim map developernya atas diikhlaskannya hasil karyanya dinikmati banyak pihak, amin.

Salut!

UPDATE: Bagi yang hendak mendownload peta garmin gratis ini dapat mengunduhnya dari situs navigasi.net.

28 pemikiran pada “Peta Garmin Gratis

  1. Terima kasih atas petanya.
    Tetapi masih belum ada petanya untuk daerah Gunung Putri.
    Mudah2an rilis berikutnya sudah ada.

    don’t thank me.. hehehe, saya cuma membantu menyebarkan informasi peta gratis ini. untuk kelengkapan peta, saya yakin tiap bulan akan ada rilis baru. semoga rilis berikutnya akan membuat peta ini lebih sempurna.

  2. Alhamdulillah,

    Petanya sudah ada yang terbarunya.
    Peta ini sangat berguna sekali bagi saya.

    Semoga menjadikan jariyah !
    Amin

    TWD

    terima kasih cakhadi, walaupun sebenarnya blog ini hanya memasang link peta hasil kerja luar biasa dari kontributor navigasi.net. kepada mereka lah semoga menjadi amal jariyah, karena telah berdedikasi penuh kepada pengguna gps di indonesia dan mungkin di belahan bumi lainnya.

    nantikan tanggal 17 desember ini akan keluar lagi versi terbaru peta garmin navigasi.net.

  3. Peta navnet v0.61 sudah saya coba, ada masalah perbedaan koordinat peta di lokasi saya perumahan Duta Bandara Permai. Ada Pergeseran 1 Blok sekitar 50 m dari lokasi POI yg saya tandai di Peta City Navigator.
    Untuk Luar Kota saya sudah coba ke daerah puncak hasilnya cukup bagus, seperti peta Kota Bunga, Green aple, dan Lembah bukit raya sudah ada petanya, hanya kadang posisi kita melompat ke jalan terdekat, kemudian kembali lagi normal.

    betul bung Dony, soal pergeseran POI, beberapa kawan di milis id-gps juga menulis hal serupa. semoga bisa menjadi masukan bagi tim map developernya ya. thx.

  4. Mas, mau tanya donk setelah download cara pakai nya gmn ya, saya punya garmin 250, ada slot SD nya, apa dgn taruh file hasil download di SD card trus nyalain aja GPS nya? Saya download yg mapsource, sudah benar utk garmin 250? mohon petunjuknya, thanks ya

    walaupun saya bukan pemakai garmin 250 semoga apa yg biasa saya lakukan
    dapat diterapkan di garmin 250.

    setelah anda mendownload file peta dari navigasi.net, jalankan file .exe
    itu untuk menginstalnya. nanti akan ada folder myMaps yg di dalamnya ada
    file gmapsupp.img. file ini lah yg di-copy kan ke SDCard. bila anda
    tidak mau peta aslinya tertumpuk, bisa dipindah dulu file gmapsupp.img yg asli ke komputer.

  5. om oyi….
    peta garmin ini bisa dipake digarmin mana aja ya? tau nggak om?

    saya pernah mengaplikasikan peta ini di tiga garmin pada tiga device yang berbeda, yaitu di nuvi, pda dan nokia e90. semuanya bisa memakai peta garmin ini.

  6. Numpang Promo Yaa
    Buana Survey dealer resmi Garmin Indonesia, produk yang kami jual : GPS Automotive, GPS Autopilots, GPS Aviation, GPS Basic Handhelds, GPS Chartplotter, GPS Fishfinder, GPS Mapping, GPS Maps, GPS Marine, GPS Motorcycles, GPS Networking, GPS Portable, GPS Sounder, Garmin Mobile, Radar
    Hub kami di 021-7321129, 021-71458381, 021-71500714, 021-71601997. Website http://www.buanasurvey.net , email : csbuana03@yahoo.com

  7. kok peta banda acehnya nggak ada mas, saya udh download dan ekstrak tapi nggak muncul juga peta banda acehnya

    anda menggunakan peta dari navigasi.net kan? ada bung. salah satu cara mengeceknya adalah dengan mencari alamat/address. pada pilihan provinsi, akan terlihat provinsi nanggroe aceh darussalam. dari situ, kita pilih kota ‘banda aceh’. mohon dicoba kembali, terima kasih.

  8. mas mw tanya, ini peta bisa bwt update garmin mobile XT yang di HP symbian ga ya?? jzkumullah..

    insyaAllah bisa. tinggal direplace file imgsupp.img dari navigasi.net ke folder garmin di hp.

  9. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    mo nanya nich. Apakah peta tersebut kompatibel di semua perangkat GPS. saya menggunakan GPS merk AVT NV-01.
    terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    wa’alaikumussalam,
    peta itu bisa digunakan pada device gps yang berbasis garmin, seperti nuvi atau mobileXT. nah yg AVT memakai sistem navigasi dari mana? kalau diluar garmin, tidak bisa ya.

  10. Assalamu’alaikum..
    ada yg lupa nich..
    bisa gak peta tersebut dogunakan di PC atau laptop?
    klo bisa gimana caranya?
    wassalamu’alaikum..

    wa’alaikumussalam..
    bisa ron, tinggal dicopy saja file gmapsupp.img ke root foldernya garmin.

  11. salam kenal om oyi..

    mau tanya sedikit om, saya ada pakai PDA Imate 9502
    di sistem ada program GPS

    os yang digunakan Windows mobile yang sudah saya upgrade ke versi 6.1

    sebetulnya GPS garmin Mobil XT sudah bekerja dengan baik di Imate saya, namun saya ganti Memory card dari 1 g menjadi 4 g.

    saya sudah back up semua dan pada saat di compile sekarang tidak bisa.
    saya jg sudah hard riset yang biasanya langsung ditek tapi sekaran saya di lock.

    saya diharuskan pilih purchase & go, Begin Trial, enter product key, conect to garmin gps.

    saya coba masuk 1/1 tapi semua tulisnya server could not process request.

    ada saran atau pencerahan…? Tolong dibantu..

    Regards
    Budi S

    dapat dipastikan di folder garmin anda file sw.unl-nya hilang atau tidak cocok. anda harus mempunyai file sw.unl yang digenerating dari software ID garmin mobileXT. bila anda menggunakan map yg berbayar, anda pun harus mempunyai file gmapsupp.unl di folder garmin. lain halnya bila map yang anda gunakan bersifat gratis, maka anda tidak memerlukan file gmapsupp.unl.

    untuk memperoleh file sw.unl dan gmapsupp.unl ini, anda harus mendapatkannya dari dealer garmin/tempat anda membeli produk garmin tersebut.

  12. kalo sekarang peta garmin terbaru untuk seluruh indoesia versi berapa? rilisnya kapan?
    soalnya map yg saya punya kurang lengkap daerah medan nya

    peta navigasi.net terbaru saat ini sudah versi 1.63. terakhir saya pakai di medan alhamdulillah cukup lengkap.

  13. bos klo download garmin buat pc adakan?
    boleh minta link nya yg free?
    thanks.

    maaf mas arif, ini link untuk peta garmin atau software garmin untuk PC ya? kalau peta bisa dibaca di tulisan saya diatas linknya namun untuk software garmin PC setahu saya tidak ada yang free.

  14. assalamualaikum wr wb.
    Pertama-tama salute buat semua pihak yang udah buat peta ini.
    Saya sudah berhasil mendownload file nya pake yang part 1 s.d 6. terus juga sudah menginstall sampai keluar folder my maps.
    Saya menggunakan garmin xt yang di install di nokia e52.
    nah yang saya mau tanyakan kenapa di folder mymaps itu gak ada file gmapsupp.img nya ya? yang ada hanya file file GMAPSUPP_ALL.bat aja ya?
    bagaimana ya om caranya biar bisa dipake nih maps?
    tengkyu somad..

    wa’alaykumussalam wr wb..
    anda harus menjalankan batch file itu agar file-file .img disatukan menjadi file gmapsupp.img. oleh developernya, file gmapsupp.img itu diletakkan di folder c:\mymaps. silakan dicopy dan ditransfer ke device gps anda. semoga membantu.

  15. sukses pak.. alhamdulillah. terima kasih penjelasan dan semuanya ya. Oya kalau saya mau ganti peta, misalnya dengan peta negara lain, berarti gmapsupp.img nya yg indonesia harus dipindah dulu ya, trus digantikan dengan gmapsupp.img dari negara lain itu?

    alhamdulillah..
    yap, benar sekali, sebaiknya dipindah/direname saja bila kita hendak menambahkan peta negara lain.

    tapi sebenarnya bisa lebih dari satu peta gmapsupp.img di device kita, yaitu dengan merenamenya menjadi satu urutan. misalnya selain file gmapsupp.img sebagai default, kita bisa menambahkan lagi dengan file gmapsup1.img, gmapsup2.img dst. hanya saja, terbatasnya memori di device kadang membuat routingnya menjadi agak ‘lelet’.

    bila sudah dicopy ke device, silakan cek di menu about > map. disitu akan tertera lebih dari 1 file peta garmin. selamat mencoba.

  16. mohon di infokan dan cara download garmin map indonesia 3D terbaru for blackberry 8520

    untuk mapnya bisa menggunakan peta navigasi.net yg saya sertakan linknya itu pak. tinggal diubah viewnya ke 3D pada menu garmin mobilenya, akan tampil peta 3D-nya.

  17. Assalammulaikum Pak,

    Saya kemarin saya download file garmin untuk Blackberry bold 9000, filenya bisa dijalankan, namun peta Indonesianya belum ada, saya juga sudah dowload dan extract peta dari navigasi.net, gimana cara masukin ke blackberry nya? soalnya folder garmin yang di blackberry tidak bisa keliatan kalau saya connect BLACKBERRY ke PC.

    Ada yang bisa bantu??

    wa’alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    berhubung saya tidak memiliki device blackberry, saya coba bantu mencarikan FAQ di situs garmin. di situs itu disebutkan untuk pengguna BB mengambil map-nya dari server garmin, bukan seperti di pda yang menanamkan file petanya di device.

    silakan klik http://tinyurl.com/2f7dsyz untuk keterangan yang lebih jelas dari garmin.

  18. saya coba agak ribet, ada alternatif lain gak pak? software gps untuk blackberry selain garmin?

    software navigasi untuk blackberry saya belum pernah coba cari, mohon maklum karena bukan pengguna BB. kalau untuk navigasi, mereka menggunakan google maps. untuk wilayah DKI Jakarta sih sudah bekerja dengan baik.

    kawan-kawan pengguna BB yang memanfaatkan gpsnya dan bekerja dengan baik adalah software gratis dari sportypal.com, yang berguna untuk mentracking jejak dan menghitung kalori olah raga.

    mohon maaf ya tidak bisa menjawab pertanyaan anda.

  19. saya sudah down load tp kok yang keluar malah winzip.. trus gm cara aplicasi ke gpsnya?

    kok winzip? seharusnya filenya berekstensi .exe pak tio. silakan klik http://navigasi.net/goptd.php#, lalu pilih link file garmin yang tersedia disana. saat komentar ini ditulis, versi terbarunya adalah Garmin NT v.1.75 yang diupload ke rapidshare.

    bila telah disimpan di pc, langsung dijalankan saja seperti menginstal aplikasi biasa, karena filenya berbentuk exe. bila muncul pilihan, silakan pilih ‘create garmin map (gmapsupp.img), dan tekan next. pada opsi berikutnya pilih full customize dan tekan next. nanti akan ada folder baru di c:\myMaps\navigasi dengan file gmapsupp.img di dalamnya. nah file gmapsupp.img ini kita transfer ke garmin/pda kita.

    demikian pak tio, semoga bermanfaat.

  20. om . ge mana cara liat produk id gmapsupp .
    mohon pencerahnya
    oy om 1 lgi , gmapsupp kabupaten / kota ad gk ,,

    waduh, id gmapsupp itu tidak bisa disharing, nanti kena semprit, hehe. peta dari navnet sudah lengkap, kabupaten dan kota seluruh indonesia hampir semuanya tercover.

  21. SUKSES…HANYA BISA MENDOAKAN BAHA SEGALA SESUATUNYA TIDAK SIA-SIA DAN SELALALU BERMANFAAT BUAT SEMUA

    terima kasih. semoga sukses juga untuk zaskia.

Tinggalkan komentar