Padang Mahsyar

4 Agustus 2006 14:34

JATIBENING – Setelah manusia dibangkitkan dari alam kubur oleh Allah SWT, maka manusia akan digiring secara bekelompok-kelompok dengan bertelanjang kaki, tidak berpakaian menuju tempat yang disebut Padang Mahsyar yaitu tanah berpasir putih dan sangat datar dimana tidak terlihat lengkungan maupun tonjolan.

Di Padang Mahsyar tersebut berkumpullah semua mahluk Allah SWT yang berada di tujuh lapis langit dan bumi termasuk malaikat, jin, manusia, qorun, binatang melata, binatang buas dan burung-burung, dimana mereka berkumpul berdesak-desakan.

Matahari dan bulan padam sehingga bumi dalam kegelapan dan tatkala mereka dalam keadaan demikian, langit diatas mereka berputar-putar dan meledak pecah berkeping-keping selama 500 tahun sehingga langit terbelah dengan segala kekuatannya kemudian meleleh dan mengalir bagaikan perak yang dipanaskan hingga berwarna merah dan manusia bercampur baur seperti serangga yang bertebaran dalam keadaan telanjang kaki, tidak berpakaian dan berjalan kaki.

Seperti dalam sabda Rasulullah Saw; Pada hari kebangkitan tsb manusia akan dibangkitkan dalam 3 kelompok: Kelompok yg berkendaraan, kelompok yg berjalan kaki dan kelompok yg berjalan dengan wajahnya. Seorang sahabat bertanya bagaimana mungkin mereka bisa berjalan dengan wajah mereka ya Rosulullah? Beliau menjawab, “Allah SWT yg menjadikan mereka berjalan dengan kaki, pasti mampu membuat mereka berjalan dengan wajah”. Subhanallah!

Kemudian matahari diterbitkan oleh Allah SWT tepat diatas kepala mereka dengan jarak hanya 2 busur sehingga manusia terpanggang oleh teriknya matahari yang intensitas panasnya telah dinaikkan dan keringatpun mengalir deras hingga menggenangi padang kiamat seiring dengan rasa takut yang luar biasa karena mereka akan dihadirkan dihadapan Allah SWT.

Keringat tersebut naik ke badan mereka masing-masing sesuai dengan tingkatan mereka dihadapan Allah SWT. Bagi sebahagian orang keringat akan menggenang mencapai lutut, bagi sebagian lain mencapai pinggang dan bagi sebagian lainnya mencapai lubang hidung bahkan ada sebagian manusia nyaris tenggelam didalamnya.

Kita tidak tahu setinggi apakah keringat kita nanti; karena keringat yang belum kita cucurkan untuk berjuang dijalan Allah SWT -seperti melaksanakan ibadah haji, jihad, puasa, sholat dimalam hari, memenuhi kebutuhan seorang muslim dan menanggung akibat dari menegakkan amar makruf nahi mungkar- akan dialirkan keluar oleh rasa takut dan malu dipadang kiamat nanti.

Oleh karena itu marilah kita renungkan, bahwa pada saat kita dipadang mahsyar nanti, derita yang akan kita rasakan sangat berat padahal semua ini terjadi sebelum kita menjalani pemeriksaan ataupun hukuman yang akan kita terima dari Allah SWT atas dosa kita.

Mudah-mudahan kita digolongkan pada golongan yang sangat sedikit berkeringat dipadang mahsyar nanti dan mudah-mudahan gambaran ini akan menambah rasa taqwa kita kepada Allah SWT.

Amien.

11 Responses to “Padang Mahsyar”

  1. siyamadi Says:

    hidup mulia atau mati syahid.http://www.impian-kita.blogspot.com

    benar akhi.. saya pun pernah punya stiker mirip dengan kalimat itu sekitar 20 tahun yg lalu.. ‘Be a Good Moslem or Die as Syuhada’.

  2. aunuroup Says:

    Kalau manusia semua mengimani alam ghaib pasti dunia ini aman dan makmur

    insyaAllah pak, kan Allah sudah berfirman di QS Al Baqarah ayat 2-3 agar kita mengimani yang gaib dan mendirikan sholat serta menafkahkan sebagian rejeki yang Allah berikan kepada kita. masalahnya, seberapa banyak orang yang mengimani ayat-ayat Allah itu?

  3. akhnurhadi Says:

    salut…, boleh ana share di tempat ana? ^_^

    silakan akhi, dengan senang hati.. .

  4. Abu Rifa al-Puari Says:

    Pemahaman ana,binatang tdk dibangkitkan di padang mahsyar karena binatang tdk di hisab dan tdk ada syurga dan neraka baginya.

    jazakallah akhi. bagaimana dengan anjing yang menjaga sahibul kahfi, yang menurut riwayat dijanjikan surga karena telah menjaga para sahabat tertidur sampai ratusan tahun?

  5. Abu Rifa al-Puari Says:

    Afwan, bisakah disampaikan ayat atau hadis yg menjelaskan bahwa anjing sahibul kahfi masuk syurga? Ana belum mendapat info yg cukup tentang ini.

    afwan, dalil berupa hadits memang ana tidak bisa dapatkan. ana akui, soal anjing yg dijanjikan surga ana dapat dari cerita syahibul kahfi tanpa mengecek apakah haditsnya sahih apa bukan.

    β€œKelak, ketika para Ashabul Kahfi itu dimasukkan ke surga, maka Qitmir akan berkata kepada mereka, β€œWahai para penghuni gua! Dulu saya selalu menemanimu dalam perjalanan itu, tetapi kini engkau masuk surga dan meninggalkanku sindiri.” Para Ashabul Kahfi itu kemudia berdoa agar Allah SWT juga berkenan memasukkan Qitmir ke surga bersama mereka. Doa mereka dikabulkan, Qitmir, anjing yang dberkahi, itu pun masuk surga dan tinggal selama-lamanya di dalamnya.”

    mungkin antum bisa bantu mengeceknya di http://tinyurl.com/yjfuqta, syukran katsira.

  6. YATIMAN,SE Says:

    mudah-mudahan Allah SWT melindungi KIta umat islam dipadang mahsyar..kelak

    amin Allahumma amin. terima kasih doanya.

  7. setiadi Says:

    ya, memang benar, kisah para ashabul kahfi ada dikitab tafsir shawi klo ga salah. mudah2an kita semua termasuk org2 berkendaraan dipadang mahsyar…. Amien

    amin Allahumma amin. ‘duh, doanya bagus sekali, syukran ya.

  8. Hahaha Says:

    Kata buku ensiklopedi matahari mang bakalan ngembang sampe bumi di atmosfernya

  9. Mirna Says:

    Semoga Allah selalu memberi petunjuk dan hidayah kepada kita semua hingga kita bisa mendapatkan syafaat dihari akhir kelak…Amin…!

    Amin Allahumma amin. Jazakillah kunjungan dan doanya, Mirna, semoga diijabah Allah SWT.

  10. acus Says:

    semoga qta termasuk orang2 yg beriman agr qta di ringankan di padang mahsyar nanti… amiinn.

  11. Unay Says:

    Maaf, apa mata hari hanya akan memanggang manusia, bkn kah matahari itu panas yg mana akhi bilang intensitas panasnya telah dinaikan, apa kah manusia tidah meleleh karna panas yg luar biasa itu ?,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 258 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: